Bisnis Online

Pilihan Kartu Kredit BNI, Silver, Emas, Premium dan Lainnya

Kartu kredit BNI– Ulasan lengkap tentang kartu kredit terbaik dari bank-bank populer, seperti kartu kredit BRI, kartu Kredit Mandiri, dan Kartu Kredit BCA, sudah disajikan lebih dulu sebelumnya. Kali ini, saya kembali akan menyajikan ulasan tentang kartu kredit dari salah satu bank penerbit yang juga populer, yaitu kartu kredit BNI.

Bila mungkin melalui ulasan sebelumnya, anda belum menemukan pilihan yang tepat. Mungkin melalui ulasan lengkap tentang kartu kredit BNI kali bisa memberi jawaban atas permasalahan anda tersebut.

Anda memiliki hak penuh untuk memberikan waktu lebih lama dalam menyeleksi kartu-kartu kredit yang mana yang nantinya akan anda gunakan. Dengan seleksi ketat yang anda terapkan, ini artinya peluang untuk anda menemukan kartu kredit terbaik pilihan, yang sesuai dengan budget dan kemampuan anda akan semakin besar.

Sebelum mengetahui jenis-jenis, keunggulan, fitur-fitur dari kartu kredit BNI, mungkin anda tertarik terlebih dahulu mengetahui apa saja keuntungan dan kelemahan dari sebuah kartu kredit.

Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit

kartu kredit BNI
Foto m.tempo.co via Googleimage

Kartu kredit adalah salah satu produk perbankan yang populer. Menjadi sebagai salah satu yang populer, tentunya kartu kredit yang disediakan oleh tiap bank penerbit menawarkan keuntungan bagi setiap pengguna yang telah memenuhi syarat dan disetujui. Berikut keuntungan langsung yang akan anda dapatkan ketika menggunakan kartu kredit untuk keperluan transaksi.

Poin Reward

Setiap bank penerbit selalu menambahkan fasilitas reward pada kartu kredit yang mereka sediakan. Reward-reward ini akan didapat dalam setiap kali transaksi dalam kelipatan tertentu yang dilakukan oleh pemilik kartu pada merchant tertentu yang telah ditentukan pihak bank.

Poin reward yang telah terkumpul secara akumulatif tersebut nantinya dapat ditukarkan dengan hadiah menarik. Poin reward sendiri adalah salah satu ungkapan terimakasih pihak bank penerbit, kepada nasabahnya.

Diskon Khusus

Anda tentu bisa saja mendapatkan diskon meskipun melakukan transaksi tanpa harus menggunakan kartu kredit, namun perlu diketahui secara bersama bahwa pihak bank biasanya sudah bekerja sama dengan banyak merchant pilihan. Dan biasanya merchant-merchant pilihan menyajikan diskon khusus dengan potongan harga yang lebih besar untuk setiap konsumen yang melakukan transaksi menggunakan kartu kredit.

Loading...

Program Cicilan

Hampir sebagian besar bank penerbit kartu kredit menawarkan keuntungan ini bagi setiap nasabah atau konsumen non nasabah yang telah memenuhi persyaratan dan disetujui. Pemegang kartu kredit dapat melakukan sebuah transaksi dengan cara dicicil dengan bunga 0% sampai dengan 0,95% dengan tenor 12, 23, bahkan 36 bulan.

Praktis, Mudah dan Cepat

Transaksi dengan uang cash memang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Tapi dari segi kepraktisan dalam bertransaksi kartu kredit sepertinya jauh lebih praktis, untuk setiap transaksi yang dilakukan, anda cukup gesek kartu ke perangkat EDC, lalu dapat dengan mudah membeli barang yang anda inginkan saat itu juga, dan proses cepat tanpa harus menunggu uang kembalian dari kasir dan menghitungnya kembali untuk memastikan apakah kembalian uang sudah benar-benar pas.

Lebih Hemat

Setiap pengguna kartu kredit dapat melakukan perburuan promo-promo terbaru yang disediakan oleh bank merchant. Selain anda akan mendapatkan diskon reguler, biasanya pihak merchan menambahkan diskon tambahan jika anda bertransaksi dengan kartu kredit dari bank partner merchant.

Kelemahan Menggunakan Kartu Kredit

Karena kemudahan dari berbagai fasilitas yang ditawarkan, pengguna kartu kredit yang tidak bijak berpotensi melakukan pemakaian kartu kredit tanpa kontrol. Pemakaian kartu kredit tanpa kontrol bisa berdampak negatif.

Misalnya pengguna menggunakan hampir seluruh limit kartu. Dan ketika sesuatu terjadi, dimana pengguna tersebut membutuhkan uang secara mendadak, maka uang yang dibutuhkan tidak dapat diperoleh secara penuh karena kartu sudah mendekati limit.

Contoh, limit kartu 20.000.000, lalu anda menggunakan hampir seluruh limit hingga tersisa 2 juta saja. Ketika ternyata anda membutuhkan dana mendadak, lebih dari 2.000.000, maka anda tidak bisa mendapatkannya melalui kartu kredit yang sudah mendekati batas limit tersebut.

Pada kasus lain, penggunaan kartu kredit yang tidak terkontrol berpotensi membuat tagihan anda menjadi lebih besar, atau bahkan seperti kasus yang sering terjadi banyak pemilik kartu harus membayar tagihan lebih besar akibat bunga-berbunga.

Jika kartu kredit digunakan untuk keperluan tarik tunai, pihak bank biasanya memberikan bunga lebih tinggi dari bunga kartu kredit itu sendiri. Bila bunga kartu kredit 2,95 %, maka bunga penarikan tunai menggunakan kartu kredit bisa saja mencapai 4% hingga 6%.

Sekilas Tentang Bank BNI

Bank Negara Indonesia (BNI) didirikan pertama kali setelah kemerdekaan Indonesia tepatnya pada tanggal 5 Juli 1946.  Setelah sebagai Bank Devisa di tahun 1950 BNI mulai mengmbangkan dan memproduksi produknya hingga ke luar negeri.

Kantor cabang BNI di luar negeri dibuka pertama kali di Negara pada 1955 Singapura.  Saat ini BNI telah menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia yang juga menerbitkan Kartu Kredit dengan berbagai macam fitur, fasilitas, serta promo yang menarik untuk masyarakat.  (cermati)

Jenis-jenis Kartu Kredit BNI

kartu kredit bni
Sumber foto : http://www.bni.co.id

Hampir sama dengan beberapa bank penerbit kartu kredit lainnya, bank BNI juga menyediakan berbagai jenis-jenis kartu kredit untuk setiap nasabah dan konsumen non nasabah yang ada di seluruh Indonesia. Namun, yang membedakan kartu kredit BNI dengan beberapa kartu kredit yang sudah saya bahas sebelumnya adalah dari segi provider yang digunakan.

Selain menyediakan jenis-jenis kartu kredit dengan dukungan provider Vissa dan MasterCard. Bank BNI juga menyediakan beberapa pilihan kartu kredit yang didukung dengan provider CJB dan American Express.

Banyaknya pilihan atau macam-macam kartu kredit BNI, hal ini membuat setiap nasabah maupun konsumen non nasabah dapat dengan mudah menentukan yang mana kartu kredit BNI yang benar-benar sesuai dengan keingingan mereka.

Berikut 6 jenis kartu kredit BNI yang bisa anda ketahui :

Kartu Kredit BNI Reguler

Kartu kredit BNI reguler tersedia dalam dua pilihan provider, dimana masing-masing provider disajikan oleh Bank BNI dalam dua jenis kartu yaitu :

  • Kartu Kredit Visa Silver
  • Kartu Kredit Visa Emas
  • Kartu Kredit MasterCard Silver
  • Kartu Kredit MasterCard Emas
  • Kartu Kredit BNI Premium

Selain kita sudah mengetahui masing-masing perbedaan kartu berdasarkan provider, masing-masing kartu tersebut memiliki nilai limit dengan jumlah yang berbeda-beda satu sama lain. Sementara bunga pada masing-masing katru kredit BNI reguler tersebut adalah sama. Sesuai aturan Bank Indonesia (BI) yaitu batas atas 2,95%.

Kartu Kredit BNI Corporate

Kartu kredit BNI Corporate, adalah kartu kredit yang terdiri dari dua jenis yaitu, BNI Corporate Card Gold dan BNI Corporate Card Platinum. Kedua kartu ini didukung dengan satu provider yang sama yaitu Vissa. Bank BNI menyediakan dua kartu kredit ini secara khusus untuk dimiliki para karyawan dengan jabatan tertentu di dalam sebuah perusahaan.

Setiap eksekutif pemegang kartu kredit ini dapat menggunakan kartu kredit BNI Corporate untuk keperluan transaksi atau pembayaran yang berkaitan dengan perusahaan mereka.

Kartu Kredit BNI Bisnis

Dari namanya saja kita semua sudah mengetahui untuk keperluan apa kartu kredit ini nantinya dapat digunakan. Kartu kredit BNI Bisnis atau biasa juga dikenal dengan sebutan BNI American Express Business Card, adalah salah satu jenis kartu kredit BNI yang menggunakan American Express sebagai providernya.
Bank BNI ini menyediakan kartu kredit BNI ini secara spesial untuk anda pemilik atau pengelola sebuah bisnis usaha baik kecil, hingga tingkat menengah.

Kartu Kredit Affinity

Ini adalah salah satu kartu kredit khusus yang disediakan oleh bank BNI untuk digunakan sebuah institusi akademis, organisasi non profit, dan ikatan alumni. Hingga saat ini, bank BNI sudah menerbitkan kartu kredit Affinity untuk lebih dari 20 Universitas, lebih dari 5 ikatan Alumni, dan lebih dari 10 organisasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Semua kartu kredit Affinity ini menggunakan Vissa sebagai provider utamanya.

Kartu Kredit Co-Branding

Ini adalah salah satu jenis produk kartu kredit yang juga tersedia pada bank-bank penerbit yang sudah dibahas pada postingan sebelumnya. Kartu kredit Co-Branding adalah kartu kredit khusus yang dibuat secara khusus oleh pihak bank penerbit dengan sebuah perusahaan retail atau dengan sebuah brand ternama.
BNI Co-Branding kartu kredit, tersedia dalam 5 pilihan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Ferari Credit Card
  2. Kartu Kredit BNI Lotte Mart
  3. Kartu Kredit BNI Bank BJB
  4. Kartu Kredit Garuda BNI
  5. Kartu Kredit BNI-BANK SUMSEL BABEL

Kartu Kredit BNI Premium

Kartu Kredit BNI Premium adalah salah satu kartu kredit tertinggi dikelasnya. Kartu kredit BNI terbaik ini sangat direkomendasikan untuk mempermudah segala urusan transaksi pembayaran dan pembelian setiap personal yang sukses. Selain nilai limit yang sangat tinggi, kartu kredit dengan tiga dukungan provider berbeda yaitu Visa, MasterCard dan JCB, memungkinkan anda dapat memenuhi semua kebutuhan anda maupun keluarga tercinta baik di dalam maupun luar negeri dengan mudah.

Ada 3 jenis kartu kredit BNI Premium yang paling direkomendasikan untuk anda pilih, diantaranya adalah :

  1. BNI Style Titanium
  2. BNI Visa Platinum Card
  3. BNI JCB Platinum

10 Keunggulan Kartu Kredit BNI

#1. Jaringan Luas

Anda dapat menggunakan kartu kredit BNI baik di dalam dan luar negeri untuk keperluan transaksi di merchant-merchant yang berlogo Vissa, MasterCard, dan JCB. Bahkan kartu kredit BNI juga dapat melakukan tarik tunai di ATM berlogo CIRRUS atau PLUS.

#3. Pembayaran tagihan sangat murah dan mudah

Setiap pemilik kartu kredit BNI dapat melakukan pembayaran tagihan, dengan cara pembayaran minimum 10% dari total seluruh tagihan.

Pembayaran tagihan tidak hanya dapat dilakukan secara langsung dengan datang ke Bank, tapi anda juga dapat melakukan pembayaran tagihan dengan fasilitas sms dan internet banking.

#4. Melakukan transfer dana tunai

Berkat TelePlus BNI, sekarang setiap pengguna kartu kredit BNI dapat melakukan transfer dana tunai sesuai limit kartu mereka ke semua rekening bank yang ada di Indonesia.

#5. Pembayaran tagihan rutin bulanan dengan biaya administrasi murah

Setiap kartu kredit BNI dilengkapi dengan fasilitas Bill Payment. Fasilitas ini memungkinkan pemilik kartu kredit BNI, dapat melakukan pembayaran tagihan bulanan seperti Telkom, TV Kabel atau Satelit, dan PLN, tanpa harus antri.

Khusus untuk pembayaran tagihan Telkom dan PAM, biaya administrasi yang dikenakan sebesar Rp. 2.500,-/transaksi. Sementara pembayaran PLN dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 3.500,-/transaksi.

#6. TeleTravel BNI

Ini adalah layanan yang disediakan oleh BNI, yang akan memudahkan setiap pemilik kartu kredit BNI dalam melakukan pemesanan tiket pesawat, reservasi hotel dan paket wisata, hingga pembuatan paspor/visa.

#7. Asuransi tanpa premi bulanan

Khusus pemegang kartu kredit BNI Platinum dari jenis Reguler hingga Co-Branding, serta Corporate Card platinum dan emas, juga Visa Infinite akan mendapatkan Perlindungan Asuransi Bebas Premi.

#8. Prisai Plus premi murah hanya 0,60%

Ini adalah salah satu fasilitas yang berfungsi untuk memproteksi pemilik kartu yang tidak dapat membayar tagihan karena cacat akibat kecelekaan, sakit, atau bahkan meninggal dunia. Pembayaran saldo terhutang dialihkan menjadi premi bulan sebesar 0.60% dari total saldo terhutang per bulan.

#9. Cicilan tetap

BNI cicilan tetap memungkinkan pemilik kartu kredit BNI melakukan transaksi belanja di berbagai merchant BNI dengan dicicil. Setiap transaksi ini ditagihkan dengan cara Cicilan Tetap.

#10. BNI Reward Point

Setiap transaksi yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit BNI minimal Rp.2500,- akan mendapatkan 1 poin reward. Poin reward dapat dikumpulkan secara akumulatif berbatas waktu. Poin reward ini selanjutnya dapat ditukarkan dengan hadiah langsung tanpa diundi.

Suku Bunga, Limit & Iuran Kartu Kredit BNI

Suku BungaLimitIuranPendapatan Minimum
2,95%Mulai dari Rp. 7.000.000,- hingga di atas Rp. 50.000.000,-Mulai dari Rp. 120.000/ tahun hingga Rp. 600.000/tahunMulai dari Rp. 4.000.000/ bulan hingga di atas Rp. 150.000.000,-/ bulan

 Persyaratan Umum Pengajuan Kartu Kredit BNI

  • Pria & Wanita Nasabah dan Non Nasabah
  • Mengisi Formulir Permohonan
  • Minimal 21 Tahun Maksimal 65 Tahun
  • Memiliki Pendapatan Minimum Rp. 3000.000 /bulan atau Rp. 36.000.000,- / tahun
  • Tidak termasuk dalam black list AKKI/ Sistem Informasi Debitur (SID) BI

Persyaratan Pengajuan Permohonan Kartu Kredit BNI

Persyaratan DokumenKaryawan / TNI / PolriDokter / prefesional lainnyaPengusahaPemegang kartu kredit lainnya
Fotokopi Identitas KTP/SIM/PASPORVVVV
Slip Gaji, SPT atau Bukti Penghasilan LainnyaVVV
Copy Akte Pendirian/SIUP/TDPV
Surat Ijin ProfesiV
Nomor Kartu Kredit Bank Lain dan Info Member SinceV
Nasabah Emerald**VVVV
NPWPVVVV

Informasi Biaya Keterlambatan Pembayaran dan Over Limit

Jenis BiayaSilverGoldTitaniumPlatinum
Biaya Keterlambatan Pembayaran3% dari total penagihan atau maksimum Rp.150.000,-3% dari total penagihan atau maksimum Rp.150.000,-3% dari total penagihan atau maksimum Rp.150.000,-3% dari total penagihan atau maksimum Rp.150.000,-
Biaya Over Limit5% x selisih over limit (min Rp.40.000,- maks Rp. 75.000,-)5% x selisih over limit (min Rp.40.000,- maks Rp.100.000,-)Rp. 75.000,-Rp. 75.000,-

 Penutup

Bila anda mencari kartu kredit yang didukung dengan provider terbesar dengan berbagai macam pilihan, serta mendapatkan kemudahan transaksi dengan fasilitas cicilan tetap bunga ringan. Maka, kartu kredit BNI adalah salah satu pilihan terbaik yang paling saya rekomendasikan untuk anda.

Setelah membaca seluruh isi postingan ini saya berharap, anda sudah dapat menemukan yang mana jenis kartu kredit BNI yang paling mewakili kebutuhan anda dan sesuai dengan kriteria persyartan diri anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai informasi cara pembuatan kartu kredit BNI, anda bisa menghubungi layanan 24 jam BNI Call di line 1500046 atau di nomor 68888 melalui ponsel anda.

Terakhir, khusus bagi anda yang mungkin sudah menggunakan salah satu kartu kredit BNI sebelumnya, dan tertarik untuk berbagi pengalaman selama memakai kartu kredit BNI dalam bertransaksi kepada pembaca lainnya, silahkan bagikan pengalaman anda melalui kolom komentar yang tersedia di bawah postingan ini.

Referensi lain : Ulasan Tentang Kartu Kredit BRI, Jenis, Limit dan Biaya Iuran

Jangan lupa bagikan juga informasi pilihan kartu kredit BNI ini pada yang lainnya yang ada di dunia ini, dengan cara menekan tombol share yang tersedia di bawah postingan ini. Salam.



Loading...

Baca selengkapnya

fdl2207

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *