Tekno

Pilihan Laptop Gaming Tipis 2017 Performa Handal

Laptop Gaming Tipis 2017 – Selain spesifikasi hardware dan software. Desain, adalah salah satu hal yang juga masuk dalam daftar pertimbangan para gamers. Demi memenuhi kebutuhan dan kenyamanan bagi para gamers dalam bermain game menggunakan laptop. Saat ini, ditahun 2017 beberapa produsen laptop telah merilis laptop gaming dengan desain body yang benar-benar proporsional. Kini, para gamers dapat dengan mudah menentukan pilihan laptop gaming tipis yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang mereka miliki.

Bagi kamu para gamers yang tidak ingin repot melakukan browsing ke banyak situs demi untuk menemukan laptop gaming idaman yang ingin kamu beli. Kali ini saya akan menyajikan pilihan laptop gaming yang berhasil saya rangkum dari beberapa situs teknologi terpercaya.

Laptop gaming yang akan disajikan melalui postingan ini tidak hanya memiliki desain body yang super ringan dan tipis. Tapi juga benar-benar memiliki performa handal ketika digunakan untuk bermain game ringan ataupun game kelas berat.

Laptop Gaming Tipis 2017

Sebelum mengetahui apa saja laptop gaming tipis 2017 yang paling direkomendasikan dan dipertimbangkan untuk kamu beli. Terlebih dahulu saya akan mengajak kamu mengetahui apa sih itu laptop gaming. Mengetahui perbedaan laptop standar dengan laptop gaming.

Dan pastinya keuntungan apa yang bakal kamu peroleh ketika kamu memilih membeli dan mengunakan laptop gaming tipis untuk bermain game. Jadi pastikan kamu dalam posisi santai bersama saya di sini, untuk menyelesaikan membaca postingan ini hingga akhir.

Apa Itu Laptop Gaming ?

Laptop gaming adalah perangkat portable canggih dirancang khusus dengan dukungan hardware dan software handal, yang dapat menjalankan semua jenis game baik ringan maupun berat.

Perbedaan Laptop Gaming dengan Laptop Standar

Karena dirancang untuk kebutuhan bermain game. Laptop gaming memiliki banyak perbedaan bila dibandingkan dengan laptop standar. Perbedaan yang paling mencolok dapat diketahui dengan mudah melalui spesifikasi pada kedua jenis laptop tersebut.

GPU Card atau VGA laptop gaming biasanya berbeda dengan jenis laptop standar. Hampir sebagian besar laptop gaming yang beredar dipasaran, umumnya menggunakan GPU Card Nvidia dan AMD. Kualitas processor dan RAM juga kapasitas HDD juga biasanya lebih tinggi bila dibanding laptop standar. Dan yang pasti, laptop gaming sebagian besar memiliki pendingin dengan arsitektur berbeda dengan pendingin yang ada pada laptop standar.

Dari segi harga. Harga laptop gaming juga biasanya berbeda bila dibandingkan dengan harga laptop standar yang biasa digunakan untuk keperluan komputasi ringan. Karena dirancang dengan spesifikasi hardware khusus, harga laptop gaming biasanya jauh lebih mahal dari harga laptop standar.

Keuntungan Menggunakan Laptop Gaming Tipis

Laptop khusus bermain game berkualitas menawarkan banyak keuntungan bagi setiap penggunanya. Khusus bagi kamu para gamers yang menggunakan laptop gaming tipis ada dua keuntungan utama yang bisa kamu peroleh.

Pertama, karena memiliki desain rangka yang begitu tipis, laptop gaming ini biasanya memiliki bobot total yang lebih ringan. Sehingga laptop gaming tidak berat dan sangat mudah untuk dibawa kemanapun kapan pun kamu mau.

Kedua, laptop gaming yang berukuran lebih minimalis biasanya tidak membutuhkan ruang luas sebagai tempat penyimpanan atau untuk meletakan. Laptop gaming tipis tidak akan memakan banyak ruang ketika kamu ingin menyimpannya ke dalam tas. Bahkan, laptop gaming juga dapat diletakan dan dioperasikan di atas meja komputer, di samping layar PC yang mungkin kamu miliki di rumah.

Kekurangan Laptop Gaming Tipis

Meski berhasil merancang laptop gaming dengan desain minimalis demi memenuhi harapan para gamers. Sebagian besar produsen laptop gaming mau tidak mau menggurangi beberapa hardware pendukung lain yang cinderung berukuran besar. Sebut saja hardware HDD dan drive optik.

Produsen laptop gaming menghadirkan penyimanan internal berbasis SSD menggantikan Hard Drive Disk lama dan menghilangkan penggunaan Drive Optik. Langkah ini terbukti cukup efektif untuk membuat rangka yang benar-benar proporsional dan ringan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Laptop Gaming

Agar benar-benar mendapatkan semua keuntungan dan kenyamanan bermain game yang kamu butuhkan. Maka, kamu sebaiknya mengetahui hal-hal penting apa saja yang perlu diperhatikan selama memilih laptop gaming. Hal ini tentunya akan memungkinkan kamu dapat menemukan laptop gaming yang benar-benar berkualitas, sebelum akhirnya kamu benar-benar memutuskan untuk melakukan pembelian laptop gaming.

Selain memilih membeli laptop gaming dari merek terbaik, spesifikasi laptop gaming adalah hal penting utama yang perlu kamu perhatikan. Kamu perlu mengetahui jenis prosesor yang digunakan lengkap dengan clock speednya. Lalu perhatikan juga bagian RAM dan memori internalnya. Sebaiknya pilih RAM tinggi tipe terbaru dengan kapasitas penyimpanan yang besar untuk memudahkan menginstal banyak game sekaligus.

Agar tidak terkendala dengan tampilan game yang kurang mengenakan pandangan, sebaiknya pilih laptop gaming yang sudah menggunakan kartu grafis terbaik. Kartu grafis terbaik dapat membuat laptop gaming mampu menawarkan kinerja grafis yang mengesankan.

Pastikan memilih laptop gaming yang sudah menggunakan keyboard jenis mechanical. Papan ketik mekanis terbukti memiliki kinerja lebih baik ketika digunakan untuk bermain game. Selain keyboard memiliki respon ketik yang sangat cepat, kamu dapat melakukan pengaturan tombol macro dengan mudah. Menariknya keyboard mekanis juga memungkinkan gerakan dalam permainan game mu lebih lincah dan mudah.

Pertimbangkan juga jenis dan kapasitas baterai serta arsitektur pendingin pada laptop gaming yang akan dipilih. Usahakan memilih laptop gaming dengan kapasitas baterai besar Li-Ion atau Li-Polymer. Sementara arsitektur pendingin, hampir semua laptop gaming memiliki fitur pendingin yang sudah dangat baik.

Paduan baterai berkapasitas besar berkualitas dengan pendingin terbaik, memungkinkan kamu dapat bermain game dalam waktu yang lebih lama tanpa harus terhubung dengan kabel charger.

Baca juga : 5 Pilihan Powerbank Laptop Terbaik untuk Anda yang Sering aktivitas di Luar

6 Laptop Gaming Tipis 2017 Performa Handal

#1 Predator Triton 700

Predator Triton 700 adalah laptop gaming terbaru yang baru saja diluncurkan oleh Acer dalam sebuah pertemuan konfrensi pers Global bertajuk [email protected] di New York, Kamis (27/4/2017).

Dalam kategori gaming, laptop Acer Predator Tirton 700memiliki bentuk yang tipis. Laptop gamin ini dirancang dengan rangka alumunium chassis berukuran 16,9 mm (4,74 inci), 2,6 kg.

Predator Triton 700 menerapkan konsep ultrathin yang mampu menampung hardware tangguh yang mengesankan. Acer Predator Triton 700 menggunakan layar IHD 15,6 inci FHD Fitur. Prosesor Intel Core generasi ke-7, grafis NVIDIA GeForce GTX 10-Series terbaru, SSD NVMe PCIe, dan Intel Thunderbolt 3. Triton 700 juga sudah menggunakan jenis keyboard mekanis, perangkat lunak PredatorSense, dan dukungan monitor NVIDIA G-SYNC.

Acer Triton 700 dilengkapi dengan pelat transparan Corning Gorilla yang cukup besar. Letaknya tepat di atas papan keyboard mekanis. Pada bagian ini kamu dapat melihat bagian kipas laptop jenis AeroBlade 3D dan lima pipa panas. Menariknya plat transparan ini juga berfungsi sebagai touchpad. Bagian audio performance, Accer mengunakan TrueHarmony yang diklaim mampu memberikan audio yang mendalam dengan akustik yang tajam.

#2 ASUS ROG G501JW

laptop gaming tipisASUS ROG G501JW merupakan laptop gaming terbaru yang menjadi generasi penerus ASUS ROG G550JK. Sama seperti generasi sebelumnya, ASUS ROG G501JW juga memiliki bentuk body yang benar-benar tipis.

Bila dibandingkan dengan laptop gaming lainnya. Bodi ASUS ROG G501JW sangat tipis, laptop gaming ini dirancang oleh Asus dengan ketebalan 20,6mm atau hanya sekitar 2cm. ASUS ROG G501JW terbaru sangat ringan, portabel dan mudah dibawa ke manapun dan kapanpun kamu mau.

ASUS ROG G501JW menggunakan prosesor Intel Core i7-4720HQ dengan clock speed 2,6GHz cache 6MB. Jenis RAM yang digunakan adalah DDR3L sebesar 16GB. Sementara pada sektor grafis, Asus melengkapi laptop gaming ini dengan GPU Grafis NVIDIA GeForce GTX 960M dengan VRAM sebesar 4GB.

Laptop gaming ASUS ROG G501JW dilengkapi dengan SSD sebesar 128GB sebagai media penyimpanan dan akses sistem operasi yang cepat, serta HDD sebesar 1TB untuk menyimpan berbagai data.

Dalam beberapa pengujian yang telah dilakukan menggunakan alat penguji yang berbeda. Laptop gaming ASUS ROG G501JW selalu mendapatkan skor performa yang tinggi diatas angka 3000. Laptop gaming ASUS ROG G501JW benar-benar menampilkan kinerja maksimal ketika digunakan untuk bermain game-game terkini, seperti GTA V dan The Witcher 3.

Kedua game dapat dimainkan dengan lancar pada kisaran framerate 50-60fps dengan pengaturan grafis maksimal tanpa MSAA di resolusi Full HD.

#3 GIGABYTE Aero 14 2017

Mengikuti jejak kompetitornya yang lain, GIGABYTE ternyata juga tidak tertarik untuk memproduksi laptop gaming yang tebal. Perusahaan ini lebih memilih memproduksi GIGABYTE Aero 14. Ini adalah salah satu laptop gaming tipis terbaik yang terbaru dari GIGABYTE berukuran19,9 mm dengan total berat 1,89 kilogram.

Tidak hanya tipis dan ringan, laptop gaming GIGABYTE Aero 14 terbaru juga benar-benar handal. GIGABYTE melengkapi perangkat ini dengan prosesor Intel Core-i7 “Kaby Lake” 7700HQ dan chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1060 yang memiliki VRAM sebesar 6GB. Bagian RAM menggunakan jenis RAM DDR4 16GB dan penyimpanan internal M.2 SSD berkapasitas 512GB.

Untuk dapat menjaga suhu laptop ini tetap stabil. GIGABYTE melengkapi Aero 14 dengan lubang udara yang dipasang di bagian belakang di balik engsel layar.
Lubang udara ini dapat secara maksimal menyalurkan udara panas di dalam menuju ke luar lapto dengan cepat.

Sistem pendinginannya juga tergolong sangat optimal. Laptop gaming ini masih bisa berjalan optimal ketika menjalankan berbagai game berat meski suhunya naik dan kipasnya semakin bising. Untungnya, heatsink berada di bagian belakang sehingga trackpad dan keyboard tidak terasa panas.

Keyboard dan trackpad GIGABYTE Aero 14 2017 juga benar-benar nyaman digunakan. Keyboard memiliki feedback yang sangat nyaman meski travelling distance-nya tidak begitu dalam. Keyboard juga sudah dilengkapi dengan backlight. GIGABYTE juga menambahkan enam tombol makro yang ditempatkan di bagian kiri keyboard.

#4 Inspiron 15 Gaming

laptop gaming tipis

Ini adalah laptop gaming yang disajikan oleh Dell secara khusus untuk para gamer yang ingin memain game dengan cara yang berbeda dengan kebanyakan gamers pada umumnya. Dell Inspiron 15 Gaming dirancang dengan desain yang begitu minimalis namun dengan nuansa gaming yang benar-benar tegas.

Di Indonesia, Laptop Dell Inspiron 15 Gaming tersedia dalam dua varian. Varian dengan prosesor Intel Core i5, dan varian dengan prosesor Core i7 H-series generasi ketujuh. Dell juga menghadirkan dua opsi GPU Grafis diantaranya adalah Nvidia GeForce GTX 1050 atau GTX 1050 Ti.

RAM yang tersedia adalah DDR4 mulai dari 4 GB hingga 16 GB. Sementara untuk storage, tersedia pilihan HDD 1 TB, maupun opsi dual-storage yakni SSD M.2 128 GB / SSD 256 GB ditambah HDD 1 TB.

Agar suhu tetap stabil selama digunakan bermain game berat, Dell telah melengkapi laptop gaming ini dengan sistem pendingin dua kipas. Sistem pendingin dua kipas ini mampu membuang udara panas ke bagian belakang melalui ventilasi udara.

Notebook berlayar 15,6 inci Full HD ini juga memiliki subwoofer plus dukungan Waves MaxxAudio Pro untuk kualitas audio yang lebih menggelegar. Tak ketinggalan, Dell membenamkan keyboard dengan backlit yang menawan.

Sektor lainnya yang menjadi andalan Inspiron 15 gaming adalah baterai. Dell mengklaim, dengan baterai 74 WHr 6 cell yang dikombinasikan dengan teknologi BatteryBoost milik Nvidia, gamer bisa bermain lebih lama.

#5 Razer Blade Pro 2017

laptop gaming tipisRazer Blade Pro 2017 adalah salah satu versi terbaru dari Razer Blade Pro yang telah mendapatkan sejumlah upgrade spesifikasi dan sertifikasi. Dirancang dengan body sepenuhnya bewarna gelap, Razer Blade Pro 2017 memiliki ketebalan sekitar 2,2 cm dan memiliki total berat sekitar 3,6 kg. Laptop ini didaulat sebagai laptop gaming GTX 1080 tertipis.

Razer Blade Pro dilengkapi dengan prosesor Core i7 generasi ke-7, Kaby Lake. Menariknya pengguna laptop gaming ini dapat memilih opsi untuk menjalankannya di mode overclock melalui software Razer Synapse. Laptop gaming Razer Blade Pro (2017) dipadukan dengan RAM 32GB DDR4, SST 2 TB, tiga port USB 3.0, sebuah port Thunderbolt 3, dan SD card reader.

Menggunakan Nvidia GeForce GTX 1080 sebagai GPU Grafisnya. Razer Blade Pro tidak akan mengalami banyak kendala ketika digunakan untuk memainkan game judul-judul terbaru yang membutuhkan kinerja grafis tinggi.

Selain tipis dan handal untuk menjalankan game berat, yang paling menarik dari laptop gaming Razer ini adalah adanya sertifikasi THX. Kinerja audio dan video laptop gaming Razer Blade Pro (2017) telah memenuhi kriteria THX. Razer mengklaim, Blade Pro (2017) adalah laptop gaming pertama yang memiliki sertifikasi THX.

#6 HP Omen 15-5117TX

HP Omen 15-5117TX adalah salah satu pilihan laptop gaming terbaru terbaik yang ditawarkan oleh HP untuk para gamers yang hobi bermain game diluar ruangan. Dengan desain body yang begitu slim setebal 19,9 mm dan bobot 2,12 kg. Memungkinkan para gamers untuk membawa laptop gaming HP ketempat bermain game favorit mereka dengan mudah.

Dari segi spesifikasi, HP Omen 15-5117TX juga tidak kalah handal jika dibandingkan dengan laptop gaming lainnya. Laptop gaming HP ini sudah menggunakan prosesor Intel Core i7 generasi ke-4 dengan kecepatan 2.6 GHz hingga 3.6 GHz. Laptop ini menggunakan NVIDIA GeForce GTX960 4 GB dan memori internal tipe SSD kapasitas 256 GB.

HP Omen 15-5117TX dilengkap dengan sistem audio Bang & Olufsen. Sistem audio terbaru yang juga dipasang pada HP Spectre X360 yang mampu menghasilkan suara jernih dan berkualitas.

Penutup

Meski dirancang dengan rangka yang begitu tipis, ternyata produsen laptop mampu mendukung laptop gaming mereka dengan paduan spesifikasi berkualitas. Alhasil performa laptop gaming tipis tetap terjaga kualitasnya, menariknya laptop gaming tersebut juga jadi ringan dan lebih portable. Sehingga sangat cocok untuk para gamers dengan mobilitas tinggi.

Terakhir, setelah membaca semua postingan ini. Kini tentunya kamu para gamers sudah dapat menentukan laptop gaming minimalis mana yang paling cocok sesuai kebutuhan. Tapi perlu diketahui juga ya, bahwa kamu perlu merogoh kocek cukup dalam untuk dapat membawa pulang salah satu dari 6 laptop gaming tipis di atas ke rumah. Pasalnya harga yang paling murah dimulai dari Rp 16.999.000 dan yang termahal sekitar 53,2 juta rupiah. Salam.

Baca juga : Tips Membeli Laptop Baru Bekas Secara Online, Offline, atau Kredit


Loading...
Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close