Artikel Adsense

PIN Google Adsense Tidak DaTang? Bisa Verifikasi Dengan KTP

Verifikasi PIN google adsense menggunakan KTP – Mengapa PIN google adsense tidak datang? Kenapa tidak sampai ke alamat rumah? Ada beberapa alasan dan penyebab sehingga PIN adsense yang kita tunggu-tunggu tidak sampai tujuan,.

Diantaranya alamat yang di cantumkan atau waktu pembuatan akun google adsense menggunakan alamat fiktif atau alamat yang kurang lengkap. Sehingga dalam pengiriman PIN tersebut mengalami kendala dan tidak sampai ke alamat yang di tuju.

Apa sebenarnya PIN google adsense itu? fungsinya untuk apa? Mari kita simak penjelasan singkatnya.

Pengertian PIN google adsense

PIN (Personal Identification Number) adalah 6 digit nomor yang di kirimkan oleh pihak google ke alamat kita melalui kantor pos.Jadi PIN tersebut berupa amplop surat khusus yang di dalamnya terdapat nomor rahasia untuk memverifikasi alamat kita yang sebenarnya.

Google mewajibkan untuk memverifikasi alamat sebelum mengirimkan pembayaran adsense kepada Anda, dengan tujuan memastikan bahwa alamat yang di cantumkan/di tuliskan benar-benar alamat asli (bukan fiktif) dari pemegang akun google adsense.

Kapan kita akan menerima PIN?

Pihak google akan mencetak dan mengirimkan PIN melalui Pos biasa setelah saldo akun adsense mencapai ambang verifikasi atau 10 Dolar untuk pertama kalinya. Atau jika akun adsense sudah berumur 4 bulan, dan biasanya akan di terima 2- 4 minggu atau bahkan bisa lebih lama, tergantung pada lokasi atau alamat penerima.

Solusi agar PIN adsense cepat sampai ke alamat kita

Pihak google tidak akan lalai dan tetap memenuhi janjinya, yaitu mengirimkan PIN untuk proses verifikasi. Nah, ini kesempatan buat kita sebelum saldo mencapai ambang verifikasi, atau mencapai jumlah 10 dolar. Kita bisa cek kembali, apakah alamat yang kita buat sewaktu mendaftarkan akun adsense sudah benar.

Periksa kembali nama jalan, nomor rumah, RT/RW, wilayah kecamatan dan kabupaten. Sebaiknya dicocokan dan disamakan dengan nama yang ada di KTP.

Loading...

Warning : Harus sesuai dengan nama dan alamat yang ada di KTP, ini untuk mengantisipasi jika PIN benar-benar tidak datang dan tidak sampai ke alamat kita, kita bisa memverifikasi dengan KTP, penjelasan ada di bawah.

Merevisi alamat tujuan penerima

Sebelum proses PIN google adsense dikirimkan, kita bisa merevisi atau mengedit bahkan mengganti alamat tersebut (asalkan nama serta nomor telpon belum pernah di daftarkan). Dengan memastikan kebenaran alamat kita sesuai dengan KTP atau identitas lain yang bisa di pertanggung jawabkan kebenarannya.

Maka proses pengiriman PIN google adsense akan berjalan lancar, mungkin hanya dalam 1 kali pengiriman saja, kita bisa menunggu 2- 4 minggu.

Untuk mengedit atau mengganti alamat tujuan penerima

  1. Login ke google adsense
  2. Cari dan temukan gambar roda gigi di sebelah kanan atas pada dashboard adsense
  3. Pilih menu pembayaran
  4. Lanjutkan ke profil penerima pembayaran.
  5. Klik pada tulisan edit untuk mengganti alamat penerima dengan alamat yang sesuai dengan KTP/SIM, atau jika anda ingin menggantinya (misalkan nama orang lain), pastikan nama tersebut sesuai dengan alamat KTP atau kartu identitas lain yang sah.

Jika pengiriman PIN pertama tidak sampai ke Alamat

Terhitung sejak tanggal pemberitahuan atau tanggal pengiriman PIN, yaitu 2-4 minggu ternyata PIN google adsense tidak sampai ke alamat, kita bisa melakukan pengecekan melalui aparat desa atau kelurahan. Atau kita bisa mengunjungi pihak kantor pos yang terdekat dengan wilayah anda.

Namun jika ternyata surat dari google tersebut tidak ada dan tidak datang, kita masih diberi kesempatan untuk pengiriman PIN yang ke 2.

Jika pengiriman PIN kedua tidak sampai ke alamat

Mungkin merasa kesel juga kalau ternyata PIN yang kita tunggu tidak datang, padahal alamat yang kita berikan sudah benar benar jelas. Dalam tahap ini kita masih bisa edit dan mengganti alamat lagi, atau tetap menggunakan alamat yang lama, karena kita sudah yakin dan jelas bahwa alamat tersebut sudah benar.

Selanjutnya adalah melakukan “Request new PIN“, menu ini akan keluar di bagian bawah jika estimasi (tenggang waktu) pengiriman PIN pertama sudah lewat batas waktu. Sama seperti proses pengiriman PIN pertama dan ke dua, kita harus menunggu 2 – 4 minggu lagi.

Jika pengiriman PIN ketiga tidak sampai alamat

Mungkin kita bertanyatanya, alamat sudah tepat, jelas dan meyakinkan tetapi PIN google adsense tidak sampai juga, apa ada yang salah?

Sebenarnya pihak google juga sudah mengirimkan PIN tersebut, mungkin terjadi kendala karena medan serta alamat yang di tuju, melewati gunung serta menyebrang lautan atau memang alamat tersebut tidak bisa di jangkau dengan transportasi.

Google menggunakan jasa pengiriman surat tersebut melalui Pos, dan ingat pelayanan Pos bisa juga mengalami kendala.

Tetapi jangan khawatir, asalkan nama dan alamat sesuai dengan KTP /SIM atau identitas lainnya kita masih bisa berharap. Karena google adsense menyediakan fitur atau menu untuk memverifikasi PIN menggunakan identitas diri. Yaitu dengan scan KTP atau SIM atau identitas lain, seperti rekening listrik, struk pembayaran atau transaksi bank atau juga bisa menggunakan International pasport.

Baca : Verifikasi PIN Google Adsense Bisa Menggunakan International Passport

Warning : Menu atau fitur ini hanya tersedia jika dalam pengiriman PIN pertama, kedua dan ketiga tidak sampai ke alamat tujuan, dengan tenggang waktu antara 2- 4 minggu atau 1 bulan.

PIN Google Adsense Tidak DaTang? Bisa Verifikasi Dengan KTP
Seperti gambar di atas, anda bisa menemukan fitur seperti ini jika pengiriman PIN selama 3 kali gagal total tidak sampai tujuan.

Anda hanya perlu Scan KTP atau identitas lain yang sesuai dengan alamat tujuan pembayaran pada akun google adsense.

Tetapi sebaiknya menggunakan KTP saja, agar proses verifikasi cepat di tanggapi oleh pihak google.

PIN Google Adsense Tidak DaTang? Bisa Verifikasi Dengan KTP

Isikan sesuai dengan data pada akun google adsense

1. Nama sesuai dengan KTP

2. Isi dengan ID penayang google adsense

3. Pilih gambar hasil scan yang sudah di persiapkan, terkhir klik kirim.

Apabila sudah selesai, silahkan tunggu dalam beberapa jam (max 1 x 24 jam) pengalaman saya sewaktu mengirimkan identitas scan pasport hanya menunggu 10 menit saja, dan sudah mendapat balasan email bahwa akun google adsense sudah di verifikasi.

Jika sudah mendapat balasan email, maka anda sudah tidak memerlukan PIN lagi, dan otomatis akun google adsense anda terverifikasi. Seperti yang saya katakan di atas, bahwa sangat penting untuk menuliskan alamat sesuai dengan KTP.

Untuk kasus verifikasi dengan KTP ini jarang sekali gagal, dan pihak google juga akan merespon dengan cepat. Kalau nggak cepat ya keterlaluan, karena kita sudah menunggu sampai 4 bulan 😀

Proses verifikasi PIN google adsense hanya cukup 1 kali saja, dan jika sudah terverifikasi maka sudah tidak memerlukan bentuk verifikasi lain. Jika nantinya saldo kita mencapai 100 dolar, kita hanya perlu untuk menyiapkan metode pembayaran. Kita bisa memilih metode pembayaran yang paling mudah, yaitu melalui western union atau transfer bank.

Semoga artikel cara Verifikasi PIN google adsense menggunakan KTP ini dapat bermanfaat untuk anda, dan menjawab kegalauan serta kegelisahan mengenai PIN adsense yang tak kunjung datang.



Loading...

Baca selengkapnya

ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

252 Comments

  1. Halaman komentar pada artikel ini dipindahkan ke Forum Klik Mania.
    Dikarenakan sudah terlalu panjang dan membuat loading halaman menjadi lambat.
    Anda bisa membuat threat dan pertanyaan yang berhubungan PIN Google Adsense.

  2. Mas kalo balasan nya google itu
    Pelanggan yang terhormat,

    Terima kasih telah menghubungi kami!

    Saat ini ada 1-3 penangguhan yang diterapkan pada akun Anda. Perhatikan bahwa kami tidak dapat mengirimkan pembayaran hingga Anda menyelesaikan tindakan yang dibutuhkan berikut ini:

    Masukkan PIN

    Ketika penghasilan akhir Anda telah mencapai $10 (atau jumlah yang setara dalam mata uang lokal), Anda harus memverifikasi alamat penagihan. PIN akan dikirim ke alamat dalam catatan kami. Jika penghasilan akhir Anda belum mencapai ambang verifikasi, Anda belum memenuhi syarat untuk meminta PIN. Pelajari lebih lanjut alamat verifikasi.

    Pilih bentuk pembayaran

    Ketika penghasilan akhir Anda telah mencapai $10 (atau jumlah yang setara dalam mata uang lokal), Anda juga harus menambahkan bentuk pembayaran. Perhatikan bahwa ini berbeda dengan ambang pembayaran sebesar $100. Jika tindakan lebih lanjut dibutuhkan untuk menerima pembayaran, Anda akan melihat lansiran di bagian atas laman Pembayaran, yang terdapat pada tab ‘Beranda’. Pelajari lebih lanjut proses pembayaran.

    Kirimkan informasi pajak (jika mengadakan kontrak dengan Google, Inc)

    Bergantung pada lokasi, Anda mungkin akan diminta menyediakan informasi tertentu untuk keperluan pajak. Jika informasi pajak harus dikirimkan, Anda dapat melakukannya ketika masuk ke akun. Pelajari lebih lanjut cara mengirimkan informasi pajak.

    Hormat kami,

    Tim Google AdSense

    bahaimana ya mas

    1. Ya itu pembayaran ditangguhakan karena :
      1. PIN alamat belum diverifikasi.
      2. belum menentukan bentuk pembayaran.
      3. Nomor rekening belum diverifikasi.

      setelah menyelesaikan 3 tahapan itu maka pembayaran tidak akan ditangguhkan lagi apabila sudah mencapai ambang minimal $ 100 untuk dibayarkan.

  3. Maksud nya apa ya bg
    Harap perhatikan bahwa kami tidak dapat memverifikasi PIN Anda secara manual sampai lewat 30 hari sejak kami mengirimkan PIN ketiga Anda melalui pos. Untuk penyelesaian masalah yang lebih cepat terkait PIN Anda, kami meminta Anda untuk menghubungi kami hanya setelah jangka waktu ini.

    1. Apabila PIN ke 3 belum di proses (dikirim) maka tidak akan bisa melakukan verifikasi dengan KTP. jadi harus menunggu sampai PIN ke 3, sampai batas 30 hari. Apabila dalam waktu itu PIN benar-benar tidak terkirim maka proses sacn KTP baru bisa dilakukan.

  4. Bg aneh mw tnya ne , bru saja saya verifikasih pkai ktp dan telah selesai tapi tnda merah a juga blom ilang dri my adsense!
    dan saya mau tnyak lge! kapan saya masukan metode pembayaran adsense ,, apa tggal 1 febuari sya msukan metode pembayaran dan di tggal 21 kita mendapatkan gaji kita
    dan
    memasukan nmor rekening ckup sekali aja ya mas , jika nnti saldo adsense kita sdah 1.300.000 otomatis google akan krimkan gaji kita bg …….

    1. tanda merah akan hilang dengan sendirinya dalam waktu maksimal 48 jam.

      metode pembayaran bisa langsung dimasukkan apabila saldo sudah mencapai 130.000,
      Ya, betul mas, veridfikasi nomor rekening hanya cukup sekali saja.
      pembayaran akan dilakukan apabila saldo sudah mencapai 1,3 juta atau setara dengan $100 dan akan dicairkan tanggal 21.

  5. bg sya mau tanya .. knp video sya tdak bisa di monetitasi ya bg … pdhal udah sya kaitkan dgan adsense sya … dan baru aja sya dftar adsense lalu dpat email di terimah dan bsa memulai adsense … tapi saat sya mau monetitasi video gak bisa . itu gmna bg

    1. Bisa jadi video baru sedang tahap review (under review) oleh pihak google, apabila tidak sesuai dengan kebijakan komunitas (terkait pelangaran hak cipta, video reupload) maka videonya tidak akan bisa di monetize.

  6. Bg klw kita login ke adsense dan masuk itu brtii adsense msih aktifkan bg
    ciri2 adsense gak aktif itu kaya mna bg

    1. Ciri Adsense tidak aktif adalah ketika masuk/login terlihat tulisan “Your Adsense account disable”
      Atau tidak bisa masuk sama sekali, akun ini sudah ditutup.

      1. iya bg
        bg jika ambang sdah 130.000 kan kita sdah bisa msukan metode pembayaran kan bg ..
        itu tanggal berapa kita masukan metode ,, apa di tanggal 5 kita lengkapi meode pembayaran lalu di tanggal 21 kita mendapat gajih , atau di tanggal brpa ya bg

        1. metode pembayaran bisa langsung dimasukkan apabila saldo sudah mencapai 130.000, pembayaran akan dilakukan apabila saldo sudah mencapai 1,3 juta atau setara dengan $100 dan akan dicairkan tanggal 21.

  7. selamat malas mas! saya mndpat kabar buruk dri google , akun google saya dpat email dri google sprti ini ( Perlu tindakan: Akun Google Anda untuk sementara dinonaktifkan ) trus sya ajukan banding terus lalu sya dpet emaul sprti ini lgi dri google ( Halo,Terima kasih atas pengajuan banding penangguhan akun Anda. Kami telah memutuskan untuk menangguhkan akun Anda berdasarkan Pedoman Komunitas dan Persyaratan Layanan kami )
    lalu sya buka adsense saya , adsense saya masih bisa ke buka kaya biasa mas kaya saya buka sprti biasa?jdi sya mau tnya
    1. apa boleh saya ajukan banding tiap hre pda pihak google
    2. adsense saya masih bsa di buka kayak biasa , apa uang a bisa di cairkan mas , sya sdah verifikasih alamt a juga
    saya lihat di slah stu komentar bg , jika akun ytube di nonaktifkan uang adsense akan di kembalikan pda pengiklan itu sndri …
    saya masih bisa masuk ke akun gmail biasa , yg tdak bsa msuk ke ytube aja bsa , jadi ap bsa di cairkan uang adsense sya

    1. Halo mas,
      1. Banding hanya bisa dilakukan sekali saja sejak ada peringatan penangguhan. Setelah itu kita hanya bisa menunggu apakah banding ditolak atau diterima.
      2. Apabila saldo masuk ke dashboard Adsense (per tanggal 15), masih bisa dicairkan. Tetapi apabila saldo tidak masuk berarti uang dikembalikan pada pihak pengiklan.

      1. Oh gtu ya bg …..
        oya bang akun ytube sya kan di nonaktifkan , tpi kini saya mau masukan akun ytube lain ke adsense lama saya, itu gimna ya bg …
        akun adsense saya kan sma dengan akun ytube sya email a sama , jdi klw saya kaitkan akun adsense yg lma dgan akun ytube yg baru , nntik pas mau login ke adsense menggunakan email yg bru atau dgan email yg lama ( yg sama degan akunytube yg di tangguhkan )

  8. Mas gani pin adsense itu entar di anter ke rumah kita ya ?? terus siapa yang nganter nya mas ? apakah pak pos,
    apa kita yang mengambilnya seniri di kantor pos ??
    mohon pencerahan nya mas gani 🙂

    1. Iya betul akan dikirim pak pos
      Bisa di cek ke kantor pos apabila dalam jangka waktu 14 hari belum sampai rumah.

      1. Oya mas gani mau tanya lagi..
        kalau kita lihat penghasilan adsense youtube kita di google adsense..
        Tayangan,klik,RPM laman,PPS tayangan,Tampilan aktiv dapat di lihat, itu semua ada nilai nya mas..
        terus masalah yang mau saya tanyakan kenapa penghasilan tertaksir nya RP 0 ya mas ? mohon diberitau mas :*

  9. gan mau tanya ,
    adsense udah scan ktp udah sekitar 1 bulan udah dapat email identitas memenuhi syarat
    tapi masih ada notip merah harus veripikasi alamat ,Solusinya?