membuat playlist youtube

Membuat Dan Mengelola Playlist Youtube Kolaborasi Untuk Menambah Jumlah Penonton

Sudah berapakah jumlah koleksi video anda di youtube? Sudahkah anda mengelola dan membuat playlist yotube dari semua video anda? Nah, pada kesempatan ini saya akan membahas satu persatu mengenai fungsi playlist youtube secara lengkap.

Playlist atau sering disebut dengan daftar putar berfungsi untuk mengumpulkan beberapa video menjadi satu kelompok, dengan membuat playlist youtube semua video bisa dikumpulkan berdasarkan jenis dan kategori tertentu.

Selain itu dengan membuat playlist youtube akan lebih mempermudah orang lain menemukan video yang sejenis,  playlist adalah cara terbaik untuk menampilkan video pilihan untuk pemirsa Anda serta menambah viewer youtube.

Selain itu fungsi playlist juga akan menambah jumlah penonton video anda, sebab dalam playlist bisa ditambahkan video orang lain yang sejenis atau satu kategori, ini akan membuat video youtube anda semakin populer.

Membuat playlist youtube yang ideal

Untuk membuat playlist youtube, minimal anda harus mempunyai beberapa video. Misalnya 10 sampai 20 video yang berbeda kategorinya, ini adalah jumlah daftar putar paling ideal.

Jika anda mempunyai lebih banyak video lagi, maka daftar putar youtube akan lebih bagus dengan berbagi jenis kategori. Dibawah ini adalah tahapan dan cara membuat playlist youtube.

1 . Login ke akun youtube anda dan buka “saluran saya”.

membuat playlist youtube

Loading...

2. Pada “saluran saya” klik “Pengelola video”, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

membuat playlist youtube

3. Kemudian pilih beberapa video untuk dijadikan playlist atau daftar putar, usahakan video yang sejenis atau satu kategori. Setelah video dipilih, lalu klik “Tambahkan ke”, seperti yang gambar dibawah.

membuat playlist youtube

4. Langkah selanjutnya adalah membuat judul dari playlist yang akan dibuat. Jangan lupa untuk memilih opsi publik, setelah itu klik “Buat”

membuat playlist youtube

Dengan begitu playlist sudah selesai dibuat, anda bisa membuat playlist lain dengan kategori yang lain pula persis dengan contoh di atas.

Berbagi Playlist/Daftar putar Dan Berkolaborasi

Anda dapat berbagi video ke jaringan sosial, menyematkan video, atau mengirimkan video melalui email. Anda juga memiliki opsi untuk berbagi playlist dari video yang saat ini sedang ditonton atau dari awal playlist.

 membuat playlist youtube

Menambahkan kolaborator ke daftar putar

Centang kotak bertulisan “Izinkan orang yang memiliki tautan untuk menambahkan video” (Pada gambar diatas)

  • Kolabolator adalah orang yang bisa menambahkan video kedalam playlist anda, manfaat menambahkan kolaborator adalah seakan menambah jumlah video yang sejenis atau satu kategori dalam playlist anda.
  • Jika dalam kolabolator ada video yang populer maka video anda juga berkesempatan untuk mendapat jumlah penonton yang banyak, karena kemungkinan dibuka akan sangat besar.
  • Dalam playlis tersebut juga ada opsi autoplay, yaitu memainkan secara otomatis jika durasi video habis dilihat.
  • Anda dapat menghapu daftar kolaborator kapan saja.

Setelan privasi daftar putar atau pribadi

Anda bisa mengatur privasi daftar putar yang sudah dibuat atau yang akan dibuat selanjutnya, ada opsi untuk publik ataupun privasi. Dengan menyetel “privasi”, maka hanya anda dan kolaborator anda yang dapat melihat video tersebut.

Untuk seting privasi masing-masing video anda bisa simak tayangan dibawah ini.

Tapi jika video anda ingin cepat populer maka sebaiknya setelan privasi diubah menjadi publik.

Keuntungan membuat playlist youtube kolaborasi

  • Dengan playlist youtube yang bisa dikolaborasi anda seakan memiliki jumlah video yang banyak.
  • Anda berkesempatan mempunyai jumlah subscriber yang banyak dalam daftar kolaborasi satu atau kolaborasi yang lain.
  • Video anda mempunyai peluang untuk dilihat lebih banyak jika dalam kolaborasi terdapat video yang sangat populer.
  • Anda akan berpeluang mempromosikan video secara otomatis diberbagai belahan dunia, jika video anda dikolaborasikan dengan video dari negara lain.

Baca juga : Tips Jitu Agar Video Youtube Banyak Dilihat Orang Secara Natural

Nah itulah manfaat membuat playlist youtube, buatlah video yang menarik dan sebagus mungkin agar dapat berkesempatan bergabung pada kolaborasi lain yang lebih populer.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    fauzan

    ( - 12:12)

    bagi saya info ini sangat membantu sekali trimakasih

    Avatar

    Halo selamat pagi mas ghani, saya punya pertanyaan seputar youtube.
    Bagaimana cara membuat kategori seperti yang saya beri baris bawah pada gambar di bawah mas?

    saya sudah muter2 mencari tutorialnya tidak ketemu juga, mohon bantuannya mas. bantu saya untuk mengetahui caranya dengan balas email saya, -trims.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 00:48)

      Untuk kategori dan jenis lisensi ada di setelan lanjutan mas, setau saya hanya itu yang biasanya muncul dibawah diskripsi video.

    Avatar

    Sunar aminulllah

    ( - 16:32)

    Kk,klw vidio orang di tambahkan ke playlist youtube chanel kita apa kha besar kemungkin banyak yang subscribe chanel ku.
    Mohon di balas yeah kk

    Avatar

    memetpipo

    ( - 14:17)

    ane mau nanya ni bang…ane kan dah upload 12 vidio,udah ane bwt playlist jg bwt kelompokan vidio ane,tp knapa waktu ane buka di youtube temen ane klik channel ane tp yg tampil cuma 10 vidio az bang.tolong dong bang gmana tu ko cuma 10 vidio.apa yg dua bermasalah?tp vidio ane smua dah ad logo dollar warna hijaux smua.mohon penjelasannya bang,maklum newbie

    Avatar

    memetpipo

    ( - 14:10)

    mas ane mau nanya nih…ane dah upload 12 vidio,awal 10 trus ane upload lg 2 vidio,trus dah ane bwt playlist.tp knapa kalo ane buka di youtube orang ko vidio ane cuma 10 vidio tercantum d channel ane.tolong infonya bang admin

    Avatar

    nur

    ( - 04:41)

    Mekum?mf mas gani saya mau nanya,apakah boleh video2 orang lain saya tambahkan ke playlis saya tanpa ijin sipemilik video.????soal ny kalo ijin ke sipemilik d comentar kadang2 suka gk d jawab.terimakasiihhhh.

    Avatar

    Sinta Setiawati

    ( - 10:25)

    terima kasih atas informasinya, ini sangat berguna bagi saya

    Avatar

    shin

    ( - 06:16)

    Saran klikmania.net dan bapak Gani Sebastian sangat membantu saya dalam hal mengelola website yang berpenghasilan.Akan saya kabari jika sudah di approve sama eyang google. Saya selaku pribadi mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak Gani Sebastian. Semoga klikmania semakin laris manis dan banyak pengunjung. Aaamiiin. Sampai jumpa lain kali……

    salam

    Avatar

    shin

    ( - 05:00)

    Terimakasih saya ucapkan kepada klikmania.net memang mantap. Saya akan praktekkan sekarang dalam mendaftar adsense. Kalau sudah di approve akan saya kabari. Saya akan menerapkan apa yang diajarkan bapak Gani Sebastian dan bapak Gee Jhon. Semoga klikmania.net mendapat tambahan rejeki penghasilan dan pengunjung semakin meningkat. aaamiin
    sampai jumpa di lain waktu….

    Avatar

    shin

    ( - 04:58)

    Terimakasih saya ucapkan kepada klikmania.net memang mantap. Saya akan praktekkan sekarang dalam mendaftar adsense. Kalau sudah di approve akan saya kabari. Saya akan menerapkan apa yang diajarkan bapak Ganis Sebastian dan bapak Gee Jhon. Semoga klikmania.net mendapat tambahan rejeki penghasilan dan pengunjung semakin meningkat. aaamiin
    sampai jumpa di lain waktu….

    Avatar

    shin

    ( - 01:17)

    lanjutan pertanyaan:
    1. Jadi saya harus merubah wordpress contoh saja www,belajaradsense,com ke www,belajaradsense,org baru bisa ditautkan ke google adsense ya?…..caranya gimana? saya agak bingung sedikit (domain punya saya sudah tidak ada embel-embel wordpress nya).
    2. Kalau domain saya ubah seperti punya mas gani jadi www,belajaradsense,net akhiran dot,net seperti punya mas gani boleh?. Agar bisa didaftarkan adsense…masih kurang paham saya….
    3. Kalau kedua pertanyaan diatas sudah teratasi, saya berencana ingin menautkannya ke adsense kemudian mendaftar youtube adsense menggunakan adsense lewat website saya. Tinggal 2 pertanyaan di atas pak Gani Sebastian…(masalah mendaftar adsense saya paham benar aturannya). mohon bimbingannya terimakasih.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 01:49)

      Bukan maksud saya membingungkan mas Shin 😀
      1 Intinya wordpress yang bisa didaftarkan ke Adsense adalah wordpress yang dihosting sendiri. Dengan menggunakan hosting sendiri berarti sudah menggunakan wordpress dot org yang terinstal di cPanel.. Berarti blog mas Shin bisa langsung didaftarkan ke Adsense.
      2. Tidak perlu mas, nanti sampeyan malah tambah bingung 😀 kalau tidak ada embel-embel wordpress dan pakai domain sendiri tidak perlu ganti.
      3. Untuk mendaftar ke Adsense semua melalui tahap dan review yang nantinya akan disetujui pihak Adsense.
      Silahkan baca syarat blog untuk didaftarkan Adsense

    Avatar

    shin

    ( - 09:31)

    pertanyaan:
    1. Mr. Gani Sebastian seandainya saya sudah punya wordpress, traffic dan kontennya berkualitas apa bisa di daftarkan google adsense untuk mendapatkan penghasilan?
    2. Mr. Gani Sebastian apakah saya harus mendaftar google adsense lewat blogspot.id yang hosted itu?. Masalahnya punya saya sudah wordpress dan domainnya sudah top level domain..baru focus traffick dan kualitas konten. belum tak kasih iklan satupun!. Isi sudah 200 halaman dan traffick baru 7000/hari. Membahas tentang teknologi dan sains.
    Mohon bimbingannya. Mas Gani Sebastian……
    3. Tambahan pertannyaan:
    a. kalau seandainya wordpress TLD saya bisa ditautkan google adsense dan memenuhi kriteria. Apakah akun google adsensenya bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan lewat youtube?
    b. sekian dan terimakasih?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 10:24)

      1. Untuk wordpress hanya berlaku di situs yang dihosting sendiri mas Shin, jadi menggunakan wordpress.org bukan wordpress.com
      2. Berlaku untuk jawaban nomor satu, kalau dari wordpress.com menggunakan wordads bukan adsense, kecuali wordpress yang dihosting sendiri (self host)
      3. Bisa jika menggunakan wordpress.org dan bisa ditautkan dengan akun youtube jika akun adsenswe sudah disetujui sepenuhnya.

      Catatan : Satu akun adsense yang sudah disetujui bisa menampilkan iklan sampai maksimal 500 blog/akun youtube tanpa persetujuan pihak Adsense lagi.

    Avatar

    nemu di grup ada yang pake sistem jaring , sistem kondok, sistem ular , itu yang kaya gimana ya

    tumaji

    tumaji

    ( - 07:24)

    mengenai trafikmason mas itu gimana cara cepatnya untuk menghasilkan $, soalnya kalau mengharap klik lama baget..kalau beli paket iklan tu gimana perhitunganya..maaf agak meleset pertanyaanya…

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 07:30)

      Kalau main trafikmoonson kekurangannya adalah sampeyan harus stanby terus untuk menjalankan programnya, jika tidak dijalankan ya uang tidak ada, kalau main youtube, begitu upload video tidak usah memikirkannya lagi, tergantung jumlah penonton.

      Kalau dapat jumlah penonton banyak hasilnya juga akan banyak 😀

        tumaji

        tumaji

        ( - 16:11)

        kalau diyoutube yang dibayar jumlah penontonya atau klik iklanya mas…?

        Avatar

        abi upi

        ( - 00:05)

        assalamu`alikum bang mau nimbrung nanya ni bang..gemana ya caranya mempromosikan video lewat Google+…maaf ya bang sebelumnya…

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 05:34)

          Tinggal sharing saja mas, kan ada fasilitas share dibawah video youtube 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *