Plugin Penting pada Blog WordPress yang Sangat Berguna dan Memiliki Banyak Fungsi

Plugin penting pada blog – Dimasa perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, semua orang berlomba-lomba untuk menggunakan media internet sebagai media untuk berbagai tujuan. Ada yang hanya untuk narsis, menjual produk, dan sebagai mata pencaharian rutin yang sering dilalukan para YouTubers dan Bloggers.

Tidak sedikit orang berhenti dari pekerjaannya sebagai karyawan karena sudah mendapatkan cara yang lebih tepat untuk menghasilkan uang dengan memanfaatkan teknologi ini.

Bloggers merupakan salah satu aktivitas yang saat ini semakin banyak digeluti oleh masyarakat diseluruh dunia. Dalam situs jejaring sosial seperti Facebook saja, terdapat lebih dari ratusan Grup dan Fanspage yang mengkhususkan diri pada Blog.

Plugin penting dalam blog

Plugin Dalam Blog

Dari berbagai macam kategori seperti blog kuliner, traveling, bahkan blog kesehatan. Namun, banyak pula blog yang berguguran dikarenakan sedikitnya pengunjung yang membaca artikel yang dipublish.

Banyak sebab yang menjadikan minimnya pengunjung sebuah blog, seperti tidak giatnya pemilik blog melakukan promosi (share) dimedia sosial, dan juga tidak menempatkan atau menggunakan plugin yang dapat membantu menunjang naiknya pengunjung.

Baca : 6 Plugin WordPress Wajib dan 5 Tambahan Untuk Blog Baru SEO dan Aman

Berikut beberapa plugin penting yang jarang digunakan dalam blog terkhususnya pada domain blogspot.com.

Plugin Translator (Penerjemah)

Plugin penting pada blog yang pertama adalah plugin penerjemah bahasa. Kita tentunya mengetahui bahwa jaringan internet bukan hanya dapat diakses pada daerah tertentu saja. Semua orang dibelahan dunia manapun dapat mengakses sebuah situs menggunakan fasilitas internet ini.

Tujuan membuat sebuah blog adalah untuk memberikan manfaat bagi semua orang, dan bukan hanya pada daerah tertentu saja. Begitu banyak blog yang tidak menggunakan plugin ini, membuat kemampuan blog untuk mendapatkan pembaca dari luar negeri semakin minim.

Plugin penting pada blog

Google translte plugin

Pengunjung dari dalam dan luar negeri merupakan sebuah prioritas yang harus dapat dikejar oleh pembuat blog. Bayangkan saja, jika artikel yang dipublish memiliki konten yang luar biasa, dan hanya dapat dimengerti oleh sebagian orang, tentu saja hal tersebut dirasa percuma.

Dengan menggunakan fitur penerjemah dalam sebuah blog, semua orang dapat membaca artikel yang dipublish dalam sebuah blog.

Tentunya tidak semua orang mau repot untuk me-copy paste tulisan kamu pada tab pencarian lainnya. Dengan mempermudah pembaca melalui plugin ini, mereka akan berkenan untuk mengunjungi blog yang dikelola oleh blogger.

Ditambah lagi, pada beberapa sumber yang penulis ketahui, pengunjung yang meng-klik iklan pada blog dan berasal dari luar negeri, memiliki nilai adsense yang lebih besar daripada pengunjung lokal. Namun, untuk membuat plugin ini bekerja maksimal, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan, yaitu sebagai berikut.

Membuat Tulisan Dengan Kalimat Baku

Menggunakan plugin ini tidak serta merta hanya sekedar meletakkannya saja. Namun, artikel harus memiliki kualitas penulisan yang baik seperti penggunaan kalimat yang baku.

Penulisan kalimat ini bertujuan untuk mempermudah Google Translate dalam mengartikan tulisan kamu ke bahasa lainnya. Google tidak akan mampu membaca kata-kata alay, bahasa lokal, dan lain sebagainya.

Penempatan pola kalimat juga perlu diperhatikan, seperti penempatan struktur Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan. Hal ini akan mempermudah Google dalam mengartikan bahasa dalam bentuk yang kamu inginkan.

Seperti menterjemahkan sebuah kejadian yang sudah ataupun belum berlangsung. Google akan menempatkan bentuk kalimat yang menyesuaikan pembaca. Sebagai contoh bahasa Inggris yang memerlukan Tenses dalam mengartikan maksud artikel.

Menempatkan Plugin Pada Tempat Yang Tepat

Untuk menempatkan plugin ini, ada posisi yang perlu diperhatikan. Hal ini untuk mempermudah akses pembaca dalam menterjemahkan setiap artikel yang ingin mereka baca. Untuk menempatkan plugin ini, ada dua tempat yang direkomendasikan.

Yang pertama adalah menempatkan pada halaman utama. Hal ini agar setiap judul artikel dapat dibaca dengan baik oleh pembaca, dan mereka mampu memilih artikel yang menurut mereka berguna. Yang kedua adalah menempatkan pada isi artikel atau didalam postingan.

Dengan menempatkan plugin didalam postingan, pembaca dengan leluasa membaca artikel kamu dan kemungkinan membagikannya ke media sosial pribadi miliknya.

Plugin Featured Post

Plugin penting pada blog selanjutnya adalah plugin featured post. Plugin featured post atau dapat diartikan sebagai post yang bersifat statis berguna untuk meningkatkan minat baca seseorang pada salah satu artikel saja.

Biasanya, plugin ini akan berada pada halaman utama pada posisi paling atas setiap postingan. Plugin ini dapat membantu blogger untuk meningkatkan jumlah pembaca pada artikel yang masih minim dibaca.

Plugin penting pada blog

Plugin Featured Post

Dengan menampilkan judul dan gambar yang menarik dihalaman depan blog, tentunya akan menarik minat pengunjung untuk membaca artikel tersebut pertama kali. Sama halnya dengan meletakkan jualan kamu di pintu depan toko dengan harapan, pengunjung membeli produk tersebut.

Untuk menggunakan plugin ini secara maksimal, blogger harus rutin mengganti postingan yang dianggap memiliki sedikit pembaca. Namun, tidak perlu mengganti postingan ini setiap hari.

Disarankan untuk melakukan pergantian dalam range waktu 2 hari sekali. Gunakan postingan yang tidak muncul pada tampilan utama, seperti postingan lama yang masih relevan untuk dibaca seperti artikel tips dan tutorial.

Plugin Favorite Icon (Favicon)

Plugin penting pada blog yang satu ini banyak digunakan pada situs-situs terkemuka. Mungkin sebagian orang memiliki icon gambar yang sangat bagus untuk dilihat. Namun, apakah kamu sudah membuat icon pada blog kamu?

Plugin Favicon merupakan plugin yang mampu menunjukkan identitas blog pada Tab Browser. Icon merupakan merek yang harus dipertahankan karena mampu menjadi pengingat para pembaca untuk memastikan mereka tidak salah berkunjung.

Plugin penting pada blog

Favorite Icon

Seperti halnya situs Facebook dengan logo ‘F’ dan klikmania.net dengan logo ‘Mouse’ nya. Hal ini akan membuat blog kamu semakin terkenal karena memiliki brand tersendiri. Ditambah lagi, untuk domain blogspot.com, begitu banyak nama blog yang hampir mirip dan memiliki kategori blog yang sama.

Sebut saja blog TrenDi Info yang jika dicari pada mesin pencarian, akan memunculkan situs yang memiliki judul blog yang hampir sama, seperti Trend Info. Favicon ini akan membantu menentukan identitas blog yang memiliki kesamaan nama.

Plugin Anti Copas

Plugin penting pada blog

Mungkin kamu pernah menemui blog atau web yang tidak bisa di copy? Hal ini disebabkan pemilik blog tidak ingin artikel mereka diambil secara sepihak oleh pembaca. Untuk blog WordPress, bisa memasang plugin WP Content Copy Protection & No Right Click.

Fungsi plugin ini untuk melindungi dari copy paste, sekaligus menonaktifkan fungsi klik kanan saat artikel dibuka pengunjung.

Namun, pada domain blogspot.com, kamu tidak akan ditemui plugin anti copas ini.

Plugin penting pada blog tidak selamanya dapat mudah kamu temukan pada blog itu sendiri. Kamu harus membuat sebuah kode anti copas kamu sendiri. Berikut kode anti copas yang dapat kamu gunakan pada blog kamu.

body{display:block;
-khtml-user-select:none;
-webkit-user-select:none;
-moz-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-o-user-select:none;
user-select:none;
unselectable:on;}

Kamu dapat meletakkannya dengan men-setting ulang tema pada tombol ‘Optimize’ atau ‘Sesuaikan’. Pilih lanjutan dan copy kode tersebut pada pilihan ‘Tambahkan CSS’. Masih banyak cara lain untuk membuat plugin anti copas ini.

Namun bukan berarti artikel kamu tidak dapat dicopas yah, karena banyak juga software untuk membuka blog yang memiliki fitur anti copas. Tetapi setidaknya hal ini dapat mengurangi tindakan pencurian artikel.

Memang masih banyak lagi plugin yang dapat kamu gunakan untuk menunjang blog yang kamu kelola. Namun, sebelum menggunakan plugin, terlebih dahulu cari tahu manfaat yang akan diperoleh pembaca ketika plugin tersebut disematkan.

Bukan berarti semakin banyak plugin yang ditempatkan pada blog, akan membuat blog kamu bagus. Tampilan yang sederhana namun memiliki akses yang baik bagi pembaca, lebih digemari dari pada blog yang terlalu mewah namun tak berguna.

Bagikan

Related Posts

About The Author

Add Comment

shares