plugin penting wordpress

Plugin Penting WordPress Yang Harus Dipasang Untuk Blog Baru

Beberapa pilihan plugin penting wordpress ini wajib di pasang untuk blog baru. Setelah selesai menginstal CMS wordpres dari cPanel hal pertama yang kita lakukan adalah memasang beberapa plugin pelengkap, agar blog baru wordpress lebih maksimal. Yang terutama sekali adalah masalah keamanan, SEO dan plugin penunjang lainnya pada blog wordpress. Nah, tentunya sebagai pengguna blog wordpress baru kita akan di buat bingung oleh beberapa plugin yang banyak tersedia. Manakah plugin penting wordpress yang harus kita instal terlebih dahulu?

Di bawah ini saya rekomendasikan buat anda pengguna wordpress baru, beberapa plugin penting wordpress untuk segera di pasang dan di aktifkan. Selain menciptakan performa blog wordpress sejak dari awal, plugin ini berguna untuk memaksimalkan kinerja blog wordpress anda, dan tentunya masalah keamanan yang menjadi prioritas utama.

Akismet

Berbeda dengan flatform blogspot, wordpress sangat rentan dengan serangan SPAM, terutama sekali spam yang berasal dari komentar. Pada awalnya saya kaget, baru memasang CMS wordpress dari cPanel pada keesokan harinya sudah di hujani komentar yang saya sendiri tidak tau dari mana asalnya. Tetapi setelah memasang dan mengaktifkan plugin akismet, komentar SPAM yang berisi link tidak jelas akan terhapus secara otomatis.

Setelah memasang plugin akismet, kita perlu mengaktifkan API dari akismet yang bisa kita dapatkan secara gratis dengan mendaftarkan email anda. Plugin ini salah satu plugin wajib pasang dan di rekomendasikan, terutama untuk pengguna blog wordpress baru.

WordPress SEO by Yoast

Untuk memaksimalkan SEO pada blog wordpress anda, plugin ini sangat saya rekomendasikan. Plugin wordpress SEO by yoast ini termasuk salah satu plugin favorit saya dalam hal mengkonfigurasi pengaturan SEO di dalam blog baru. Selain itu, plugin ini bisa mengarahkan penempatan kata kunci di dalam judul dan artikel ketika kita melakukan posting. Sehingga hasilnya akan lebih maksimal di pencarian google.

Baca : Cara Menggunakan Plugin Yoast Di Artikel/posting

Loading...

W3 Total Cache

Plugin penting wordpress berikutnya adalah W3 Total Cache, plugin ini bekerja untuk meringankan kinerja pada server anda. Sehingga kecepatan dan loading blog wordpress anda bisa di percepat. Ada bagian bagian penting yang harus di lakukan pengaturan, sehingga kecepatan dan performa yang paling maksimal bisa di hasilkan dengan menggunakan plugin ini.

JetPack by wordpress

Plugin besutan dari wordpress ini mempunyai fungsi all in one, jadi dalam satu plugin terdapat beberapa fungsi yang banyak berguna bagi wordpress baru anda. Di antaranya adalah seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

plugin penting wordpress
Fitur All in one plugin jetpack

Kita bisa melakukan pengaturan secara manual untuk menonaktifkan atau mengaktifkan fitur yang akan kita gunakan. Tersedia juga 27 fitur lain yang bisa kita manfaatkan, seperti theme mobile version, related post, social media sharing dan masih banyak lagi. Kita bisa melakukan pilihan bijak dengan mengaktifkan yang kita anggap perlu agar loading blog tidak terasa berat.

WP Smush

WP Smush merupakan plugin penting wordpress yang mempunyai andil untuk mengompresi gambar sewaktu kita melakukan posting, sehingga ukuran file gambar tersebut bisa di minimalisir. Rata rata untuk memposting sebuah artikel kita membutuhkan 1 atau 2 gambar dan mungkin bisa lebih. Dengan adanya plugin ini kinerja blog wordpress akan lebih maksimal, karena kecepatan loading akan tetap terjaga dengan gambar yang telah di kompresi.

BackWPup Untuk backup data

Plugin penting wordpress yang terakhir adalah BackWPup. Banyak hal tidak kita duga bisa kapan saja terjadi pada blog wordpress anda, seperti error, atau serangan hacker dan sejenisnya. Jika kita sudah menbackup data maka tidak perlu merasa khawatir akan kehilangan data data penting anda.

Sebenarnya banyak pilihan plugin backup data yang tersedia, tetapi saya lebih menyarankan plugin ini. Pengaturan bisa kita sesuaikan dengan jadwal secara rutin yang bisa kita tentukan sendiri. Hasil backup juga bisa langsung disimpan di dalam hosting atau bisa juga di integrasikan melalui akun dropbox.

Kesimpulan

Plugin penting wordpress di atas wajib di instal terlebih dahulu sebelum kita melakukan pengaturan lebih lanjut. Untuk plugin lain bisa kita lakukan pemasangan menurut kebutuhan dan keperluan. Terlalu banyak plugin juga tidak begitu baik, terutama untuk masalah kecepatan dan loading blog itu sendiri. Pilihlah plugin yang akan kita gunakan dengan bijak, agar performa blog wordpress anda selalu terjaga. Semoga bermanfaat.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    kid jaman old

    kid jaman old

    ( - 12:11)

    Mas kalau kita ingin menulis artikel kan dibagian atas itu ada beberapa menu seperti bold garis miring kutipan dll. Nah supaya makin lengkap lagi pakai plugin apa ya mas?

    Avatar

    Cika

    ( - 11:46)

    Makasi om infonya. Saya newbie di wp, kalau pasang plugin yang mempunyai fungsi sama tapi lebih dari satu itu masalah ga ya? hehe

    Avatar

    bayu

    ( - 15:31)

    Untuk back up data website pake google drive bagus tuh gan

    Avatar

    Makasih banget nich infonya. Ini aku baru bangun blog baru nich. Dan mudah-mudahan dengan menerapkan seperti yang diuraikan di atas, blog aku bisa cepat berkembang. Hahahahahaahhhhh 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *