Plugin Wordpress

6 Plugin WordPress Wajib dan 5 Tambahan Untuk Blog Baru SEO dan Aman

Plugin WordPress Wajib agar blog tampil di halaman pertama google~ Jika anda memiliki sebuah blog baru yang berbasis pada wordpress, maka anda perlu untuk mulai belajar mengenai plugin. WordPress memang memiliki sangat banyak plugin yang berfungsi untuk membantu anda dalam mengelola blog. Jumlah plugin yang sudah ada di wordpress.org sampai saat ini sudah lebih dari 51 ribu plugin wordpress.

Fungsi dari masing masing plugin berbeda beda. Ada plugin yang berfungsi untuk menjaga keamanan blog, membantu membuat blog tampil di halaman pertama google, membantu hubungan komunikasi antara pemilik blog dengan pengunjung, dan masih banyak yang lain. Tentu saja ini membantu Anda dalam membangun reputasi blog Anda.

Karena saking banyaknya plugin wordpress yang tersedia, dibawah ini saya rangkumkan beberapa plugin wordpress wajib yang mestinya Anda pasang di blog anda. Saya tambahkan juga plugin yang layak anda tambahkan di blog Anda karena fungsinya juga sangat penting.

Plugin WordPress Wajib

1. Akismet

Plugin wordpress wajib
pict via wordpress.org

Plugin akismet adalah plugin wordpress wajib yang berguna untuk memeriksa komentar yang masuk dan formulir kontak Anda terhadap spam global. Sehingga situs Anda akan dicegah dari komentar dan komunikasi yang berbahaya. Kehadiran spam di situs Anda akan memperburuk reputasi website.

Plugin Akismet memiliki beberapa fungsi utama yang sangat berguna untuk blog baru maupun lama. Plugin Akismet secara otomatis memeriksa semua komentar dan menyaring yang terlihat seperti spam. Setiap komentar memiliki riwayat status, sehingga Anda dapat dengan mudah melihat komentar mana yang tertangkap atau dihapus oleh Akismet. Anda berhak untuk menghapus komentar atau menerbitkannya dari dasboard WordPress.

Komentar yang didalamnya mengandung URL pada badan komentar maka akan ditampilkan untuk mengungkapkan tautan tersembunyi atau menyesatkan. Plugin akismet memiliki fitur  membuang secara langsung atau memblokir spam terburuk, sehingga mampu menghemat ruang disk Anda dan mempercepat situs Anda. Ditambah lagi moderator dapat melihat jumlah komentar yang disetujui untuk setiap pengguna.

2. Jetpack by WordPress

Plugin wordpress wajib
pict via wordpress.org

Plugin Jetpack by WordPress merupakan Plugin wordpress wajib yang harus ada di blog Anda. Plugin ini memiliki tiga fitur utama yaitu keamanan blog, meningkatkan traffic dan mengelola konten serta meningkatkan hubungan dengan  pengunjung blog.

Plugin Jetpack memiliki fitur untuk menjaga keamanan blog Anda dengan beberapa langkah. Plugin Jetpack mampu memberikan perlindungan terhadap serangan brute force serta memantau downtime dan uptime dari blog Anda. Selain itu jika blog anda memiliki fitur login, plugin wordpress wajib Jetpack akan memberikan jaminan keamanan login dan autentikasi dua faktor.

Loading...

Jika anda membayar versi premiumnya, Plugin Jetpack mampu memindai perangkat lunak jahat, pemindaian kode dan resolusi ancaman. Selain itu versi berbayar juga menyediakan layanan backup dan migrasi. Sehingga anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan kehilangan data, downtime, dan hacking.

Fitur Plugin Jetpack yang kedua adalah meningkatkan traffic blog. Traffic atau lalu lintas merupakan sumber kehidupan dari blog manapun. Plugin Jetpack ini mampu menyajikan statistik situs dan analisa pengunjung. Selain itu Plugin ini bisa membagikan secara otomatis post terbaru di Facebook, Twitter, LinkedIn, Tumblr, Reddit, dan WhatsApp jika anda menghendaki.

Plugin Jetpack WordPress juga membantu anda mengelola konten dan hubungan dengan pengunjung. Anda bisa membuat CDN berkecepatan tinggi, penyematan youtube atau google docs, membuat sidebar custome dan lain sebagainya. Fitur langganan email, coment login dan formulir kontak akan membuat pengunjung anda memiliki jalan untuk kembali lagi ke situs anda.

3. WP Super Cache

Plugin wordpress wajib
pict via wordpress.org

Plugin WordPress Supercache adalah plugin wordpress wajib yang mampu menghasilkan file html statis dari Blog WordPress anda. Setelah file html dihasilkan, server web Anda akan menyajikan file tersebut dan memproses skrip PHP WordPress. File html statis akan disajikan ke sebagian besar pengguna Anda yang belum login, belum meninggalkan komentar di blog Anda atau pengguna yang belum melihat pos yang dilindungi kata sandi.

Plugin ini menyajikan file cache dengan 3 cara. Yang Pertama adalah Expert. Metode tercepat adalah dengan menggunakan mod_rewrite Apache (atau modul serupa yang didukung server web Anda) untuk menyajikan file html statis yang “super cepat”. Yang kedua adalah Simple. File statis yang diunggah bisa dilayani oleh PHP dan ini adalah cara yang disarankan untuk menggunakan plugin.

Yang ketiga adalah WPCache Caching. Ini terutama digunakan untuk halaman cache pengguna yang diketahui, URL dengan parameter dan umpan. Pengguna yang diketahui masuk ke pengguna, pengunjung yang meninggalkan komentar atau mereka yang harus ditunjukkan data per pengguna biasa. Ini metode caching paling fleksibel dan sedikit lebih lambat.

4. bbPress

Plugin wordpress wajib
pict via wordpress.org

bbPress adalah plugin open source forum yang dibangun untuk WordPress. bbPress tidak seperti perangkat lunak forum yang lain, tidak kikuk dan tidak menghabiskan banyak sumber daya. Yang berarti berarti lebih mudah menambahkan forum ke situs WordPress Anda dan tetap menjaga kesederhanaan dan kemampuan WordPress. Plugin ini memiliki kemampuan untuk membuat forum multisite, ia memiliki template yang dapat disesuaikan, dan dibangun untuk mendukung pencegahan spam.

bbPress dikembangkan sebagai plugin wordpress wajib menggantikan miniBB karena terlalu besar untuk forum support WordPress. Pada tahun 2004 tim WordPress memutuskan untuk membuat kode sistem forum yang sama sekali baru. Plugin WordPress wajib ini pertama kali diterbitkan di WordPress dan sejak saat itu telah diubah menjadi sebuah plugin.

Plugin ini diciptakan oleh orang yang sama yang menciptakan WordPress sehingga mengikuti prinsip yang sama untuk menjaga hal-hal kecil dan ringan. Hal ini juga sangat extensible dan mampu menangani forum custom dengan mudah. Ada juga forum pendukung yang sangat aktif dengan kontributor yang bersedia membantu memperbaiki masalah dan bug.

5. Theme check

Plugin wordpress wajib
pict via wpbeginner.com

Tema WordPress gratis sebenarnya telah menetapkan standar yang tinggi. Sehingga pengembang tema yang ingin menyampaikan tema mereka harus mengikuti standar tersebut. Anda dapat menguji tema Anda terhadap standar ini untuk melihat seberapa bagus tema Anda.

Plugin Theme Check dirancang untuk membantu pengembang tema dan juga pengulas tema untuk menguji tema WordPress berdasarkan panduan Review Tema. Panduan ini menyediakan seperangkat persyaratan minimum standar untuk tema yang harus dipertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam direktori tema WordPress gratis.

Harap dicatat bahwa peringatan dan tes ini mungkin tidak signifikan jika Anda mengerjakan tema untuk klien, atau penggunaan pribadi Anda sendiri. Di sisi lain, jika Anda mempertimbangkan untuk melepaskan tema Anda agar orang lain menggunakannya, maka merupakan ide bagus untuk memeriksa bahwa tema Anda memenuhi persyaratan kemampuan minimum.

6. Buddy press

Apakah Anda mencari perangkat lunak jaringan sosial yang modern, tangguh, dan canggih? Plugin BuddyPress adalah rangkaian komponen yang umum digunakan untuk jaringan sosial yang khas, dan memungkinkan fitur add-on yang hebat melalui sistem plugin WordPress yang luas.

Plugin wordpress wajib yang satu ini difokuskan pada kemudahan integrasi, kemudahan penggunaan, dan kemampuan berkelanjutan. Perangkat lunak jejaring sosial yang luar biasa sederhana, dibangun oleh kontributor ke WordPress.

Aktifkan anggota yang terdaftar untuk membuat profil, melakukan percakapan pribadi, membuat koneksi, membuat & berinteraksi dalam kelompok, dan banyak lagi. Benar-benar jaringan sosial dalam sebuah kotak, BuddyPress membantu Anda membangun komunitas dengan lebih mudah untuk perusahaan, sekolah, tim olahraga, atau komunitas niche lainnya.

BuddyPress memiliki rangkaian fitur perluasan yang terus berkembang yang dikembangkan oleh komunitas pengembang plugin yang aktif dan berkembang, dengan ratusan plugin BuddyPress yang tersedia gratis dan tersedia di WordPress.org. Setiap plugin dapat dipasang dengan mudah menggunakan installer plugin di Dasbor WordPress Anda.

Plugin WordPress Tambahan

1. Contact Form 7

Dengan lebih dari 5 juta pengguna aktif, plugin Contact Form 7 adalah salah satu plugin form kontak terpopuler untuk WordPress. Contact Form 7 dapat mengatur beberapa formulir kontak, ditambah Anda dapat menyesuaikan bentuk dan isi surat secara fleksibel dengan markup sederhana. Formulir ini mendukung ajax bertenaga, CAPTCHA, penyaringan spam Akismet dan sebagainya.

Harga mungkin menjadi keuntungan paling penting mengapa Contact Form 7 menjadi pilihan. Karena Anda bebas menginstalnya pada sebanyak mungkin situs yang Anda inginkan. Ada beberapa plugin pihak ketiga yang bertindak sebagai add-on plugin untuk Contact Form 7. Sebagian besar tersedia secara gratis. Sehingga Plugin ini bagus untuk membuat formulir kontak dasar untuk blog Anda.

Kelemahan terbesar mereka adalah bentuk kotak yang Anda tambahkan terlihat sangat polos. Syukurlah, Contact Form 7 bisa dengan mudah ditata menggunakan CSS di theme WordPress anda. Namun Contact Form 7 bisa agak sulit disiapkan untuk pemula mutlak. Antarmuka pengguna tidak terlalu intuitif.

2. Yoast SEO

Plugin wordpress wajib
pict via wpbeginner.com

Setiap orang yang sedang blogging telah mendengar satu atau dua hal tentang SEO. Anda tahu bahwa penting bagi situs Anda untuk memiliki SEO yang baik. Plugin Yoast SEO adalah solusi SEO terlengkap yang tersedia untuk WordPress. Plugin Yoast SEO telah digunakan lebih dari 5 juta pengguna aktif, dan merupakan plugin wordpress wajib untuk meningkatkan SEO on-page.

Tidak seperti kebanyakan plugin lainnya, plugin ini lebih dari sekadar penambahan meta tag. Plugin ini bisa digunakan untuk menambahkan judul posting khusus, deskripsi meta, dan kata kunci meta untuk posting, halaman, dan taksonomi (tag, kategori, dll.).

Saat menulis informasi meta, plugin SEO WordPress menunjukkan cuplikan cuplikan hasil pencarian Google, sehingga Anda dapat melihat dengan tepat bagaimana konten Anda akan terlihat saat seseorang mencarinya di Google.

Baca : Cara Setting Plugin Yoast WordPress SEO Untuk Blog Baru

Yoast SEO memaksa Anda untuk memilih kata kunci fokus saat menulis artikel Anda, dan kemudian memastikan bahwa Anda menggunakan kata kunci fokus di mana-mana.

Ini juga memberi kita kemampuan untuk memiliki konfigurasi lanjutan seperti menghapus posting, halaman, jenis posting tertentu, atau taksonomi dari peta situs. Ini memberitahu mesin pencari secara otomatis setelah konten Anda dipublikasikan.

3. WooCommerce

Plugin wordpress wajib
pict via wpbeginner.com

WooCommerce adalah plugin eCommerce gratis yang memungkinkan Anda menjual sesuatu dengan menarik. WooCommerce dibangun untuk mengintegrasikan secara mulus dengan WordPress, WooCommerce adalah solusi eCommerce favorit di dunia yang memberi pemilik dan pengembang kontrol lengkap.

Dengan fleksibilitas yang tak ada habisnya dan akses ke ratusan ekstensi WordPress gratis dan premium, WooCommerce sekarang memberi kekuatan 30% dari semua toko online – lebih dari platform lainnya. Dengan WooCommerce, Anda dapat menjual barang fisik dan digital dalam berbagai bentuk dan ukuran, menawarkan variasi produk, beberapa konfigurasi, dan unduhan instan untuk pembeli, dan bahkan menjual barang afiliasi dari pasar online.

WooCommerce memberi Anda kontrol penuh atas toko Anda, mulai dari pajak hingga tingkat persediaan hingga akun pelanggan. Tambahkan dan hapus ekstensi, ubah desain Anda, dan aktifkan pengaturan sesukamu. Semuanya ada di bawah kendali Anda.

Jika keamanan menjadi perhatian, tenang saja. WooCommerce diaudit oleh tim pengembang yang berdedikasi yang bekerja sepanjang waktu untuk mengidentifikasi dan menambal semua bug yang ditemukan. Kami juga mendukung WooCommerce dan semua ekstensi dengan dokumentasi yang komprehensif dan mudah diakses. Dengan dokumen kami, Anda akan belajar membuat situs yang sesuai dengan kebutuhan klien Anda.

4. All in One SEO Pack

Search Engine Optimization (SEO) membantu membuat peringkat situs Anda lebih tinggi di Google dan mesin pencari lainnya. Sementara WordPress menyediakan setup ramah SEO di luar kotak, masih banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan SEO Anda seperti menambahkan tag meta, menghasilkan peta situs XML, menghindari konten duplikat, dll.

Jika Anda mencari plugin SEO WordPress, Anda mungkin akan menemukan All in One SEO Pack karena ini adalah salah satu plugin WordPress terpopuler yang pernah dibuat dengan 3 juta lebih pengguna aktif. All in One SEO Pack membantu Anda melakukan semua hal ini dengan antarmuka yang mudah digunakan yang menyatu dengan dasbor WordPress Anda.

All in One SEO Pack, memiliki semua pengaturan pada satu halaman. Hal ini membuatnya terlihat sedikit berlebihan, namun beberapa pengguna mungkin menganggap pendekatan ini lebih mudah dan lebih cepat daripada pengaturan multi halaman Yoast SEO. Halaman pengaturan dibagi menjadi beberapa bagian. Setiap bagian membahas pengaturan area atau fitur tertentu, misalnya: pengaturan beranda, pengaturan judul, pengaturan tampilan, dll.

Ada ikon bantuan di sebelah setiap opsi. Mengklik ikon menunjukkan deskripsi singkat dan terkadang merupakan tautan ke dokumentasi tambahan. Hal ini memudahkan para pemula untuk mengerti apa yang sedang mereka lakukan. Setelah Anda dengan hati-hati melewati pengaturan umum, Anda siap menggunakan All in One SEO di situs WordPress Anda.

5. Google Analytics for WordPress by MonsterInsights

Analytics for WordPress by MonsterInsights menjadi plugin Google Analytics untuk WordPress yang lengkap yang mudah dan kuat. Dengan hampir 1 juta pengguna aktif, MonsterInsights adalah plugin Google Analytics terpopuler untuk WordPress.

MonsterInsights memungkinkan Anda menghubungkan situs WordPress Anda dengan Google Analytics, sehingga Anda dapat melihat bagaimana pengunjung menemukan dan menggunakan situs web Anda, sehingga Anda dapat membuatnya tetap kembali. Sederhananya, kami tunjukkan statistik yang penting.

MonsterInsights mempermudah Anda untuk menghubungkan dan melihat laporan Google Analytics Anda dari dalam dasbor WordPress Anda. Setelan pelacakan dan alur kerja yang baik menjadikan MonsterInsights sebagai plugin analisis google pemula yang paling pemula di pasaran.

Plugin ini adalah versi lite dari plugin MonsterInsights Pro yang disertakan dengan semua fitur analisis yang Anda perlukan termasuk pelacakan iklan, pelacakan e-niaga, pelacakan dimensi khusus, pelacakan posting populer, pelacakan peristiwa, dan banyak lagi.

Baca juga : Pedoman Lengkap Membaca Laporan Google Adsense

Sekian tadi 6 Plugin wordpress wajib dan tambahan yang bisa anda pasang di blog anda. Selamat mencoba, semoga blog Anda segera terindeks Google dan muncul di halaman pertama google.



Loading...

Baca selengkapnya

Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis. Banyak menulis tentang tips Android seperti cara memindahkan file, aplikasi dan lain sebagainya.

Artikel terkait

2 Comments

  1. Sayang banget saya masih ngikut platform blogger.

    Saya baca dari berbagai sumber, para mastah menganjurkan menggunakan wordpress self hosted. Tapi saya belum berani euy… muahaaalll…!!

    1. Tidak apa apa mas Nurhamid 🙂 Dikembangkan dulu saja webnya, saya sudah buka buka tadi.. Pakai wordpress sepertinya memang lebih bisa di advanced dengan berbagai fiturnya mas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *