Review ProdukTekno

8 Ponsel 5G Terbaik 2019 dengan Koneksi Internet Super Kencang

Tahun 2019 menjadi permulaan dari era ponsel 5G terbaik, dimana sebagian nama besar di industri ponsel dunia telah menyiapkan perangkat mereka. Tercatat ada Samsung, Xiaomi sampai Huawei, yang telah meluncurkan smartphone 5G di 2019. Dan diyakini akan kian bertambah pada tahun-tahun yang akan datang seiring dengan tumbuhnya ekosistem jaringan 5G yang semakin luas.

Apa itu 5G? 5G merupakan teknologi wireless network generasi kelima yang rencananya akan diluncurkan pada tahun 2020 di dunia. Sebab hingga sekarang masih dalam tahap pengembangan.

Teknologi 5G sendiri mengombinasikan jaringan yang telah ada seperti GSM, Wi-Fi, LTE serta teknologi radio access. Teknologi 5G akan memberikan kapasitas lebih besar daripada jaringan 4G.

Dengan demikian, ponsel yang telah support 5G akan mempunyai kecepatan data yang jauh lebih kencang. Dimana bisa meningkatkan rate data melebihi 1GB per detik serta broadband yang lebih tinggi. Lalu rate untuk mengunduh (download) akan mencapai 20G/bits dan mengunggah (upload) 10G/bits.

Yang menarik, teknologi 5G ini akan mempunyai latensi dan konsumsi baterai yang rendah dan di gadang-gadang bisa mengurangi pemakaian kekuatan jaringan sampai 90%.

Jaringan 5G juga akan memberikan keuntungan pada pemakaian ponsel yang lebih bagus dengan meningkatkan kecepatan koneksi data. Hal ini tentunya akan semakin mempermudah dalam pengembangan teknologi VR (virtual reality) dan AR (augmented reality).

ponsel 5G terbaik
image from cnnindonesia

Kelebihan dan Kekurangan Ponsel 5G

Tentu ketika sebuah terobosan teknologi datang di tengah-tengah masyarakat pasti menimbulkan pro dan kontra terkait dengan kelebihan dan kekurangan teknologi tersebut, tidak terkecuali teknologi 5G ini.

Ada sebagian yang mendukung untuk dipercepat ekosistemnya ada pula yang mendorong untuk ditunda keberadaan teknologi ini, seperti masih minimnya infrastruktur pendukung dan faktor keamanan.

Berikut kelebihan dan kekurangan dari smartphone 5G :

Kelebihan

  • Kecepatan yang lebih bagus (unduh film cuma membutuhkan hitungan detik)
  • Kapasitas lebih besar (1,000x lebih besar dari 4G)
  • Mengurangi latensi (tidak ada delay)
  • Menawarkan resolusi tinggi dan bandwith lebih besar
  • Konsumsi baterai lebih rendah

Kekurangan

  • Permasalahan pada sinyal radio
  • Diperlukan Investasi yang besar untuk membangun infrastruktur
  • Issue security dan privacy

Daftar Ponsel 5G Terbaik 2019

Keberadaan ponsel 5G di tahun 2019 tentu menambah deretan panjang inovasi di dunia ponsel. Banyak kalangan yang memprediksi bila di tahun 2020 akan menjadi tahun perubahan besar untuk ponsel.

Berikut daftar smartphone 5G di 2019 :

1. Xiaomi Mi 9 Pro 5G

ponsel 5G terbaik

Xiaomi Mi 9 Pro 5G yang pasti telah support jaringan 5G untuk koneksi super kencang. Kecepatan pada koneksi juga diimbangi kecepatan pada sisi kinerjanya.

Smartphone Xiaomi ini ditenagai prosesor Snapdragon 855+ di dukung RAM 8GB dan 12GB dengan ROM 12GB serta 256GB.

Fitur favorit lainnya ada pada layar berukuran 6.39 inci berjenis Super AMOLED dan resolusi FUllHD+ 1080 x 2340 pixel serta dibenamkan baterai berkapasitas 4000mAh dengan dukungan teknologi fast charging 40W (Quick Charge 4+) serta wireless charging 30W.

2. Xiaomi Mi Mix Alpha

ponsel 5G terbaik

Kecuali pemakaian prosesor snapdragon 855+, yang menarik pada ponsel Mi Mix Alpha juga terdapat resolusi kamera yang cukup besar yaitu 108MP. Kamera utama ini akan dikombinasikan dengan kamera ultra wide 20MP serta telephoto 12MP.

Bukan cuma itu saja, tampilan smartphone Xiaomi ini juga diluar kebiasaan ponsel pada umumnya. Layarnya disebut dengan \”Waterfall Display\” dan menutupi semua bodi yang diklaim mempunyai rasio screen-to-body sampai 180 persen.

Untuk memory akan dibekali RAM 12GB dan penyimpanan internal 512GB. Sumber tenaga baterainya berkapasitas 4.050mAh yang didukung teknologi fast charging 40W.

3. Xiaomi Mi Mix 3 5G

Xiaomi Mi Mix 3 5G menggunakan prosesor Snapdragon 855 terkini. Dan yang pasti smartphone ini juga support jaringan 5GB yang menjanjikan koneksi super kencang.

Untuk fitur lainnya sama dengan Mi Mix 3 standar yakni mengusung desain full screen dengan bezel tipis dengan konsep slide atau geser.

Xiaomi Mi Mix 3 5G juga mempunyai empat buah kamera dengan dual kamera belakang 12MP + 12MP memakai sensor Sony IMX363 dan dual kamera depan beresolusi 24MP + 2MP.

4. Samsung Galaxy S10 5G

Samsung Galaxy S10 5G hadir dengan layar yang lebih besar dari generasi sebelumnya. Smartphone samsung terkini ini tidak menerapkan desain notch tetapi berkonsep pinhole (semacam lubang) untuk menempatkan kamera.

Dengan demikian, bezel atas akan kian tipis. Oleh sebab itu, Samsung Galaxy S10 menggunakan fitur in-screen fingerprint scanner.

Samsung Galaxy S10 adalah generasi ponsel 5G terkini meski di Indonesia jaringan 5G belum dapat dinikmati tahun ini. Smartphone samsung 5G ini dibekali prosesor Snapdragon 855 terkini (khususnya untuk pasar AS), termasuk pemasangan kamera yang lebih banyak.

5. Huawei Mate 30 Pro 5G

ponsel 5G terbaik

Huawei Mate 30 Pro juga hadir dalam dua versi yakni 4G dan 5G. Meskipun demikian, tidak ada perbedaan siginifikan diantara kedua versi, cuma berbeda di koneksi 5G saja. Smartphone ini hadir dengan empat kamera belakang mumpuni 40MP + 40MP + 8MP + 3D Time of Light Camera.

Didalamnya telah tertanam chipset Kirin 990 plus didukung memori sebesar RAM 8GB dan ROM 256GB. Yang menarik Horizon Display melengkung di sudut 88 derajat yang dapat mengoptimalkan area display. Itu belum termasuk fitur lain yang telah tersemat di dalam Huawei Mate 30 Pro.

Di samping Huawei Mate 30 Pro, produsen ponsel asal Cina ini juga mengandalkan smartphone 5G lainnya yaitu Huawei P40 5G  Series yang katanya akan segera dirilis di pasaran.

6. LG V50 ThinQ 5G

LG V50 ThinQ 5G merupakan salah satu smartphone 5G terkini dirilis 2019 yang punya ketebalan 8,33 mm dan punya layar 6,4 inci OLED, yang dilengkapi dengan lima kamera, yakni tiga kamera depan dan dua kamera belakang. Ponsel 5G ini berjalan dengan prosesor chipset Qualcomm Snapdragon 855 dan didayai dengan baterai 4,000 mAh.

Untuk audio, smartphone ini dilengkapi dengan speaker stereo Boombox, Hi-Fi Quad DAC, dan DS: X 3D Surround. Hp 5G ini juga dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan (AI) untuk memberi saran seperti kontak, kecerahan layar dan warna, dan pencarian lebih mutakhir.

7. OPPO Reno 5G

Banyak yang bilang jika ponsel 5G dari OPPO ini mirip Find X sebab kamera pop up nya yang mirip, yakni kamera depan dan flash tersimpan di dalam body smartphone dan akan keluar ketika akan dipakai.

OPPO Reno 5G juga punya tiga kamera beresolusi 48MP, 13MP telefoto, dan 8MP wide-angle, plus 10x lossloess zoom.

OPPO Reno 5G dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 855 dan modem X50, punya 3,5mm audio jack, dilengkapi dengan fitur canggih AI Breeno, serta punya sensor fingerprint tanam di dalam layar.

8. OnePlus 7 Pro 5G

Hampir sama seperti hp 5G terkini lainnya, OnePlus 7 Pro 5G akan tersambung dengan jaringan 5G dengan modem X50 dari Qualcomm.

Ponsel 5G ini punya layar 6,67 inci QHD+ Fluid AMOLED, refresh rate 90Hz, filter blue light, sensor fingerprint tanam, dan juga face unlocker.

Salah satu hp 5G terbaik ini punya RAM 6GB dan 12GB, pilihan ROM (memori penyimpanan) sebesar 128GB/256GB, dan didayai dengan tenaga baterai 4,000mAh yang dilengkapi dengan fitur Warp Charge 30 Fast Charging.

Makin Banyak di tahun mendatang

Daftar ponsel 5G di atas memang masih bisa dihitung dengan jari. Tetapi yang pasti kedepannya ponsel 5G terbaik akan banyak menghiasi pasar smarpthone dunia di 2020 dan tahun-tahun kedepan seiring dengan semakin luasnya ekosistem jaringan 5G di penjuru dunia.

Demikian review singkat beberapa ponsel 5G terbaik yang saat ini mulai beredar di pasaran. Semoga bisa menjadi referensi anda untuk menentukan ponsel mana yang layak Anda genggam saat teknologi 5G siap di Indonesia.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close