Tekno

Waspada, Inilah Ponsel dengan Tingkat Radiasi Tertinggi 2019

Ponsel dengan Tingkat Radiasi Tertinggi – Setiap tipe smartphone memiliki tingkat rasiasi yang berbeda-beda. Sebelum membahas mengenai ponsel-ponsel apa saja yang memiliki tingkat radiasi tinggi, ada baiknya kita mengetahui dauhulu apa yang dimaksud dengan SAR (Specific Absorption Rate).

SAR adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan penyerapan energi dari radiasi ponsel di tubuh kita selama periode penggunaan tertentu.

Untuk melakukan pengukuran terhadap SAR, diperlukan penelitian pada seluruh tubuh atau sampel jaringan dari tubuh pengguna sambil melakukan panggilan menggunakan smartphone yang ingin diuji.

Langkah ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh smartphone tersebut.

Baca juga: Penting!! Inilah 10 Cara Mencegah Paparan Berbahaya Radiasi Layar Smartphone

Di setiap negara biasanya memiliki batas nila yang berbeda-beda. Misalnya di Eropa, dalam sampel jaringan 10 gram gelombang ini memiliki batas 2W/Kg.

Sedangkan di Amerika Serikat, nilai batasnya lebih rendah, yaitu paling besar 1,6W/Kg.

Meski demikian, saat ini masih belum banyak orang yang peduli terhadap pengaruh radiasi yang dihasilkan dari smartphone ini.

Sehingga membuat kebanyakan orang hanya memiliki ponsel berdasarkan bagusnya spesifikasi, desain, dan harganya yang murah, tanpa memerhatikan pengaruh negatif radiasi bagi tubuh.

Berbedanya batasan SAR di tiap negara juga membuat tidak semua smartphone bisa dengan mudah untuk masuk ke sebuah negara.

Misal saja, untuk bisa masuk ke negara Jerman, sebuah smartphone harus mendapat persetujuan dari Kantor Federal Jerman untuk Perlindungan terhadap Radiasi (German Federal Office for Protection against Radiation).

Baca juga8 Cara Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel yang Harus Anda Tahu

Lembaga ini juga akan terus merivisi setiap daftar perangkat baru yang masuk ke negara tersebut, agar selalu tetap up to date dengan yang dijual di pasar global.

Ponsel dengan Tingkat Radiasi Tertinggi 2019

Lembaga ini telah merilis daftar smartphone yang memiliki nilai SAR atau bisa dikatakan sebagai ponsel dengan tingkat radiasi tertinggi saat. Berikut daftar lengkapnya.

No. Tipe Ponsel Nilai SAR (%)
1. Xiaomi Mi A1 1,75
2. Oneplus 5T 1,68
3. Xiaomi Mi Max 3 1,58
4. Oneplus 6T 1,55
5. HTC U12 Life 1,55
6. Xiaomi Mi Mix 3 1,45
7. Google Pixel 3 XL 1,39
8. OnePlus 5 1,39
9. iPhone 7 1,38
10. Sony Xperia XZ1 Compact 1,36
11. HTC Desire 12/12+ 1,34
12. Google Pixel 3 1,33
13. OnePlus 6 1,33
14. iPhone 8 1,32
15. Xiaomi Redmi Note 5 1,29
16. ZTE AXON 7 Mini 1,29

Terlepas dari data penelitian ini, sebenarnya kita bisa saja menghindari dan meminimalisasi pengaruh radiasi ini.

Dengan penggunaan smartphone secara bijak, seperti melakukan percakapan melalui earphone nirkabel, tentu efek radiasi dari ponsel akan semakin berkurang.lewat earphone nirkabel


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close