Samsung S7 Active

Intip Ponsel Outdoor Samsung S7 Active yang Tahan Radiasi Matahari

Smartphone Samsung S7 Active –  Smartphone kini telah menjadi salah satu hal yang wajib kita bawa kemana saja sebagai pemenuh kebutuhan aktivitas secara pokok. Kebanyakan orang saat ini sangat memperhatikan mengenai spesifikasi dari sebuah smartphone yang akan mereka beli. Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya kebutuhan orang – orang akan teknologi melalui smartphone.

Banyak perusahaan elektronik dalam bidang telepon genggam saling berlomba untuk menciptakan sebuah smartphone yang mengambil hati para konsumen dunia. Sudah semakin banyak smartphone pendatang baru dengan berbagai fitur andalan mereka. Hal ini dikarenakan kebutuhan dari setiap konsumen yang beragam. Tidak ketinggalan perusahaan raksasa besar seperti Samsung juga tidak tinggal diam dengan smartphone lawas mereka.

Perusahaan raksasa pesaing berat Apple tersebut sangat memperhitungkan langkah mereka dalam merancang sebuah perangkat. Setelah tergoresnya brand Samsung dihati para konsumen melalui kasus Samsung Note 7 yang rentan meledak. Meskipun demikian, mereka tidak berhenti untuk berinovasi dengan meluncurkan Samsung S7 Active sebagai smartphone premium kelas outdoor.

Perusahaan asal Korea tersebut sebenarnya sudah meluncurkan smartphone oudoor berkelas itu pada bulan Juni kemarin. Tetapi kebanyakan orang hanya terfokus pada smartphone Samsung S7 dan Samsung S7 Edge yang sangat menawan dengan bodi full metal. Smartphone outdoor tersebut merupakan saudara seperjuangan dengan S7 dan S7 Edge tetapi dengan kelas outdoor.

Smartphone outdoor S7 Series tersebut tidak terlalu dipandang oleh khalayak umum. Hal ini dikarenakan kedua saudara dari Samsung S7 Active sudah memiliki fitur yang dikedepankan olehnya yaitu smartphone luxury yang anti air dan goresan. Meskipun demikian, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa smartphone anyar besutan perusahaan Samsung tersebut memiliki ketahanan lebih dari Samsung S7 dan Samsung S7 Edge.

Sekilas mengenai smartphone Samsung S7 khas ponsel penjelajah dunia

Samsung S7 Active

Perusahaan asal negri Korea tersebut sangat serius dalam merancang desain dari Samsung S7 Active yang menjadikannya terlihat ponsel khas militer. Perusahaan raksasa Samsung meluncurkan smartphone besutan mereka dengan varian warna Camo Green ala militer. Titanium Gray yang keren dan Sandy Gold yang mewah.

Smartphone keluaran bulan Juli 2016 tersebut memiliki dimensi 148.8 x 74.9 x 9.9 mm dengan beban berat 184.8 g. Selain itu Samsung S7 Active yang berukuran 5.1 inchi ini memiliki layar sentuh dengan resolusi 1440 x 2560 dengan kerapatan layar 576  ppi pixel density.

Loading...

Touch screen pada smartphone besutan Samsung tersebut telah mendukung fitur multitouch dan medium sensitive touch yang menjadiknnya nyaman saat disentuh. Perlindungan dari goresan dan benturan pada layar Samsung S7 Active sudah dibekali proteksi Corning Gorilla Glass veri keempat yang mampu tahan terhadap goresan benda tajam

Smartphone Samsung S7 Active sudah mengusung sistem operasi Android terbaru yakni Android OS versi Marshmallow yang sudah optimal dan ringan.  Untuk urusan kinerja pada smartphone Samsung S7 Active sudah gesit karena sudah membawa chipset Qualcomm MSM8996 bertipe Snapdragon 820.

Chipset Qualcomm Snapdragon 820 merupakan versi terbaru untuk saat ini yang menghasilkan kinerja lebih gesit saat dioperasikan. Pengolah grafis Aderon 530 yang menghasilkan mampu mengolah grafis pada smartphone S7 Active sangat tajam dan jernih.

Sementara itu untuk CPU dari smartphone ini berjenis Quad Core yang menghasilkan multitasking sangat ringan. Kemampuan dari sebuah chipset tangguh akan semakin maksimal dengan kapasitas RAM berkapasitas 4 GB dan internal memory yang besar yaitu 32 GB.

Untuk urusan pemotretan dan selfie pada Samsung S7 Active sudah membawa kamera belakang beresolusi 12 MP dan kamera depan sebesar 5 MP. Hal ini sungguh jauh berbeda dari lensa pada S7 dan S7 Edge yang gahar. Tetapi karena S7 Active hanya berkelas outdoor phone terbilang sangat cukup. Selain itu S7 Active sudah mendukung fingerprit dan quick charge.

Spesifikasi penuh dari smartphone Samsung S7 Active

Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Active

  • Desain
Material
WarnaWhite, Gray, Gold
StatusRumor
  • Dimensi
P x L X T
Berat
  • Tipe Layar
TipeSuper AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran5.1 inches, 1440 x 2560 pixels (~576 ppi pixel density)
ProteksiCorning Gorilla Glass 4 back panel
  • Hardware
ChipsetQualcomm MSM8996 Snapdragon 820
ProcessorDual-core 2.15 GHz Kryo & dual-core 1.6 GHz Kryo
GPUAdreno 530
  • Software
OSAndroid OS, v6.0 (Marshmallow)
UITouchWiz UI
  • Memori
RAM4 GB
Internal32/64 GB
Eksternal– microSD, up to 200 GB (dedicated slot) – single-SIM model
– microSD, up to 200 GB (uses SIM 2 slot) – dual-SIM model
  • Konektivitas
Sim CardSingle SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
InternetHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat9 450/50 Mbps
Wi-FiWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
GPSith A-GPS, GLONASS, BDS
Blutoothv4.2, A2DP, LE, apt-X
NFCYa
USBmicroUSB v2.0, USB Host
  • Kamera Belakang
Resolusi12 MP, f/1.7, 26mm, phase detection autofocus, OIS, LED flash
Fitur1/2.6″ sensor size, 1.4 µm pixel size, geo-tagging, simultaneous 4K video and 9MP image recording, touch focus, face/smile detection, Auto HDR, panorama
Video[email protected], [email protected], [email protected], HDR, dual-video rec.
  • Kamera Depan
Resolusi5 MP, f/1.7, 22mm, dual video call, Auto HDR
VideoYa
  • Baterai
KapasitasNon-removable
Fitur– Fast battery charging: 60% in 30 min (Quick Charge 2.0)
– Wireless charging (Qi/PMA) – market dependent
  • Fitur
– Always-on display
– Samsung Pay (Visa, MasterCard certified)
– IP68 certified – dust proof and water resistant over 1.5 meter and 30 minutes
– MIL-STD-810G certified – salt, dust, humidity, rain, vibration, solar radiation, transport and thermal shock resistant

Desain dari smartphone Samsung S7 Active yang keren dan modern

Samsung S7 Active

Pertama saya akan membahas mengenai desain dari smartphone Samsung S7 Active yang keren dan modern. Perusahaan asal negri KorSel tersebut memang merancang smartphone tersebut agar terlihat keren dan berkelas. Samsung meluncurkan smartphone outdoor mereka tersebut dengan tiga pilihan warna yang menarik dan keren.

Samsung S7 Active diluncurkan dengan pilihan warna yaitu Camo Green ala militer, Titanium Gray yang keren dan Sandy Gold yang mewah. Karena S7 Active berkelas outdoor maka Samsung  merancang tombol navigasi dalam bentuk fisik yang lembut dan tahan benturan benda keras.

Smartphone keluaran bulan Juli 2016 tersebut memiliki dimensi 148.8 x 74.9 x 9.9 mm dengan beban berat 184.8  g yang tidak seberat ponsel outdoor lainnya. Selain itu Samsung S7 Active yang berukuran 5.1 inchi ini memiliki layar sentuh dengan resolusi 1440 x 2560 dengan kerapatan layar 576  ppi pixel density.

Touch screen pada smartphone besutan Samsung tersebut telah mendukung fitur multitouch menjadiknnya nyaman saat disentuh. Perlindungan dari goresan dan benturan pada layar Samsung S7 Active sudah dibekali proteksi Corning Gorilla Glass veri keempat.

Meskipun membawa kelas smartphone outdoor, S7 Active sudah dibekali dengan teknologi super AMOLED pada layar sentuhnya dengan 16 Miliyar warna. Hal itu yang menghasilkan visual dari layar yang tajam dan jernih. Selain itu smartphone tersebut membawa teknologi sertifikat IP68 yang menjadikannya mampu bertahan terhadap debu dan air hingga kedalam 1.5 meter selama 30 menit.

Jadi kamu tidak perlu khawatir jika bermain dipinggiran pantai yang banyak pasir dan cipratan air pada smartphone outdoor ini. Mungkin pada smartphone S7 dan S7 Edge sudah memiliki sertifikat IP68 juga tetapi smartphone S7 Active memiliki ketahan lebih yaitu MIL-STD-810G certified.

Teknologi tersebut memungkinkannya untuk tahan terhadap garam, debu, kelembapan, hujan, getaran, radiasi matahari, dan benturan keras.

Jadi untuk urusan desain dari smartphone Samsung S7 Active ini sudah sangat keren dan modern dengan desain outdoor luxury phone.

Peforma yang tangguh dari smartphone Samsung S7 Active yang stabil dan ringan

Samsung S7 Active

Selanjutnya saya akan membahas pada opsi kedua yaitu peforma yang tangguh dari smartphone Samsung S7 Active yang stabil dan ringan. Hal kedua yang sangat diperhatikan oleh kebanyakan orang pada saat ini adalah spesifikasi dari dapur pacu sebuah smartphone yang akan mereka beli. Spesifikasi dapur pacu dari sebuah smartphone sangat mempengaruhi kinerja yang dihasilkan dari sebuah smartphone.

Perusahaan asal negeri Korea Selatan tersebut memang sangat serius dalam merancang dapur pacu dari smartphone Samsung S7 Active yang memadukan inti mesin dengan peforma tangguh. Kebanyakan smartphone keluaran tahun 2016 yang berkelas high-end sudah membawa spesifikasi dapur pacu keluaran terbaru seperti chipset Qualcomm Snapdragon 820.

Smartphone Samsung S7 Active sudah dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8974AA atau dalam bahasa ponsel adalah Qualcomm Snapdragon 820. Snapdragon 820 sudah membawa GPU atau pengolah grafis jenis Adreno 530 untuk menghasilkan grafis yang tajam dan jernih.

Selain itu untuk CPU dari smartphone Samsung S7 Active sudah mengusung CPU Quad Core 2×2.3 Ghz dan 2×1.6 Ghz yang menghasilkan kinerja saat pembukaan aplikasi dan multitasking menjadi tidak lemot.

Chipset dengan peforma tangguh pada smartphone Samsung S7 Active akan semakin optimal dengan kombinasi kerja dari RAM. Smartphone Samsung S7 Active sudah mengusung RAM dengan kapasitas 4 GB yang sudah menghasilkan kinerja yang sangat memuaskan para konsumen. Dengan kombinasi dari chipset terbaru dan RAM berkapasitas 4 GB pada smartphone Samsung S7 Active akan menghasilkan kinerja yang gesit dan optimal.

Jadi untuk urusan kinerja dari smartphone Samsung S7 Active sudah sangat optimal karena dukungan dari chipset Snapdragon 820 dan RAM berkapasitas 4 GB. Jadi untuk urusan kinerja dari S7 Active tidak kalah saing dengan kedua saudaranya S7 dan S7 Edge.

Mengabadikan momen indah sangat pas dengan kamera Samsung S7 Active

Samsung S7 Active

Hal ketiga yang akan saya bahas pada opsi kali ini mengenai kamera yang diusung pada smartphone Samsung S7 Active yang cukup mengedepankan kamera perangkat mereka. Sekarang orang sangat memperhatikan spesifikasi dari sebuah kamera yang terdapat pada sebuah smartphone untuk hiburan atau pengabadian sebuah momen. Maka dari itu perusahaan Samsung cukup teliti pada setiap produknya dengan kamera rakitan ala Samsung S Series.

Pada smartphone kelas outdoor ini sudah membawa kamera belakang beresolusi hingga12 MP dengan segudang fitur yang disematkan. Beberapa fitur dari kamera belakang S7 Active adalah phase detection, OIS, geo tagging, touch focus, manual focus, Auto HDR, dan panorama. Masih banyak lagi fitur fitur sederhana lainnya yang disematkan pada smartphone ini.

Yang dapat menghasilkan hasil foto yang mirip dengan objek aslinya. Untuk perekaman dari kamera belakang sudah dapat menghasilkan video berkualitas 4K dengan spesifikasi [email protected] fps, [email protected] fps, [email protected] fps yang cukup mengagumkan untuk kelas smartphone outdoor.

Tidak ketinggalan untuk sektor kamera depan dari smartphone Samsung S7 Active sudah mengusung kamera beresolusi 5 MP yang dapat mengambil gambar dan video yang tajam. Jika kamu ingin melakukan aktivitas selfie sudah sangat memuaskan dengan hasil jernih meskipun pengambilan pada daerah gelap.

Dengan segudang fitur atau fasilitas yang ditanamkan pada smartphone Samsung S7 Active serta kolaborasi kamera resolusi lensa besar akan menghasilkan gambar yang jernih dan tajam.

Jadi untuk urusan memotret dan aktivitas selfie pada smartphone Samsung S7 Active sudah sangat memuaskan para konsumen dengan kamera belakang beresolusi 12 MP dan kamera depan sebesar 5 MP.

Pemakaian selama seharian penuh dari smartphone Samsung S7 Active dengan baterai 4000 mAh

Samsung S7 Active

Setelah kita membahas mengenai desain yang gmalour, spesifikasi yang tangguh, dan kamera rotate yang menghasilkan foto video fantastis. Selanjutnya saya akan membahas mengenai kemampuan dari pemakaian dari smartphone Samsung S7 Active yang berasal dari negri Kora Selatan ini. Perusahaan raksasa Samsung tersebut sekarang sangat serius dalam merancang baterai dari berbagai smartphone luncuran terbaru mereka.

Smartphone Samsung S7 Active sudah membawa kapasitas baterai yang sangat besar dikelasnya yaitu 4000 mAh yang mampu tahan seharian digunakan dengan pemakaian wajar. Jika kamu mengoperasikan smartphone ini pada jaringan 3G keatas bahkan 4G LTE maka dapat bertahan selama seharian penuh dengan pemakaian hanya internetan.

Tetapi jika kamu menjalankan smartphone ini dengan banyak aplikasi aktif atau terkenal dengan istilah multitasking maka S7 Active hanya dapat bertahan tujuh jam lebih saja. Jika tidak kamu operasikan, smartphone anyar ini dapat bertahan selama 384 jam.

Meskipun smartphone Samsung S7 Active kamu kehabisan baterai karena pemakaian seharian maka jangan khawatir untuk lama menunggu charging smartphone. Hal ini dikarenakan pada smartphoe Samsung S7 Active sudah membawa Quick Charging 2.0 yang dapat mengisi baterai sebanyak 60 % hanya 30 menit saja. Jadi meskipun anda kehabisan baterai selama seharian  maka anda tidak perlu khawatir untuk lama menunggu ketika charging.

Jadi untuk penyimpanan pada smartphone Samsung S7 Active sudah sangat besar dukungan teknologi Quick Charging 2.0 yang mengisi 60 % hanya dalam waktu 30 menit.

Konektivitas yang gesit dan stabil dari smartphone Samsung S7 Active dengan 4G LTE

qweqweqw
Image from http://www.digitaltrends.com

Selanjutnya saya akan membahas smartphone  Samsung S7 Active pada sektor konektivitas yang gesit dan stabil. Smartphone Samsung S7 Active meluncur dengan slot sim card berjenis Nano yang populer dibawakan oleh kebanyakan smartphone terbaru pada tahun ini.

Selain itu seperti smartphone terbaru pada umumnya yang sudah membawa teknologi 4G LTE dengan kemampuan download hingga 300 mbps yang terdapat pada jaringan GSM. Namun dukungan dari jaringan 4G LTE ini memiliki keterbatasan daerah cakupan yang hanya tersebar pada kota besar di Indonesia saja.

Untuk jaringan yang standar selain 4G LTE adalah HSDPA dengan kecepatan hingga 21 mbps dan HSUPA hingga 5.76 mbps. Tidak ketinggalan pada smartphone Samsung S7 Active juga sudah mendukung fasilitas WiFi yang mendukung Tethering, WiFi Direct dan WiFi Display yang dapat menampilkan visualisasi langsung.

Disamping itu smartphone S7 Active ini juga sudah dibekali USB OTG, NFC, microUSB v2.0 dan Bluetooth 4.2. Pada sistem navigasi pada Samsung S7 Active sudah disematkan GPS berjenis A-GPS dan GLONASS teknologi tersebut akan meningkatkan penguncian lokasi dan tingkat akurasi yang semakin maju.

Jadi untuk urusan konektivitas dari smartphone Samsung S7 Active sudah sangat gesit dan optimal dengan dukungan jaringan 4G LTE. Dan pada sektor konektivitas lainnya sudah sangat lengkap seperti Bluetooth versi terbaru yakni 4.2 yang semakin cepat dalam sharing data.

Sistem Operasi Marshmallow yang sudah optimal pada Samsung S7 Active

Samsung S7 Active

Baiklah mungkin sebelumnya saya telah membehas beberapa unggulan dari smartphone outdoor berkelas ini tetapi tanpa suatu sistem operasi semuanya kacau. Sebuah sistem operasilah yang akan mengatur seluruh pengoperasian yang kita kehendaki pada smartphone. Perusahaan  Samsung telah menjalin kerja sama dengan Google sebagai sistem operasi umum bagi setiap ponsel smartphone mereka.

Hampir seluruh smartphone keluaran dari Samsung dengan kelas ponsel pintar membawa sistem operasi Android OS. Setiap keluaran smartphone terbaru dari smartphone Samsung baik kelas bawah hingga kelas atas selalu membawa sistem operasi Android keluaran terbaru dari Google. Smartphone Samsung S7 Active juga telah dibekali dengan sistem operasi terbaru untuk saat ini yaitu Android Marshmallow.

Sistem operasi Marshmallow pada smartphone ini sudah sangat optimal dan gesit digunakan. Ditambah lagi dengan kolaborasi TouchWiz UI yang menyediakan tema yang cantik dan modern untuk smartphone S7 Active. Ditambah lagi dengan dukungan chipset Snapdragon 820 dan RAM berkapasitas 4 GB.

Jadi untuk urusan sistem operasi dari smartphone Samsung S7 Active sudah sangat baik dan gesit dengan kolaborasi TouchWiz UI yang indah dan modern.

Sejuta fitur dan fasilitas yang ditanamkan pada Samsung S7 Active

Samsung S7 Active

Baiklah pada opsi opsi diatas anda telah mengetahui beberapa kelebihan utama dari smartphone Samsung S7 Active yang disematkan padanya. Sekarang saya akan mengulas beberapa fitur dan fasilitas ringan yang umumnya sudah terdapat pada beberapa smartphone terbaru saat ini.

Untuk urusan keamanan pada smartphone S7 Active sudah mendukung teknologi Fingerprint yang tetap sensitive meskipun terkena debu sekalipun. Selain itu juga terdapat fasilitas accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, dan Sp02. Fasilitas Quick Charge 2.0 yang sudah saya bahas sebelumnya yang mampu mengisi baterai 60 % hanya selama 30 menit saja. Selain Quick Charge 2.0 juga sudah mendukung teknologi terbaru yaitu wireless charging.

Selain membawa fitur dan fasilitas teknologi baru pada Samsung S7 Active juga sudah dibekali segudang fasilitas khas Samsung. Fasilitas khas Samsung yaitu S-Voice sebagai asisten virtual yang dapat kamu perintahkan untuk melakukan sesuatu. Juga terdapat One Drive yang berkapasitas higga 115 GB dan banyak juga aplikasi bawaan Samsung lainnya seperti SMS, MMS, Email, Media Player, dan Document editor.

Jadi selain banyak fitur besar pada smartphone S7 Active juga tidak ketinggalan menyematkan beberapa fasilitas sederhana khas perangkat Samsung.

Beragam Kelebihan dari smartphone Samsung S7 Active dengan rotate camera

Setelah kita membahas semua kelebihan pada smartphone S7 Active diatas secara mendalam maka kini kita akan membahas kesimpulan dari kelebihan smartphone tersebut :

  • Desain dari smartphone S7 Active yang keren dan modern dengan kombinasi warna menarik dan paduan metal khas S7 Series.
  • Kinerja yang smooth oleh S7 Active karena spesifikasi dari dapur pacu yang terbaru dan RAM berkapasitas 4 GB.
  • Hasil foto dan video yang sangat fantastis dari kamera smartphone Samsung S7 Active dengan lensa utama hingga 12 MP dan kamera depan 5 MP dengan sejuta fitur.
  • Mampu bertahan selama seharian penuh dengan pemakaian normal seperti hanya internetan dan mendengarkan musik karena kapasitas baterai 4000 mAh.
  • Teknologi Quick Charge yang mampu menghasilkan waktu charging hanya 30 menit untuk mengisi daya hingga 60 %.
  • Konektivitas yang gesit dan optimal dari smartphone Samsung S7 Active dengan dukungan konektivitas jaringan terbaru yakni 4G LTE.
  • Telah membawa sistem operasi Android Marshmellow OS yang sudah sangat optimal dan TouchWiz UI yang indah dan modern.

Beberapa Kelemahan dari smartphone Samsung S7 Active

Biklah setelah kita membahas mengenai beragam kelebihan dari smartphone Samsung S7 Active yang sangat memuaskan dan kita akan membahas beberapa kelemahan dari S7 Active :

  • Bodi fisik dari smartphone Samsung S7 Active yang lebih tebal dari smartphone Samsung S7 dan Samsung S7 Edge
  • Kamera depan yang hanya membawa resolusi 12 MP sebagai kamera belakang dan kamera depan 5 MP yang jauh melesat dari spesifikasi S7 Edge

Mungkin hanya itu saja kelemahan dari smartphone tersebut yang tidak terlalu buruk dikarenakan kelas dari smartphone S7 Active adalah outdoor phone.

Kesimpulan dan Penutup dari review smartphone Samsung S7 Active

Baiklah akhirnya berakhir juga pembahasan kita mengenai smartphone Samsung S7 Active asal negeri Korea Selatan ini.  Smartphone Samsung S7 Active kelas premium keluaran Juni 2016 ini datang dengan segudang fitur dan fasilitas yang menggiurkan untuk dimiliki.

Dimulai degan desain yang keren, daya tahan baterai seharian penuh, kinerja yang gesit, dan konektivitas dengan teknologi masa kini. Jadi saya berharap melalui artikel pembahasan singkat saya mengenai smartphone Samsung S7 Active dapat memberikan pertimbangkan khusus bagi anda semua.  Karena sebelum melakukan pembelian suatu smartphone harap lebih mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Dikarenakan smartphone ini keluaran bulan Juni 2016 maka dapat dipastikan bahwa harga dari smartphone ini masih berkisar $720 atau jika dirupiahkan maka sekitar sembilan jutaan. Mungkin harga dari smartphone kelas outdoor ini akan turun pada akhir tahun yang biasanya Samsung mengadakan promo bagi setiap perangkat mereka.

Referensi laing : Smartphone Gresso Ragol Gold dengan emas 18 karat

Apakah anda tertarik membawa pulang Samsung S7 Active ini ?


Loading...

Bagikan

Aditya Irzal

Penulis

I am a blogger, filmmaker, youtuber and karateka.

Komentar

    Avatar

    PIN BB : D5C771BB
    Permisi Nih Saya Mau Promoin Pusat Penjualan Handphone,
    Camera, Laptop DLL,Di Jamin No PHP/Tipu2 ,,Saya Sendiri Telah Membuktikan Berbelanja Di Olshoop Ini.. Produk yang Di Tawarkan
    Merupakan Barang (BM), Original, NEW,Bergaransi
    Resmi Dari Masing” Pabrik Harga Yg Di
    Tawarkan Merupakan Harga Terendah Dikalangan
    Para Pebisnis /Penjualan Online Hrg Di Olshoop Ini Bisa
    Anda Bndingkan Dgn Hrg Yg Di Twarkn Di Olshoop Lain,.,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *