Dunia InternetInternetTekno

Perbandingan Popularitas Snapchat Vs Instagram dan Facebook

Popularitas Snapchat – Halo sobat pembaca klik mania. Postingan kali ini akan membahas sesuatu yang tak bisa lepas dari kaum muda jaman sekarang. Apa? Mantan! Salah! Social media atau media sosial. Benar nggak?

Anak muda jaman sekarang jika di lihat memang tidak bisa lepas dari yang namanya media sosial. Dalam satu hari pasti ada membuka yang namanya sosial media. Setidaknya sosial media chatting. Yoi nggk tuh? Bener kan?

Hari ini kita mau membahas social media yang sering dipakai anak hitz untuk update. Nggak hitz juga sih sob. Namun aplikasi ini booming banget semenjak ada filter-filter unyu atau filter imut. Apalagi kalau bukan snapchat.

Terus apa hubungan popularitas snapchat dengan postingan saya kali ini? Dari pada penasaran ayo lanjut ke TKP. caranya scroll kebawah. Hehe. Lanjut.

Ya Snapchat – Aplikasi social yang sangat populer dikalangan anak muda. Bisa dibilang aplikasi ini mayoritas digunakan oleh kaum hawa alias perempuan. Eit’s ini bukan bermaksud membatasi gender ya.

Aplikasi ini juga banyak kok digunakan oleh kaum adam alias cowok cowok. Namun saya tidak menggunakan aplikasi ini lagi. Alasanya? Hp saya memorinya habis sob. Hehehe sebagai seorang gamers aplikasi ini juga kerap memakan ram.

Walaupun saya memang jarang main game di hp. Bukan karena snapchat yang memakan ram. Tidak! Memang hp saya aja yang nggak mampu ram nya. Hehe, jadi buat sobat Klik Mania yang membaca ini dan mau endorse hp silahkan. Nanti saya buat testimoninya. Lanjut.

Loading...

Jika kalian ditanya mengenai popularitas snapchat. Apa yang kalian ketahui mengenai snapchat? Kalimat apa yang dapat kalian gunakan untuk mendeskripsikan snapchat ini? Jika pertanyaan ini ditanyakan ke saya. Jelas saya akan menjawab.

Popularitas Snapchat

popularitas snapchat
Image from How Girls Act on SNAPCHAT

Kalimat yang bisa saya berikan untuk snapchat. Saya akan awali dengan satu kata sebelum saya masuk kedalam kalimat. Jadi satu kata tersebut adalah filter, bisa dibilang effek. Jadi menurut saya yang membuat snapchat jadi lebih kece dan keren adalah efeknya itu.

Sering nggak kalian melihat user snapchat yang memakai filter di snapchat dan menggunakan hasil filterannya untuk diupload di social media lain? Seperti bbm, line, facebook, instagram? Filter yang populer itu seperti filter anjing.

Pernah kalian lihat nggak sih? Yang jika mereka mangap terus muncul lidah anjing? Nah filter seperti itu tuh yang populer. Jujur sampai sekarang saya tidak tahu apa makna dan tujuan mereka seperti itu.

Bahkan effek yang satu ini menjadi sangat populer. Jika saya tanya kepada mereka. Kenapa menggunakan filter tersebut? Jawaban mereka pasti karena lucu. What? Lucu darimana? Ya lucu juga sih. Tapi nggak jadi anjing juga sob.

Orang yang menyerupai anjing mah jangan susah susah cari di snapchat sob. Di lingkungan pergaulan juga banyak yang seperti itu. Lah ini kok jadi curhat. Lanjut ah.

Kalian jelas tahu lah effek yang seperti itu. Ya itu effek atau filter sih? Pokoknya yang bisa berubah itu deh. Tanpa saya jelaskan lebih lanjut para snapchat user juga pada tahu lah. Saya yakin kalian pasti suka memakai effek itu kan? Lanjut.

Sejarah munculnya snapchat

Jelas aplikasi sekeren ini tidak mungkin muncul langsung di playstore atau app world. Pasti ada yang membuatnya. Ya jelas lah. Sebelum masuk ke topik yang lebih dalam ayo kita melihat sejarah snapchat terlebih dahulu.

Jadi awalnya aplikasi ini diciptakan oleh tiga mahasiswa yang berkuliah di universitas Standford. Mahasiswa itu adalah Evan Spiegle, Bobby Murphy, Reggie Brown. Dimana mereka menciptakan aplikasi ini dengan fungsi untuk mengambil foto dan juga mengambil video dengan menambahkan teks atau gambar.

Aplikasi ini resmi diliris pada september 2011. Sudah cukup lama ya sob. Namun aplikasi ini mulai eksis di 2015 dan mengalami puncak keeksisan pada 2016.

“kami tidak keren” ucap Murphy “Jadi kami mencoba untuk membangun sesuatu untuk menjadi keren” ucapnya yang dikutip oleh Forbes. Ucapan Murphy ini jelas sudah terbukti untuk saat ini.

Karena popularitas snapchat semangkin meningkat dan faktanya banyak orang yang selalu update kegiatannya menggunakan snapchat. Mungkin mereka sudah terkena snapchat addict atau istilahnya adalah kecanduan snapchat.

popularitas snapchat
Snapchat user via https://techcrunch.com

Saat tulisan ini dibuat snapchat sudah berada pada versi 9.36.2.0 di google play. Dengan jumlah download yang sangat fantastis. Jumlah download di snapchat sekitar lebih dari 100.000.000. untuk ukuran aplikasi snapchat memiliki size 67.38 mega byte. Untuk size social media ini bisa dibilang cukup gede juga.

Jadi pada awalnya sebenarnya ide snapchat ini ditimbulkan dari tugas kelas Spiegle dan Brown dengan nama awal bukan snapchat. Melainkan Picabbo. Picabbo ini pun dirilis pada Juli 2011. Namun setelah itu namanya berubah menjadi snapchat.

Bukti lain dari popularitas snapchat adalah progress yang dihasilkan. Dimana progress yang fantastis dihasilkan snapchat dalam jangka waktu dua tahun. Pada kurun waktu 2 tahun snapchat sudah menembus 700 juta pengiriman foto dan video setiap harinya. Wah ini merupakan kemajuan yang fantastis.

Kontroversi Logo Snapchat

Berawal dari Picabbo memiliki logo yang bertransformasi menjadi snapchat. Dimana logo lama snapchat adalah gambar hantu tersenyum. Sekarang logo itu sudah berubah. Kenapa? Jelas karena suatu kontroversi.

Dimana logo snapchat ini terkena hak cipta. jika kalian pengguna snapchat yang lama. Logonya pasti berbeda. Logo yang lama adalah gambar hantu tersenyum. Hantu yang memakai jubah putih.

Sekarang logo snapchat berubah menjadi jubah putih yang menyerupai hantu. Namun tidak ada wujud muka. Alias polos.

Hal yang menyebabkan berubahan ini adalah sebuah kontroversi diantara ketiga developer. Saya tidak tahu pastinya karena pas kejadian saya ditidak ada disana hehe. Yang jelas ini karena ada suatu kontroversi dalam pembagian saham.

Snapchat mengispirasi

Apa yang membuat popularitas snapchat mengispirasi. Ya aplikasi snapchat ternyata memberikan inspirasi yang sangat baik. Terbukti instagram mulai melirik fitur yang ada didalam snapchat. Bahkan pada tanggal 3 Agustus sudah ada updatean instagram rasa snapchat.

Bagaimana bisa instagram memiliki citarasa yang sama seperti snapchat? Jelas bisa dong. Fitur moment yang ada di instagram yang membuat citarasa instagram sekejap berubah menjadi snapchat.

Dimana mode baru ini juga terispirasi dari snapchat yang sudah semangkin booming. Dimana user instagram bisa berbagi moment mereka kepada teman-teman mereka dengan metode seperti snapchat.

Setelah mengeluarkan beberapa fitur keren. Dimana fitur yang dikeluarkan seperti fitur boomerang. Ini fitur yang sudah cukup lama ada di instagram. Ada juga fitur no crop viedo and foto.

Dimana kalian tidak perlu capek capek untuk menggunakan aplikasi lain dalam mengatur size foto atau video kalain. Karena instagram akan otomatis mengaturnya untuk kalian. Setelah itu instagram semangkin keren dengan updatean terbarunya yang meijinkan user untuk login dengan double akun.

Sehingga kalian bisa ganti-ganti akun. Jelas fitur ini sangat berfungsi untuk penjual online atau kalian yang bertugas menjadi admin suatu akun. Ataupun kalian yang hobi membuat akun yang banyak.

Pada updatean terbaru instagram ini semangkin keren. Karena instagram yang dulunya dikenal dengan aplikasi share foto dan video kini fiturnya semangkin kompleks. Tetapi tidak meninggalkan ciri khas instagram sebagai aplikasi sosial untuk mengshare foto atau video.

Ditambah fitur stories membuat aplikasi instagram ini semangkin diminati oleh para user. Jadi fitur stories ini memang mirip banget dengan aplikasi hits snapchat. Wah ini pasti jelas mengguncang iman para pengguna snapchat dan juga instagram.

Duel maut instagram dan snapchat

popularitas snapchat

Apakah instagram bisa mencuri hati snapchat user? Karena memang secara fitur mirip. Hanya pada instagram belum ada filter hits seperti muka anjing. Atau bunga bunga. Mahkota bunga dan beberapa filter unyu lainnya.

Namun secara tekinis sama. Seperti moment yang bakal hilang pada kurun waktu 24 jam, jadi pada fitur stories di instagram ini tidak ada like atau commentnya sih. Tetapi kalian tetap bisa melihat analytic dari stories kalian.

Jadi ketahuan deh followers kalian yang kepo sama kalian. Mungkin kedepannya bisa saja instagram meluncurkan filter yang lebih keren dari snapchat. Untuk saat ini instagram masih menggunakan fitur foto dan video.

Dimana foto dan video hanya bisa diwarnai dan juga diberikan teks. Jadi hanya sebatas itu sih. Not bad lah. Walaupun jika dilihat terlihat bosan.

Referensi lain : Ingin Menjadi Youtuber? 5 Hal Penting ini Yang Harus Anda Persiapkan

Namun instagram stories jelas punya kelebihan tersendiri dalam menyaingi snapchat. Dimana instagram memiliki durasi yang panjang. Panjang banget, dimana para user jelas diberikan kebebasan dalam mengekspresikan moment mereka.

Tidak seperti snapchat yang konon katanya dibatasi dalam durasi. Sehingga para pemakai jadi tidak leluasa dalam mengshare moment mereka ke publik.

Keunggulan lain dari instagram stories adalah sistem privasinya. Dimana kalian bisa menghide orang orang yang tidak ingin kalian tunjukkan. Sehingga orang yang kalian hide tidak bisa melihat moment kalian.

Namun video atau foto kalian tetap bisa dinikmati oleh publik. Jika di snapchat ada fitur block. Di instagram tanpa memblok kalian bisa menamankan privasi kalian. Ini juga menjadi salah satu keungulan instagram dibanding snapchat.

Selain itu kelebihan lainnya adalah warna dan gaya penulisan yang banyak. Jadi warna yang disediakan dan gaya penulisan lebih banyak dari snapchat sendiri. Namun unutk sistem filter jelas masih dipegang oleh snapchat sang raja atau sang inspirator.

Facebook mulai terinspirasi

Melihat dari aplikasi instagram yang sudah melirik fitur popularitas snapchat kini aplikasi yang sempat booming dijaman saya SD. Sebuah aplikasi social yang terkenal dengan populasi perkembangan anak alaynya.

Sehingga dengan aplikasi social media ini seakan anak alay mempunyai negara mereka sendiri. Namun sekarang populasi anak alay didalam apliaksi sosial media ini mulai punah. Ntah mereka sudah pada sadar ataukah mereka sekarang sudah bermigrasi dan sedang membangun negara mereka yang baru tanpa sepengetahuan kita?

Kalian sudah tahu aplikasi apa yang saya maksud? Ada? Yap! Facebook. Aplikasi buatan Mark Zukerberg ini selalu mengguncang dunia. jika dulu apliaksi ini sering di ejek di indonesia karena banyak alay alay yang bermunculan.

Aplikasi yang dulunya bernama facemash pada  oktober 2003 ini kini melesat maju seiring perkembangan jaman. Yang dulunya facebook terkenal dengan game-game nya yang sangat legendaris.

Namun sekarang menurut saya player game facebook jelas menurun drastis. Melihat beberapa game legendaris facebook sudah tidak bisa dibuka. Saya tidak tau ini tidak bisa dibuka apa memang laptop saya bermasalah.

Dulu saya sudah sekali bermain game facebook. Ada beberapa game yang memang membuat saya ketagihan. Seperti game Restaurant City. Yang sekarang tidak ada kabarnya. Padahal saya masih kepingin main.

Memang gameplay yang sederhana namun jika di mainkan terus menerus ini bisa memberikan efek ketagihan yang luar biasa. Bahkan saya bisa pergi kewarnet untuk bermain game facebook selama berjam jam. Tanpa ada rasa bosan.

Game facebook lain yang bisa memerikan daya tarik adalah game car wash. Dimana game mengenai mobil mobil. buat kalian yang suka dengan dunia otomotif pasti cocok banget dengan game yang satu ini.

Namun kabar dari game game ini menghilang begitu saja. kebanyakan game yang ada hanya game poker. Itu juga tidak tahu apa kabarnya. Biasa saya main game facebook di android dimana saya link akun menggunakan facebook.

Perkembangan fitur facebook

Berbicara dengan perkembangan facebook. Jika dilihat dengan pengalaman. Jadi facebook itu tidak sekeren sekarang sob. Dulu mah masih cenen alias sederhana. Walau mungkin hanya game yang menjadi sebuah nilai plus pada facebook ini.

Diawal saya mengenal yang namanya facebook ketika saya kelas 6 SD. Ya waktu itu saya masih cemen dalam bidang internet. Maklum saya dulu mainnya pakai mesin tik. Soalnya dulu orangtua saya ada les mengetik.

Jadi saya mainnya masih pakai mesin tik tidak ada laptop. Maklum masih newbie. Namun niat menulis saya sudah ada sejak kecil. Butinya saya suka mengetik dengan mesin tik. Walau kadang jari keselip diantara tombol karena typo.

Seiring berkembangnya jaman saya jadi anak warnet dan mengenal facebook. Jadi sedikit berbagi pengalaman ya mengenai facebook. Biar ada testimoni gitu. Jadi awal saya buat facebook kelas 6 sd.

Bahkan untuk mendaftar facebook saya masih cemen. Waktu itu untung saya bisa buat email sendiri. Dengan modal kerjakeras dan usaha akhirnya saya berhasil memiliki email legendaris. Sekarang emailnya masih jadi email facebook saya.

Sharing pengalaman facebook

Namun mirisnya karena saya jarang buka emailnya. Sekarang emailnya sudah susah loginnya butuh pertanyaan khusus, masalahnya saya lupa. Kan parah. Bermodal dari email itu saya buat facebook.

Saya ingat ketika saya disuruh konfirmasi email facebook. Saya belum mengenal yang namanya copy paste jadi saya catat semua linknya terus saya ketik manual di browser. Oh my god. Lihat betapa gapteknya saya dulu.

Setelah facebook terbuat senang sekali perasaan saya. Saya pun mulai mengupload foto foto alay saya ke facebook. Syukur saya tidak mengubah nama saya menjadi nama alay, seperti budi cayang dia selalu selamanya sampai dinosaurus hidup lagi di planet mars.

Atau yang lebih ekstrim dimana namanya ada kombinasi antara angka dan huruf seperti Bu71 C4yAnK d1A c3Lalu 5eL4mAny4 S4mPa1 D1n0s4u12us H1dUp L4g1 d1 Pl4n3t m4rS. Wah sudah stres membacanya. Saya harap mata anda belum terkena radiasi alay.

Awalnya saya memang anak friendster. Saya punya akunnya dulu saya main. Namun saya tidak main My space karena nggak ngerti gimana mainnya. Maklum masih anak anak. Miris dah.

Setelah itu facebook semangkin berkembang. Perkembangannya mulai berasa ketika SMS. Wah perjalanan yang cukup panjang. Saya yakin pengguna facebook semangkin menurun. Tidak sebanyak waktu saya kelas 6 SD.

Dimana facebook membuat fitur yang menurut saya cukup keren. Ada fitur emoticon yang lucu dichatnya. Secara tampilan juga berbeda. Terlihat lebih modren. Sekrang di status juga tidak hanya like melainkan ada smile dan lain lain.

Facebook mengikuti konsep popularitas snapchat

popularitas snapchatPerubahan facebook yang lebih keren terjadi di 2016. Dimana facebook juga mengeluarkan fitur yang namanya story. Sama seperti instagram konsep yang dipakai juga sama. Memang dari dulu facebook berusaha untuk mengait perusahaan aplikasi snapchat. Namun sangat disayang kan snapchat menolak kerjasama itu.

Karena jika diketahui snapchat adalah aplikasi yang ingin berjalan sendiri. Ya biar kalau sukses lebih terlihat wah. Dan memang ini sudah dibuktikan oleh popularitas snapchat.

Jadi fitur yang akan disediakan facebook adalah filter dan sticker yang menyerupai popularitas snapchat. Namun fitur ini belum resmi diliris. Karena fitur ini masih menjadi bahan ujicoba. Terbukti facebook menggunakan beberapa sample user untuk menggunakan fitur ini.

Fitur ini sudah di iming imingi dari bulan lalu dimana facebook mengatahakan “ Orang orang sering berbagi momentnya menggunakan foto dan video di facebook dan lainnya, dan itu tugas kami untuk menciptakan pengalaman bagi orang yang menginginkan fitur seperti ini.”

Bagaimana bisa facebook tidak melirik snapchat?

Mungkin facebook belum melihat popularitas snapchat? Ya kita tidak tahu. Bahwa snapchat sudah ada dari 2011. Mungkin yang dimaksud facebook adalah hal yang diinginkan oleh penggunanya. Sehingga fitur mereka lebih banyak dan kompleks.

Yang masih menjadi pertanyaan bersar. Apakah fitur ini benar benar akan ada di facebook. Menurut pandangan saya fitur ini mungkin hanya bisa diaplikasikan bagi user facebook yang menggunkan smartphone.

Untuk user pc mungkin bisa juga tapi foto dan video bakal diupload secara manual. Masa iya kalian rekam diluar lapangan dengan membawa pc setra kabel. Wah bakalan ribet jadinya.

“kami memulai sedikit, tetapi harapai itu akhirnya kami bisa membawa pengalaman ini benar-benar keren untuk orang diseluruh dunia yang belum pernah menyediakan kemampuan untuk pengalaman yang menyenangkan dengan hanya membuka smartphone mereka dan setelah itu menjadi berubah pengalaman AR ajaib seperti ini. “ ucap Sachin Monga selaku manager produk facebook.

Referensi lain : Beberapa Kumpulan Game Neverending di Dunia, Paling peka jaman

Jadi bagaimana pendapat kalian sobat Klik Mania yang membaca artikel ini? Apakah menurut kalian update dari kedua aplikasi bakalan menurunkan popularitas snapchat sebagai aplikasi social media yang hits.

Apa malah popularitas snapchat bakal semakin didepan dan mengalahkan konsep dari instagram dan facebook? Yang ingin berpendapat silahkan komen.

Semoga saja social media semangkin berkembang dan mengeluarkan konsep konsep keren lainnya.

-RJ-



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Richard Goodboy

Mahasiswa yang hobi menulis :)Find me: Instagram : ChardsonzSupport saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya :) Youtube : Youtube.com/chardsonz

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *