Blogging

Potensi Blog Komunitas Jika Di Maksimalkan Dengan Baik

Potensi Blog Komunitas  – Sebuah organisasi atau komunitas memang sudah bukan hal yang tabu lagi untuk memiliki sebuah situs satau blog. Namun, kebanyakaan blog atau situs yang di kelola tidak di maksimalkan dengan baik. Blog hanya digunakan untuk sekedar share kegiatan komunitas saja.

Padahal sangat banyak kelebihan yang bisa di dapatkan jika blog komunitas dimaksimakan dengan baik. Mungkin masih sedikit yang menyadari tantang peluang itu sehingga blog komunitas hanya bersiat formalitas saja dan tidak dikelola dengan baik.

Apakah Semua Komunitas Bisa Dimaksimalkan Blognya?

Bagi saya jawabanya adalah “ya, semua komunitas bisa di maksimalkan blognya”. Internet adalah wilayah publik yang sangat bebas dan di jangkau oleh jutaan orang, hal ini memungkinkan untuk bertemunya minat yang sama. Sampai hal yang terkadang dianggap sangat remeh pun ternyata ada saja yang mau membacanya. Itulah kehebatan Internet, biaya murah namun bisa menjangkau siapapun di seluruh dunia tanpa batasan teritorial.

Kebebasan internet inilah yang memungkinkan terciptanya komunikasi yang sangat luas sehingga sangat mungkin akan terjadi pertukaran ide, gagasan, atau transaksi perdagangan. Blog sebagai salah satu dokumentasi adalah alat untuk penyampaian sebuah gagasan atau informasi agar sampai kepada orang lain, termasuk komunitas untuk bisa lebih dikenal dan gagasan visinya tersampaikan kepada khalayak.

Apa Saja Keuntungan Mengoptimalisasi Blog Komunitas?

blog komunitas

Keuntungan apa sajakah yang didapatkan oleh sebuah blog komunitas jika dimaksimalkan? bagi saya keuntungannya sangat banyak untuk komunitas itu sendiri. Banyak hal akan lebih masif berkat dukungan dunia internet. Berikut beberapa keuntungannya :

1. Penulis Adalah Anggota Komunitas, Sehingga Pembuatan Konten Semakin Mudah dan Komunitas Makin Dikenal Publik

Keuntungan yang pertama adalah keuntungan mudahnya membuat konten tulisan karena komunitas memiliki anggota yang banyak. Potensi adanya anggota ini adalah perbedaan mendasar dari sebuah blog yang di kelola oleh individu dan kelompok.

Jika blog individu maka butuh waktu yang lama untuk membuat konten, jika ingin cepat maka harus mempekerjakan orang untuk membuat konten. Komunitas memiliki anggota yang banyak, maka semakin mudah dalam pembuatan konten karena dilakukan secara bersama – sama.

Apakah semua orang bisa menulis? apa yang ditulis? Untuk masalah ini, harusnya bukanlah sesuatu yang sulit. Pasalnya sebuah komunitas pasti memiliki sesuatu yang sama, misalkan : komunitas pecinta sepeda ontel, maka tulis lah apa saja yang berhubungan dengan sepeda ontel.

Karena semua anggota memiliki hobi yang sama, maka pengetahuan sepeda ontel bisa ditulis oleh semua anggota, selain itu juga sebagai cara berbagi antar anggota komunitas juga khayak luas.

Eksistensi komunitas itu akan mudah disampaikan ke publik berkat dukungan blog. Selain itu, jika ada yang bertanya tentang apa sih komunitasmu, maka kamu cukup memberikan alamat blog saja tanpa harus menjelaskan portofolio komunitas dengan panjang lebar.

2. Wadah untuk Menyimpan Dokumen dan Saling Berbagi Informasi antar Anggota dan Komunitas Lain

Selain eksistensi atau dikenalnya komunitas anda, kelebihan selanjutnya adalah sebagai sarana berbagi informasi, baik antar anggota komunitas, komunitas lain yang sama maupun berbeda, serta kepada publik. Disini pertukaran pengetahuan akan terjadi semakin cepat. Tak perlu untuk harus duduk bersama dalam berbagi informasi, cukup postingkan dan semua akan melihat informasi terbaru tersebut.

Blog berfungsi juga sebagai dokumen. Apa saja kegiatan komunitas atau anggota bisa di publikasikan di dalam blog, sehingga semuanya bisa tertata dengan rapi dan bisa dilihat transparasi kegiatan komunitasnya. Selain itu, gagasan atau ide juga bisa di publikasikan di blog, sehingga banyak wacana yang akan mengisi blog itu, tentu hal semacam ini akan sangat bermanfaat.

3. Sebagai Tempat untuk Kemandirian Finansial Komunitas

Yup, sebuah blog mampu untuk menghasilkan uang. Jika kamu memiliki komunitas pecinta sepeda ontel maka kamu bisa juga meletakan tread jual beli di blog tersebut. Tentunya jual beli seputar sepeda ontel.

Kelebihannya tentu anggota komunitas bisa membeli disitu, dan orang lain yang melihat juga bisa membelinya. Tingkat kepercayaan pengunjung akan semakin tinggi, karena blog dibangun oleh para pecinta sepeda ontel itu sendiri.

Berbeda jika membuat blog jual beli tanpa komunitas, si pembuat harus sibuk mencari pembeli. Sedangkan jual beli di blog komunitas sudah ada anggota yang akan membeli, selebihnya baru di kembangkan buat khalayak umum.

Selain jual beli, anda bisa juga menjadi publisher iklan seperti google adsense, banyak uang yang akan didapatkan jika menjadi publisher iklan. Dan masih banyak cara untuk mendapatkan uang dari blog asalkan blog tersebut ramai pengunjung.

Keuntungan lain, karena blog di buat oleh komunitas maka ulasan akan semakin dalam karena penulis adalah ahli dibidangnya. Sebuah tulisan yang ditulis secara dalam dan terperinci akan di cintai oleh pembacanya. Ini adalah modal besar agar blog komunitas anda semakin pesat perkembangannya.

4. Penyimpanan Data Diri dan Portofolio Anggota Komunitas

Jika semua anggota rajin menulis di blog komunitas itu, maka semua anggota akan memiliki portofolio diri mereka sendiri. Nah, disini akan banyak orang yang melihat gagasan, ide, dan pemikiran anda secara personal, kemudian jika ada pembaca yang sepakat dengan gagasan anda maka bisa terjadi kerjasama.

Mungkin mudahnya adalah, sebagai cara untuk anda mengenalkan diri kepada publik yang lebih luas. Jika ternyata anda memiliki kelebihan, maka kelebihan anda akan mudah di ketahui orang. Ini akan membuat anggota komunitas makin survival dan bermanfaat gagasannya.

Nah, mungkin itu sedikit tentang kelebihan blog komunitas jika dimaksimalkan dengan baik. Pada dasarnya mungkin tak terlalu banyak peredaan dengan blog yang di kelola mandiri, namun sesuatu jika di angkat secara bersama – sama pasti akan lebih ringan.

Baca juga : Strategi Promosi Blog Terbaik untuk Pemula

Disitulah kelebihan terbesar dari blog komunitas. Jika blog mandiri saja bisa berkembang pesat apa lagi blog komunitas, kuncinya hanya satu yaitu bahu – membahu dalam pengelolaan blog sehingga empat poin di atas akan mudah untuk di capai.


Loading...
Baca selengkapnya

Penikmat kopi hitam dan mendoan anget banyumasan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close