Dasar dasar BlogInternet

Potensi Blog Untuk Generasi Muda (Behind The Scene And Review)

Akhirnya selesai sudah kompetisi SEO yang mengusung keyword “Potensi blog untuk generasi muda”, ini adalah pertama kalinya bagi Forum IAPD (Indonesia Adsense Publisher Discussion) mengadakan acara walaupun tidak semeriah yang diharapkan.

 Total Hadiah Senilai 8 Juta Lebih Untuk Kompetisi SEO

Mungkin karena kompetisi ini baru pertama kali, antusias member belum terlalu berapi-api. Barangkali juga member lain baru dapat job/proyek atau sebagian anggota forum terlalu  “lelah pikir” karena pengajuan Adsen-nya belum kunjung diterima atau bisa jadi komputer mereka ada yang rusak…Entahlah.

Faktor lain bisa juga disebabkan karena Tim pelaksana (Moderator) kurang begitu profesional dalam mempersiapkan acara, ini saya akui karena memang sifatnya mendadak dan tidak ada rencana sebelumnya.

potensi blog untuk generasi muda

Padahal total hadiah mencapai Rp. 8 juta lebih, yang terdiri dari paket hosting dari sponsor tunggal Dewaweb serta sejumlah uang yang terkumpul dari beberapa donatur.

Tetapi tebakan saya beberapa member IAPD terlalu malu-malau kucing untuk mendaftar, padahal kompetisi semacam ini bisa memberi sedikit pengalaman berharga. Terutama mengetahui karakteristik search engine dan bagaimana cara menempatkan konten dihalaman google paling depan.

Konsep Kompetisi Yang Terburu-buru

Kesalahan mendasar yang mungkin bisa dijadikan pelajaran adalah terlalu cepat dilaksanakannya kompetisi ini, kesan yang terburu-buru serta kordinasi yang kurang baik menyebabkan acara ini hanya di ikuti oleh sebagian peserta saja dari total member IAPD yang saat ini berjumlah lebih dari 36.000.

Loading...

Tetapi ya sudahlah, ini kan hanya sebagai bentuk ajang silaturahmi dan saling menambah erat sesama anggota forum, jadi bukan untuk melawan kompetitor yang sesungguhnya di ajang search engine, hehe..

Tentang Keyword ” Potensi Blog Untuk Generasi Muda”

Sebenarnya ini pemilihan kata kunci yang sedikit sulit, dikarenakan peserta terdiri dari beberapa niche blog yang beragam. Tetapi setelah tim pelaksana berunding maka ditetapkan kata kunci “potensi blog untuk generasi muda”. Tujuannya adalah dalam pembuatan konten bisa lebih bersifat netral dan pembahasan tidak terlalu sulit.

Apa sebenarnya makna dari keyword untuk kompetisi SEO ini?

Rasanya agak sedikit kurang sreg apabila tidak ada penjelasan sama sekali mengenai keyword yang dilombakan, bahkan salah satu peserta (Gen jutsu) sempat bertanya-tanya tentang makna dari kata kunci tersebut.

Potensi blog untuk generasi muda

Kutipan lainnya sebagai berikut :

Kayaknya belum pada ngerti sepenuhnya makna dari keyword yang di tentukan deh? Jujur! Bukan saya so pinter atau so kritis. Tapi saya sendiri juga masih mencari arti yang jelas dari kata kunci tersebut.

Kesimpulannya: keyword itu memiliki maksud “bagaimana hanya dengan sebuah blog, bisa mengembangkan potensi generasi muda?” atau “apa manfaat blogging/ngeblog untuk mengembangkan potensi generasi muda?” itu menurut saya. Tapi, nggak tahu menurut yang buat kata kunci ini? Mungkin punya maksud yang lain.

Penjelasannya :

Tema ini diangkat untuk lebih mengedepankan sebuah potensi yang mempuyai kegunaan, manfaat serta membawa perubahan dari apa yang dilakukan atau dikerjakan.

Sedangkan fasilitas yang digunakan adalah sebuah blog untuk menjembatani generasi muda dalam segala aktifitas, serta fungsi-fungsi lain yang memberi nilai positif, membuat perubahan dengan apa yang sedang atau sudah di terapkan.

Nah, sederhana bukan…

 Ide Dan Gagasan Kompetisi SEO IAPD

Nah, kembali pada konsep dan pelaksanaan kompetisi. Semua acara ini terselenggara berkat ide dan gagasan dari mas Nino artikel. Awalnya hanya bertujuan untuk lebih menghidupkan susana forum IAPD dan mengetahui jumlah member yang benar-benar masih aktif.

potensi blog untuk generasi muda

Atas inisiatif itu akhirnya dibentuklah Tim pelaksana kompetisi, walaupun terlihat kurang profesional (Darurat) tetapi akhirnya satu-persatu peserta mulai mendaftar. Hal ini disebabkan karena mimimnya fitur Gplus dari forum IAPD sehingga pendaftaran peserta dilakukan secara manual. Tak apalah…

Dan akhirnya kompetisi SEO pertama kalinya di IAPD bisa dimulai…

Terimakasih Untuk Para Donatur Dan Sponsor

Sekali lagi, terimakasih untuk semua yang telah ikut terlibat dalam pelaksanaan kompetisi ini. Khususnya para penyokong dana sukarela/donatur. Semoga diberikan rejeki yang berlipat dan dilancarkan segala usahanya.

Spesial thanks to : Rudi SE, Taufik, Must teguh, Tino Wardani dan Norbertus Marcell Prayogi

Terimakasih pula untuk sponsor tunggal dari penyedia jasa Cloud hosting terbaik di negri ini, dengan layanan Custumer service yang cepat, tanggap dan ramah. Dewaweb telah melayani banyak customers: personal, corporate, e-commerce (online shops), non-profits, resellers, web designers, dan website-website high volume traffic.

Semoga Potensi blog untuk generasi muda dari keyword yang dibuat kompetisi SEO ini bisa menginspirasi kita semua.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

36 Comments

  1. jadi kangen masa2 itu. mungkin itu masa dimana IAPD lagi asik2nya. Sekarang banyak anggota yang bergabung hanya untuk buang sampah kemudian pergi tanpa jejak.

    BTW kapan lagi nih diadain lomba semacam ini 🙂 ?

  2. Saya sempat tertarik juga sih mas, tapi keywordnya kurang menarik. Selain itu, saya baru tahu beberapa hari sebelum dimulai. Antusias member bagus, saya yakin jika ada kompetisi jilid dua pasti akan lebih meriah lagi.

  3. sepertinya kalo kompetisi SEO tidak berkualitas tidak ada masalah dalam pembuatan artikelnya sebab yang dicari disini adalah kekuatan SEO, bagaimana cara mereka bisa nangkring di posisi One.
    Kalau masalah penilaian, nah ini baru beda lagi ya bung ?

    1. Penilaian berdasarkan ranngking 10 besar saja mas di google.co.id,,memang tidak seperti kontes SEO resmi yang memperhitungkan beberapa Aspek,,maklum untuk kalangan forum sendiri saja,,Untuk lain kali mungki akan diperhitungkan lagi 😀

  4. Apakah bisa memasang dua kode iklan dari dua akun adsense yg berbeda ke blog dengan gmail yg berbeda juga? mohon pencerahan..

    1. Kalau di WordPress bisa mas, untuk user dan admin blog bisa dipasang beberapa kode iklan Adsense dari email atau pemilik Adsense yang berbeda dengan bantuan plugin Adinsenter.

  5. Wah kreatif sampe kebikin jadi artikel. Hehe luar biasa sampe sekitar 8 juta lebih. Ini kompetisi dadakan lho padahal tapi total reward nya nggak sangka bisa gede gitu.

    Saya tau artikel ini dari mesin pencari lho mas, saya iseng aja ngecek Keyword Potensi Blog Untuk Generasi Muda.. Pengen tau artikel saya tersesat dimana. Eh ada artikel nya mas Gani. Mudah-mudahan kedepan nya IAPD mengadakan acara seperti ini lagi cuma perlu lebih matang lagi perencanaan nya, supaya tidak melompat dari ekspektasi member forum. Terima kasih mas Gani sebagai moderator sekaligus ketua panitia Kompetisi, dan terima kasih juga untuk pemilik forum juga moderator forum yg sudah terlibat di acara lomba. Dengan adanya acara ini, saya pribadi menjadi sadar batas kemampuan saya dan batas alat yg saya gunakan di mata mesin pencari. Sukses selalu untuk kita semua. Aamiin..

    1. Saya kan sudah bilang ke mas Nino..nanti saya buat artikel review ala kadarnya 😀
      Yah,,sama-sama mas Nino, saya kan hanya menjalankan Ide sampeyan saja..hehe, sudah saya post selebrasi penutupannya di IAPD.

  6. itu ko iklannya yang di tengah artikel nutupin konten sih mas

    1. Hehe,,Tuan Aree, blogger itu sifatnya universal, jadi cocok untuk semua. Generasi muda adalah sebagai penerusnya 😀 $

  7. Sip. Sudah Terlaksana. Sebenarnya saya maunya 6 bulan sekali. Diadakan tetapi takutnya tidak ada yang mau jadi sponsor. Jadi saya rasa 1 tahun sekali.

    Selamat Buat Para Pemenang Sekalian! Maju Terus IAPD dan Dunia Blogger.

    Salam

  8. Wah..ide ide untuk di jadikan artikel selalu saja datang.hebat bos gani Sebastian.
    Di tunggu kompetisi iapd berikutnya.bisa di jadikan motivasi untuk menulis artikel dan menghilangkan rasa malas ngeblog.
    Sukses terus buat klikmania.net.

  9. selamat y mas gani kontes seo iapd ny telah berjalan dengan lancar…semoga kedepannya lebih sering diadakan kompetisi seperti ini…

      1. ntar kalau ada kompetisi lg KW ny yg medium mas gani ntar klau bsa nangkring di page one kn lumayan dpt traffik…hehehe

        1. Nah, itulah yang susah mas Aman plur. Sebenarnya banyak keyword..tetapi volume pencariannya rata-rata sudah penuh. Kita ambil tengah-tengah agar niche blog lain bisa mengikutinya juga. Lain kali butuh saran dan masukan juga 😀