Dasar dasar Blog

Inilah Prediksi SEO 2016, Apakah Akan Banyak Terjadi Perubahan Penting?

Menjelang pergantian tahun ini banyak hal yang tidak ketahui akan terjadi di tahun mendatang, layaknya seorang peramal prediksi SEO tahun 2016 (search engine optimation)  juga sudah digambarkan oleh beberapa ahli. Sampai saat ini, algoritma google juga terus berevolusi dan memperbaiki setiap kinerja. Sistem algoritma google memberikan serangkaian perubahan penting dalam hal bagaimana orang mencari informasi dan mencocokkan nya dengan sumber yang relevan.

Prediksi SEO 2016, akankah mempengaruhi sebuah website?

Seperti yang kita tau, setelah meluncurnya algoritma mobilegeddon efeknya sangat luar biasa. Algoritma ini mampu meluluhlantakkan jutaan situs yang tidak mau menuruti kehendaknya. Ini perubahan yang besar sekaligus mempunyai pengaruh yang luar biasa.

Akhirnya sekarang banyak situs yang beralih kepada tampilan yang mobile friendly, jika tidak ingin kehilangan sebagian pengunjung yang datangnya dari pencarian seluler. Tak terkecuali halaman wikipedia yang sekarang sudah menggunakan tampilan yang ramah ponsel.

Apakah akan berlanjut di tahun 2016?

Ya tentu saja, dan ini yang sekarang lagi digadang-gadang oleh pihak google. Penambahan sistem yang lebih sempurna, yaitu akurasi dan relevansi sebuah artikel. Ini yang disebut google  RankBrain,  sebuah penyempurnaan yang digunakan untuk memilah-milah miliaran halaman dan menemukan yang dianggap paling relevan untuk query tertentu .

Baca juga : Pengertian konten relevan

Kejayaan era ponsel akan di mulai tahun 2016

Loading...

Prediksi Seo  di tahun 2016 ini akan melanjutkan kejayaan era mobilegeddon dengan penambahan sistem yang lebih sempurna, website dengan kecepatan loading mobile yang bagus akan mendapatkan peringkat yang lebih baik.

Ini adalah era mobile yang sebenarnya, dimana sebuh perangkat mobile akan lebih menjadi unggulan dibandingkan dengan perangkat dekstop. Dan Mobile Optimization akan lebih berpengaruh di bandingkan dengan desktop optimization.

Seperti pada pernyataan yang dikutip dari google, bahwa hasil pencarian mobile dan desktop akan berimbang. Membuat Traffic sebuah website akan lebih banyak bergantung dari hasil pencarian mobile, daripada penggunaan desktop.

Konten video akan jadi lebih favorit

Apa yang tidak bisa dilakukan oleh perangkat ponsel jaman sekarang? Prediksi SEO di tahun 2016 ini akan meramalkan bahwa konten video akan menjadi lebih populer dan pilihan favorit untuk banyak kalangan. Karena pada dasarnya konten video jauh lebih memiliki tampilan visual yang lebih menarik.

Apakah konten jenis artikel akan mati? Pertanyaan ini sama halnya dengan “Apakah dengan adanya ebook maka pedagang buku akan gulung tikar? Nyatanya sampai sekarang buku masih banyak dijual dan digunakan oleh banyak kalangan. Tentu saja tidak, ini hanya peralihan era digital dan visual, sebab orang jaman sekarang maunya praktis. Itu sebabnya konten video akan di prediksi menjadi lebih favorit.

Voice search sebagai digital assistants

Prediksi SEO juga akan meramalkan bahwa penggunaan voice search akan semakin marak. Pencarian konten melalui suara ini akan menjadi pilihan sebagai digital assistants. Mungkin saat ini belum terlalu banyak yang memanfaatkan voice search sebagai alat pencarian yang utama.

Tetapi di era mendatang voice search akan lebih mendominasi hasil pencarian, sebut saja SIRI dan cortana. Kedua program ini akan disusul oleh program-program lain sebagai digital assistant oelh penggunanya.

Media sosial akan lebih terindex di halaman pencarian

Pernahkah suatu saat anda mencari artikel di pencarian google, tetapi tiba-tiba ada konten dari media sosial yang muncul dihalaman depan? seperti konten yang ada di facebook dan twiter. Prediksi SEO tahun mendatang, akan banyak muncul konten dari media sosial dalam pencarian mobile. Tak ada salahnya jika kita sering sharing artikel ke media sosial, karena itu akan memberikan signal peringkat yang bagus pada hasil pencarian mobile.

Lebih menekankan penggunaan long tail keywords

Pada hasil halaman pencarian di google, penggunaan longtail keywors akan mendominasi dan berpeluang untuk memenangkan pencarian. Maka dari itu gunakan longtail keywords dalam judul di artikel sebagai informasi tambahan dan pelengkap dari judul. Tentunya dalam penggunaan longtail keywords juga harus relevan, sesuai dan nyambung dengan artikel.

Baca : Cara menggunakan long tail keywords untuk judul dan posting

Kiat apa yang dilakukan untuk prediksi SEO 2016?

Seperti yang sudah di utarakan di atas, google sekarang bisa membedakan mana konten yang hanya mengejar kata kunci dan mana konten yang relevan. Bukan hanya konten dalam artikel, tetapi konten visual seperti video akan selalu dipertimbangkan isinya untuk menjadi tolok ukur sebuah peringkat di halaman pencarian.

Nah, marilah membuat konten yang berkualitas dan relevan, agar semua jenis konten anda tidak akan diterpa badai algoritma yang sewaktu waktu mengalami perubahan.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

10 Comments

  1. pembahasan yang menarik, setuju sekali pada pointer lebih menekankan long tali keyword, apa lagi bagi kita yang masih cepet pengetahuan tentang seo, akan lebih bijak jika mengutamakan long tali keyword di banding dengan kata kunci pendek yang sudah pasti banyak situs besar yang mendominasi. sukses mas buat mase, buat yg baca juga , dan semoga ngalir suksesnya ke saya, hehe amin.

  2. terima kasih pencerahannya mas, saya lihat urlnya sangat singkat tetapi masih masuk di page one, itu artinya optimasinya kuat sekali. sangar banget dah mas (y)

  3. Tapi untuk masalah backlink tentu masih kan gan ? Kita gabisa nglupain doi karena doi merupakan bagian dari SEO meskipun dari Tahun ke Tahun Backlink sepertinya sudah tidak terlalu berguna lagi tapi tentu kita tidak bisa meninggalkan doi 😀 dan mungkin, di tahun 2016, content bakal menjadi raja, but, dalam pembuatan content tentu kita tidak bisa Keyword Stuffing dengan artian penempatan keyword harus benar-benar rapi sehingga robot bisa mengcrawl dengan baik, CMIIW 😀

    1. Backlink memang masih menjdi tumpuan sebuah blog, tetapi backlink natural yang berkualitas dimata google.

      Jaman dulu, jual beli backlink yang meyebabkan pamor backlink sendiri buruk dimata google, Sekarang hal itu tidak terjadi lagi, sebab google punya prioritas dalam menilai sebuah backlink.

  4. Menarik sekali informasi-nya.
    Konten video bakal menjadi favorit, bisa jadi.. karena budaya membaca akan tergusur dengan budaya menonton. meskipun tidak akan mematikan media media-nya.
    Blog ini bagus mas. informatif. banyak informasi yang saya dapat disini. oh ya.. kali ini saya pasang isi websitenya dgn isi blog saya mas. gak apa kan? yang penting gak naruh url live di kolom komentar. lagi belajar ngeblog nih mas.. pingin nyobain buat pengajuan adsense non hosted juga.

    Makasih mas.. keep share informasi pentingnya.

    1. Monggo mas huda, saya hanya menulis kalau ada waktu saja mas. Selebihnya ya kerja 😀 . Karena belum terlalu bisa andalkan uang dari adsense secara kontinyu. (Saat ini belum)

      Thanks atas atensi dan waktu kunjungannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *