Tekno

10 Pilihan Produk Smarthome untuk Hunian Terbaik Anda

Produk Smarthome – Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat sebuah hunian menjadi lebih fungsional dan nyaman. Salah satu cara populer yang bisa dipilih adalah, menghadirkan ragam furniture dengan desain yang khas berkualitas dan artistik.

Cara ini sering dilakukan oleh para pemilik hunian rumah dan terus berlangsung hingga saat ini. Menariknya, dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, yang dibuktikan dengan hadirnya beragam produk teknologi canggih. Hadirnya ragam pilihan produk smarthome, kini para pemilik hunian tidak hanya dapat membuat hunian mereka menjadi lebih fungsional dan nyaman saja, tapi juga efisien, aman dan tekendali.

Saat ini ditahun 2017, penggunaan produk smarthome di Indonesia sudah cukup populer. Terutama dikalangan mereka yang tinggal pada hunian terbaik modern seperti apartemen, kondominium, dan perumahan di kawasan elit.

Hadirnya dukungan teknologi canggih dalam produk smarthome, yang dapat terintegrasi dengan perangkat smartphone, pc atau laptop melalui jaringan Internet. Telah membuat produk rumah pintar ini, dipercaya mampu membuat pemilik hunian tersebut dapat melakukan berbagai urusan di dalam hunian secara mudah, praktis dan cepat, dengan pengalaman baru yang mengesankan.

Setelah saya mengetahui bahwa, perusahaan TPLink telah meluncurkan produk smarthome baru terbaik melalui situs gadget dan teknologi chip.co.id. Saya, akhirnya tertarik untuk mencari tahu 10 pilihan produk smarthome terbaik, yang nantinya diharapkan dapat dipilih dan digunakan di dalam hunian terbaik milik Anda.

Definisi & Fungsi Utama Produk Smarthome

Produk smarthome merupakan ragam produk elektronik berteknologi dan fitur canggih yang diproduksi untuk mendukung sebuah hunian yang menerapkan ekosistem rumah pintar.

Produk smarthome terdiri dari dua golongan. Golongan pertama yang dijual secara terpisah bisa disebut home gadget. Golongan kedua adalah produk yang dijual satu set yang kemudian disebut sistem smarthome.

Produk rumah pintar baik yang dijual terpisah maupun satu set sistem, memiliki fungsi utama untuk menghadirkan rasa nyaman, rasa aman, keselamatan hingga untuk keperluan penghematan energi.

Produk canggih otomatis dan sudah terprogram melalui komputer ini, dapat dioperasikan menggunakan suara, sinar merah infra, atau melalui kendali jarak jauh (remote) dan smartphone. Hadirnya produk smarthome dalam sebuah hunian dapat memberikan suasana ” adanya kehidupan ” meski sebenarnya Anda dan seisi rumah sedang tidak ada di tempat.

Kisaran Harga Produk Smarthome

Harga masing-masing produk smarthome sangat berfariasi, mulai dari Rp1,1 juta rupiah hingga Rp9 jutaan. Bahkan, untuk satu set paket sistem smarthome yang terdiri dari sejumlah alat pengaman, seperti CCTV, alarm detector (smoke and glass crashing detector), sensor gas, intercom, serta finger print doorlock system, harganya berkisar Rp20 juta – Rp30 jutaan.

7 Produsen Produk Smarthome

  1. SmartHome Inside
  2. TP-Link
  3. Bosch
  4. Dyson
  5. Samsung
  6. LG
  7. IKEA

Produk-produk Smarthome Terbaik

#1 Lampu Pintar IKEA

produk smarthome

IKEA merupakan salah satu perusahaan bersekala internasional yang sudah berpengalaman dalam memproduksi produk furniture berkualitas. Tidak ingin ketinggalan dalam pemasaran produk smarthome, IKEA juga ikut memproduksi sistem lampu pintar.

Sistem lampu pintar garapan IKEA ini terdiri dari dua lampu LED berwarna putih, remote control, dan sebuah gateway untuk menghubungkan ke router melalui ethernet.

Lampu pintar IKEA dilengkapi dengan aplikasi khusus yang bisa diinstal ke smartphone, sehingga memungkinkan pengguna mengubah cahaya antara warm atau cool, sesuai dengan keinginan mereka. IKEA menjual satu set lampu pintar ini dengan harga sekitar 1,1 juta rupiah.

Sementara jika Anda ingin mendapatkan paket tambahan TRADFRI wireless motion sensor kit, Anda cukup menambah Rp.400.000 rupiah saja. Motion sensor tambahan ini memungkinkan lampu pintar IKEA dinyalakan hanya dengan deteksi gerakan. Misalnya ketika pengguna berjalan masuk ke dalam ruangan, maka lampu akan menyala secara otomatis.

#2 Cloud Camera NC450

Produk Smarthome untuk Hunian

Dari namanya, Anda tentu sudah mengetahui fungsi produk smarthome yang satu ini. Ya, Cloud Camera NC450 buatan TPLink adalah salah satu produk smarthome terbaik yang memiliki fungsi utama sebagai sistem keamanan rumah.

Cloud Camera NC450 adalah sebuah IP Kamera yang bisa dikendalikan lewat smartphone dan mampu merekam video di resolusi HD 720p dengan sudut pandang 360 derajat.

Cloud Camera NC450 TPLink didukung fitur night vision untuk perekaman video di kondisi gelap, dan memiliki sensor yang mampu mendeteksi gerakan atau suara tertentu yang kemudian notifikasinya akan dikirimkan ke email pengguna. Menariknya, Cloud Camera NC450 juga memiliki fitur 2 way streaming audio yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dua arah.

#3 Kuri

Produk Smarthome untuk Hunian

Kuri adalah sebuah robot rumah tangga yang pertama kali dipamerkan pada perhelatan teknologi terbesar CES 2017. Robot canggih memiliki tinggi sekitar 50 cm dan dilengkapi dengan berbagai jenis sensor, speaker, mic dan Full HD Camera.

Robot Kuri dapat dikendalikan menggunakan smartphone. Robot Kuri mampu mengelilingi dan mengenali seluruh ruangan di rumah sambil mencari rute terdekat. Berkat hadirnya sensor yang ada, Kuri diklaim bisa menghindari beragam obyek yang ada di rumah seperti misalnya tembok, sofa, meja bahkan tangga.

Kuri adalah robot rumah tangga yang mampu berinteraksi dengan penghuni rumah lewat berbagai cara. Misalnya, Kuri dapat memainkan musik atau memberi tahu orang tua yang sedang terjebak macet bahwa anak-anak mereka sudah pulang dari sekolah. Tidak hanya itu saja, Kuri juga mampu mengenali semua anggota keluarga melalui dukungan teknologi pengenal wajah yang dimilikinya.

Diciptakan untuk ekosistem rumah pintar, robot Kuri diproduksi oleh Mayfield Robotics, yaitu perusahaan rintisan yang didukung oleh Robert Bosch Start-up GmbH (BOSP).

Di bawah bendera Mayfield Robotics, Bosch, memamerkan inovasi dalam dunia robotik yang diciptakan untuk ekosistem rumah pintar. Robot Kuri baru akan benar-benar dipasarkan di Amerika pada akhir tahun 2017 nanti.

#4 Dyson Pure Cool Link

Produk Smarthome untuk Hunian

Dyson Pure Cool Link adalah salah satu produk smarthome rancangan perusahaan Dyson. Meski terbilang sebagai salah satu pemain baru dalam segmen penjualan produk smarthome yang berfungsi membersihkan ruangan di dalam rumah. Produk Dyson cukup menarik perhatian para pemilik hunian modern di Indonesia.

Dyson Pure Cool Link pembersih udara atau air purifier milik Dyson ini telah didukung dengan teknologi dan fitur yang unggul. Dirancang dengan bentuk yang minimalis, Dyson Pure Cool Link mampu selaras dengan desain interior hunian modern Anda. Produk Dyson Pure Cool Link dijual dalam dua tipe, pertama tipe tower berukuran besar dan desk tipe kedua yang berukuran lebih kecil.

Dyson melengkapi Dyson Pure Cool Link dengan tiga tombol. Satu sebagai tombol power dan dua lainnya yang berada di bagian bawah dan di samping kiri-kanannya berfungsi untuk melepas bagian kepalanya. Sementara untuk pengoperasian dan melakukan pengaturan. Pemilik Dyson Pure Cool Link dapat menggunakan smartphone Android atau iOS dengan cara menginstal aplikasi Dyson atau remot kendali.

Produk smarthome ini dilengkapi dengan filter udara berteknologi filter 360° Glass HEPA yang canggih. Filter ini mampu menyaring 99,95% alergen halus, bau serta polutan sekecil 0,1 mikron dari udara dan menjaga agar polutan tersebut tetap terperangkap di dalamnya.

Dyson Pure Cool Link sangat direkomendasikan diletakan di dalam ruangan tamu sebuah apartemen. Cara kerja produk smarthome ini cukup sederhana, yaitu menganalisa kondisi udara ruangan lalu menampilkan ke layar smartphone Anda. Selanjutnya, menghisap semua polusi udara di dalam ruangan untuk kemudian dihembuskan menjadi udara yang lebih baik. Dyson Pure Cool Link dapat menghembuskan angin segar ke ruangan dengan tingkat kekencangan yang dapat disetel hingga 10 tingkatan.

#5 Logitech Pop Home Switch

Produk Smarthome untuk Hunian

Logitech Pop Home Switch adalah salah satu produk smarthome yang dapat digunakan sebagai terminal kendali seluruh perangkat pintar di rumah Anda yang sudah memiliki aplikasi pendamping agar bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Logitech Pop Home Switch dipastikan sudah dapat disinkronkan dan mendukung sederetan perangkat rumah tangga pintar yang sudah tersedia di pasaran saat ini. Mulai dari pendingin ruangan, lampu, Smart TV, Sound Bar, hingga perangkat audio portabel seperti Sonos.

Logitech Pop Home Switch membuat pemilik hunian rumah lebih praktis dalam mengoperasikan seluruh perangkat yang ada, tanpa kerepotan lagi karena harus membuka satu per satu aplikasi dari masing-masing produk.

Saat Pop Home Switch telah terpasang di rumah dan terhubung ke jaringan, produk smarthome ini dapat digunakan dengan mudah. Anda hanya perlu menjalankan aplikasi pendampingnya yang bernama Pop App di smartphone Android atau iPhone. Langkah selanjutnya, aplikasinya ini akan memindai semua perangkat pintar di rumah Anda untuk di daftarkan agar bisa dikendalikan lewat aplikasi ini.

Logitech Pop Home Switch memungkinkan pemiliknya untuk menyalankan lampu dan TV secara bersama hanya dengan menekan satu tombol perintah saja.

#6 HD Spy Camera Light Switch

Produk Smarthome untuk Hunian

HD Spy Camera Light Switch with GSM Remote Control adalah produk smarthome berbentuk saklar lampu yang sudah didukung oleh sebuah kamera pengintai yang dapat merekam otomatis ketika mendeteksi sebuah gerakan (motion detection).

Produk smarthome terbaik ini dapat melakukan perekaman video dan audio dalam format HD 720p. Kamera pengintai ini juga dilengkapi dengan koneksi GPRS, sehingga ketika alat ini mendeteksi pergerakan akan otomatis merekam dan sekaligus mengirim video dalam format 3GP (320 x 240 @30 fps) ke ponsel Anda.

Karena di dalamnya disematkan SIM card, Anda dapat melakukan live streaming melalui ponsel, sehingga Anda bisa melihat apa yang sedang terjadi dalam ruangan secara langsung. Semua kejadian akan direkam di micro SD memory card yang juga sudah ada di dalamnya. Hasil rekamannya pun bisa ditransfer ke laptop atau PC melalui kabel USB.

Dibandrol dengan harga USD 80 atau sekitar Rp 700 ribuan, produk smarthome ini mampu beroperasi pada frekuensi GSM900, GSM1800, GSM850, dan PCS1900. Frekuensi ini sesuai dengan frekuensi jaringan selular yang ada di Indonesia.

#7 New LG Microwave Oven

Produk Smarthome untuk Hunian

New LG Microwave Oven adalah terobosan baru yang ditawarkan LG untuk para konsumen yang mendukung ekosistem rumah pintar yang membutuhkan produk smarthome selain TV dan prangkat home theater. Oven LG ini memiliki fungsi hampir sama dengan produk oven lainnya. Hanya saja LG membekali oven ini dengan aplikasi pendamping yang bernama LG Lightwave Oven Studios.

Ketika aplikasi ini terinstal pada perangkat Android atau iOS pemiliknya, maka oven ini dapat dioperasikan dan dikendalikan dengan perangkat semartphone tersebut. Anda dapat menyalakan atau mematikan oven hingga mengatur tingkat kematangan masakan melalui aplikasi LG Lightwave Oven Studios.

#8 EnergyHub Homebase

EnergyHub Homebase adalah salah satu produk rumah pintar yang dapat ditugasi sebagai alat menejemen listrik rumah Anda. Diproduksi oleh vendor EnergyHub, EnergyHub Homebase dipastikan dapat menghemat pengeluaran Anda untuk membayar biaya pemakaian listrik.

EnergyHub Homebase terdiri dari dari beberapa peralatan penunjang yang meliputi Homebase, Adaptor Socket dan Strip serta Thermosat. Homebase merupakan “pintu gerbang”, bertugas mengumpulkan informasi dari termostat yang kompatibel serta dari perangkat, sedangkan Adaptor Socket yang menghubungkan peralatan ke dalam sistem ini.

Homebase menampilkan informasi penggunaan energi secara real time. Peralatan ini juga dapat dihubungkan ke internet melalui WiFi atau koneksi broadband sehingga pemilik rumah dapat mengontrol komponen yang berbeda dan peralatan yang terhubung ke sistem melalui portal yang disebut MyHub. Portal ini dapat diakses melalui komputer pribadi atau dengan aplikasi mobile dengan dukungan untuk OS iOS (untuk iPod, iPhone iPad, dan iTouch) serta Android.

#9 LG ProBeam

Produk Smarthome untuk Hunian

LG ProBeam produk smarthome yang diproduksi khusus bagi pemilik hunian modern yang memiliki hobi menonton film. LG ProBeam memungkinkan pemiliknya untuk menciptakan home cinema di rumahnya untuk mendapatkan pengalaman menonton yang maksimal.

Proyektor ini dibekali “Advanced Laser Engine” yang mampu memberikan tingkat kecerahan hingga 2000 lumens, dengan resolusi Full HD. LG ProBeam juga memiliki fitur Sound Sync Adjustment untuk memudahkan pairing antar speaker berbasis bluetooth.

Tak ketinggalan LG juga membenamkan fitur Wireless Mirroring yang menggunakan teknologi Miracast, agar pengguna bisa menampilkan konten di smartphone-nya ke layar yang diproyeksikan oleh ProBeam.

# 10 Google WiFi

Produk Smarthome untuk Hunian

Google WiFi adalah salah satu produk smarthome yang dipastikan membuat setiap sudut hunian modern Anda mendukung koneksi internet super kencang. Connected WiFi system ini dirancang oleh Google untuk untuk dapat menangani banyak perangkat sekaligus.

Pengaturan jaringan Google WiFi dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi khusus yang disediakan Google dan dapat diinstal ke smartphone. Memalui smartphone Anda dapat mengatur Google WiFi untuk berbagi password WiFi, menentukan perangkat apa saja yang diperbolehkan online, dan memprioritaskan perangkat mana saja yang bisa mendapatkan kecepatan maksimal.

Google WiFi juga didukung dengan fitur family control untuk mematikan sinyal WiFi sementara. Fitur ini sangat berguna untuk mengontrol penggunaan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet pada anak-anak.

Penutup

Setelah membaca seluruh postingan ini, saya berharap Anda dapat dengan mudah dan cepat dalam menentukan produk smarthome terbaik yang mana yang cocok untuk mengisi ruang hunian terbaik Anda.

Meski dari segi harga beberapa produk smarthome masih terbilang cukup mahal di Indonesia, namun demi membuat hunian menjadi lebih fungsional, nyaman, aman dan terkendali. Tidak ada salahnya jika Anda membeli dan menggunakan salah satu produk smarthone yang saya rekomendasikan di atas.

Bagi Anda yang kebetulan sudah melengkapi hunian Anda dengan salah satu produk smarthome di atas. Jangan sungkan untuk bagikan pengalaman Anda selama menggunakan home gadget tersebut, melalui kolom komentar yang tersedia dalam postingan ini.

Terakhir, jangan lupa bantu juga yang lainnya yang ada di dunia ini untuk mengetahui pilihan produk rumah pintar terbaik dengan cara menekan tombol share yang tersedia dibawah postingan ini. Salam.

Sumber dan refrensi bacaan : Chip.co.id & Yangcanggih.com 

Foto produk smarthome via Yangcanggih.com


Loading...
Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close