Review ProdukTekno

Proyektor BenQ W2700, Proyektor 4K Terbaik untuk Home Theater

Review Proyektor BenQ W2700 – Saat ini menonton film bukan melulu harus ke bioskop. Dengan menciptakan Home Theater sendiri di rumah kita bisa merasakan pengalaman nonton film layaknya di bioskop sekelas TwentyOne.

Proyektor BenQ W2700 yang merupakan Proyektor 4K terkini hadir dengan memakai teknologi DLP untuk menciptakan home theater seperti bisokop di rumah anda.

Faktanya, Proyektor BenQ W2700 merupakan proyektor HDR yang sekarang memakai chipset DLP Texas “4K” generasi terkini.

Proyektor 4K terbaik tahun 2018, sekarang proyektor BenQ membawa filter warna lebar di seri W2700 yang diklaim sanggup memperluas jangkauan warna proyektor menjadi menakjubkan.

Klaim ini hampir sama dengan 95% dari rentang DCI-P3 yang biasa dipakai di bioskop-bioskop.

Kali ini saya akan mengulas pengalaman saya menggunakan proyektor ini, kebetulan kantor saya baru saja membelinya untuk menggantikan proyektor lama, dan saya diperbolehkan untuk meminjamnya.

Ulasan Tentang Proyektor BenQ W2700

Review Proyektor BenQ W2700

Desain

Proyektor 4K BenQ W2700 merupakan salah satu proyektor home theater yang unik dengan kemampuan yang luar biasa. Bodinya terbilang kecil hampir sama dengan ukuran proyektor ruang tamu HD, meski resolusi 4K-nya. Dengan demikian, W2700 lebih fleksibel ditempatkan di hampir segala meja kecil.

Baca juga : Rekomendasi Proyektor Portable Berukuran Mini yang Multifungsi

Bodinya cukup presisi, ujung-ujungnya yang bulat, dibalut dengan sentuhan warna metalik yang kontras dengan warna putih dominannya.

Berbahan semi-matte, yang cenderung lebih layak sebagai proyektor rumahan untuk home theater. Saya masih belum menemukan proyektor 4K terbaik BenQ ini untuk presentasi bisnis atau proyektor berkelas bila diperhatikan dari wujudnya, apalagi dari kejauhan.

proyektor benq w2700

Tutup pada slide atas dapat terbuka, berfungsi untuk memberikan akses ke zoom dan roda focus. Bukan cuma itu yang terselip di bawah penutup, terdapat laras lensa, kemudian roda penggeser gambar optik vertikal.

Opsi tombol kontrol yang rapi bisa ditemukan di sepanjang tepi atas, dan membantu saat Anda lupa menempatkan remote control.

Remote control mempunyai ukuran yang pas tetapi cukup ringan, ditambah tombolnya menyala cukup spektakuler ketika ditekan, lebih menarik dan lebih gampang dipakai di ruangan gelap, sehingga tidak gampang hilang.

Penataan tombol pada remote juga terbilang bagus, selain untuk tombol yang agak ramai pada tombol di bagian bawahnya. Satu-satunya keluhan serius seputar tombol ini yaitu \”lingkaran\” navigasi terasa lumayan kaku dan kurang responsif.

Ciri khas yang tidak dapat hilang dari produk proyektor termasuk pada W2700 ialah penutup hitam kecil, yang berbeda yaitu hiasan logo 4K yang berada di bagian bawah sebagai tanda bahwa W2700 adalah produk proyektor 4K.

Desainnya sedikit lebih beda dibanding tutup proyektor lain, proyektor terbaik BenQ punya fungsi lain sebagai penahan pantulan cahaya dari meja yang jadi alas atau tumpuan, cukup menarik dan inovatif.

Fitur BenQ W2700

BenQ W2700 proyektor 4K terbaik mempunyai sejumlah fitur yang mengesankan berkaitan dengan performa untuk model minimalisnya.

Seperti yang telah saya sebutkan, W2700 adalah proyektor pertama yang saya coba dengan membawa chipset Texas Instruments \”4K\” 0,47 inci terkini yang relatif murah.

Sebagai catatan chip ini tidak benar-benar membawa 3840 x 2160 cermin individual, maka dari itu tidak menghasilkan 4K dengan sistem yang sama seperti contohnya proyektor 4X SXRD milik Sony.

Alih-alih \”berkedip\”, cara kerja cermin mengakomodir per frame gambar untuk memberikan apa yang terlihat oleh mata Anda sebagai gambar 4K tunggal.

Pendapat bervariasi pada apakah pendekatan ini bisa disebut true 4K. Tetapi, berdasarkan dari sebagian website khususnya berdasarkan Asosiasi Teknologi Konsumen AS (CTA), untuk BenQ W2700 sudah mengungkapkan kepuasannya bahwa pendekatan yang mereka usung dan sependapat untuk menganggap terobosan ini sebagai 4K true.

Kecuali harga proyektor murah W2700 yang menarik lainnya ada pada komponen lensa. Memperlihatkan 10 elemen dalam delapan kategori, dengan kata lain, berbeda dengan lensa plastik biasa dari proyektor standar.

Kinerja BenQ W2700

BenQ W2700 juga mempunyai pendekatan yang menarik untuk pemutaran HDR. Salut dengan system HDR Pro yang dimiliki secara pribadi. Masalahnya yang kita tahu hingga kini, HDR cuma dirancang untuk Televisi, bukan proyektor. Sebagian proyektor dengan mode HDR masih belum cukup memberikan kualitas gambar yang baik.

Walhasil, benar-benar gambar yang jauh lebih unggul bila anda menyesuaikan gambar HDR dengan proyektor, bukan sebaliknya. Iris bekerja dinamis juga cermat dan terus mengubah output cahaya guna menghasilkan tingkat cahaya maksimal untuk bidikan yang Anda tonton.

Kecuali itu, Anda bisa menyempurnakan atau menyetting kecerahan gambar supaya sesuai dengan selera atau lingkungan Anda lewat setting HDR Brightness yang praktis.

Proyektor terbaik BenQ ini mempunyai kwalitas warna gambar yang bagus dan jernih daripada proyektor 4K lain dikelasnya, terlebih dengan modus Warna Lebar nya.

Filter warna yang mampu menghasilkan 95% dari spektrum warna bioskop digital. Itu setara dengan sekitar 1,2 kali rentang warna yang biasanya Anda dapatkan dari proyektor 4K DLP. Sistem CinematicColornya juga mengimplementasikan tabel warna DCI-P3, untuk membantunya mencapai hasil yang lebih akurat dari pengaturan Wide Color-nya.

Seperti biasa dengan filter warna lebar di proyektor, ruang warna W2700 yang diperluas datang dengan kecerahan yang signifikan. Penguji akan mengatakan level cahaya turun sebanyak 50% ketika Anda mengganti filter. Namun, seperti yang kita lihat di bagian Performance, hasilnya sepadan. Termasuk dalam pengaturan ruangan gelap atau minim cahaya.

Proyektor 4K W2700 menggunakan roda warna RGBRGB berkualitas tinggi, dengan lapisan khusus yang dirancang untuk lebih meningkatkan kualitas warna.

Roda ini menyebabkan sedikit noise pada proyektor DLP chip tunggal yang disebut \”efek pelangi\”, di mana garis-garis warna dapat melintas sejenak di area gambar yang sangat terang.

Tapi hal tersebut dirasa tidak terlalu mengganggu atau jadi masalah mengingat kecerahan yang bisa dicapai proyektor 4K ini.

Lensa Short-Throw Projector

BenQ W2700 dilengkapi lensa cukup short-throw projector yang sanggup memberikan gambar 120 inci dari jarak sekitar 10-kaki. Hal ini sesuai dengan rasio lemparan BenQ ‘s‘klasik’ W1070 HD proyektor.

BenQ sudah menyertakan prosesor Cinema Master-nya bagi mereka yang mau melihat tampilan foto-foto dan juga video mereka. Ini termasuk penambah warna, sampai penambah piksel untuk peningkatan skala 4K dan pemrosesan gerakan.

BenQ menjadikan W2700 sebagai proyektor yang relatif kasual dengan membawa system pengeras suara built-in 2 x 5W yang cukup kuat. Cukup kuat sampai saat bermain playstation memakai proyektor 4K ini tanpa memakai speaker tambahan lagi.

Konektifitas

Urusan konektivitas input dan output, BenQ memberikan perlengkapan pada produk proyektor terbaiknya. Dukungan untuk kalibrasi ISF, kemudian dukungan untuk bentuk HDR siaran HLG , serta HDR10 standar.

Ditambah daftar koneksi yang meliputi dua port HDMI kompatibel 4K / HDR, port USB yang sanggup memutar ulang beragam file media, audio jack mini, output audio optik, port kontrol RS-232, IR penerima, dan port pemicu 3.5mm 12V.

Review Akhir

Dalam pemakaian BenQ W2700 proyektor 4K terbaik bukan berarti bahwa gambar HDR tampak buruk tanpa Wide Color aktif.

Tetapi masih kelihatan lebih dinamis ketimbang gambar SDR, dan kecerahan ekstra yang dimiliki memberikan spot kecerahan garis dasar yang jauh lebih jelas.

Sehingga sebagian pengguna mungkin lebih memilih tampilan HDR yang lebih dinamis tapi lebih gelap secara konsisten yang berhubungan dengan mode Wide Color.

Tetapi, warna kelihatan jauh lebih rata dan lebih kasar tanpa Wide Color dalam game pun cenderung kurang natural. Secara pribadi, saya memperhatikan kekayaan mode Wide Color, mematikannya untuk HDR bukan lagi opsi bagi saya, selain kamar yang tidak dapat sepenuhnya gelap, mungkin.

Secara keseluruhan, proyektor 4K BenQ ini menjadi proyektor terbaik yang pernah saya temui. Kwalitas gambar yang di pancarkan, serta warna yang diberi 99% berkwalitas tinggi, bahkan teman-teman sekantor saya mengatakan kwalitas proyektor BenQ ini patut diacungi jempol.

Nah bagi kalian yang berminat untuk menikmati kehebatan dari proyektor BenQ W2700 4K terkini ini dapat mengunjungi situs BenQ untuk info lengkap dan pembelian BenQ W2700 atau cari di marketplace, siapa tau ada harga yang pas dengan budget anda.

Demikian review mengenai Proyektor BenQ W2700 4K yang bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin menciptakan suasana home theater layaknya bioskop di rumah. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi anda dalam memilih proyektor terbaik


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close