Internet

Pulau Anambas, Kepulauan Tropis Indonesia yang Terindah di Asia

Pulau Anambas adalah salah satu gugusan pulau dari Kepulauan Riau. Ada sekitar 255 pulau yang termasuk dalam Kepulauan Anambas, tapi yang berpenghuni hanya 26 pulau.

Kabupaten Kepulauan ini terletak di Laut Cina Selatan, yaitu antara Kalimantan, Malaysia Timur dan Barat, dan berbatasan dengan Malaysia dan Singapura. Ibukota Pulau Anambas terletak di Kota Tarempa. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan UU No. 33 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Natuna.

Perjalanan menuju Pulau Anambas dapat ditempuh dengan transportasi laut maupun transportasi udara. Untuk transportasi laut, kita dapat menggunakan kapal ferry dari Tanjung Pinang dibutuhkan waktu selama 9 jam untuk ke Tarempa. Untuk transportasi darat, dapat menggunakan pesawat yang akan memakan waktu 1 jam 20 menit.

Pulau Anambas Menjadi Kepulauan Terindah di Asia tahun 2012

Pulau Anambas dinobatkan menjadi the Best Tropical Island in Asia versi CNN pada bulan April 2012, mengalahkan tempat destinasi serupa yaitu Koh Chang Thailand, Langkawi Malaysia, Halong Bay Vietnam, dan Kepulauan Similan di Thailand. Penilaian tersebut dilakukan dengan serius hingga melibatkan managing editor Both Asia 2012 (Herman Ho) CEO dan editor travelfish.org (Stuart McDonald).

Pulau Anambas
Pulau Anambas via Mustari

Keindahan yang ditawarkan oleh the Best Tropical Island in Asia ini menjadikan Pulau Anambas masuk ke dalam daftar tempat wisata kelas dunia yang ada di Indonesia. Bahkan beberapa wisatawan dari Maldives bahwa Pulau ini tidak kalah indah dengan daerahnya, seperti yang dikatakan oleh Tengku Mukhtaruddin yang menjabat sebagai Bupati Pulau Anambas.

Pulau Anambas Terdiri dari Beberapa Gugusan Pulau

  • Pulau Bawah

Salah satu keindahan Pulau Anambas adalah Pulau Bawah. Karena keindahan dan keelokan bawah lautnya, Pulau Bawah disebutkan oleh CNN sebagai Pulau di Anambas yang wajib untuk dikunjungi. Selain itu Pulau Bawah ini menjadi pulau paling diincar oleh wisatawan lokal maupun mancanegara ketika berlibur ke Anambas karena permukaan maupun formasi koral di Pulau Bawah ini yang sangat cantik.

Selain itu Pulau Bawah juga memiliki sisi lain yang membuatnya terlihat lebih indah lagi, yaitu dengan keberadaan sebuah laguna. Pemandangan indah di dasar laguna yang berpasir putih dan berair jernih membuat ikan-ikan terlihat jelas dari permukaan. CEO PT.

Tembesu Development, Peter Michael Timmer bahkan menyatakan bahwa laguna Pulau Bawah adalah salah satu yang terbaik di dunia, sekelas denga Bora-bori yang terletak di Tahiti.

Loading...

Di kalangan wisatawan, Pulau Bawah sudah tidak asing lagi. Karena keelokan view yang disajikan oleh Pulau Bawah, maka tidak salah Anambas dijadikan sebagai pulau terindah di Asia. Jika Raja Ampat adalah primadona bengkulu, maka Pulau Anambas memiliki Pulau Bawah sebagai primadonanya.

Tidak heran jika di waktu-waktu tertentu, surga yang belum begitu dikenal ini diserbu oleh banyak pengunjung. Pulau ini juga cocok dijadikan tempat destinasi untuk para pencinta snorkling dan menyelam karena keindahan biota lautnya yang beragam.

  • Pulau Penjalin

Pulau Anambas juga memiliki aset lain selain Pulau Bawah yaitu Pulau Penjalin yang terletak di Kecamatan Palmantak. Untuk sampai ke Pulau penjalin dari Terempa dapat dijangkau dengan menggunakan speed boat yang akan memakan waktu kira-kira 1 jam 30 menit. Ada banyak fasilitas speed boat yang dapat disewa dari kapasitas muatan 5 penumpang hingga 20 penumpang.

pulau penjalin
Pulau penjalin via http://travel.kompas.com

Pulau Penjalin yang merupakan gugusan Pulau Anambas ini menjadi pulau tempat berlindung para nelayan sekitar. Meski begitu, aset Pulau Anambas ini belum dikenal oleh banyak orang seperti Pulau Bawah. Cuaca dan suasana di Pulau Penjalin memang tidak menentu dan sepi sehingga pulau ini cocok bagi orang-orang yang suka bertualang dan menyukai ketenangan.

Pemandangan pasir putihnya bisa membuat orang terpikat ketika berada disana. Bahkan banyak wisatawan yang yang tergoda untuk sekedar memarkirkan kapal mereka dan berkeliling untuk merasakan ketenangan Pulau Penjalin. Untuk yang suka snorkling perlu sedikit perjuangan, karena perlu berenang sejauh 50 meter untuk dapat melihat terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni.

Karena ketenangannya, Penjalin menjadi salah satu aset yang berharga dari Pulau Anambas.

  • Pulau Piugus

Sama halnya denga Pulau Penjalin, Pulau Piugus juga memiliki pemandangan yang begitu eksotis. Untuk menuju salah satu aset berharga Pulau Anambas ini dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Pulau Matak menggunakan speed boat.

Dari semua sudut Pulau Piugus, kita dapat melihat pemandangan bawah laut yang luar biasa indahnya. Dari berbagai penelitian, salah satu gugusan Pulau Anambas ini memiliki ragam karang yang berkategori baik.

Pemandangan laut yang bitu dan bersih dari Pulau Piugus ini dan juga pohon-pohon kelapa yang menari-nari di pinggir pantainya menambah keeksotisan Pulau Piugus. Bongkahan-bongkahan batu besar dan juga dinding karang dan gorgonian sebagai tempat hidupnya biota laut menjadikan pulau ini semakin eksotis pula.

Saking banyaknya destinasi tempat indah yang Pulau Anambas sajikan untuk dinikmati keindahannya, membuat para wisatawan terkadang bingung harus mendahulukan tempat yang mana. Tidak hanya Pulau Bawah, Pulau Penjalin dan juga Pulau Piugus yang Pulau Anambas miliki.

Ada begitu banyak tempat yang tak kalah indahnya juga seperti Pulau Durai, Pulau Telaga, Air Terjun Temburun, Pantai Arung Hijau, dan lain sebagainya yang wajib dikunjugi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

"Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah." -Pramoedya Ananta Toer- Email: [email protected] IG: @arifa_nida

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *