Internet

Eksotis Alam Dibalik Ketatnya Keamanan Pulau Nusakambangan

Anda pernah berpikir untuk berlibur mengunjungi sebuah pulau? Jika belum, cobalah untuk berpikir mengunjungi pulau saat liburan. Mendengar bepergian ke pulau, seolah-olah itu adalah suatu tempat yang terpencil. Tapi tidak untuk pulau yang satu ini, Nusakambangan. Ada begitu banyak yang bisa anda kunjungi di pulau Nusakambangan. Penasaran?

Jika mendengar Nusakambangan, yang terlintas dalam pikiran adalah lembaga permasyarakatan kelas tinggi. Dimana, Nusakambangan merupakan tempat tahanan bagi para pelaku kejahatan dengan tingkat keamanan yang tinggi. Namun, dibalik kisah mengerikan, pulau Nusakambangan menyajikan bentang alam yang sangat indah dan memukau.

Pulau nusakambangan yang berstatus sebagai cagar alam, selain sebagai tempat latihan militer, juga merupakan habitat bagi tumbuhan langka. Tumbuhan yang masih terdapat di hutan nusakambangan adalah tumbuhan perdu, nipah dan belukar. Namun sangat disayangkan tumbuhan-tumbuhan tersebut banyak ditebang secara liar hanya untuk kepentingan individu.

Dilihat dari pantai teluk penyu, pulau nusakambangan terlihat sangat dekat dengan kota cilacap. Perjalanan dari kota Cilacap menuju Nusakambangan hanya memerlukan waktu kurang lebih 10 menit.

Untuk berkunjung ke pulau nusakambangan, wisatawan dapat menaiki perahu nelayan yang terjajar sepanjang pantai teluk penyu dengan hanya membayar Rp. 10.000. Tiket masuk yang terbilang sangat murah untuk keindahan laut nusakambangan yang eksotis dan memukau, yaitu Rp. 5.000,- saja untuk satu orang.

Pantai nusakambangan merupakan salah satu obyek wisata di kota Cilacap. Pasirnya yang putih dan lautnya yang biru dengan dikelilingi batuan karang yang cantik, mampu memukau wisatawan baik dalam kota maupun dari luar kota.

Selain pasir putih, di pantai Nusakambangan juga menyajikan wisata sejarah berupa benteng-benteng dan meriam peninggalan belanda.

Terdapat beberapa pantai yang cantik dan indah di pulau nusakambangan, yaitu:

Pantai Pasir putih pulau Nusakambangan

Pantai pasir putih merupakan salah satu obyek wisata yang terdapat di sebelah selatan pulau nusakambangan tepatnya berada di sebelah timur pantai permisan. Sesuai dengan namanya, pantai pasir putih memiliki pasir putih yang dihiasi dengan batuan-batuan karang dan ombak ganas pantai selatan yang berdeburan memecah batuan karang.

Pulau Nusakambangan
Pantai Pasir Putih Nusakambangan via http://direktoriperjalanan.blogspot.co.id

Pinggiran pantai pasir putih masih banyak terdapat pepohonan hijau yang sangat cocok untuk bersandar menikmati pantai pasir putih.

Pantai rancah babakan Nusakambangan

Terletak diujung paling barat Pulau Nusakambangan yang berjarak 35 km dari dermaga Sodong. Untuk menuju pantai ini melalui alur selat Nusakambangan – Segara Anakan melewati Desa Klaces Kecamatan Kampung Laut.

Sepanjang perjalanan melewati 4 LP yang masih berfungsi yaitu LP Batu, Besi, Kembang Kuning dan Permisan serta melewati Kecamatan Kampung Laut yang berada di Klaces dengan pemandangan hutan mangrove di kiri kanan alur sungai dan pemandangan pegunungan serta selat Indralaya.

Pantai Rancah Babakan via http://angkringanlima.blogspot.co.id

Pantai Ranca Babakan tergolong pantai yang masih perawan karena belum banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, karena memang jalur yang menuju ke pantai belum memadai. Oleh karena itu masih sangat dibutuhkan penanganan pemerintah untuk membuka akses ke pantai ini sehingga dapat menjadi tempat wisata yang mudah untuk dikunjungi oleh wisatawan. Sehingga dapat memberikan pendapatan bagi daerah.

Pantai permisan Nusakambangan

Pantai Permisan juga terdapat di Pulau Nusakambangan tepatnya disebelah selatan LP Permisan. Pantai ini masih sangat alami belum banyak tercemari oleh manusia. Dengan pemandangan yang sangat menakjubkan dan deburan ombak laut  selatan akan membawa wiasatawan betah menikmati panorama keindahan pulau-pulau kecil dan batu-batu karang didepan pantai mempunyai nilai tersendiri dibanding pantai wisata lainnya di Cilacap.

Pantai Permisan Nusakambangan via https://images.detik.com/

Untuk menuju Pantai Permisan para wisatawan dapat menggunakan kapal penyebrangan atau perahu baik dari Pelabuhan Lomanis atau Pelabuhan Wijayakusuma ke Sodong Nusakambangan kemudian dilanjutkan dengan kendaraan pribadi atau carteran rombongan menuju ke permisan.

Selama perjalanan, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang ada di Pulau Nusakambangan dan bisa singgah dulu di obyek wisata Goa Ratu juga bisa melihat LP Kembang kuning.

Pantai karang pandan Nusakambangan

Pantai ini banyak dikunjungi orang pada hari Kamis Wage atau sehari menjelang pelaksanaan Sedekah Laut (Larungan Sesaji) untuk ziarah, tempat ini dijadikan ziarah dengan alasan di pantai ini terdapat beberapa tempat yang dianggap keramat sehingga mereka berkunjung akan lebih banyak mendapat berkah.

Tempat – tempat keramat diantaranya : Kali Lanang (diambil airnya) yang terletak di bagian timur naik sedikit dari pantai, Batu Meja (Batu Balai) yaitu segumpal batu karang besar yang digunakan sebagai tempat sesaji upacara juga berfungsi sebagai tempat pergelaran serta singgasana.

Pantai Karang Pandan Nusakambangan https://job-like.com/

Untuk menuju pantai Karang Pandan harus menggunakan perahu selama 90 menit atau jalan kaki dari Benteng Karang Bolong Nusakambangan kurang lebih 75 menit. Para peziarah biasanya membawa sesaji yang berupa Jajan Pasar, Buah–buahan, Kembang Telon, Kinang, Kemenyan, Daun Dadapsrep, Kelapa Muda serta beberapa pusaka. Semua sesaji dikumpulkan di atas batu meja, setelah sesaji siap maka sesepuh Nelayan memimpin doa.

Segara anakan Nusakambangan

Segara anakan memiliki pantai pasir putih yang landai serta dihiasi dengan batuan karang yang indah dan cantik. Untuk menuju segara anakan, wisatawan harus trekking melewati bukit sekitar dua jam. Sebab, tak ada kapal yang bisa berlabuh di sana karena adanya karang. Di sekitar pantainya juga tak ada warung makan dan penduduk yang tinggal

Pantai Segara Anakan via http://www.telusurindonesia.com/

Setelah lelah berkunjung di pantai nusakambangan, wisatawan dapat menikmati kuliner yang terjajar di sepanjang pinggiran pantai teluk penyu. Berbagai kuliner dapat wisatawan nikmati, salah satunya adalah kuliner khas Cilacap yaitu Mendoan. Mendoan dengan diameter yang tidak sama dengan mendoan di kota lain ini sangat nikmat, apalagi jika disajikan dengan guyuran sambal kacang. Mendoan hangat ini dapat dinikmati hanya dengan Rp. 2.000.-.

Sebelum pulang, jangan lupa membeli oleh-oleh khas pantai selatan. Sepanjang pinggiran jalan pantai teluk penyu, menyajikan berbagai macam toko oleh-oleh, mulai dari makanan hingga cendra mata.

Itulah beberapa destinasi wisata yang terdapat di pulau yang terkenal dengan keamanannya yang ketat ini. Setelah membaca ulasan tentang banyaknya pantai yang terdapat di Pulau Nusakambangan, masihkan anda mengurungkan niat untuk berkunjung?


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close