Internet

Menjelajahi Indahnya Objek Wisata Alam dan Pulau-Pulau di Wakatobi

Wakatobi adalah tempat wisata dari Indonesia yang dikenal kesegala penjuru dunia akan keindahaan taman lautnya yang menakjubkan. Dimana hampir 90% spesies koral dunia berada di tempat ini yaitu sekitar 750 dari 850 spesies koral berada di Wakatobi, yang berasal info dari UNESCO. Jadi tak heran jika terdapat berbagai jenis karang dan biota laut dapat ditemukan ditempat ini.

Wakatobi adalah sebuah kabupaten yang berasal dari provinsi Sulawesi Tenggara, yang merupakan kepanjangan nama pulau-pulau yang ada di Sulawesi Tenggara. Yaitu kepanjangan dari Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia serta Binongko. Wakatobi merupakan surganya para penyelam karena keindahaan taman lautnya yang tak ada duanya di dunia, sehingga tempat wisata ini menjadi andalan bagi Indonesia.

Wakatobi adalah tempat yang pastinya cocok untuk dijadikan aktivitas di dalam air dengan aktivitas seperti snorkelling. Dimana anda menikmati pemandangan dengan cara berenang dipermukaan laut sembari melihat keindahan biota laut dan  aktivitas. Berikutnya yaitu diving dimana menikmati pemandangan bawah laut dengan cara menyelam ke dalam laut, sehingga anda lebih dekat lagi dengan keindahaan yang ada dalam laut.

Banyak sekali spot terbaik untuk diving atau snorkelling di wakatobi, karena di wakatobi terdapat pulau-pulau yang menyajikan pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan. Di wakatobi anda tidak hanya dimanjakan dengan pemandangan bawah lautnya saja. Akan tetapi anda akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang sangat indah, nah berikut pantai-pantai yang anda bisa kujungi diantaranya.

Pantai-pantai yang ada di pulau wangi-wangi

Pantai Moli’i Sahatu

wakatobi
Pantai Moli’i Sahatu via travelwakatobi

Pantai moli’i sahatu adalah salah satu pantai yang ada di pulau wangi-wangi. Nama pantai moli’i sahatu merupakan bahasa daerah yang memiliki arti yaitu berasal dari kata moli’i yang artinya mata air, sedangkan sahatu artinya seratus. Jadi dipulau ini terdapat kurang lebih seratus mata air yang berasal dari dasar laut yang ternyata mata airnya rasanya tawar walaupun berasal dari dasar laut.

Pantai moli’i sahatu memiliki hamparan pasir yang putih dan bersih dengan dikelilingi oleh pohon kelapa yang merupakan tanaman khas yang berada di pinggiran pantai. Jika anda ingin mengunjungi pulau ini anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Letaknya di desa patuno dikecamatan wangi-wangi dengan memiliki jarak tempuh kira-kira 10 km dari pusat kota.

Pantai Sousu

wakatobi
Pantai Sousu via Beritasatu.com

Pantai ini termasuk berada di pulau wangi-wangi selatan tepatnya berada di desa Matohara yang berjarak kurang lebih 15 km dari pusat ibu kota. Pantai ini mempunyai hamparan pasir putih yang bersih dan disini juga anda dapat melakukan aktivitas air seperti berenang, diving dan snorkelling. Pantai Sousu merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan untuk menikmati keindahan taman laut.

Pantai Waha

wakatobi
Pantai cemara via https://cagarbiosferwakatobi.wordpress.com

Pantai waha berada di kacamatan wangi-wangi tepatnya di desa waha yang bisa ditempuh dengan kendaraan yang memiliki jarak sekitar kurang lebih 7 km dari pusat kota. Seperti kebanyakan pantai yang lainnya disini juga salah satu spot untuk melakukan aktivitas air seperti snorkelling, diving dan sebagainya. Oleh masyarakat daerah wakatobi memiliki sebutannya sendiri yaitu “pantai cemara”. Kenapa disebut seperti itu karena di pantai ini terdapat banyak pohon cemara.

Loading...

Pantai-pantai yang ada di pulau Kaledupa

Pantai Hoga

wakatobi

Pantai hoga terletak di kacamatan kaledupa, bisa menghabiskan waktu sekitar kurang lebih 15 menit dari pulau kaledupa yang bisa ditempuh dengan kendaraan air seperti speed boat. Pantai hoga memiliki hamparan pasir putih dan air lautnya yang sangat jernih. Sehingga cocok untuk snorkelling karena pemandangan bawah lautnya akan terlihat sangat jelas sekali.

Pantai hoga termasuk spot yang sangat direkomendasikan untuk diving dan snorkelling. Karena terdapat terumbu karang atau koral yang beraneka ragam dan berbagai biota laut seperti berbagai spesies ikan. Disana juga tidak hanya terdapat biota laut saja, akan tetapi terdapat juga flora yang masih terjaga keasriannya. Bisa dijumpai disana seperti pohon kelapa, pohon bakau, pohon cemara dan pandan.

Pantai Sombano

wakatobi
Pantai sambano via liburanwkatobi

Pantai sombano terletak di kecamatan kaledupa tepatnya di desa sombano yang bisa menghabiskan waktu lebih 15 menit dari pusat kota yang bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor. Pantai sombano memiliki pasir yang putih yang masih terjaga kebersihannya. Terdapat pohon kelapa yang merupakan tanaman khas dari sebuah pantai serta anda bisa menikmati sunset yang sangat indah di pantai ini.

Pantai Peropa

wakatobi
Pantai peropa

Pantai peropa terletak di desa peropa kecamatan kaledupa selatan yang bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan yang bisa menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit dari kacamatan kaledupa. Pantai peropa juga memiliki hamparan pasir putih dan anda bisa menikmati pemanadangan sunset pada sore hari. Disana anda akan melihat aktivitas nelayan melaut serta aktivitas jual beli ikan disana.

Pantai-pantai yang ada di pulau Tomia

Pantai Huntete

wakatobi
pantai huntete via http://www.kelilingnusantara.com

Pantai huntete terletak di kacamatan tomia timur tepatnya di desa kulati, pantai huntete adalah pantai dengan berbentuk melengkung yang terluas dan terpanjang di pulau tomia. Di pantai tersebut memiliki lapangan luas dan banyak terdapat tanaman lidah mertua berduri dan rumput. Memiliki hamparan pasir putih dan anda dapat menikmati sunset atau sunrise yang akan memanjakan mata anda.

Pantai huntete terdapat gua yang menghadap ke laut yang dikeramatkan, masyarakat setempat selalu membuang roko atau siri pinang di sekitar gua itu dan selalu berhati-hati jika melewati gua tersebut. Gua tersebut disebut oleh masyarakat dengan nama liang kuri-kuri. Dulu nelayan yang melintas di gua itu selalu melihat warna kuning dalam gua tersebut yang merupakan lumut kuning yang tumbuh di gua itu.

Pantai Onemobaa

Pantai onemobaa terletak di desa lamanggau kecamatan tomia. Menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit dari kecamatan tomia yang bisa ditempuh menggunakan perahu tradisional yang disebut dengan perahu katinting. Pantai onemobaa memiliki hamparan pasir putih dan terdapat flora diantaranya tembakau, cemara dan kelapa serta fauna diantaranya burung pipit, biawak dan udang merah.

Pantai onemobaa merupakan spot yang cocok sekali untuk dijadikan aktivitas snorkelling dan diving. Karena disana terdapat gugusan terumbu karang yang berwarna-warni dan biota lautnya yang beraneka ragam. Mengenai penginapan anda jangan khawatir untuk mengunjungi tempat ini. Sebab disini terdapat resort yang sudah berstandar internasional yang bernama wakatobi dive resort.

Pantai-pantai yang ada di pulau Binongko

wakatobi

Pantai Palahidu

Pantai palahidu merupakan salah satu pantai yang ada di pulau binongko. Di pantai tersebut terdapat jajaran pohon kelapa dan hamparan pasir putih yang terbentang luas yang masih terjaga kebersihannya. Air lautnya yang sangat jernih, cocok untuk aktivitas snorkelling dan diving. Anda juga dapat menikmati matahari terbenam disana dan ditempat tersebut juga terdapat peninggalan sejarah yaitu banteng palahidu.

Pantai Pasir Panjang

Seperti hal namanya pantai pasir panjang adalah pantai yang terpanjang di pulau binongko. Memiliki hamparan pasir putih dan pohon kelapa serta tidak jauh dari sana terdapat hutan mangrove. Pantai pasir panjang terletak di togo binongko kecamatan binongko yang berjarak kurang lebih 4 km dari pusat kota yang bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Pantai Belaa

Pantai belaa terdapat hutan mangrove dan tanaman yang lainya seperti pohon kelapa, pohon ketapang, tanaman pandan dan yang lainnya. Pantai belaa memiliki gundukan pasir yang tinggi yang merupakan hasil dari abrasi batu karang sehingga menjadi gundukan pasir. Di pantai tersebut juga anda bisa menemukan penyu yang akan bertelur yang merupakan salah satu daya tarik dari pantai ini. Pantai belaa bisa ditempuh dari pelabuhan rukuwa kecamatan binongko.

Indahnya panorama puncak-puncak di Wakatobi

Puncak tomia wakatobi

Di wakatobi tidak hanya menyuguhkan keindahan bawah laut saja, akan tetapi juga menyuguhkan keindahaan panorama atau pemandangan yang bisa dilihat dari puncak-puncak bukit dari pulau-pulau di wakatobi. Jadi ketika anda berlibur kesini jangan lewatkan objek wisata ini. Karena keindahannya yang disuguhkan tidak ada duanya, nah berikut puncak atau bukit yang anda bisa kunjungi diantaranya

Panorama puncak Waginopo

Puncak waginopo terletak di desa waginopo kecamatan wangi-wangi yang berjarak kurang lebih 1,5 km dari pusat kota yang bisa ditempuh dengan kendaraan darat. Puncak waginopo merupakan salah satu objek wisata dataran tinggi. Sering dijadikan oleh parawisatawan untuk menikmati sunset dan disekitar dipuncak tersebut juga terdapat perkebunan mete, kacang, dan singong.

Panorama puncak Jamaraka

Puncak jamaraka terletak dikecamatan kaledupa selatan yang bisa menghabiskan waktu kurang lebih sekitar 35 menit dari kecamatan kaledupa, yang bisa ditempuh dengan menggunakan transportasi darat. Dipuncak ini anda bisa melihat perkampungan kaledupa yang terbentang luas secara jelas dari puncak ini. Dipuncak ini juga anda bisa melihat matahari terbenam pada sore hari.

Panorama puncak Khayangan

wakatobi
khayangan via Backpacker Indonesia

Puncak khayangan terletak di desa khayangan kecamatan tomia timur yang bisa menghabiskan waktu sekitar 8 menit dari kecamatan tomia timur. Puncak khayangan merupakan salah satu objek wisata yang sangat direkomendasikan. Karena terdapat hamparan rumput hijau serta semak dan terdapat fosil karang dan fosil kima yang sangat besar. Dipuncak ini anda dapat menyaksikan pulau tomia bahkan anda bisa melihat pulau lentea, tolandono dan binongko.

Panorama puncak koncu kapala wali

Puncak koncu kapala wali terletak dikecamatan togo binongko yang berjarak kurang lebih 7 km dari kecamatan togo binongko. Bisa ditempuh dengan kendaraan dan untuk mengujungi puncak ini anda bisa menempuh sekitar 1 km dengan bejalan kaki dari perkampungan wali. Dipuncak ini anda akan disuguhkan pemandangan pemukiman penduduk dan keindahan sunset dari puncak ini.

Selain menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan dari puncak koncu kapala wali, anda bisa mengunjungi peninggalan sejarah seperti gua. Makam tua tiang-tiang masjid dan makam wali wangka wijaya, yaitu seorang penyebar agama islam dipulau binongko. Menurut informasi bentuk makamnya menyerupai candi berbentuk segi empat.

Tempat objek wisata alam di wakatobi

Di wakatobi tidak hanya menyuguhkan panorama bawah laut dan pantainya saja. Akan tetapi di pulau-pulau wakatobi juga menyuguhkan objek wisata yang tidak kalah dari objek wisata-wisata yang lainnya. Jadi wakatobi merupakan objek wisata yang lengkap yang bisa anda kunjungi. Nah berikut beberapa objek wisata alam yang anda bisa kunjungi yaitu diantaranya

Objek wisata hutan mangrove

Hutan mangrove merupakan salah satu hutan yang dilindungi, karena meupakan media untuk mencegah abrasi dipinggir pantai. Hutan mangrove bisa anda jumpai di pulau wakatobi, seperti di pulau kaledupa disini anda dapat menemukan mangrove dibeberapa desa. Seperti desa sombano, desa lenggae, desa balasuna, desa buranga, desa tampara dan desa horuo. Pulau kaledupa merupakan pulau yang memiliki hutang mangrove terbesar di wakatobi.

Ditempat ini ada 17 jenis mangrove yang dapat dijumpai disini yaitu diantaranya Avecenia sp., Ceriops sp., Dan xlyocarpus sprhozopora sp. Hutan mangrove yang ada disini ditumbuhi oleh beberapa biota yaitu diantaranya ikan, kepiting, kerang, siput dan udang yang merupakan biota khas dari hutan mangrove. Jadi hutan mangrove merupakan salah satu objek wisata alam yang wajib anda kunjungi.

Objek wisata telaga gua

Objek wisata alam ini jangan sampai anda lewatkan, sebab objek wisata ini menyuguhkan telaga yang berada dalam gua yang memiliki air yang jernih sehingga anda dapat snorkelling atau sekedar berenang disana. Telaga gua ini dapat anda jumpai dibeberapa di pulau wakatobi. Diantaranya telaga kontamale dikelurahan wanci, telaga gua topa dikelurahan mandate dan telaga gua tee kosapi dikelurahaan wanci.

Objek wisata gua kelelawar

Seperti hal namanya gua kelelawar merupakan gua yang terdapat banyak kelelawar di dalamya. Terdapat beberapa gua kelelawar yang ada di wakatobi, yaitu diantaranya dipulau kapota. Bisa ditempuh menggunakan perahu tradisional dengan jarak tempuh sekitar 20 menit dari pulau wangi-wangi. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 20 menit dari pemukiman. Dan jika menggunakan kendaraan roda dua hanya menghabiskan waktu 5 menit saja.

Tempat objek wisata kebudayaan dan sejarah di wakatobi

Wakatobi memang tidak ada habisnya untuk dibahas sebab disini tidak hanya menyuguhkan keindahaan panorama lautnya. Pantainya dan objek wisata alamnya saja akan tetapi juga menyuguhkan objek wisata kebudayaan atau keseniannya yang bisa membuat anda terpana melihatnya. Disini juga terdapat objek wisata sejarah yang tidak hanya ada ditempat yang lainnya, nah berikut pemaparannya dibawah ini

Objek wisata kesenian tarian suku buton

Di wakatobi juga terdapat kesenian yang bisa anda saksikan yaitu salah satunya seni tarian yaitu diantaranya tarian eja-eja atau tarian perang suku buton. Biasanya dipergakan oleh anak-anak setempat dan berikutnya tarian mborira, yaitu tarian yang menceritakan seorang pria peratau yang pulang ke kampungnya untuk mencari wanita untuk dijadikan sebagai isterinya.

Objek wisata kebudayaan suku bajo

Dulu suku bajo memiliki kebudayaan untuk berpindah-pindah tempat tinggal diatas laut dari satu tempat ke tempat yang lain yang dulunya tempat tinggal suku bajo yaitu berupa perahu. Sekarang suku bajo tidak memberlakukan cara nomaden lagi. Akan tetapi sudah menetap dengan membuat rumah-rumah diatas laut, jadi anda dapat mengujungi pemukiman suku bajo tersebut dan bisa belajar kebudayaan disana.

Objek wisata sejarah keraton liya togo

Ternyata keraton tidak hanya bisa ditemukan di jogja saja, akan tetapi terdapat juga di wakatobi yang dinamakan degan keraton liya togo. Merupakan cagar budaya peninggalan sejarah keraton kesultanan buton yang terletak di desa liya raya, kecamatan wangi-wangi, kabupaten wakatobi, provinsi Sulawesi tenggara yang wajib anda kunjungi.

Wakatobi merupakan destinasi wisata andalan Indonesia yang tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Dan merupakan tempat dengan berbagai objek wisata khususnya objek wisata alam yang sangat mengaggumkan untuk anda jelajahi. Tidak itu saja, karena diwakatobi pun anda bisa tahu tentang kebudayaan dan sejarahnya. Semoga artikel ini dapat memberikan referensi liburan anda berikutnya.

Referensi lain : Wisata Menjelajahi Kawasan Tangkuban Perahu di Jawa Barat



Loading...

Baca selengkapnya

Diani Hanif

Seorang penulis pemula yang ingin menjadi penulis handal

Artikel terkait

One Comment

  1. Koncu Kapala itu terletak di kelurahan Wali Kecamatan Binongko.
    Bukan d Togo Binongko.
    Hati-hati kalau meposting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *