Asyiknya Berlibur Bersama Keluarga di Pulau Samalona

Pulau Samalona, pernah dengar namanya ?

Sebagian orang mungkin belum pernah mendengar nama pulau ini, karena memang letaknya yang berada di Sulawesi Selatan. Tepatnya di kota Makassar. Pulau Samalona adalah salah satu pulau yang sering menjadi tempat berakhir pekan turis lokal maupun mancanegara.

Bukan sebuah rahasia lagi, jika Makassar memang memiliki beberapa destinasi wisata yang sangat bagus untuk dikunjungi. Di kota daeng ini, kita bisa berlibur di beberapa tempat. Seperti, pantai, wahana bermain, tempat bersejarah hingga pulau-pulau yang indah.

Berbicara mengenai pulau, seperti yang saya sebutkan diatas. Pulau Samalona adalah salah satu pulau yang ada di kota Makassar. Bagi anda yang hendak berlibur dan belum memutuskan mau pergi kemana, saya rasa pulau ini merupakan tempat yang tepat untuk anda jadikan tempat berakhir pekan bersama keluarga.

Mengenal Pulau Samalona

Pulau Samalona
Pulau Samalona via lifestyle.liputan6.com

Pulau Samalona letaknya tidaklah jauh dari kota Makassar. Dari titik keberangkatannya, yaitu dermaga Fort Rotterdam kurang lebih hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja, untuk sampai ke pulau ini.

Dan yang perlu diketahui adalah saat akan berlayar ke Pulau Samalona, anda harus jago bernegosiasi dengan penyewa perahu. Karena sewa perahu menuju Pulau Samalona, lumayan mahal kurang lebihnya 800 ribu rupiah untuk pulang pergi. Tapi itu untuk anda yang tidak jago menawar.

Bagi anda yang jago menawar harga 300 ribu rupiah bisa saja didapatkan dan tentunya itu untuk perjalanan pulang pergi.

Menikmati Liburan

Sesampainya di pulau kecil nan indah ini, kita bisa langsung menikmati keindahannya dan mulai bersenang-senang.

Loading...

Lantas, kegiatan apa yang bisa dilakukan disini ?

Di pulau ini, kegiatan yang bisa kita lakukan adalah berenang, snorkeling, bermain banana boat hingga bermain jetski.

Bagaimana asyik bukan ?

Untuk berenang, tentu anda bisa melakukannya secara gratis. Asalkan tidak terlalu jauh dari bibir pantai, karena takutnya nanti anda terkena bulu babi atau tenggelam. Kan bahaya. Lagipula penjaga pantai belum tersedia di pulau ini, maklum saja, karena Pulau Samalona belum dikelola secara profesional oleh pemerintah kota Makassar.

Adapun untuk snorkeling, kita bisa menyewa peralatannya disini. Karena di Pulau Samalona sudah ada tempat persewaannya. Sedangkan untuk bermain jetski, anda harus membawanya sendiri. Karena disini belum ada tempat persewaan jetski.

Bermalam di Samalona

Berlibur di luar kota tentunya kita memerlukan fasilitas penginapan, untuk melepas lelah selama perjalanan dan kebutuhan lainnya.

Dan untuk anda yang membutuhkannya ketika berada di Pulau Samalona tidak perlu khawatir, di pulau ini tempat menginap sudah disediakan oleh warga setempat. Warga setempat memang sengaja membangun dua rumah, yang satu untuk ditempati sendiri dan satunya lagi untuk disewakan. Tentunya kebaikan warga tersebut, harus anda ganti dengan membayar sewa tempatnya seharga 600-700 ribu rupiah per malam.

Mahal ? tentunya harga tersebut tidaklah mahal bagi anda yang sudah menyiapkan rencana untuk berlibur jauh-jauh hari.

Disini ketersediaan makanan juga terpenuhi, jadi anda tidak perlu takut akan kelaparan di pulau yang hanya memiliki 17 KK ini. Meskipun harganya agak mahal, karena bahan-bahannya didatangkan jauh dari kota Makassar.

Bagaimana, tertarik untuk pergi ke Pulau Samalona ?

Jika tertarik persiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu, baik itu dari fisik, materi dan waktu. Karena berakhir pekan bersama keluarga, tidak lengkap rasanya bila hanya dengan waktu yang singkat. Dan akhir kata, semoga pulau ini bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata anda untuk berakhir pekan bersama keluarga tercinta.

Referensi lain : Gumuk Pasir, Wisata Baru Tana Toraja


Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Komentar

    Gregorius Rinaldo Perdana

    Gregorius Rinaldo Perdana

    ( - 18:06)

    Very inspiring article. Hopefully, I could go to Samalona island someday.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *