Internet

Pulau Tidung Kepulauan Seribu Menjadi Destinasi Favorit Akhir Pekan

Melepas penat dari rutinitas di pulau tidung kepulauan seribu, DKI Jakarta. Musibah terbakarnya Kapal Zahro Express di perairan teluk jakarta yang menyebabkan 23 penumpang tewas dan 17 penumpang hilang membuat pulau tidung kepulauan seribu mendadak populer.

Gugusan pulau, di kepulauan seribu selatan, Kabupaten kepulauan seribu ini menjadi destinasi wisata favorit warga jakarta dan sekitarnya untuk sejenak meninggalkan rutinitas. Sebenarnya apa saja yang bisak dinikmati di pulau tidung ini?

Pulau tidung kepulauan seribu merupakan wisata bahari yang cocok untuk keluarga, rombongan maupun pribadi.  Bermain di pantai atau menyelam di permukaan laut (Snorkeling) menjadi kegiatan favorit pengunjungnya.

Namun, ada satu tempat yang tak boleh Anda lewatkan jika Anda kesana, yaitu jembatan cinta yang menjadi penghubung antara pulau tidung besar dan pulau tidung kecil.

Menemukan Pasangan di Jembatan Cinta Pulau Tidung Kepulauan Seribu

pulau tidung kepulauan seribu

Panjang jembatan cinta ini sekitar 800 meter. Di jembatan ini, Anda bisa menanti sunset di ufuk barat. Suasana matahari tenggelam sangat indah dan menarik untuk diabadikan bersama teman atau pasangan, sambil menikmati keripik sukun yang mejadi cemilan khas pulau seribu.

Biasanya, tempat ini sangat ramai pada hari sabtu, karena minggu orang-orang sudah bersiap untuk pulang. Saat ini jembatan cinta dibuat permanen, dari yang sebelumnya menggunakan kayu. Sekeliling jembatan dipancang pagar setinggi satu meter, yang di dominasi cat warna biru. Spot yang paling terkenal di jembatan ini adalah pada bagian yang berbentuk melengkung berpagar warna merah muda.

Tingginya sekitar 4 sampai 5 meter. Kolong jembatan ini bisa dilalui perahu ataupun speed boat kecil. Percaya atau tidak percaya, ditempat atau spot ini mitos asmara diyakini. Mitos yang diyakini bermacam-macam. Masyarakat atau pengunjung mempercayai membuat langgeng pasangannya, yang jomblo bisa menemukan pasangan atau jodoh, atau yang baru putus dapat ganti yang lebih baik.

Jika Anda senang dengan keindahan bawah laut, bisa memilih snorkeling atau diving. Untuk menikmati keindahan bawah laut, Anda membutuhkan biaya, tarifnya pun cukup murah, Rp.100.000 untuk pemandu dan Rp.30.000 untuk menyewa peralatan snorkeling. Anda pun bisa menikmati keindahan terumbu karang sambil memberi roti pada ikan-ikan.

Jika Anda ingin mengabadikan keindahan bawah laut, sementara Anda tidak membawa kamera underwater, Anda tidak perlu khawatir. Ada persewaan kamera dalam air di sekitar jembatan cinta. Tarif sewa kamera underwater mulai dari Rp.150.000.

Untuk kegiatan snorkeling di pulau tidung kepulauan seribu tidak hanya bisa dilakukan di perairan sekitar jembatan cinta saja. Anda dapat menikmati di perairan yang lebih jauh. Namun Anda lagi-lagi merogoh kocek untuk menyewa kapal yang dipatok harga Rp.300.000  dan bisa menampung 10 orang penumpang.

Sementara yang ingin bermain menggunakan wahana air, ada banana boat, jetski, untuk ini, Kocek yang dirogok  agak dalam. Harga sewa untuk sekali pakai Rp.150.000 untuk waktu 15 menit.

Atau jika sekedar ingin menikmati keindahan pulau tidung kepulauan seribu, Anda bisa menjelajah pulau sambil naik sepeda kayuh. Sepedanya yang dipakai bisa menyewa di rumah-rumah penduduk sekitar.

Penginapan di Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Penginapan di Pulau Tidung

Di pulai tidung, banyak penginapan yang disediakan warga setempat (Home Stay). Ada pula yang khusus dibangun untuk penginapan. Penginapan tersebut dibangun dengan konsep modern, layaknya perumahan kota. Anda tinggal pilih yang berdiri dekat pantai dan menyuguhkan pemandangan pesisir laut atau yang di tengah pulau.

Harga perkamar di penginapan pulau tidung tidak tetap, semua bisa nego. Rata-rata harga yang ditawarkan kisaran Rp.350.000 sampai Rp.400.000. Tapi, ada juga yang disewakan hingga Rp.500.000. Untuk fasilitas penginapan berbeda-beda, ada yang dilengkapi AC,TV, juga dispenser.

Deretan home stay mudah ditemui di jalan akses menuju jembatan cinta. Dari dermaga speed boat yang dikenal sebagai dermaga batok, sekitar 1,5 kilometer ke jembatan cinta, home stay berjajar di sisi kiri dan kanan, jalan setapak yang hanya dapat dilalui kendaraan roda dua. Penginapan selalu ramai pada akhir pekan atau pas musim liburan. Oleh karena itu, jika Anda ingin kesana pada akhir pekan atau hari libur harus memesannya jauh-jauh hari.

Akses Favorit Menuju Pulau Tidung Pulau Seribu

Satu akses favorit menuju pulau tidung dari daratan Jakarta adalah melalui Muara Angke. Ada kapal-kapal kayu bermotor berlantai dua yang siap menyeberangkan wisatawan atau pengunjung. Kapal ini berangkat sekitar pukul enam pagi.

Harga sekali jalan adalah Rp.52.000. Kapal kembali dari pulau tidung ke muara angke tersedia pada pukul 13.00 atau berubah sesuai kondisi cuaca. Anda juga bisa pergi ke tidung melalui Marina Ancol dengan KM Kerapu. Biasanya tiket yang ditawarkan belum termasuk tiket Ancol. Jika dari Tangerang, Anda bisa melalui Rawasaban.

Waktu tempuh dari Muara Angke ke pulau tidung sekitar 2 jam. Persiapkan bekal minuman selama di kapal. Selain itu, minum juga obat anti mabuk. Apalagi jika Anda termasuk Tipikal yang mudah mabuk laut. Bagaimana, apakah Anda ingin menghabiskan libur akhir pekan dengan setuja destinasi menyenangkan, datanglah ke pulau tidung kepulauan seribu.

Baca juga : Keindahan Bawah laut Pulo Dua Sulawesi Tengah


Loading...
Baca selengkapnya

Bercita-cita menjadi penyebar warta dan penebar informasi bermanfaat bagi sesama, asal dari batang, jateng. Menjadi penulis adalah impian sekaligus sebagai hobi, salam kenal

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close