Internet

Punya 2 Aplikasi Kamera Android Berikut Ini? Uninstall Segera!

Jika Punya Segera Copot Pemasangannya!

Minggu ini, pihak Google menghapus dua aplikasi berbahaya di Play Store karena terindikasi mengandung adware. Dua nama aplikasi yang dihapus Google itu adalah Sun Pro Beauty Camera dan Funny Sweet Beauty Selfie Camera.

Kabarnya, kedua aplikasi tersebut sudah diunduh lebih dari 1,5 juta kali. Sun Pro Beauty Camera diketahui sudah berada di Play Store selama dua tahun dan diunduh lebih dari 1 juta kali, sedangkan Funny Sweet Beauty berada di Play Store selama enam bulan dan diunduh lebih dari 500 ribu kali.

Jika Sun Pro Beauty Camera dan Funny Sweet Beauty Selfie Camera terpasang di ponsel Anda saat ini, maka segera lakukan pencopotan agar Anda tidak mengalami kerugian atau merasakan dampak buruk dari keberadaan dua aplikasi tersebut.

Apa Dampak yang Dibawa Dua Aplikasi Tersebut?

Dampak yang diberikan Sun Pro Beauty Camera dan Funny Sweet Beauty Selfie Camera adalah iklan pop-up yang sangat mengganggu. Selain mengganggu pengguna, iklan juga bisa merusak perangkat, hingga menghabiskan baterai. Bahkan dalam beberapa kasus, perangkat harus diganti.

Kasus Sun Pro Beauty Camera dan Funny Sweet Beauty Selfie Camera pertama kali ditemukan oleh perusahaan keamanan mobile, Wandera. Dalam laporannya, Wandera mengatakan jika kedua aplikasi tersebut dipasang di ponsel, maka iklan dengan layar penuh akan langsung muncul meskipun aplikasi tidak dijalankan.

Selain itu, kedua aplikasi juga akan meminta izin tambahan seperti penggunaan microphone untuk menyadap pembicaraan pengguna. Oleh karena itu, apabila Sun Pro Beauty Camera dan Funny Sweet Beauty Selfie Camera terpasang di ponsel Anda, segera lakukan uninstall.

Baca juga: Bahaya, Virus Joker Mengintai Para Pengguna Android

Wandera melaporkan kasus ini ke pihak Google pada 11 September 2019, dan kedua aplikasi langsung dihapus di toko aplikasi mereka, Play Store. Pihak Wandera juga mengatakan ini bukan pertama kalinya mereka melihat aplikasi buruk yang masuk ke Play Store.

Jadi, aplikasi yang mengandung adware masih sangat banyak. Adware sendiri biasanya digunakan untuk mencari uang dari perangkat yang terkena dampak. Para pembuatnya pun sangat pandai dalam menyembunyikannya sehingga jarang atau sulit sekali untuk ditemukan.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close