Internet

Puri Maerokoco, Wisata Budaya dan Edukatif Kota Semarang

Puri maerokoco – Mengisi liburan dengan mengunjungi tempat yang asri dan unik adalah salah satu opsi terbaik. Daripada berdiam diri di rumah, kebanyakan orang lebih memilih untuk bersenang-senang dan mengistirahatkan otak sejenak dari aktifitas sehari-hari dengan berlibur.

Ada begitu banyak destinasi wisata yang dapat dijadikan opsi untuk sekedar menenangkan pikiran, dari wisata domestik hingga internasional. Dari wisata yang menyajikan pemandangan alam yang mempesona hingga wisata-wisata modern.

Nah, kali ini penulis akan sedikit memberikan informasi tentang salah satu wisata domestik yang tak kalah menarik dengan wisata-wisata lainnya yang telah dikenal oleh dunia. Wisata edukatif di Kota Semarang bernama Puri maerokoco.

Kota Semarang

Semarang merupakan ibukota Jawa Tengah yang terletak di pantai utara Jawa. Kota yang memiliki pesona wisata eksotis, mulai dari tempat wisata, makanan hingga kebudayaannya. Tak jarang yang memilih Semarang sebagai destinasi wisata para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Tak heran jika di jantung kota Semarang terdapat banyak obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti Lawang Sewu, Gereja Blenduk Kota Lama, Klenteng Sam Po Kong, Masjid Agung Jawa Tengah atau bahkan wisata bahari seperti Pantai Marina dan Pantai Tiram.

Untuk panduan : Aplikasi Wis Semar Pandu Wisatawan Cari Tempat Wisata di Semarang

Tidak hanya itu saja, tidak jauh dari tugu muda tepatnya di Jalan Yos Sudarso Semarang, terdapat Taman Mini Jawa Tengah yang memanjakan pengunjung dengan destinasi daerah-daerah di pulau jawa. Bagi para perantau, obyek wisata tersebut sangat cocok sebagai tempat untuk melepaskan kerinduan pada kampung halaman.

Baca : 1 Hari Bisa Puas Keliling Semarang Jalan-jalan Santai

Puri Puri maerokoco Semarang

Ya. Obyek wisata tersebut lebih sering dikenal dengan nama Puri Puri maerokoco. Puri Puri maerokoco merupakan bagian dari kawasan PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Jawa Tengah yang terletak di komplek Tawang Mas Semarang Barat.

Taman Miniatur Jawa Tengah ini diharapkan mampu menjadi tempat rekreasi budaya dan edukasi kebanggaan Jawa Tengah serta menjadi media pengenalan potensi kabupaten dan kota madya seluruh Jawa Tengah.

puri maerokoco
Embung Puri Puri maerokoco via http://www.reresepan.com

Taman Miniatur Jawa Tengah menghadirkan rangkuman rumah adat atau anjungan dari 35 kabupaten dan kota madya yang ada di Jawa Tengah. Mulai dari pojok timur hingga pojok barat Jawa Tengah. Rumah adat tersebut dilengkapi dengan hasil industri serta kerajinan-kerajinan yang diproduksi oleh masing-masing daerah.

Selain anjungan daerah se-Jawa Tengah, Taman Miniatur Jawa Tengah juga menyediakan berbagai fasilitas untuk melengkapi liburan para pengunjung, yaitu:

  • Becak Air
  • Bomcar
  • Bianglala
  • Marry Go Around (Komidi Putar)
  • Kid’s Park (Ayunan, Perosotan, dll)
  • Istana Anak-anak Indonesia
  • Kereta gantung
  • Desa Wisata
  • Kolam Renang dan Waterboom
  • Pasar Apung
  • Museum Iptek
  • Outbond (Flying Fox, Perang Paintball, dll)
  • Gedung Opera

Salah satu sarana rekreasi di Taman Miniatur Jawa Tengah yang sedang populer di kalangan remaja saat ini adalah Taman Mangrove. Taman Mangrove tersebut sering dijadikan sebagai tempat selfie para remaja atau bahkan sebagai tempat foto pre-weeding. Para pengunjung juga dapat menikmati taman mangrove menggunakan perahu yang disewakan untuk berkeliling menikmati sungai yang dikelilingi tanaman mangrove.

Tiket masuk Taman Miniatur Jawa Tengah terbilang sangat murah. Untuk destinasi yang begitu banyak, obyek wisata tersebut hanya membandrol harga Rp. 7.000. Pengunjung pun datang dari berbagai daerah, tidak hanya Semarang saja namun juga daerah di sekitar Semarang seperti Demak, Kendal dan Salatiga.

Demikianlah sekilas informasi dari penulis. Daripada mengunjungi wisata-wisata yang jauh dari mata, hingga keluar negeri. Alangkah lebih baiknya sebagai warga negara bila hendak berlibur, memilih ke wisata domestik. Apalagi jika wisata domestik yang ditawarkan adalah tempat yang dapat menambah wawasan pengunjung.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close