putra fajar

Putra Fajar, Membangun Pasar Syar’i Berbasis Aplikasi

Putra Fajar adalah sosok penting dibalik lahirnya aplikasi syari’ah UMMAR ( Ummah Market ). Dibawah naungan PT. Usaha Muslim Makmur, ia berharap teknologi berbasis aplikasi yang ia keluarkan bersama ketiga rekannya. Bisa membantu masyarakat luas, khususnya untuk umat muslim agar lebih maju dalam mengelola usahanya.

Mari sejenak, kita mengenal Putra Fajar dan mari kita pelajari bersama poin-poin penting dari perjalanannya dalam membangun bisnis syar’i berbasis aplikasi. Yang semoga bisa memberikan kita motivasi dan manfaat.

Mengenal Putra Fajar

Sebelum mendirikan PT. Usaha Muslim Makmur. Putra Fajar adalah seorang pebisnis yang bergerak di bidang outdoor advertising pada tahun 2006. Namun ditahun 2012, ia memilih tak melanjutkan bisnis tersebut. Karena ingin menjalankan bisnis yang halal atau sesuai syari’ah islam. Karena selama menjalankan bisnis advertising, Fajar mengaku banyak sekali pelanggaran agama yang terjadi dalam bisnisnya yang secara tidak langsung menganggu nuraninya sebagai seorang muslim.

Maka mulailah Putra Fajar, menjalankan bisnis halalnya. Namun ditengah jalan ia mengaku kesulitan menjalani bisnis sesuai syari’ah islam. Menurut Fajar, menjalankan bisnis yang benar-benar sesuai syar’i tidaklah mudah. Banyak tantangan yang harus dihadapi.

Bahkan teman-temannya mengatakan kalau dia harus siap-siap jatuh miskin, karena menjalankan usaha dengan menerapkan nilai-nilai islam tidak akan bertahan lama. Namun perkataan tersebut, ia tanggapi dengan santai. Dirinya mengungkapkan tidak siap miskin, namun juga tidak siap kalau tidak halal.

Maka berjalanlah bisnis halal yang ia jalani selama beberapa tahun. Putra Fajar tidak menjelaskan secara jelas apa usaha halal yang ia geluti. Namun ia mengaku bahwa bisnis yang ia jalani selama beberapa tahun tersebut, mengalami penurunan omset yang cukup besar.

Dibalik kesulitan pasti ada kemudahan, sebagaimana yang tercantum di Surah Al- Insyirah. Karena di akhir tahun 2015, tepatnya di bulan November. Pria yang saat ini menginjak usia 38 tahun tersebut, mendapatkan ganti yang lebih baik. Yaitu PT. Usaha Muslim Makmur, yang memiliki produk andalan bernama UMMAR.

Ide Awal Memulai UMMAR

Putra Fajar
Putra Fajar Dalam Acara Ta’aruf Bisnis UMMAR via http://ummar.id/

Aplikasi UMMAR sendiri, tidak serta merta muncul begitu saja. Aplikasi tersebut muncul, karena sulitnya mencari wadah bagi para pengusaha muslim untuk mendapatkan klien bisnis yang sama-sama muslim, yang tentunya menjunjung nilai-nilai islam dalam berbisnis.

Loading...

Dan setelah dilakukan pencarian memang benar-benar tidak ada. Maka Putra Fajar, selaku CEO PT. Usaha Muslim Makmur melakukan terobosan dengan membuat aplikasi syari’ah yang diberi nama UMMAR ( Ummah Market ).

Kemudian timbul pertanyaan, apakah UMMAR ini sama seperti e-commerce dan marketplace ?

Putra Fajar mengatakan bahwa UMMAR berbeda dengan e-commerce maupun marketplace. Menurutnya aplikasi UMMAR lebih condong ke business locater, menunjuk lokasi para pengusaha yang bergabung di aplikasi buatannya tersebut. Sehingga transaksi jual beli akan langsung terjadi dengan tatap muka. Menurutnya, dengan sistem seperti ini akan memudahkan satu sama lain untuk menjalin silaturahim dan kerjasama bisnis.

Memiliki Keunikan Tersendiri

Saat ini sudah ada 300 pengusaha yang sudah bergabung dengan UMMAR, kebanyakan mereka adalah pengusaha yang berdomisili dikawasan Bogor dan sekitarnya. Karena memang UMMAR lahir dan berkembang disana.

Namun untuk pengusaha di daerah lain juga dipersilahkan untuk bergabung, karena secara bertahap UMMAR akan terus memperluas jangkauannya di beberapa daerah yang ada di Indonesia.

Akan tetapi bagi kawan-kawan yang ingin mendaftarkan usahanya di UMMAR, harus belajar dahulu tentang ilmu jual beli dalam islam. Karena saat mendaftar kalian akan digelontor 10 pertanyaan tentang jual beli islam, yang apabila tidak dipersiapkan secara matang akan membuat kepala cekot-cekot alias pusing.

Untuk mendaftarkan bisnis anda. Hal pertama yang harus dilakukan adalah download aplikasinya di google playstore, karena untuk saat ini UMMAR hanya tersedia di sistem android. Kemudian untuk kawan-kawan yang ingin berdagang, silahkan masuk ke fitur Add New Business. Lalu jawab 10 pertanyaan jual beli yang dimaksud, apabila berhasil akan otomatis menjadi member. Kalaupun gagal, harus siap mengulangi sampai berhasil.

Lagipula bergabung dengan UMMAR tak hanya mengenalkan usaha kita kepada member lainnya, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan. Seperti, Mendapatkan pelatihan-pelatihan usaha, bazaar, seminar dan tausiyah dari ustadz-ustadz yang ahli dalam bidang perekonomian islam.

Dan di UMMAR sendiri, nilai-nilai islam akan tetap dijunjung. Karena di aplikasi tersebut, terdapat dewan pengawas yang bertugas mengawasi sistem jual belinya. Agar tidak ada penyimpangan didalamnya, agar tetap lurus sesuai tujuan awal pembuatan aplikasi UMMAR.

Harapan Kedepan Untuk UMMAR

Ummah Market

Tampilan Website UMMAR via http://www.inponsel.co.id/

Meski UMMAR baru terbentuk tahun lalu, Putra Fajar selaku CEO berharap agar aplikasi buatannya tersebut dapat menjangkau seluruh kawasan Indonesia dan dunia. Karena sudah saatnya muslim di Indonesia, bahu membahu untuk kemajuan ekonomi mereka. Apalagi negara Indonesia, merupakan negara dengan umat muslim terbanyak di dunia.

Menurutnya, tukang ojek saja ada aplikasinya. Masak pengusaha muslim tidak punya aplikasi untuk menunjang bisnisnya. Ia juga berharap kepada seluruh umat muslim yang ada di Indonesia, untuk bergabung bersama UMMAR. Karena dengan bergabung bersama UMMAR, mereka turut andil dalam membangun pasar syar’i di Indonesia.

Referensi lain : Ade Kuswandi, Meraih Kesuksesan Dengan Internet

Bagaimana, anda tertarik ? Kalau iya, silahkan download dan daftar untuk segera menjadi bagian dari UMMAR .


Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *