Internet

Terbaru, 4 Rahasia Penting untuk Lolos CPNS Tahun Ini

Kiat – kiat apa yang harus dilakukan untuk bisa lolos CPNS tahun ini? Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dibuka kembali pada bulan Oktober 2019 mendatang dengan kuota sekitar 100.000 lowongan. (Info : tribunnews.com).

Seleksi CPNS tahun ini di prediksi akan di ikuti oleh sekitar 4 sampai 5 juta pelamar. Dari banyaknya peminat peserta, tentu tak semua orang bisa lolos CPNS tahun ini dengan mudah.

Sebab penyelenggara penerimaan CPNS tetap akan mempertimbangkan kualitas, terutama dari hasil test melaui soal CPNS yang harus dikerjakan harus betul-betul fair dan bisa diikuti sebagaimana seleksi CPNS tahun-tahun sebelumnya.

Bagi Anda yang berminat untuk mendaftar CPNS tahun ini, ada baiknya mempersiapkan diri sedini mungkin. Sebab syarat pendaftaran CPNS cukup banyak yang dibutuhkan, termasuk beberapa dokumen yang harus dipersiapkan.

Baca juga :  10 Pekerjaan Terbaik untuk Sarjana Keuangan

Beberapa dokumen persyaratan untuk pelamar CPNS untuk S1/ tenaga profesional persyaratan atau dokumen yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

1. Fotokopi KTP

2. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir

3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.

4. Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar – latar belakang merah.

Dokumen tambahan bagi lulusan D III dan SMA/sederajat antara lain:

1. Materai Rp 6.000

2. Fotokopi KTP

3. Fotokopi ijazah/STTB

4. Fotokopi ijazah SD

5. Fotokopi ijazah SLTP

6. Fotokopi ijazah SLTA.

Rahasia Agar Lolos CPNS 2019

Rahasia lolos cpns

1. Mengetahui Jumlah Formasi CPNS

Untuk penerimaan CPNS tahun 2019, rekrutmen akan dilakukan melalui dua jalur yaitu formasi umum dan formasi khusus.

Pegawai ASN untuk tahun ini dibutuhkan dengan pengisian formasi sesuai kuota yang telah ditentukan.

Pastikan Anda mengetahui jumlah formasi CPNS berdasarkan kuota yang telah ditetapkan, seperti untuk instansi pemerintah pusat (Kementerian/Lembaga) dan formasi untuk instansi pemerintah daerah (pemda).

Beberapa formasi CPNS ini meliputi tenaga pendidikan, tenaga kesehatan serta tenaga yang memiliki kualifikasi teknis di bidang infrastruktur dan lain sebagainya.

Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan dengan bidang akedemik yang Anda kuasai, atau ijazah perguruan tinggi yang sesuai.

2. Lolos Seleksi

Sebagai informasi penting, untuk lolos CPNS 2019, pelamar harus memenuhi semua persyaratan dan lolos 3 seleksi, diantaranya adalah :

  • Seleksi administrasi
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Pelamar yang ingin mengikuti seleksi CPNS lanjutan harus lolos seleksi administrasi dahulu. SKD ini adalah tahapan seleksi setelah pelamar dinyatakan lolos verifikasi administrasi.

Jadi, persiapkan diriAnda sebaik mungkin dengan menyertakan data dan persyaratan mendaftar CPNS selengkap mungkin

3. Memahami Sistem Test Seleksi CPNS

BKN (Badan Kepegawaian Negara) selaku ketua panitai seleksi juga memastikan tes CPNS 2019 diselenggarakan melalui Computer Assisted Test (CAT).

CAT ini digunakan untuk tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

CAT sendiri merupakan metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar untuk pelamar CPNS.

Bagi Anda yang berminat untuk mendaftar CPNS 2019, sebaiknya memahami tes CAT dan mempelajarinya mulai dari sekarang.

Waktu pengerjaan ujian CPNS dengan sistem CAT biasanya adalah 90 menit.

BKN menyediakan layanan simulai tes CAT di laman http://cat.bkn.go.id/simulasi

Anda bisa mendaftar dan melakukan latihan atau simulasi tes CAT CPNS sehingga bisa diketahui gambaran skor yang diperoleh.

4. Latihan Soal Ujian CAT CPNS 2019

Selain semua persyaratan diatas, latihan soal ujian CAT CPNS ini adalah yang paling penting. Sebab untuk lolos CPNS harus melalui tahapan test dengan nilai atau skor diatas ambang persyaratan kelulusan (passing grade).

Soal dan materi CAT CPNS ini dibuat oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan 3 jenis bidang pengujian yaitu Tes, yaitu :

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  • Tes Inteligensi Umum (TIU)
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Selain mempersiapkan diri sebaik mungkin, Anda juga bisa mempelajari beberapa latihan soal CPNS 2019 beserta kunci jawabannya.

Hal ini akan banyak menambah wawasan Anda tentang test CPNS, seberapa tingkat kesulitan, dan Anda bisa mempersiapkan jawaban dengan tepat.

Setidaknya Anda bisa mengetahui tentang materi soal yang kemungkinan akan diberikan dan akan mempermudah bagi Anda untuk lolos CPNS 2019.


Loading...
Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close