Tekno

Realme, Penantang Baru di Dunia Smartphone yang Patut Diwaspadai

Di kuartal ketiga tahun 2019 ini, beberapa perusahaan riset telah mengeluarkan laporannya terkait pertumbuhan merek smartphone di berbagai negara. IDC dan Canalys adalah dua perusahaan riset yang telah mengeluarkan laporannya.

Hasilnya, beberapa merek ada yang tumbuh dengan luar biasa dan mengejutkan. Salah satu merek yang pertumbuhannya cukup mengejutkan adalah Realme. Realme adalah pemain baru dalam dunia smartphone. Namun uniknya, dalam sekejap pabrikan ponsel asal China tersebut sudah berhasil melejit.

IDC: Realme Smartphone Terlaris Keempat di Indonesia

Menurut laporan IDC untuk kuartal ketiga tahun 2019 ini, Realme sukses menduduki peringkat keempat. Merek yang dulunya pernah bernaung di bawah Oppo itu sukses mempecundangi merek China lainnya, yaitu Xiaomi.

Berdasarkan laporan IDC, Realme mendapatkan pangsa pasarnya di Indonesia sebesar 12,6 persen atau unggul tipis dari Xiaomi yang mendapatkan pangsa pasarnya sebesar 12,5 persen. Sebagai merek baru, capaian Realme ini tentu sangat mengesankan.

5 besar penguasa smartphone Indonesia versi IDC:

Oppo 26,2 persen
Vivo 22,8 persen
Samsung 19,4 persen
Realme 12,6 persen
Xiaomi 12,5 persen

Hasil riset yang dilakukan IDC ini sendiri berbeda dengan hasil riset Canalys. Canalys dalam laporannya justru menempatkan Realme di posisi kelima sebagai merek smartphone yang menguasai pasar ponsel pintar di Indonesia.

5 besar penguasa smartphone Indonesia versi Canalys:

Oppo 23 persen
Xiaomi 22 persen
Samsung 21 persen
Vivo 17 persen
Realme 11 persen

Meski berbeda, Realme tetap menjadi salah satu merek smartphone terlaris yang ada di Indonesia. Palson Yi selaku Brand Manager Realme Indonesia mensyukuri pencapaian tersebut. Menurutnya, Realme memang mengalami pertumbuhan yang sangat cepat di pasar Indonesia.

Baca juga: Oppo dan Xiaomi Rajai Pasar Ponsel RI, Samsung Mulai Ditinggalkan?

Realme Juga Masuk Empat Besar di India

Pertumbuhan Realme yang begitu pesat tidak hanya terjadi di Indonesia saja, namun pertumbuhannya juga melesat di pasar India. IDC juga telah merilis laporan kuartal ketiga untuk pasar ponsel pintar di India.

Hasilnya, Realme berhasil menduduki posisi keempat dengan menguasai pangsa pasar sebesar 14,3 persen. Uniknya, di India Realme sukses mempecundangi Oppo yang tepat berada di bawah mereka di mana Oppo hanya menguasai pangsa pasar sebesar 11,8 persen saja.

Baca juga: Usia Satu Tahun, Ini Ponsel Realme yang Pernah Diluncurkan di Indonesia

5 besar penguasa smartphone India versi IDC:

Xiaomi 27,1 persen
Samsung 18,9 persen
Vivo 15,2 persen
Realme 14,3 persen
Oppo 11,8 persen

Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close