Review ProdukTekno

Redmi Berhasil Ciptakan In-Display Fingerprint Sensor Pada Layar LCD!

Redmi In-Display Fingerprint Sensor

Redmi In-Display Fingerprint Sensor – Sebelumnya, teknologi in-display fingerprint scanner hanya terdapat pada smartphone yang menggunakan layar berbasis OLED panel.

Tentunya, smartphone yang menggunakan tipe layar tersebut bukanlah smartphone yang dibandrol dengan harga murah terutama bagi yang memiliki fitur in-display fingerprint scanner.

Redmi In-Display Fingerprint Sensor
Sumber: Vivo

Fitur in-display fingerprint sangat erat hubunganya dengan smartphone kelas flagship dan seperti yang kita ketahui, smartphone flagship memang dijual dengan harga yang tinggi.

Untuk smartphone kelas mid-range dan entry-level/budget, kebanyakan dari mereka menggunakan physical fingerprint scanner yang biasa diposisikan dibagan belakang (rear-mounted).

Namun beberapa juga ada yang meng-implementasikan fingerprint scanner yang terletak dibagian samping (side-mounted).

Namun kali ini, General Manager Redmi – Lu Weibing telah mengkonfirmasi via situs mikroblogging cina @Weibo bahwa mereka berhasil meng-implementasikan teknologi in-display fingerprint pada layar LCD.

Redmi In-Display Fingerprint Sensor

Tidak seperti Xiaomi, smartphone milik Redmi sangat jarang yang menggunakan layar OLED apalagi yang dilengkapi fingerprint scanner selain Redmi K20 Pro dan K20 Pro Premium.

Redmi In-Display Fingerprint Sensor
Sumber: Redmi

Smartphone Redmi yang sudah dirilis sebelumnya hanya memilki rear/front-facing fingerprint scanner atau side-mounted fingerprint sensor karena kebanyakan dari mereka masih menggunakan IPS/LTPS LCD display.

Namun dengan berhasilnya usaha Redmi dalam meng-implementasikan teknologi in-display fingerprint scanner pada layar LCD, sepertinya hal tersebut akan berubah untuk kedepanya.

Kemungkinan besar, smartphone high-end milik Redmi yang akan datang akan dilengkapi dengan teknologi in-display LCD fingerprint scanner.

Lu Weibing sendiri mengatakan bahwa departemen R&D Redmi sudah menguji coba teknologi in-display fingerprint scanner pada layar LCD dan teknologi tersebut siap untuk diproduksi secara masal.

Cara Kerja

Redmi berhasil mencapai pencapainya dengan menggunakan infrared high-transmittance film yang meningkatkan transmitasi sinar infrea merah yang sebelumnya tidak dapat dicapai oleh layar LCD biasa.

Teknologi terbaru tersebut memiliki infrared transmitter yang berada dibagian bawah layar dimana sinar infra merah akan dipancarkan.

Sinar tersebut akan menembus bagian layar dan mampu memindai sidik jari layaknya teknologi UD (under-the display) yang terdapat pada layar OLED.

Video di atas ini memamerkan teknologi in-screen LCD fingerprint reader yang berhasil dicapai oleh Redmi.

Kelemahan Fingerprint Scanner

Teknologi fingeprint sendiri memang menjadi pilihan favorit para pengguna smartphone dikarenakan prosesnya yang cepat dan mudah. Namun, teknologi fingerprint scanner masih jauh dari sempurna.

Teknologi tersebut memang cocok digunakan sebagai pengunci utama layar/lock-screen, namun tidak cocok jika digunakan untuk pengunci aplikasi/app-lock.

Mengapa? karena siapa saja yang mempunyai akses sidik jari kamu akan dapat membuka lock-screen/app-lock dengan mudah.

Hal tersebut tentunya sangat berbahaya, sebagai contoh saat pemilik dalam keadaan yang tidak disadarkan diri seperti tidur.

Siapa saja dapat menempelkan jari pemilik (terutama bagi tipe orang yang tidurnya sulit untuk dibangunkan/heavy sleeper) pada smartphone mereka dan voila, maka kunci-pun akan terbuka.

Oleh karena itu, meskipun terdengar menarik, kami selaku team Klikmania tetap menganjurkan kamu untuk menggunakan alternatif lain seperti password atau pin yang jauh lebih aman untuk app-lock atau lock-screen sekaligus.

Untuk saat ini, belum ada info dari Redmi mengenai smartphone apa yang akan mengadopsi teknologi terbaru tersebut.

Di sisi lain, Redmi Note 9 Series akan dirilis pada tanggal 12 Maret mendatang dan akan hadir dalam tiga model –¬† Redmi Note 9, Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max.

Ketiga smartphone tersebut tidak ada yang menggunakan teknologi in-display LCD fingeprint scanner.

Sumber: Xiaomi India

Selain Redmi Note 9 Series, Xiaomi juga akan merilis Mi 10 Series flagship secara Global pada tanggal 27 Maret mendatang.

Jika kamu ingin mengetahui smartphone apa saja yang akan dirilis dalam waktu dekat, silahkan kunjungi artikel dibawah ini.

Jadwal Rilis Smartphone Tahun 2020, Berikut Daftarnya!

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, selalu pantengi Klikmania untuk artikel teknologi terkini.

Sumber

 


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: Sweetestnier@gmail.com

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close