Review ProdukTekno

Redmi Pamerkan Smartphone 64MP yang Akan Segera Dirilis

64MP Smartphone Redmi

64MP Smartphone – Beberapa bulan lalu, dua perusahaan raksasa yaitu Samsung dan Qualcomm mulai memamerkan sensor kamera beresolusi tinggi (100&64MP) yang siap digunakan untuk smartphone kedepannya.

Kabarnya smartphone berkamera 64MP akan dirilis pada pertengahan tahun ini kira-kira bulan Agustus. Sedangkan untuk smartphone 100MP akan dirilis tahun depan.

Samsung sendiri telah mengumumkan sensor tersebut pada bulan Mei yang lalu, sensor 64 MP itu diberi nama ISOCELL Bright GW1. Pada waktu yang sama mereka juga memamerkan sensor 48 MP Bright GM2 terbaru mereka.

Bright GW1 adalah sensor 64 MP pertama, dengan sensor tersebut anak perusahaan dari Xiaomi (Redmi) akan memulai era smartphone 64MP.

Seperti apa detilnya? Ayo kita bahas lebih lanjut.

64MP ISOCELL Bright GW1

Source: Samsung

Sensor 48MP sudah mulai dipakai oleh beberapa smartphone. Namun berbeda dengan sensor 48MP, Kali ini Samsung menggunakan Tetracell Binding Technology untuk sensor 64MP milik nya.

Sensor tersebut menggabungkan 4 pixel menjadi satu dengan fitur Pixel Binning. ISOCELL Bright GW1 mampu menciptakan gambar beresolusi 16MP di kondisi low-light (minim cahaya) yang akan tetap terlihat terang dan jelas serta dilengkapi algoritma remosaic untuk menciptakan gambar full 64MP di tempat/kondisi yang terang.

Tetapi sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya, akan lebih baik untuk mengambil gambar menggunakan fitur Pixel Binning dikarenakan dapat menghasilkan foto yang lebih detil.

Dibawah ini adalah poster promo resmi dari Xiaomi.

64MP
Source: Xiaomi

Berita lain juga mengabarkan bahwa ukuran pixel sensor tersebut sama dengan sensor 48MP yaitu 0.8μm. Hal itu menjadikan Bright GW1

33% lebih besar e.g 1/1.7″ atau 1.8″ inchi yang bisa di bilang cukup besar untuk sebuah smartphone.

Namun hal tersebut sudah wajar, smartphone seperti Huawei Mate Series juga menggunakan sensor yang sama besarnya.

Samsung ISOCELL Bright GW1 juga dilengkapi dengan dual conversion gain (DCG) dan High-performance Super PD Phase Detection Auto Focus yang dapat memberikan kualitas gambar dengan lebih tajam. Sensor itu juga dapat merekam video beresolusi Full HD @480FPS, tak kalah lengkap sensor Quad-Bayer tersebut juga memungkinkan user untuk menggunakan fitur Real-time HDR.

Sedangkan 48MP Bright GM2 hanya sekedar versi update dari GM1 yang dapat menangkap cahaya dengan lebih efisien di lingkungan/kondisi terang.
Performa Autofocus juga ditingkatkan dengan adanya fitur yang Samsung namakan Super PD (Phase Detection).

Kepala perusahaan Redmi, Lou Weibing sendiri juga sudah menge-test smartphone tersebut dengan menunjukan mode 64MP di smartphone milik nya.

64MP
Source: Xiaomi

Redmi sendiri tidak memberikan informasi smartphone seri apa yang akan menggunakan sensor 64MP tersebut. Namun para enthusiast sudah memiliki spekulasi bahwa kemungkinan besar smartphone tersebut adalah Redmi K30 atau Redmi Note 8 yang akan datang.

Penutup

Kedua sensor tersebut dikabarkan akan mulai di produksi masal pada pertengahan tahun ini. Jadi stay tuned untuk informasi selanjutnya.


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: [email protected]

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close