Review ProdukTekno

Rekomendasi Proyektor Portable Berukuran Mini yang Multifungsi

Rekomendasi Proyektor Portable – Proyektor banyak digunakan untuk menampilkan file presentasi atau film. Ada yang digunakan secara pribadi di rumah ada juga yang digunakan di kantor, sekolah, atau kampus.

Umumnya proyektor ukurannya sangat besar. Namun, sekarang banyak juga proyektor mini atau portable sehingga bisa dibawa kemana saja.

Proyektor kecil ini juga bisa menghasilkan layar yang besar sehingga semua yang ditampilkan terlihat jelas.

Jika Anda sedang mencari proyektor yang mudah dibawa kemana saja dan canggih bisa melihat rekomendasi proyektor portable yang akan dibahas di sini.

Tips Memilih Proyektor Portable

Sekarang ini ada banyak sekali jenis proyektor portable yang memiliki banyak fitur. Ada yang bisa dihubungkan ke smartphone atau laptop, memiliki LED, menggunakan koneksi wifi, dan lain sebagainya.

Proyektor portable kegunaannya sama saja dengan proyektor biasa hanya bentuknya lebih ringkas.

Sebelum sampai ke rekomendasi proyektor portable, ada baiknya Anda tahu dulu bagaimana tips dalam memilih proyektor portable yang benar.

1. Memilih Ukuran dan Berat

Proyektor portable yang baik adalah memiliki bobot yang ringan dan ukuran kecil. Jadi akan mudah dibawa kemana-mana.

Loading...

Namun jangan terlalu kecil juga karena akan menghasilkan resolusi gambar dan kecerahan yang kurang baik.

Idealnya bobot proyektor portable adalah sekitar 500 gram.

2. Memilih Rasio Kontras dan Resolusi Besar

Gambar akan semakin detail apabila resolusinya besar. Jika digunakan untuk menonton film mungkin perlu resolusi yang lumayan tinggi agar gambarnya lebih baik. Minimal 854 x 480 piksel.

Selain dinyatakan dalam nilai pixel, resolusi proyektor juga dinyatakan dalam satuan XGA atau SVGA.

Kemudian untuk rasio kontras juga perlu yang rasionya besar. Oleh karena akan berpengaruh terhadap kualitas gambar dan ketajaman warnanya.

Jadi rasio kontras adalah rasio antara warna yang paling terang dan gelap akan sesuatu yang ditampilkan di layar.

Rasio kontras yang baik minimal 1000: 1.

3. Kecerahan

Tingkat kecerahan dari rekomendasi proyektor portable yang baik minimal 500 lumen (satuan tingkat kecerahan). Tingkat kecerahan ini dibutuhkan pada ruang pertemuan yang hanya berkapasitas tidak lebih dari 5 orang.

Semakin banyak kapasitas orang yang ada dalam ruangan maka pencerahannya harus semakin besar. Misalnya kecerahan 3000 lumen (lm) cocok untuk yang kapasitasnya 10 orang.

4. Jenis Baterai

Beberapa dari rekomendasi proyektor portable yang ada di sini memiliki baterai yang tertanam di dalamnya. Dengan demikian jika di bawa bepergian akan mudah dibawa.

Anda harus meneliti dulu kapasitas baterai yang digunakannya dan cara pengisian ulangnya. Supaya bisa tahu berapa lama baterainya bisa bertahan dan terisi penuh.

Pada beberapa proyektor portable baterainya dapat digunakan sebagai power bank untuk smartphone.

5. Koneksi Input dan Output

Perhatikan dengan baik terminal untuk mengkoneksikan proyektor ke komputer. Sebagian besar proyektor menggunakan terminal input port HDMI. Selain dengan kabel juga ada yang bisa dihubungkan menggunakan wifi.

6. Jarak Proyeksi dan Ukuran Layar

Jarak proyeksi merupakan sebuah perhitungan untuk mengetahui jarak yang dibutuhkan supaya di layar mendapatkan ukuran tertentu.

Akan lebih baik jika Anda tahu berapa jarak antara ukuran ruangan dan proyeksi yang dibutuhkan.

Rekomendasi Proyektor Portable yang Bagus 2018

Setelah mengetahui tips tersebut sekarang langsung saja lihat beberapa rekomendasi proyektor portable terbaik 2018 di bawah ini.

1. Excelvan Mini Portable LED Projector GM60

Excelvan Mini Portable LED Projector GM60
Via dhresource.com

Rekomendasi proyektor portable pertama ini memiliki resolusi yang lumayan baik, yaitu 800 x 480 piksel. Sementara untuk rasio kontrasnya adalah 1000: 1

Memiliki metode input yang bisa digunakan untuk memasukkan SD card, USB, HDMI, VGA, dan AV. Lalu untuk tingkat kecerahannya adalah sebesar 1000 lumen.

Kemudian memiliki lampu LED yang bisa terus menyala selama 20.000 jam. Kelebihan lain yang dimiliki proyektor ini adalah dapat memberikan efek 3D.

Harganya adalah sekitar 940 ribu rupiah.

2. Vakind Mini Portable Projector YG310

Vakind Mini Portable Projector YG310
Via jakartanotebook.com

Desain proyektor portable ini compact dan lumayan sederhana. Untuk mengoperasikannya bisa menggunakan remote control.

Mempunyai rasio kontras yang cukup baik, yaitu 800: 1. Sementara untuk tingkat kecerahannya adalah 400 sampai 600 lumen yang lumayan untuk menghasilkan kualitas film yang baik.

Kemudian mendukung video berformat AVI, RMVB, MP4, MKV, dan RM. Produk ini memiliki proyeksi 24 sampai 60 inci dan jarak efektifnya adalah 2 meter.

Metode input yang dimiliki oleh proyektor portable ini bisa digunakan untuk HDMI, SD card, USB, dan AV.

Harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar 590 ribu rupiah.

3. OEM Mini Portable Projector Rd-802

OEM Mini Portable Projector Rd-802
Via indonesian-store.resmart.info

Perangkat ini dapat mendukung resolusi gambar sampai dengan 1080 pixel. Mempunyai ukuran yang ringan dan kecil sehingga mudah dibawa. Lalu memiliki rasio kontras sebesar 1000:1

Selain bisa digunakan untuk menonton film, juga bisa untuk menampilkan game agar lebih seru bermainnya.

Proyektor ini bisa Anda hubungkan ke berbagai perangkat digital seperti laptop, DVD player, bahkan TV set top box.

Bisa juga digunakan untuk mengirimkan file dengan SD card atau USB. Harga untuk membawa pulang proyektor ini adalah sekitar 985 ribu rupiah.

4. Uhappy Mini Portable Projector

Uhappy Mini Portable Projector
Via youtube.com

Rekomendasi proyektor portable ini memiliki harga yang lebih mahal dibanding projector lain yang telah dibahas di atas. Harganya adalah sekitar 2,3 juta rupiah.

Harga tersebut memang sebanding dengan kualitas dan fitur-fitur yang dimilikinya. Resolusi video yang bisa ditampilkan adalah 640 x 480 piksel. Kemudian memiliki kontras sebesar 800:1, dan tingkat kecerahan 800 lumen.

Proyektor ini bisa digunakan untuk presentasi, main game, dan menonton film. Layar yang bisa dihasilkannya minimal 30 inci dan maksimal 100 inci.

Jadi bisa digunakan pada ruangan yang kapasitas orangnya lumayan banyak.

5. Simplebeam Android Smart Projector GP70UP

Simplebeam Android Smart Projector GP70UP
Via amazon.co.uk

Ukuran gambar yang bisa ditampilkan memang lumayan kecil, yaitu sekitar 300 sampai 120 inci. Namun, proyektor ini punya kelebihan yang lumayan canggih. Yaitu kualitas gambar yang dihasilkan pada kondisi yang minum cahaya tetap jernih.

Memiliki tingkat kecerahan 1500 lumen. Kemudian memiliki lampu LED yang bisa bertahan sampai dengan 30.000 jam.

Anda bisa menjalankan aplikasi pemutar video dan memainkan game yang ada pada android kemudian ditampilkan di layar. Oleh karena memiliki fitur built-in android 4.4.

Untuk bisa merasakan fitur ini maka Anda dapat menyambungkan proyektor ini ke smartphone milik Anda. Bisa juga dihubungkan ke DVD player, PC, dan TV.

Harga untuk produk ini adalah sekitar 1,5 juta rupiah.

6. SK Telecom Smart Beam Mini Portable Projector

SK Telecom Smart Beam Mini Portable Projector
Via qoo100.sg

Desain dari proyektor portable kecil ini sangat unik, yaitu seperti kubik dengan ukuran 4,5 cm saja. Oleh karena kecil maka bobotnya juga ringan, yaitu hanya 130 gram.

Besar layar yang dapat dihasilkan adalah 20 sampai 100 inci kemudian untuk resolusi gambarnya cukup tinggi yaitu 1280 x 720 piksel.

Kelebihan utama dari proyektor ini adalah dapat digunakan di outdoor, contohnya digunakan untuk hiburan disaat camping.

Memiliki kemampuan untuk mendeteksi adanya sinyal video sehingga pemilihan modenya bisa langsung dilakukan secara otomatis.

Proyektor ini bisa digunakan untuk menampilkan file film, game, dan video call. Lalu dapat dihubungkan pada PC, ipad tablet iphone dan perangkat samsung.

Harga untuk produk ini adalah sekitar 2,9 juta rupiah.

Demikianlah informasi mengenai rekomendasi proyektor portable yang ukurannya kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Meskipun kecil tapi kemampuannya luar biasa karena mampu menampilkan berbagai jenis video dengan jelas dan jernih.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *