Ulasan Bisnis

8 Rekomendasi Tempat Beli Reksa Dana Online Paling Terpercaya

Tempat Beli Reksa Dana Online – Saat ini investasi reksa dana menjadi kian gampang. Bukan lagi sebuah alasan hanya karena takut sulit dan mahal bagi seseorang menunda-nunda untuk investasi reksa dana.

Sekarang semuanya serba mudah, karena segala aktivitas di reksadana dapat dijalankan secara online. Tapi, kenyataannya masih banyak yang bingung bagaimana mulai berinvestasi di reksadana.

Bersyukurlah anda yang hidup zaman sekarang, karena semua akses bisa anda nikmati secara online termasuk dalam hal berinvestasi, terutama reksadana.

Saat ini anda bisa transaksi reksadana secara online dengan mudah karena banyak manajer investasi yang mulai menghadirkan layanan investasi reksadana secara online bahkan anda dapat mengakses dan mengontrol semua aktivitas investasi anda hanya melalui smartphone anda.

Sebetulnya transaksi jual beli reksadana online ini bukan barang baru, tetapi sekarang menjadi berkembang cepat sejalan dengan pengguna internet, e-commerce dan fintech yang juga tumbuh pesat meskipun masih dibayang-bayangi faktor keamanan.

Memilih investasi Reksa Dana yang menguntungkan dan aman terkadang membuat kita enggan untuk memulainya karena mungkin keterbatasan informasi selama ini.

Padahal reksa dana sebenarnya menurut saya pribadi merupakan jenis investasi yang paling cocok untuk masyarakat Indonesia yang sebagian besar berpenghasilan menengah ke bawah.

Investasi Reksa Dana, Kenapa Perlu Dipertimbangkan ?

Mungkin anda bertanya, mengapa anda harus mulai berinvestasi di reksadana saat ini juga, bukan investasi yang lainnya seperti properti dan trading ?

Oke, sebagai gambaran saja bahwa Beberapa tahun yang lalu, investasi properti seperti tanah dan bangunan menjadi salah satu bentuk investasi yang populer. Ketika itu, harganya masih cenderung relatif murah dan belum setinggi seperti sekarang ini.

Bagaimana dengan kini?

Harga-harga aset properti telah membumbung tinggi di luar jangkauan pendapatan masyarakat. Pemodal ritel bahkan kesusahan membeli aset investasi yang diharapkan.

Hal inilah yang mendasari munculnya bentuk investasi dengan modal kecil, hanya setor dana sebesar 10,000 rupiah saja, Anda dapat menjadi membeli reksadana online dan menjadi investor.

Bahkan saat ini ada beberapa layanan investasi reksadana yang memberikan modal awal gratis apabila melakukan registrasi melalui aplikasi investasi reksadana kepada calon investor dengan nilai berkisar 50.000-100.000 ribu. Menggiurkan bukan?

5 hal Kelebihan Reksadana Online

Kecuali alasan diatas, setidaknya 5 poin berikut ini bisa menjadi alasan kenapa anda perlu mempertimbangkan untuk beli reksadana online :

Serba Online

Teknologi saat ini khususnya internet memang kian mempermudah kita untuk mengakses semua hal. Tanpa perlu antre di bank dan mengisi berkas-berkas, sekarang membeli reksadana secara online dapat dikerjakan lewat ponsel.

Untuk verifikasi, data yang dibutuhkan hanyalah nomor KTP, nama, dan nomor rekening. Sebagian platform jual beli reksadana online biasanya juga meminta Anda untuk mengupload foto diri dan KTP sebagai persyaratan tambahan, hal ini tentu lebih praktis jika dibanding kita harus cetak foto dan mengirimkannya lewat pos.

Lebih Gampang Ketimbang Trading Sendiri

Mungkin anda pernah mendengar, trading saham itu menjanjikan profit yang besar. Benarkah demikian?

Benar jika dikelola dengan baik. Karena pada dasarnya, berbagai macam investasi yang dikelola dengan benar memang dapat membawa profit. Tetapi, pada kenyataannya diperlukan waktu untuk belajar serta ilmu yang mumpuni untuk terhindar dari risikonya.

Solusinya, Anda dapat memilih reksadana yang memanfaatkan Manajer Investasi (MI) untuk mengelola dana Anda. Sebagai awal mula, Anda dapat mencoba investasi di salah satu produk reksadana saham dan memilih MI yang kinerjanya bagus.

Portofolio yang Reputable

Bagaimana memilih MI dengan kinerja yang bagus? Anda jangan kebingungan terlebih dahulu. Platform jual beli reksadana online yang baik tentu menyediakan profil yang komplit dan jelas dari MI mereka.

Mulai dari kejelasan entitas, tahun berdiri, sampai kinerjanya dalam kurun waktu tertentu. Perlu diingat bahwa kinerja di masa lalu tak menjamin kinerjanya di masa depan.

Info Gampang Diperoleh

Bila anda telah melakukan registrasi (pendaftaran), Anda akan menerima beragam info mengenai reksadana secara realtime melalui email anda.

Di samping perkembangan investasi, sebagian platform jual beli reksadana online juga sering kali menawarkan promosi serta update informasi perekonomian yang perludiketahui oleh pemodal (investor).

Likuiditas Tinggi

Berbeda dengan investasi properti yang susah dicairkan (mencari pembeli dengan harga yang sesuai, administrasi dengan instansi yang terkadang berbelit-belit, dan sebagainya), investasi pada reksadana lebih gampang ditarik kalau terjadi keperluan mendesak.

Sebagian platform jual beli reksadana menuliskan transaksi jual beli memakan waktu 2 hari kerja, sebab perlu melaksanakan perhitungan NAB (Nilai Aktiva Bersih) terlebih dulu. Tetapi, ada juga penyedia layanan jual beli reksadana online yang memproses pencairan dalam hitungan jam.

 

Rekomendasi Tempat Beli Investasi Reksadana Online Terpercaya

Anda berminat untuk beli reksadana online, namun masih belum tahu dimana tempat yang pas? Salah satu hal penting yang perlu diamati ketika beli reksadana online yaitu mengetahui apakah layanan itu sudah diawasi oleh OJK.

Sampai sekarang, ada 92 manajer investasi (MI) dan platform penyedia layanan jual beli reksadana online yang teregistrasi di OJK.

Sebetulnya hampir seluruh perusahaan manajer investasi juga mempunyai online platform untuk memasarkan reksa dana.

Tetapi pembahasan ini cuma berfokus platform yang memasarkan produk-produk dari banyak manajer investasi, bukan saja produk milik sendiri.

1. IPOTFUND

Salah satu perusahaan yang lama berkecimpung dalam reksa dana secara online ialah Indo Premier. Sekarang Indo Premier mengusung platform IPOTFUND dan sudah menjadi salah satu supermarket reksa dana terlengkap di Indonesia.

Sampai sekarang ini saja terdapat kurang lebih 34 manajer investasi yang menjajakan hampir 200 produk reksa dana di platform ini.

Berikut rincian produknya:

  • Reksa dana pasar uang: 27 produk
  • Reksa dana pendapatan tetap: 38 produk
  • Reksa dana campuran: 43 produk
  • Reksa dana saham: 87 produk

Untuk mulai berinvestasi di IPOTFUND ini, anda bisa mengunjungi situs Indopremier.com untuk registrasi

2. POEMS ProFunds

POEMS ProFunds ini merupakan sebuah platform penjualan reksa dana besutan Phillip Sekuritas Indonesia, salah satu perusahaan sekuritas papan atas Indonesia.

Bila umumnya perusahaan sekuritas maupun aset manajemen cuma memasarkan produknya sendiri, Phillip memilih untuk menjadi supermarket bagi ratusan produk reksa dana di Indonesia.

Sampai sekarang ada sekitar 116 produk reksa dana dari 29 manajer investasi yang dapat dibeli dari POEM ProFunds ini. Beberapa produknya antara lain :

  • Reksa dana pasar uang: 16 produk
  • Reksa dana pendapatan tetap: 25 produk
  • Reksa dana campuran: 30 produk
  • Reksa dana saham: 43 produk
  • Reksa dana indeks: 2 produk

Investasi Reksa Dana Online Non Bank dan Lembaga Keuangan

3. Bareksa

Bareksa (PT Bareksa Portal Investasi) didirikan pada permulaan tahun 2013 dan menjadi perusahaan berbasis teknologi pertama yang sukses mendapatkan lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk berjualan reksa dana secara langsung ke nasabah.

Dulu lisensi ini cuma diperoleh oleh perbankan dan institusi keuangan saja.

Semenjak mempunyai lisensi, Bareksa berkembang dengan cepat. Sampai saat ini tercatat ada 154 produk reksa dana yang dipasarkan lewat platform ini, yang berasal dari 30 manajer investasi di Indonesia.

Masuknya manajer investasi kakap Indonesia, Schroder, menjadi nilai plus tersendiri untuk Bareksa mengingat produk-produk Schroder biasanya cuma dapat ditemui lewat agen offline (kecuali Commbank).

Berikut beberapa produknya:

  • Reksa dana pasar uang: 27 produk
  • Reksa dana pendapatan tetap: 32 produk
  • Reksa dana campuran: 55 produk
  • Reksa dana saham: 37 produk
  • Reksa dana indeks: 3 produk

Tapi sekarang Bareksa tidak lagi bermain sendirian. Mulai bermunculan perusahaan teknologi yang menerima ijin untuk ikut serta berjualan reksa dana secara online.

4. TanamDuit

Akhir-akhir ini Bareksa mulai kedatangan saingan baru, yang juga mengusung konsep supermarket reksa dana online. Salah satunya yaitu Tanamduit, platform milik PT Star Mercato Capitale.

Meski belum banyak produk reksa dana yang dapat dibeli lewat Tanamduit karena masih relatif baru, dimana soft launching baru pada 28 Februari 2018 lalu.

Menurut informasi, sekarang ini baru terdapat 12 produk reksa dana yang dapat dibeli secara online, yang mencakup:

  • Reksa dana pasar uang: 5 produk
  • Reksa dana pendapatan tetap: 3 produk
  • Reksa dana campuran: 1 produk
  • Reksa dana saham: 3 produk

Produk-produk reksa dana ini berasal dari 5 manajer investasi, yakni: Bahana, Batavia, Manulife, Mandiri dan Trimegah.

5. XDana

Platform XDana berada di bawah naungan PT XDana Investa Indonesia. Berdasarkan informasi yang dikutip dari DailySocial, kecuali penjualan reksa dana,

XDana juga menjalankan pendekatan dari sisi perencanaan keuangan atau wealth management sehingga terus menerus dapat memberikan edukasi mengenai keuangan terhadap masyarakat Indonesia.

Sebagai platform yang tergolong baru, XDana baru menjual 30 produk reksa dana secara online, yang mencakup:

  • Reksa dana pasar uang: 5 produk
  • Reksa dana pendapatan tetap: 7 produk
  • Reksa dana campuran: 5 produk
  • Reksa dana saham: 12 produk
  • Reksa dana indeks: 1 produk

Seluruh produk reksa dana online ini adalah produk dari 7 manajer investasi : Ciptadana, CIMP Principal, Mandiri, Bahana, AXA, Danareksa dan Maybank.

6. Invisee

Didirikan oleh PT Nusantara Sejahtera Investama, platform jual beli reksadana online Invisee mengantongi izin APERD dari OJK pada tanggal 25 November 2016.

Salah satu fitur favorit mereka yaitu Goal Planner, yang secara otomatis akan menggolongkan karakteristik pemodal berdasarkan sasaran (targetnya).

Minimal pembelian reksadana di Invisee sebesar 10,000 rupiah, dengan waktu berkisar 2-7 hari bursa.

Investasi Reksa Dana Online melalui Marketplace

7. Tokopedia

Tokopedia juga menghadirkan layanan jual beli reksadana online. Perbedaannya yaitu pada produk yang dipakai. Tokopedia ReksaDana eksklusif menawarkan Reksadana pasar uang dari Syailendra Dana Kas, dengan modal permulaan dari 10,000 rupiah.

Sebagai tambahan info, Syailendra Dana Kas sukses meraih predikat sebagai Reksadana pasar uang terbaik klasifiksi di bawah 1 tahun versi APRDI pada tahun 2017.

8. Bukalapak

Bukalapak merupakan pelopor bagi investasi lewat portal belanja online atau marketplace. Bekerjasama dengan Bareksa, Bukalapak meluncurkan fitur BukaReksa semenjak 2017 lalu.

BukaReksa ini mengincar para pedagang dan pembeli online untuk berivestasi dengan user experience yang sama seperti sedang berbelanja online.

Kecuali itu keunggulan yang ditawarkan ialah rendahnya nominal pembelian, dimana reksa dana dapat dibeli dengan Rp 10.000 saja. Nominal yang amat murah dan sangat jarang dijumpai di platform lain.

Ketika awal peluncuran, cuma ada 1 produk reksa dana online yang ditawarkan, yaitu CIMB-Principal BukaReksa Pasar Uang. Tetapi per hari ini telah ada 10 produk reksa dana online yang ditawarkan oleh BukaReksa, dari mulai reksa dana pasar uang hingga reksa dana saham.

Kecuali CIMB-Principal, produk-produk reksa dana online di BukaReksa juga berasal dari manajer investasi lain seperti Ciptadana, BNP Paribas, Kresna, Mandiri, Ashmore dan Syailendra.

Anda juga bisa memanfaatkan layanan perbankan yang telah menyediakan layanan reksadana seperti halnya Bank Mandiri dan Commonwealht Bank.

Demikian informasi mengenai beberapa tempat untuk investasi reksa dana online yang bisa anda pertimbangkan untuk mulai berinvestasi.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close