in ,

Rekomendasi Wireless Charger untuk Isi Baterai Smartphone Lebih Praktis

Wireless Charger Samsung

Jika selama ini power bank dijadikan primadona untuk mengisi baterai smartphone dalam perjalanan, ada inovasi terbaru lainnya. Inovasi yang lebih keren ini bernama wireless charger.

Charger tanpa kabel ini juga akan membantu Anda yang bosan dengan cara charge smartphone yang itu-itu saja.

Bisa juga dipilih oleh Anda yang malas beranjak ke tempat stop kontak berada, atau harus berdiri di dekat tembok karena harus mengisi baterai sambil menggunakan smartphone.

Yuk ketahui informasi mengenai wireless charger di sini, ada juga rekomendasinya untuk Anda.

Cara Kerja dari Wireless Charger

Oleh karena tanpa kabel maka charger ini punya cara kerja yang berbeda dibandingkan charger pada umumnya. Seperti apa memang? Ingin tahu? Berikut ini penjelasannya.

Untuk menggunakan charger ini maka Anda hanya perlu menyimpan smarphone di dekat charger. Dalam sekejap charger akan langsung mengisi daya baterai.

Hal ini bisa terjadi karena adanya sistem induksi elektromagnetik yang disebut juga dengan sistem Qi.

Jadi ketika Anda meletakkan smartphone di dekatnya maka medan magnet dari charger ini akan langsung mengirimkan arus dayanya. Oleh sebab itu bisa langsung mengisi baterai smartphone Anda.

Setiap wireless charger pasti punya sistem Qi yang memiliki standar internasional, jadi aman.

Namun, sebelum membeli charger tanpa kabel ini, pastikan dulu apa smartphone Anda bisa merespon jika menggunakan charger ini.

Contoh smartphone yang tidak bisa menggunakannya secara langsung adalah iPhone. Jika tetap ingin membelinya maka perlu adanya receiver yang dipasang.

Memilih Charger Tanpa Kabel yang Benar

Selain memperhatikan smartphone yang digunakan sebelum membeli charger ini, Anda juga harus memilih charger yang benar. Oleh karena setiap wireless charger punya spesifikasinya masing-masing.

Berikut ini cara-cara memilih charger tanpa kabel yang benar.

1. Jumlah Kumparan

Jumlah kumparan atau coil yang ada di charger tanpa kabel adalah poin utama dalam hal pengisian daya. Jumlah kumparan bisa satu maupun lebih.

Semakin banyak jumlah kumparannya maka jangkauan bisa semakin luas.

Anda bisa menyimpan smartphone dalam posisi bagaimana saja. Namun jika hanya ada satu kumparan, posisi menyimpan smartphonr sudah ditentukan.

Tentu saja charger tanpa kabel dengan kumparan yang lebih dari satu harganya lebih mahal. Selain itu bentuknya juga lebih besar.

2. Sistem Anti Panas

Setiap charger dengan kabel akan menjadi panas ketika adanya pengisian daya yang lama. Tidak terkecuali untuk charger tanpa kabel ini.

Selain itu baterai pada smarphone yang biasanya berjenis lithium-ion juga tidak kuat akan panas. Oleh sebab itu bisa mengundang bahaya.

Anda harus memilih charger tanpa kabel yang punya sistem pengendali panas. Contohnya yang bisa menghentikan pengisian daya ketika suhu dari baterai atau charger sudah mulai panas.

Dengan begitu, bisa menghindari resiko ponsel meledak karena panas ketika mengisi daya baterai.

Pilihan Wireless Charger yang Terbaik

Tertarik untuk memiliki charger tanpa kabel ini?

Berikut ini kami akan berikan beberapa rekomendasi untuk Anda. Untuk kisaran harganya ada yang di bawah 500 ribu dan di atas 2 juta rupiah.

1. Fantasy Wireless Qi Charger

Fantasy Wireless Qi Charger
Via slapgadgets.com

Charger tanpa kabel ini bentuknya bundar dengan diameter 10 cm. Memiliki warna putih pada bagian tengah dan warna transparan di bagian luarnya.

Charger ini desainnya terlihat sangat keren karena mempunyai lampu indikator. Ketika melakukan pengisian daya maka akan menyala dan jadi warna biru, sehingga terlihat lebih bagus.

Charger ini hanya punya satu coil dan bisa digunakan oleh smarphone dengan sistem operasi iOS dan android.

Harganya cukup murah, yaitu sekitar 107 ribu rupiah saja.

2. Anker PowerTouch 10

Anker PowerTouch 10
Via aliexpress.com

Bentuknya memang biasa tapi fiturnya luar biasa. Pertama, wireless charger ini mampu mengisi daya baterai dua kali lipat lebih.  Selain itu bisa memproteksi arus dan dan memiliki sistem untuk mengontrol suhu.

Dengan fitur tersebut maka Anda bisa merasa aman ketika mencharge tanpa perlu takut terjadi masalah. Untuk mengisi daya maka smartphone Anda harus diletakkan di bagian tengah bodi charger ini.

Charger yang punya 10 model pilihan ini memiliki bantalan yang berfungsi sebagai antiselip. Jadi resiko smartphone jatuh akan bisa dihindari.

Harga untuk charger tanpa kabel ini sekitar 630 ribu rupiah.

3. Nillkin Wireless Charger Magic Disk III

Nillkin Wireless Charger Magic Disk III
via Lelong.com.my

Charger ini memiliki desain bulat dengan pilihan warna cokelat, hitam, dan putih. Pada bagian tengahnya menggunakan bahan kulit.

Ukurannya kecil jadi bisa dibawa kemana saja, untuk ketebalannya hanya 14 mm sedangkan diameternya 105 mm. Semua jenis smarphone bisa menggunakan charger ini.

Pengisian baterai dengan charger ini lebih cepat 40 persen karena adanya sistem 9V high-speed. Satu lagi fitur unggulan, yaitu punya sistem dual core chip.

Fungsinya untuk membuat charger berhenti bekerja secara otomatis apabila baterai sudah penuh.

Harga untuk mendapatkannya adalah sekitar 350 ribu rupiah.

4. Ikea Jyssen – Qi Wireless Charger

Ikea Jyssen – Qi Wireless Charger
Via ikea.com

Charger ini modelnya terlihat simple, praktis, dan kecil. Untuk diameternya hanya sekitar 9 cm sedangkan tingginya 10 cm.

Charger ini bisa ditanam ke meja atau tempat lain yang punya pinggiran kecil. Jadi bagian bawahnya bisa disembunyikan.

Harganya cukup mahal, yaitu sekitar 720 ribu rupiah.

5. Nillkin Phantom Lamp Wireless Charger

Nillkin Phantom Lamp Wireless Charger
Via mytrendyphone.co.uk

Desain charger ini unik, mirip dengan cerutu rokok. Sama seperti namanya, selain menjadi charger produk ini juga bisa menjadi lampu meja.

Karena memiliki lampu LED yang hemat energi, lampunya bisa nyala dengan tegangan rendah. Jadi cahaya yang dihasilkan sangat lembut, mata Anda jadi bisa terlindungi.

Harga produk ini adalah sekitar 600 ribu rupiah.

6. Ikea Nordmarke Charger Wireless 3 Port

Ikea Nordmarke Charger Wireless 3 Port
Via my-best.id

Produk ini adalah yang paling mahal dibandingkan wireless charger yang dibahas di sini. Kisaran harganya adalah 2,3 juta rupiah.

Kenapa mahal? Karena memiliki tiga buah port, jadi tiga buah smartphone bisa di isi baterainya secara langsung.

Bisa untuk 4 smartphone sekaligus,  namun perlu menambahkan port USB pada bagian sampingnya. Semua ukuran dan jenis smartphone kompatibel dengannya kecuali iPhone.

7. 360 Rotatting Car Holder Wireless Charger

360 Rotatting Car Holder Wireless Charger
Via my-best.id

Jika charger tadi mungkin lebih cocok dipakai di dalam ruangan tapi charger ini bisa dipasang di mobil.

Sebab pada bagian tengah bodinya dilengkapi dengan magnet, Anda hanya perlu meletakkan smartphone di atasnya.

Uniknya lagi, charger ini bisa berputar sampai dengan 360 derajat, memudahkan Anda untuk menyesuaikan posisi meletakkan smartphone.

Selain sebagai charger bisa juga menjadi holder untuk smartphone. Harga untuk charger ini adalah sekitar 165 ribu rupiah.

8. Samsung Stand Wireless Fast Charger

Samsung Stand Wireless Fast Charger
Via dhresource.com

Untuk mengisi daya baterai Anda sampai penuh hanya memerlukan waktu 10 menit.

Charger ini punya fitur stand built in dual mode yang membuat Anda bisa menyimpan smartphone pada posisi horizontal atau vertikal.

Meski produk Samsung tapi banyak smartphone lain yang bisa menggunakannya. iPhone versi terbaru pun bisa memakainya tanpa receiver.

Namun untuk iPhone tipe lama perlu receiver yang kompatibel dengan sistem Qi, tidak sulit menemukannya.

Harganya sekitar 450 ribu rupiah.

Itulah dia informasi mengenai wireless charger yang mungkin perlu Anda ketahui. Semua charger yang yang direkomendasikan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Author Khisma Nisa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading…

0