Ulasan Bisnis

Reksadana Syariah, Investasi Halal, Aman dan Menguntungkan

Reksadana Syariah – Sebagai salah satu negara dengan mayoritas muslim terbesar di Dunia, Indonesia menjadi pangsa pasar paling potensial untuk produk berbasis syariah.

Hal ini terlihat dari kian tingginya animo masyarakat kepada perbankan syariah, salah satu indikatornya yaitu semakin maraknya produk investasi syariah dan salah satu investasi syariah yang semakin hari semakin digandrungi masyarakat ialahmerupakan reksadana syariah.

Hal ini bukti bahwa ketertarikan masyarakat Indonesia kepada beragam produk berbasis ekonomi syariah makin hari kian tinggi.

Reksadana syariah merupakan salah satu jenis investasi di mana keseluruhan sistemnya memenuhi standar ajaran Islam dan memenuhi persyaratan halal.

Apa investasi syariah terbaik ?

Salah satunya, Anda dapat membeli Reksadana berbasis Syariah. Ini termasuk Reksadana terbaik, yang telah dievaluasi institusi terkait bahwa sistem investasinya sesuai ketetapan Syariah.

Reksadana Syariah merupakan manfaat buat Anda yang mau berinvestasi sesuai aturan Islam. Bagaimana pengertian Reksadana (reksa dana) Syariah dan bagaimana memulainya? Anda dapat melakukannya secara online, mulai dari nominal 100 ribu.

Keunggulan utama dari reksadana syariah sebenarnya hampir sama dengan reksadana pada umumnya yaitu, cukup mengeluarkan dana yang terbilang kecil untuk mengawali investasi.

Walaupun begitu ada beberapa persamaan reksadana syariah dengan reksadana konvensional sehingga layak untuk dipertimbangkan sebagai sebuah investasi yang menguntungkan dan halal tentunya.

Persamaan Reksadana Syariah dan Reksadana Konvensional

1. Mudah Prosesnya

Sama seperti reksadana lainnya, reksadana dengan basis syariah ini sangat mudah prosesnya, anda dapat beli via APERD atau dapat disebut juga dengan Agen Penjual Reksadana.

Besaran nomimal permulaan untuk membeli reksadana ini yakni sebesar 100 ribu rupiah, menariknya Reksadana Syariah ini juga dapat debeli secara online.

Di samping kemudahan untuk diakses, reksadana yang sesuai tuntunan syariah ini juga terbilang aman, sebab sama dengan investasi reksadana konvensional.

Dana yang kita gelontorkan akan dikelola oleh manajer investasi sebagai orang yang mengerti bagaimana memutar dana kita, dan tentu saja anda tidak perlu kuatir akan kehilangan dana anda sebab dana anda disimpan di bank custodian.

2. Profit Jangka Panjang

Apapun investasinya pasti punya yang namanya jangka waktu, mulai dari pendek, yang bertumbuh dalam kurun waktu sebagai berikut :

1 tahunan, menengah antara 3 tahun atau lebih sampai yang jangkanya panjang untuk jangka waktu investasi sekitar 5 tahunan, dan reksadana syariah ini tergolong investasi jangka panjang.

Dengan jangka waktu yang panjang, maka tidak heran jika pertumbuhannya dapat di untuk berbagai keperluan yang perlu dibayari dalam jumlah besar.

Seperti umpamanya pendidikan si kecil, membeli rumah atau kendaraan dan lainnya. Dengan pemikiran semacam ini, berinvestasi lewat reksa dana berbasis syariah tergolong aman sebagai strategi finansial anda di masa depan.

Berikut merupakan 7 fakta Reksa Dana yang wajib diketahui sebagai calon pemodal!

1. Produk reksa dana syariah dijamin kesyariahannya oleh DPS;

2. Reksa dana syariah dikelola oleh unit khusus;

3. Reksa dana syariah dikelola oleh manajer investasi syariah;

4. Reksa dana syariah mempunyai banyak alternatif produk;

5. Reksa dana syariah berbasis efek syariah luar negeri pertama di Indonesia;

6. Reksa dana syariah mempunyai rata-rata pertumbuhan market cap paling tinggi; dan

7. Market place reksa dana syariah tersedia secara offline ataupun online.

Namun sebelum berinvestasi, sebaiknya kita mengetahui dahulu ciri-ciri yang membedakan reksa dana berdasar syariah ini dengan reksadana konvensional.

1. Tercantum Dalam Daftar Efek Syariah

Beda dengan reksadana konvensional yang tercantum dalam Daftar Efek Biasa. Reksa Dana Syariah ini dikeluarkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) lewat Daftar Efek Syariah (DES).

Dalam DES ini dicantumkan nama dan jenis perusahaan yang sudah dapat memperjualbelikan reksadana syariah. dengan demikian pemasukan yang akan diterima pemilik modal tentu dapat dipertanggungjawabkan kehalalannya sebab perusahaan yang tercantum sudah diverifikasi oleh DPS.

2. Diawasi DPS

Ciri reksadana berbasis syariah ini yang kedua tentunya yaitu adanya DPS. Apa DPS ini dan apa saja tugasnya?

DPS merupakan singkatan dari Dewan Pengawas Syariah, ini merupakan badan yang terdiri dari sekumpulan orang yang bertugas untuk melaksanakan pengawasan berkaitan dengan berbagai hal dalam fungsinya sebagai investasi syariah. Dimana tentunya menyangkut kehalalan dan lainnya.

Tidak hanya itu, sebagai kepanjangan tangan pemerintah OJK (Otoritas Jasa Keuangan) juga hadir dan terlibat.

3. Adanya Cleansing System

Cleansing system dalam reksa dana syariah ini membawa visi besar syariah. Cleansing system di sini maksudnya yaitu sistem pembersihan dari hal-hal yang bisa mengganggu status kehalalan dari uang yang diperoleh selama investasi berlangsung.

Oleh sebab itu di sini fungsi DPS berperan. Dari sistem cleansing ini, sebagian uang tidak semuanya masuk ke pemilik modal namun akan dialirkan pada hal-hal yang bersifat amal.

Dari ketiga aspek utama yang jadi ciri reksadana syariah ini, tentunya yang paling menarik dan wajib dicermati lebih mendalam yaitu adanya sistem cleansing di dalamnya.

Sebab orang yang berinvestasi akan menginginkan profit yang sebesar-besarnya sebagai dampak dari investasi yang sudah dikeluarkannya secara halal.

Cara Mulai Investasi Reksadana Berbasis Syariah

Jika anda sudah mengenal sedikit tentang apa itu reksadana berbasis syariah dengan beberapa keunggulannya di atas, tentu saja yang wajib dipahami selanjutnya ialah bagaimana untuk mulai investasi reksa dana yang sesuai tuntunan agama Islam.

Untuk mulai investasi anda bisa membeli Reksa Dana Syariah Reksa dana syariah di bank, Manajer Investasi,

Perusahaan Efek penyedia System Online Trading Syariah, dan marketplace yang bekerjasama dengan Perusahaan Efek; mendapatkan|memperoleh izin dari OJK sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD).

Tokopedia

Anda kini dapat membeli Reksadana di aplikasi Tokopedia dengan dana investasi mulai dari Rp 10 ribu.

Betul, cuma butuh Rp 10 ribu untuk mulai investasi di raksasa e-commerce ini

Tokopedia bekerjasama dengan Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra, yaitu sebuah eksadana Pasar Uang berbasis Syariah dengan profit 6%+ per tahun.

Bibit Reksadana

Bibit merupakan perusahaan robo advisor yang memilih reksadana terbaik yang cocok dengan profil resiko Anda.

Tinggal terima beres, portfolio Reksadana dibuat oleh Bibit Reksadana.

Bila selama ini calon investor pemula, masih kebingungan tentang jenis Reksadana apa yang sebaiknya dibeli, kini dengan Robo Advisor, saran Reksadana yang sebaiknya dibeli disediakan secara free oleh perusahaan Robo Advisor.

Mandiri Investasi

Mandiri investasi merupakan unit usaha perusahaan Bank Mandiri yang menyediakan sarana jual beli Reksadana via aplikasi MOST – Mandiri Sekuritas Online Trading.

Dalam MOST Mandiri tersedia unit khusus investasi Syari’ah, yakni MOST Syari’ah yang menyediakan beragam Reksadana Mandiri Syari’ah.

Demikian ulasan mengenai reksadana syari’ah sebagai alternatif bagi anda yang menginginkan untuk berinvestasi yang menguntungkan sekaligus terjamin kehalalannya.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close