Resiko Copy Paste Artikel Blog Terhadap DMCA

Apa hebatnya jika atikel anda ternyata murni hasil copas artikel orang lain? selamanya anda akan di cap sebagai “pencuri”, reputasi blog anda pun akan sama buruknya, mungkin pengunjung blog juga menganggap bahwa artikel artikel lain dalam blog anda adalah hasil copy paste juga. Ketahuan copas 1 artikel, Artikel yang lain mungkin di anggap copas juga. Rasa yang paling tidak mengenakkan adalah jika anda dan blog anda mendapat reputasi “Tukang jiplak”, selain anda sendiri yang malu sebagai author blog yang sudah di share kemana mana artikelnya.

Apa itu Google DMCA?
 Arti atau pengertian dari DMCA (Digital Millenium Copyright Act) adalah sebuah perlindungan dari sebuah konten/artikel asli dari sebuah blog atau website dari tindak pencurian yang sering banyak di lakukan,DMCA di luncurkan untuk menghapus para pelanggar hak cipta, yaitu pemilik blog yang suka menyalin artikel (copas) dari blog lain,melindungi semua kategori dari Hak Cipta.DMCA takedown merupakan produk keluaran dari Google.
Ingat konten bukan hanya berupa artikel teks saja, gambar juga mempunyai hak cipta, jadi hati hati menggunakan gambar untuk posting blog anda, terutama jika anda mengambilnya dari internet.

Dampak Buruk Copy Paste Artikel Blog Terhadap DMCA

Sebenarnya tidak ada larangan yang menyebutkan tentang copy paste sebuah artikel, tetapi harus sesuai dengan prosedur dan kriteria,Seorang yang bijak pasti akan lebih menghargai karya orang lain,anda bisa saja mencantumkan link atau sumber yang anda ambil artikelnya,ini sudah mewakili bentuk dari penghargaan tersebut. Jika anda ingin belajar menjadi penulis blog, belajarlah dari yang anda bisa dan anda kuasi, atau anda bisa membaca artikel ini : Cara Menentukan Konsep Menulis Blog.

Kerugian Copy Paste Artikel Orang Lain
 Seperti yang sudah saya sebutkan di atas,resiko lain yang mungkin akan menimpa blog anda bisa bermacam macam pula, seperti yang terangkum di bawah ini.
1. Jika blog anda masih baru,kemungkinan akan sulit untuk mendapatkan trafik, sebab mungkin artikel yang anda copas dari blog yang sudah mempunyai reputasi baik di mata mesin pencari (search engine), kemungkinan muncul di halaman utama google sangat kecil sekali, anda tidak akan berkesempatan mendapatkan jumlah visitor yang lebih banyak.

2. Jika anda daftarkan blog ke google adsense dengan artikel copas, kemungkinan sekali akan di tolak, karena sekarang pihak google adsense lebih sensitif, lebih mengutamakan konten artikel yang original.

3. Anda sendiri tidak akan pernah menjadi seorang penulis blog yang kreatif, karena tulisan anda adalah ide orang lain yang anda copas ke dalam blog anda.

4. Predikat Tukang jiplak,ini sungguh memalukan seperti yang sudah saya sebutkan di atas, jika anda sudah mendapat julukan seperti ini,kemungkinan anda menulis konten asli dengan pemikiran dan ide anda sendiri, mungkin akan di sama ratakan dengan artikel copas lainya.

5. Jika anda terus melakukan copy paste artikel orang lain, pihak Google tidak segan segan untuk “main pentung” dengan blog anda, biasanya ada pihak terkait yang melaporkan ke google DMCA,biasanya akan di berikan sangsi, artikel anda akan secara otomatis masuk dalam daftar draft dalam posting anda, seperti gambar di bawah ini.

Dampak Buruk Copy Paste Artikel Blog Terhadap DMCA

6.  Dan jika anda masih belum sadar juga, tidak memperbaiki artikel dan menerima pelaporan yang lebih banyak lagi,blog anda mungkin terancam di hapus oleh pihak google. Tamat sudah harapan anda untuk melihat blog anda lagi, ini adalah dampak yang paling buruk sesuai tingkat pelanggaran yang di lakukan oleh sang tukang copas. Kalau sudah begitu, maka sakitnya tu di sini.

Mulailah belajar menjadi diri sendiri, termasuk dalam menulis konten atau artikel , boleh saja mengambil sumber posting, Tetapi tulis ulang dengan gaya anda sendiri,jangan di bogem mentah seluruh artikelnya dan di pasang di blog anda, karena jerih payah seseorang itu ada harganya dan pastinya mengajarkan kita untuk menghargai hasil karya orang lain. Intinya, mengambil atau copas artikel dari blog lain adalah berbahaya bagi kelangsungan blog anda sendiri.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Mas, saya mau tanya tanya perihal copy paste konten ini, mungkin pertanyaan saya cukup cliche tapi mohon untuk diberikan pencerahan karena saya masih belum menemukan titik terang. Dan karena saya masih awam dalam dunia blogging.

    Di sini saya paham betul dampak negatif dari kegiatan copy paste terhadap blog dan branding kita.

    Dan misalnya saya mengumpulkan beberapa artikel berbahasa inggris lalu saya jadikan artikel artikel tersebut sebagai referensi dengan menerjemahkannya ke dalam bahasa indonesia dan merangkumnya apakah masih terhitung copy paste? atau bahkan plagiarism?

    Terimakasih.

    Avatar

    Irwan

    ( - 07:42)

    Mohon pencerahannya Mas, blog saya sebulan yang lalu dikloning oleh oknum blogger. Saya sendiri tahunya dari pembaca blog saya. Saya sudah peringatkan si pengkloning, namun jawabannya bikin gak enak hati.
    Akhirnya saya laporkan blognya ke Google namun ditolak dengan alasan apa saya lupa.
    Barusan blogger tersebut memaki maki saya habis habisan di Google+ karena akun GA miliknya di blog yang saya sendiri tidak tahu dibanned.
    Dan karena itu dia akan menuntut balas kepada saya, apa yang harus saya lakukan selanjutnya.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 03:00)

      Tidak perlu melakukan apa-apa mas Irwan dan tidak perlu khawatir.
      Semua perbuatan pasti ada balasannya.
      perihal di banned itu mungkin juga kesahandia, entah konten copas ataupun pelanggaran lain yang berhubungan dengan kebijakan Adsense.

    Avatar

    Herman Sahdi

    ( - 17:14)

    Kalau kita ngambil dari free artikel gmana mas? Apakah baik ?

    Avatar

    Rudhi Hadhi

    ( - 10:53)

    Mas gani, mohon saran dan masukan nya.. artikel di blog saya sering dan bahkan banyak di copas blog lain. Apakah hal tersebut pengaruh dalam blog saya jika di daftarin adsense ? Sudah di tolak 3 kali masalah konten tidak memadai. Seperti nya sya juga udah pernah cerita ke mas gani tentang blog saya. Blog saya tersebut untuk mempromosikan usaha sya sendiri, yaitu jasa service ac. Namun isi konten 10% mnawarkan jasa, 90% tips, informasi, dan review product elektronik. Usia domain sudah 4tahun, traffic tetap 1500 /day.. Mohon kiranya mas gani sudi memberi masukan, dan terima kasih sebelumnya mas.

    Avatar

    yups saya setuju, mending jd diri sendiri ya mas,,

    Avatar

    Isrofi Achmad

    ( - 07:55)

    Setuju mas, Kalau rewrite sering saya lakukan tapi kalau copy paste mudah-mudahan jagan deh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *