Internet

Resmi, Akhirnya Jack Ma Pensiun dari Alibaba Hari Ini

Jack Ma Pensiun Tepat di Hari Lahirnya

Hari ini, Selasa (10/09/2019), Jack Ma resmi pensiun dari Alibaba. Posisi Ma sebagai chairman akan digantikan Daniel Zhang yang saat ini masih menjabat sebagai CEO Alibaba. Kabar pensiun Ma sudah dipastikan benar dan tidak akan salah seperti tahun kemarin.

Tahun lalu, kabar Jack Ma pensiun sempat mengejutkan dunia di mana The New York Times mengatakan Jika Jack Ma akan segera pensiun dari perusahaan untuk mengejar filantropi dalam dunia pendidikan. Namun, kabar tersebut ternyata dibantah langsung oleh Ma.

Saat itu, Jack Ma mengatakan jika dirinya hanya ingin mengurangi perannya di Alibaba Group secara bertahap sembari merencanakan transisi kepemimpinan. Meskipun begitu, Ma memang tidak membantah jika dirinya ingin pensiun di tahun 2019.

Baca: Terungkap, Kabar Jack Ma Pensiun dari Alibaba Ternyata Tidak Benar

Jack Ma Pensiun, Bagaimana Nasib Alibaba?

Ketika Jack Ma resmi mundur, maka kelanjutan bisnis Alibaba ada di tangan Daniel Zhang. Dilansir dari EuroNews, Analis Divisi Penelitian 36kr Liu Yiming menilai jika salah satu tantangan terbesar Zhang adalah mencari area baru.

Liu Yiming mengungkapkan, jika untuk saat ini pertumbuhan pasar e-commerce di negara China sudah sangat berkembang. Jika ingin maju dengan membuat inovasi baru, maka langkah Alibaba akan semakin sulit karena mereka harus membuat sesuatu yang lebih luar biasa lagi dibandingkan sebelumnya.

Namun, tantangan yang diungkapkan Liu Yiming nampaknya tidak terlalu merisaukan Jack Ma mengingat dirinya sangat begitu percaya dengan potensi yang dimiliki Daniel Zhang. Saat menunjuk Zhang sebagai pengganti dirinya di tahun 2018 kemarin, Ma memuji seorang Daniel Zhang.

Dia (Zhang) memiliki logika dan keterampilan berpikir kritis dari super computer, komitmen terhadap visi, dan keberanian untuk sepenuh hati mengambil model bisnis dan industri yang inovatif dari masa depan.

Nasib Alibaba pun nampaknya juga masih cukup bagus, karena Jack Ma masih akan berada di dalam jajaran petinggi Alibaba hingga rapat umum pemegang saham tahunan di 2020. Jika sudah benar-benar pergi pun, Ma akan menjadi anggota kemitraan Alibaba, yaitu otoritas pengarah yang terdiri dari 38 individu yang terpisah dari dewan direksi.

Perpisahan Akan Berlangsung Meriah

EuroNews mengungkapkan jika pensiunnya Jack Ma ini akan berlangsung meriah mengingat hari pensiun Ma bertepatan dengan hari ulang tahunnya. Jadi, Ma akan mengadakan pesta ulang tahun, sekaligus perpisahan di Stadion Pusat Olahraga Olimpiade Hangzhou yang berkapasitas 80 ribu orang.

Baca juga: Dari e-Commerce Hingga Fintech, Inilah Kerajaan Bisnis Jack Ma

Sosok Ma sendiri merupakan sosok yang luar biasa, dirinya menjadi bukti bahwasanya niat dan usaha akan membuahkan hasil. Kisah hidup Jack Ma juga menjadi penyemangat bagi para pengusaha atau orang-orang yang akan terjun ke dunia usaha jika semua orang bisa menggapai mimpinya.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close