Internet

Resmi, Google I/O 2020 Dibatalkan Karena Pandemi Corona

Di tahun 2020 ini, beberapa perusahaan teknologi memiliki serangkaian acara besar yang harusnya bisa dilakukan secara langsung. Namun akibat pandemi Corona, beberapa perusahaan pun memilih untuk membatalkan acaranya tersebut.

Google adalah salah satu perusahaan yang harus membatalkan acaranya di mana perusahaan pimpinan Sundar Pichai tersebut memilih untuk membatalkan Google Cloud Next dan juga Google I/O yang seharusnya dihelat pada tahun ini.

Google Cloud Next Dibatalkan

Cloud Next rencananya akan diselenggarakan secara online oleh pihak Google. Namun, pihak perusahaan masih membutuhkan presenter dan staf produksi untuk berkumpul dalam sesi rekaman sehingga akhirnya mereka memutuskan untuk membatalkan Cloud Next di tahun 2020.

“Google Cloud telah memutuskan untuk menunda Google Cloud Next ’20: Digital Connect karena kekhawatiran akan kesehatan dan keselamatan pelanggan, mitra, karyawan, dan komunitas lokal kami, dan berdasarkan pada keputusan terbaru yang dibuat oleh pemerintah federal dan lokal mengenai virus Corona (COVID -19).”

Saat ini, wilayah Teluk San Francisco yang menjadi tempat Google dan divisi Cloud-nya berada telah mengeluarkan kebijakan terkait perlindungan tempat di mana semua perjalanan yang tidak perlu telah dilarang. Jadi, pembatalan Cloud Next yang dilakukan pihak Google sudah sangat tepat.

Baca juga: Gagal Online, Google Pilih Batalkan Acara Cloud Next

Google Juga Resmi Batalkan I/O

Sama seperti Cloud Next, Google pun juga terpaksa membatalkan Google I/O. Sebelumnya, pembatalan fisik atau offline Google I/O sudah diumumkan oleh pihak perusahaan pada 3 Maret lalu. Namun saat itu, pihak perusahaan masih membuka opsi online dalam penyelenggaraannya sebagaimana yang mereka rencanakan untuk Cloud Next.

Namun karena Cloud Next juga tidak diselenggarakan secara online, maka pihak perusahaan pun memutuskan Google I/O juga tidak akan diselenggarakan secara online. Dengan kata lain, Google I/O untuk tahun 2020 tidak akan pernah ada karena pandemi Corona masih menjadi ancaman.

“Demi menjaga kesehatan, keselamatan pengembang, karyawan, dan komunitas lokal, serta mentaati kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah setempat, maka dengan ini kami menyatakan dengan berat hati untuk tidak memegang kendali terhadap I/O pada tahun ini,” ungkap pihak Google seperti yang dikutip dari The Verge, (23/3/2020).

“Saat ini, hal paling penting yang harus dilakukan adalah fokus membantu orang-orang dalam menghadapi kejadian yang sekarang ini sedang berlangsung. Perlu diperhatikan bahwa kami tetap berkomitmen untuk berbagi pembaruan platform dengan Anda melalui blog pengembang dan forum komunitas kami,” tambah pihak Google.

Baca juga: Duh, Event Tahunan Besar Google Batal Digelar Tahun Ini

Pada I/O yang akan berlangsung 12 Mei hingga 14 Mei tersebut, harusnya Google menunjukkan fitur baru yang ada pada Android dan layanan lain pada Google, serta menunjukkan perangkat keras keluaran terbaru mereka, dan itu memang sudah menjadi kebiasaan mereka dalam gelaran I/O.

Namun sekarang acara telah sepenuhnya batal dan belum diketahui kapan pihak Google akan mengadakan lagi event tersebut. Gelaran I/O tahun 2020 ini besar kemungkinan tidak akan ada, dengan kata lain, I/O akan kembali digulirkan oleh Google pada tahun 2021.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close