Review ProdukTekno

Review Asus NovaGo, Laptop Pertama dengan Otak Snapdragon

Review Asus NovaGo – Tentunya kita tak pernah mendengar bahwa prosesor snapdragon diaplikasikan bersama perangkat laptop bukan? Namun baru-baru ini, snapdragon telah mengumumkan dalam acara Qualcomm Tech Summit 2017 di Maui, Hawai, bahwa chipset buatannya bisa digunakan untuk produk perangkat PC.

Sebuah inovasi yang menarik memang. Karena snapdragon merupakan chipset “terlaris” untuk pangsa smartphone di Indonesia maupun dunia. Bahkan kedepannya, snapdragon akan bersaing ketat dengan raja chipset smartphone yakni Intel dan AMD.

Review Asus NovaGo

Sebenarnya, snapdragon tidak hanya akan melakukan uji coba pada perangkat NovaGo saja. Dia juga bekerja sama dengan HP untuk membangun HP Envy X2 yang juga sama -sama menggunakan snapdragon.

Namun sampai detik ini, kehadiran HP envy X2 masih belum bisa diprediksi lebih lanjut dan belum diketahui spesifikasinya secara detail.

Selain itu, perusahaan asal Tiongkok seperti Lenovo dan Xiaomi juga dikabarkan dalam waktu dekat akan merilis laptop yang juga menggunakan prosesor ponsel. Jika memang hal itu terwujud, tentunya kedepannya akan ada banyak sekali ‘laptop on the go’ dipasaran yang memang menyasar masyarakat dengan portabilitas yang sangat tinggi.

Misalnya laptop NovaGo sendiri dibuat dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat mengakses laptop dimanapun dan kapanpun. Sehingga bisa digunakan untuk terhubung ke dunia dengan mudah tanpa perlu perangkat tambahan karena sudah memiliki fitur mobile yang lengkap.

Bahkan CEO Qualcomm sendiri mengatakan bahwa inovasi ini nantinya bisa mengubah perilaku masyarakat agar kemana-mana cukup hanya dengan membawa PC, tanpa perlu smartphone.

Berikut akan kami berikan beberapa informasi seputar review Asus NovaGo yang mungkin anda akan tertarik dengan perangkat satu ini.

Loading...

Review Asus NovaGo

1. Prosesor

Dapur pacu yang digunakan ialah Snapdragon 835 yang merupakan prosesor paling kuat, paling canggih serta paling cepat saat ini untuk dunia smartphone.

Namun karena laptop merupakan perangkat penunjang “produktivitas” yang berbeda dengan smartphone yang merupakan penunjang “aktivitas”, maka prosesor tersebut pasti akan bekerja dengan sangat maksimal.

Untuk Snapdragon memang arsitektur yang digunakan bukanlah x86 seperti yang terdapat pada Intel maupun AMD. Namun menggunakan ARM yang menjadi ciri khas chipset mobile.

Karena arsitekturnya saja berbeda, pasti dukungan software seperti driver, sistem operasi, fitur-fitur penting maupun dari sisi hardware nantinya akan ada banyak yang berpengaruh.

Perlu anda tahu, kelebihan yang dimiliki oleh prosesor ini banyak sekali. Diantaranya ialah:

  • Chipset hanya memiliki ukuran 10nm , sehingga tidak mudah panas, dan 25% lebih hemat baterai. Namun performa yang dimiliki justru semakin baik dan lebih stabil dibandingkan dengan sebelumnya.
  • Memiliki 8 inti sehingga kinerja lebih maksimal. Dukungan Kyro 280 CPU pada chip ini akan menunjang 4 core untuk bisa berjalan pada kecepatan 2,45 GHz dan 4 core lagi untuk berjalan pada kecepatan 1,95 GHz.
  • Dukungan adreno 540 GPU membuat aktivitas gaming super berat tak akan terasa ngelag. Bahkan bisa membuat 25 % lebih baik dalam menampilkan efek grafis.
  • Terhubung ke dunia dengan lebih cepat berkat integrasi dengan X16 LTE yang bisa mendownload data hingga 1 gigabit / second dan upload hingga 150 gigabit / second. Bahkan chip ini sudah mendukung wifi dan bluetooth generasi terbaru.
  • Dapat berjalan pada layar 4K. Layar Ultra HD alias 4K akan menampilkan pixel dengan sangat detail. Jadi nantinya bisa diterapkan untuk semua jenis laptop.
  • Kemampuan charging super cepat. Teknologi quick charge 4 dari qualcomm akan memberikan efisiensi pengisian daya super cepat. Jadi sangat cocok untuk anda yang suka melakukan mobilitas tinggi tanpa takut charging lama.
  • Dukungan kamera canggih. Kedepannya, kamera untuk laptop akan diutamakan seperti halnya pada laptop NovaGo ini. Karena snapdragon 835 sudah mendukung double 16 MP dalam 1 kamera, ISPs atau Image Signal Processor hingga 2 kali 14 bit, dukungan hibrida autofokus, image zoom stabilization, hingga dual photodiode.

2. Dukungan slot SIM

Bisa dikatakan, Asus NovaGo menjadi laptop pertama yang mendukung e-SIM, nano SIM bahkan tersemat langsung modem X16 LTE buatan Qualcomm. Dengan adanya modem X16 LTE, kedepannya kita bisa melakukan koneksi broadband Gigabit LTE dengan kecepatan hingga 7 kali lipat dibandingkan dengan kecepatan saat ini.

Selain itu, karena notebook atau laptop Asus NovaGo ini disegmentasikan untuk kalangan anak muda yang hobi bepergian, maka didalamnya pun sudah disematkan e-SIM dan slot Nano SIM.

E-SIM atau SIM elektronik dan juga slot nano SIM sendiri akan sangat bermanfaat untuk melakukan dedicated connection ke internet, sehingga tidak perlu lagi membutuhkan modem, smartphone ataupun wifi hotspot.

3. Tersedia dalam 2 varian

Untuk menyasar target masyarakat yang berbeda-beda kalangannya, maka Asus NovaGo menghadirkan 2 varian saat peluncurannya nanti. Yakni dengan RAM 4 GB dan RAM 8 GB.

Jadi bila anda adalah seorang gamer mania/ hardcore gamer, desainer grafis, atau pebisnis kelas besar, maka tentunya membutuhkan RAM yang besar. Bila hanya untuk mengetik, browsing, dan lainnya maka cukup dengan RAM ukuran 4 GB saja.

Untuk memori internalnya, keduanya sama sama menggunakan ukuran 256 GB. Tentunya memori SSD yang dipakai adalah yang mendukung chip tersebut. Menurut kami, teknologi SSD nya belum NVME, atau bahkan sama dengan yang digunakan pada smartphone kebanyakan.

4. Long Life Battery

Baterai yang dimilikinya besar ditambah dengan snapdragon 835 yang memiliki fabrikasi 10 nm tentunya akan berefek pada daya hidup yang panjang. Menurut pengujian, jika digunakan dalam kondisi standby, perangkat ini bisa hidup dalam 30 hari lamanya. Sementara untuk memutar video bisa dihidupkan hingga 22 jam.

Laptop two in one yang mengusung desain minimalis yakni 13,3 inch layar full HD ini digadang-gadang bisa menjadi solusi bagi kebanyakan laptop yang boros. Dengan diciptakan ini, maka nantinya tidak akan menghalangi kegiatan para penggunanya.

5. Dukungan Windows 10 S

Mungkin anda sering menemukan pada tablet atau laptop 2 in 1 yang memiliki sistem operasi android. Namun perangkat ini tetap menggunakan windows 10 guna memudahkan setiap pekerjaan yang anda miliki. Jadi bisa digunakan untuk editting, menulis, menonton video, membuat data, menghitung data, gaming dan lainnya dengan mudah.

Untuk sistem operasi dari Asus NovaGo yang memiliki jargon “always connected PC” ini menggunakan Windows 10 S Home yang sudah tertanam (preinstalled). Artinya anda tidak perlu menginstal menggunakan DVD lagi. Tipe yang digunakan ialah Windows 10 home sehingga lebih smooth saat dipadukan bersama dengan prosesor ponsel.

6. Harga yang Lumayan

Untuk harganya sendiri ASUS membandrolnya dengan harga 600 US dollar untuk ukuran 4 GB RAM. Sedangkan untuk 8 GB RAM dihargai 800 US dollar. Tentunya pilihan ini dikembalikan kepada anda sendiri mau memilih yang mana. Harga ini sangatlah pas dengan spesifikasi yang ada. Bahkan bisa dikatakan cukup murah.

Karena bila dibandingkan dengan smarthone yang menggunakan chip tersebut, harga barunya bisa mencapai di atas 900 US dollar. Misalnya saja seri flagship dari Samsung, Asus, Huawei, Sony dan lainnya. Jadi menurut kami harga tersebut worth it untuk sebuah perangkat notebook dengan chipset dari Snaprdragon 835.

Itulah sedikit informasi seputar ASUS NovaGo. Tertarik untuk membelinya? Kita tunggu saja kedatangannya di pasar Indonesia di awal-awal tahun depan.



Loading...

Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *