Review Google Pixel 2 dan 2 XL: HP Tahan Air yang Selalu Mencicipi Update Android

Google Pixel adalah smartphone Android kelas atas buatan Google. Akhir tahun lalu, Google meluncurkan Google Pixel dan Google Pixel XL. Kedua HP ini kemudian menjadi ponsel yang sangat banyak diminati oleh para pengguna smartphone. Tahun ini, Google kembali meluncurkan dua smartphone secara bersamaan. Yaitu Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL, sepasang HP yang tahan air di kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Selain Google Pixel, sebenarnya Google juga pernah meluncurkan smartphone Nexus. Sayangnya penggemar jajaran Nexus, kini Anda bisa mengernyitkan dahi saat jajaran ikon Google Nexus mati. Namun, jika Anda tertarik dengan pengalaman Android Murni seperti yang dibayangkan oleh Google, Anda tidak perlu khawatir karena Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL membawa serta banyak karakteristik yang sama.

Smartphone buatan Google selalu menawarkan pengalaman Android Murni. Karena sebelum update Android diluncurkan secara resmi, para pengguna smartphone buatan Google akan lebih dulu mencobanya dan bisa memberikan masukan kepada Google. Ini tentu menjadi salah satu kelebihan Google Pixel 2 dan 2 XL dibandingkan smartphone Android yan lainnya.

Perbedaan Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL sangat sedikit. Namun perbedaan Pixel 2 dan Pixel 2 XL dapat dilihat langsung dari pendangan pertama, yaitu ukuran bodi dan layar. Selebihnya Pixel 2 dan Pixel 2 XL memiliki kesamaan, kecuali baterai dengan kapasitas berbeda.

Google pixel 2

via androidauthority.com

Pesaing terbesar smartphone Google adalah Apple, yang tahun ini juga meluncurkan tiga model ponsel sekaligus yaitu iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X. Ditambah lagi dengan Samsung, Sony dan LG yang juga meluncurkan beberapa model smartphone andalan terbarunya. Ini akan membuat Anda bingung untuk memilih salah satu smartphone yang akan menemani aktivitas Anda. Setiap ponsel ini memiliki kelebihan dengan gayanya masing masing.

Baca juga:

Berikut ini akan saya coba mengulas dari luar hingga dalam, HP terbaru dari Google yaitu Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL.

1.      Desain Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL

Perbedaan utama antara Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL adalah pada ukurannya. Google Pixel 2 hanya berukuran 145,7 x 69,7 x 7,8 mm dengan layar 5 inch sedangkan Pixel 2 XL berukuran 157,9 x 76,7 x 7,9 mm dengan ukuran layar 6 Inch.

Oleh karena itu bobot kedua ponsel ini juga berbeda,  143 gram dan 175 gram. Namun selebihnya kedua Ponsel Google terbaru ini nyaris kembar.

google pixel 2

via androidcentral.com

Desainnya sendiri merupakan unsur polarisasi Pixel 2 dan 2 XL. Dibagian depan terdapat kamera depan di bezel atas. Posisinya tidak di tengah karena terdapat speaker yang cukup panjang. Pada bezel bawah terdapat microfon yang memanjang, sama dengan speaker pada bezel atas.

Di bagian belakang, ada kombinasi warna logam matte dan lapisan plastik glossy di bagian atas bagian belakang. Ini adalah kombinasi eklektik, yang menyisakan banyak imajinasi. Bagian matte dari finish menyediakan pegangan yang nyaman sementara bagian glossy membuat Pixel 2 XL menonjol.

Bagian belakang juga menyimpan sensor sidik jari berbentuk lingkaran dan logo Google G yang sangat khas. Kamera disandingkan sejajar dengan flash berbentuk bulat.

Di sekitar sisi telepon, ada tombol power dan volume di sebelah kanan. Tombol ini cukup kaku, namun mudah ditekan. Di sebelah kiri, ada satu slot kartu SIM dan untuk yang terbiasa dengan perluasan microSD pada ponsel Android lainnya, ini tidak tersedia di Pixel 2 dan Pixel 2 XL.

Google Pixel 2 dan 2 XL tidak memiliki headphone jack. Sedangkan di bagian bawah hanya ada satu lubang kecil untuk port USB Type-C.

2.      Tampilan atau Display

Dari sisi display atau tmpilan layar perbedaan kedua HP ini adalah Pixel 2 memiliki layar lebih kecil dibandingkan Pixel 2 XL, yaitu masing masing 5 inchi dan 6 inchi.  Resolusi Pixel 2 adalah 1080 x 1920 berkerapatan 441 sedangkan Pixel 2 XL beresolusi 1440 x 2880 Pixel dengan kerapatan 538 ppi.

Ini adalah panel yang cerah dan tajam yang sangat menyenangkan untuk digunakan, bahkan dalam kondisi di luar ruangan yang terang.

Google pixel 2

via androidcentral.com

Ukuran layar ini berarti sekitar 67,9% dan 76,4% ukuran layar dibandingkan dengan ukuran body. Hal ini tergolong standar dengan ponsel ponsel keluaran terbaru. Namun tentu saja ini kalah dengan pesaingnya iPhone X yang bezelless. Perlindungan Corning Gorilla Glass 5 juga membantu untuk melindungi HP Anda sehingga layar terlindung dari goresan sidik jari.

Google Pixel 2 menjalankan layar AMOLED sedangkan Google Pixel 2 XL menjalankan layar P-OLED yang keduanya sama sama mampu menghasilkan 16 juta warna. Keduanya akan sama sama menghasilkan tampilan yang cerah dan tajam serta berwarna.

Kedua layar ini merupakan teknologi layar smartphone terbaru karena tidak lagi menggunakan LCD. Layar jenis ini termasuk cukup dingin dan nyaman untuk digunakan dalam waktu cukup lama.

3.      Platform

Dari sisi platform kedua ponsel kelas atas ini sama persis. Tidak ada yang berbeda mulai dari sistem operasi, chipset, CPU, GPU, bahkan hingga memori internal dan RAMnya, semuanya sama. Kedua ponsel ini nampak seperti ponsel kembar dengan ukuran yang berbeda, itu saja.

Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL didukung oleh chipset Snapdragon 835 terbaru, yang memiliki 4 core Kryo berdaya tinggi di 2.35GHz dan 4 core dengan efisiensi tinggi di 1.9GHz. Disamping itu pada sisi grafis keduanya sudah dibekali dengan Adreno 540. Kemampuan grafis ini terkenal sangat baik pada smartphone Android karena memiliki kekuatan untuk menjalankan grafis yang cukup kompleks.

Secara keseluruhan, tolok ukur menunjukkan Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL memiliki paket komputasi yang sangat baik. Kinerja apa pun terasa sangat baik dan Pixel 2 dan 2 XL mungkin adalah smartphone Android tercepat yang terbaru. RAM 4 GB yang dibawanya sangatmendukung banyak aplikasi berjalan bersamaan.

Contoh terbaik dari hal ini adalah multi-tasking karena hanya butuh sepersekian detik untuk beralih antara aplikasi terbaru dengan menggunakan shortcut baru dari dua kali menekan tombol.

Lebih jauh di sisi perangkat lunak hal-hal nanti tapi saya akan mengatakan bahwa sementara Android dikenal karena menawarkan pengalaman terbaik, ini terasa seperti pertama kalinya Android OEM berhasil benar-benar cepat. Karena Snapdragon 835 dan karena Android Murni itu sendiri, ini adalah salah satu pengalaman yang paling andal dan dapat diandalkan di luar sana.

4.      Perangkat keras

Google Pixel 2 dan 2 XL pasti terlihat setara dengan kebanyakan flagships, kecuali karena kurangnya slot kartu microSD. Ada dua opsi penyimpanan 64GB dan 128GB. Jika Anda upload penuh foto ke Google Photos maka akan dibackup otomatis saat terhubung ke WiFi dan membuatnya lebih mudah untuk memastikan gambar telah disinkronkan ke server Google.

Saat Anda kehabisan ruang, Asisten’s Free Up Space memeriksa gambar mana pada ponsel Anda yang telah dicadangkan dan kemudian dapat menghapusnya dari penyimpanan lokal ke ruang kosong. Selama Anda memiliki koneksi internet, Anda masih dapat melihat dan mengakses gambar tersebut di aplikasi Foto, tapi cukup lambat, terutama pada koneksi data mobile.

Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL memang dilengkapi dengan sejumlah fitur perangkat keras yang Anda harapkan dapat ditemukan di smartphone unggulan tahun 2016, termasuk LTE Cat 12, Wi-Fi dual-band n / ac, Bluetooth v4.2, NFC dan sebuah konektor USB Type-C 3.0 reversibel.

Juga onboard di sensor sidik jari di bagian belakang, yang sedikit lebih besar dari kebanyakan sensor sidik jari yang digunakan pada smartphone Android lainnya. Google Pixel 2 juga mendukung gerakan swipe-down yang memungkinkan Anda menurunkan panel notifikasi dengan cepat.

Sensor sidik jari juga agak cepat untuk membuka handset Anda dan sepertinya bekerja hampir setiap saat, meski kadang-kadang Anda bisa melepaskan jari Anda sebelum dikenali. Ini adalah cara termudah untuk membuka kunci ponsel Anda, terutama karena Anda dapat membuka hanya dengan menggunakan sidik jari Anda.

Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL ini memiliki rating IP67 untuk ketahanan debu dan air yang. Apa artinya ini dalam penggunaan dunia nyata? Secara sederhana ketika ponsel harus bertahan dengan air setetes di toilet atau terjebak dalam badai hujan, Pixel 2 dan 2XL akan mampu melakukannya. HP tahan air ini mampu bertahan didalam air sedalam 1 meter selama 30 menit.

5.      Daya tahan baterai

Google Pixel 2 dibekali dengan baterai 2700 mAh sedangkan Google Pixel 2 XL dibekali baterai 3520 mAH. Kapasitas lebih besar dari Google 2 XL tentu saja  tidak memberikan masa pakai baterai yang jauh berbeda. Karena tampilan yang lebih besar dan lebih padat.

Tentu saja selain ukuran layar, faktor seperti kecerahan layar, berapa banyak aplikasi yang disinkronkan di latar belakang dan seberapa banyak Anda menggunakan telepon ini benar-benar berdampak pada daya tahan baterai. Namun kebanyakan, pengguna dengan mudah bisa mendapatkan penggunaan sepanjang hari.

Menurut klaim Google, Pixel 2 dan 2 XL mendukung pengisian cepat dan dalam 15 menit Anda dapat menggunakan HP anda selama 7 jam. Selain itu Rapid Charging pasti membantu mengisi baterai saat Anda hanya memiliki waktu terbatas.

6.      Kamera

Pada peluncuran Pixel 2 dan Pixel 2 XL, Google fokus pada lima poin penjualan utama untuk handset andalannya, dengan kamera salah satu pesan utama. Google Pixel 2 dan 2 XL dibekali kamera belakang beresolusi 12,2 Mega Piksel dan kamera depan 8 Mega Piksel. Selain itu keduanya mampu merekam video dengan kualitas super High Deifinition hingga 2160p pada 30 frame per second.

Di siang hari, gambarnya sangat tajam, sangat detil dan kamera memiliki jangkauan dinamis yang sangat bagus. Hal ini terutama terjadi pada mode HDR + yang melakukan pekerjaan yang hebat dengan mengencangkan sorot dan bayangan, tanpa membuat gambar terlihat tidak wajar atau palsu.

Berkat HDR pada sensor, pemrosesan adalah bagian terbaik dari pengambilan kamera tanpa ada waktu untuk memproses gambar.

google pixel 2

via theverge.com

Gambar sangat tajam di hampir semua kondisi dan sementara kurangnya kontrol manual tidak memberi banyak fleksibilitas untuk menyesuaikan gambar Anda. Berfokus pada subjek dan menyesuaikan kondisi dengan cepat. Selain itu slider paparan memberi Anda lebih banyak EV tingkat dari kebanyakan perangkat Android.

Dalam lowlight, kamera juga terus memberikan kualitas baik. Meski memang memiliki beberapa celah pada armornya. Anda harus tetap menjaga tangan Anda dengan sempurna jika tidak, kemungkinan besar Anda akan berakhir dengan gambar berisik yang penuh dengan noise. Meskipun kinerja cahaya rendah bukanlah yang terbaik,  foto-foto itu masih cukup bagus untuk dibagikan pada sosial media.

Secara keseluruhan tidak ada keraguan bahwa kamera Pixel dan Pixel XL jauh lebih baik dari pada persaingan dan pada akhirnya, Google telah membuat kamera yang memudahkan setiap orang untuk memotret. Menawarkan kecepatan yang sangat baik.

Bahkan saat menggunakan tombol tekan ganda pada shortcut tombol daya untuk meluncurkan kamera. Foto yang luar biasa dan rekaman video yang bagus, tidak ada keraguan bahwa kamera smartphone ini setara dengan yang terbaik.

7.      Perangkat lunak

Dari sisi sistem operasi, seperti yang sudah saya tulis di atas Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL menjalankan OS Android 8 Oreo terbaru yang masih sangat Murni. Karena pada dasarnya Android adalah Ciptaan Google. Selain itu, pengguna HP buatan Google akan mendapatkan kesempatan untuk mencoba dan memberikan testimoni untuk Android versi terbaru yang akan di update.

Sejauh ini, titik penjualan terbesar Google Pixels adalah Google Assistant. Yaitu asisten suara berbasis AI yang baru dari Google yang menawarkan beberapa fitur luar biasa. Asisten yang sama yang memberi kekuatan pada Google Allo  juga tersedia di Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Intinya, ini adalah versi Google Now yang jauh lebih cerdas. Dan memungkinkan Anda berkomunikasi dengan Google menggunakan lebih banyak pola percakapan percakapan.

Kemampuan untuk lebih bercakap-cakap berarti Anda bisa mengatakan lebih banyak lagi, Anda bisa bercanda dengan itu dan Anda bahkan dapat memintanya untuk membacakan sebuah puisi. Dasar-dasarnya belum dilupakan juga, karena Anda juga dapat menggunakannya untuk hal-hal mendasar. Seperti menyetel timer, memeriksa kalender, cuaca, skor olahraga, atau lebih.

google pixel 2

via theverge.com

Bagi mereka yang sering memiliki buku harian lengkap, fitur pengarahan harian memungkinkan Anda mencerna agenda Anda untuk hari ke depan di samping informasi lainnya.  Tentu tanpa harus melakukan banyak hal selain menyiapkannya dan mengatakan Selamat Pagi. Ini adalah fitur yang benar-benar bermanfaat dan juga tersedia di Beranda Google yang mungkin lebih praktis daripada kopi pagi Anda.

Spesifikasi Lengkap Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL

 GOOGLE PIXEL 2 XL GOOGLE PIXEL 2
NETWORKGSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTEGSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE

BODY

Dimensions157.9 x 76.7 x 7.9 mm (6.22 x 3.02 x 0.31 in)145.7 x 69.7 x 7.8 mm (5.74 x 2.74 x 0.31 in)
Weight175 g (6.17 oz)143 g (5.04 oz)
SIMNano-SIM card & eSIMNano-SIM card & eSIM
– IP67 certified – dust and water resistant– IP67 certified – dust and water resistant
– Water resistant up to 1 meter and 30 minutes– Water resistant up to 1 meter and 30 minutes
ColorsJust Black, Black & WhiteKinda Blue, Just Black, Clearly White

DISPLAY

TypeP-OLED capacitive touchscreen, 16M colorsAMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Size6.0 inches (~76.4% screen-to-body ratio)5.0 inches (~67.9% screen-to-body ratio)
Resolution1440 x 2880 pixels (~538 ppi pixel density)1080 x 1920 pixels (~441 ppi pixel density)
MultitouchYesYes
ProtectionCorning Gorilla Glass 5Corning Gorilla Glass 5
– Always-on display– Always-on display
– 100% DCI-P3 coverage– 95% DCI-P3 coverage

PLATFORM

OSAndroid 8.0 (Oreo)Android 8.0
ChipsetQualcomm MSM8998 Snapdragon 835Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835
CPUOcta-core (4×2.35 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo)Octa-core (4×2.35 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo)
GPUAdreno 540Adreno 540

MEMORi

Slot MicroSDNoNo
Internal64/128 GB, 4 GB RAM 64/128 GB, 4 GB RAM

KAMERA

Belakang12.2 MP, f/1.8, OIS, phase detection & laser autofocus, dual-LED flash12.2 MP, f/1.8, OIS, phase detection & laser autofocus, dual-LED flash
Fitur1/2.6″ sensor size, 1.4 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama1/2.6″ sensor size, 1.4 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video2160p@30fps, 1080p@30/60/120fps, 720p@240fps2160p@30fps, 1080p@30/60/120fps, 720p@240fps
Secondary8 MP, f/2.4, 1/3.2″ sensor size, 1.4 µm pixel size, 1080p8 MP, f/2.4, 1/3.2″ sensor size, 1.4 µm pixel size, 1080p

SOUND

Alert typesVibration; MP3, WAV ringtonesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes, with stereo speakersYes, with stereo speakers
3.5mm jackNoNo
– Active noise cancellation with dedicated mic– Active noise cancellation with dedicated mic
– Type-C to 3.5 mm headphone jack adapter– Type-C to 3.5 mm headphone jack adapter

Komunikasi

WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspotWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX HD5.0, A2DP, LE, aptX HD
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEOYes, with A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
NFCYesYes
RadioNoNo
USB3.1, Type-C 1.0 reversible connector (PowerDelivery 2.0)3.1, Type-C 1.0 reversible connector (PowerDelivery 2.0)

Fitur lain

SensorsFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometerFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
MessagingSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IMSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BrowserHTML5HTML5
JavaNoNo
– Fast battery charging– Fast battery charging
– MP4/H.264 player– MP4/H.264 player
– MP3/WAV/eAAC+ player– MP3/WAV/eAAC+ player
– Photo/video editor– Photo/video editor
 BATERAINon-removable Li-Ion 3520 mAhNon-removable Li-Ion 2700 mAh

 

Related Posts

About The Author

2 Comments

Add Comment