Dunia Internet

Review Sintesa: Belajar Internet Marketing Berbasis Pondok

Review sintesa – Apabila terbayang dengan pondok, mungkin di benak kamu tergambar berbagai orang berilmu dan kalem serta memiliki akhlak yang mulia. Serta dengan berbagai macam pelajaran pondok yang tentunya berkaitan dengan akhirat, mengkaji berbagai kitab-kitab hadist serta kitab-kitab karya para imam dan para ulama.

Ya, itu semua mungkin hadir di sebuah pondok yang bernama Sintesa. Namun apakah semua kegiatan-kegiatan di Sintesa berfokus saja pada hal-hal agama? Ternyata tidak, pondok Sintesa ternyata juga memberikan pelajaran-pelajaran mengenai berbagai dunia internet marketing.

Dan pada post kali ini kita akan melakukan review Sintesa, sebuah pondok modern yang menggunakan kekuatan internet marketing untuk menunjang akhirat.

Memulai Review Sintesa Dengan Awal Berdirinya

Review Sintesa

Dari beberapa informasi yang saya dapatkan dari postingan admin Sintesa di sini membuat saya tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang awal berdirinya Sintesa.

Baik, sebelum kita memulai lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui siapa pendiri dari Sintesa ini. Pendiri Sintesa bernama Ibrahim Vatih yang bisa kamu lihat blog pribadinya di link berikut: vatih.com.

Dia merupakan seorang internet marketer yang berasal dari Magetan, Jawa Timur.

Baik, mari kita lebih lanjut membahas tentang awal beridirinya Sintesa. Dari informasi yang saya dapat dari artikel tadi, ternyata awal berdirinya Sintesa adalah ketika mas Vatih dan temannya (mungkin) yang bernama Een melakukan obrolan tentang kontribusi mereka untuk masyarakat sebagai khalifah di bumi.

Loading...

Bahkan, obrolannya bersama mas Een tersebut berlangsung sampai larut malam, hal itu membuahkan hasil berupa tekad untuk mewujudkan ide tersebut semakin mantap.

Kemudian lanjut pada bulan Januari tahun lalu (2016). mas Vatih melakukan semacam pemikiran yang dalam untuk menerapkan ide tersebut. Lagi-lagi mas Een menjadi teman perbincangan ide tersebut. Kemudian dipilihlah Qur’an dan bisnis online sebagai materi untuk para santri.

Bahkan, co-founder dari Pondok Programmer sendiri yaitu mas Rulli Indrawan turut andil dalam pembentukan Sintesa, yakni ketika mas Rulli memberikan saran serta juga masukkan untuk mas Vatih.

Kuis

Review Sintesa
Mas Vatih via Wisuda Angkatan 2

Sepak terjangnya belum sampai disini, mas Vatih kemudian melakukan semacam kuis yang beliau sebarkan di media sosial, yakni tepatnya pada bulan Januari tahun lalu (2015, mungkin). Dan akhirnya hasil dari kuis tersebut mendapat kurang lebih 70 orang yang tertarik dan akhirnya mendaftarkan diri sebagai calon santri di Sintesa, hal itu didapatkannya hanya kurang dari 1 bulan saja.

Kemudian seperti sekolah atau pesantren pada umumnya, mas Vatih melakukan seleksi yang tentunya harus sesuai dengan standar yang sudah diumumkan di postingannya atau di kuisnya, ditambah lagi dengan wawancara singkat lewat SMS atau pesan elektronik.

Dan akhirnya pada awal Februari, pondok Sintesa sudah resmi untuk beraktifitas menjalankan berbagai macam kegiatannya. Dan ya, ada 9 orang yang telah bergabung di Sintesa. Namun perlu diketahui, target awal Sintesa adalah 10 orang, namun sebagian dari 9 orang tersebut tidak mendapatkan ijin dari orang tua sehingga membuat mas Vatih tidak bisa menerima sebagian calon santri tersebut.

Awal berdirinya tentunya ada tantangan tersendiri, yakni ketika beberapa orang tua memandang Sintesa tidak dapat dipercaya. Kita tau sekarang banyak kasus aliran-aliran sesat bahkan ada juga orang yang mengaku Nabi, padahal tentunya Nabi terakhir pemimpin umat manusia adalah Nabi Muhammad Shallahualaihi Wasalam.

Ada juga orang tua yang mengira bahwa di Sintesa tidak mendapatkan makan siang gratis bagi para santri, namun anggapan tersebut tidak, tentunya ada makan siang gratis. Semua ini wajar, wong namanya juga baru beridir tentunya banyak lika-liku yang harus dihadapi. Bahkan ada juga para orang tua yang khawatir karena takut anaknya didoktrin oleh hal-hal yang tak sesuai.

Dan Alhamdulilah mas Vatih sudah siap dengan anggapan semua itu. Perlahan-lahan mas Vatih memperkenalkan berbagai program di Sintesa kepada banyak orang (dan mungkin termasuk para orang tua calon santri).

Review Sintesa di Bagian Websitenya

Mereview Sintesa pada bagian websitenya merupakan hal yang saya sukai. Bisa dibilang mungkin website merupakan salah satu media untuk memperkenalkan kepada orang-orang tentang adanya Sintesa. Maka dibuatlah website Sintesa yang beralamatkan http://www.sintesa.net.

Dari tampilan website Sintesa sendiri menurut saya enak dipandang dan memiliki kenyamanan tersendiri di mata. Bernuansa hijau merupakan hal yang bisa kamu temuka di website Sintesa.

Website Sintesa sendiri memiliki berbagai informasi-informasi tentang Sintesa tentunya, mulai dari jadwal kegiatan di Sintesa, kemudian berbagai macam catatan para santri, dan halaman donasi.

Dan semua hal tersebut akan kita bahas di artikel review Sintesa berikut.

Lalu, Materi/Kegiatan Apa Sajakah yang Ada di Sintesa?

Review Sintesa yang pertama adalah dengan mengetahui apa saja kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Sintesa sendiri. Mungkin teman-teman semua bertanya-tanya, apa saja sih materi atau kegiatan apa saja yang diberikan oleh para guru kepada santri dan apa saja hal-hal yang dilakukan para santri di pondok ini.

Nah pada bagian ini mari kita bahas.

1. Sholat Wajib 5 Waktu

Hal ini tentunya merupakan suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh para santri, namun tentunya bukan para santri saja, semua orang yang beragama Islam tentunya wajib sholat 5 waktu.

Dan hal ini tentunya diaplikasikan oleh pondok Sintesa sebagai salah satu program wajib. Bukan hanya menjalankan kewajiab sebagai seorang Muslim, para santri diwajibkan melakukan sholat wajib 5 waktu juga berguna untuk membaur bersama masyarakat. Kita sepakat bahwa yang namanya akhlak perlu kita tunjukkan, dan hal ini ternyata diaplikasikan juga di Sintesa.

2. Tahfidz Qur’an

Kegiatan selanjutnya yang dilakukan oleh para santri ialah tahfidz Qur’an. Bagi kamu yang belum tau apa itu tahfidz Qur’an, maka kamu bisa membaca bagian ini sampai selesai. Tahfidz Qur’an merupakan sebuah metode talaqqi atau yang biasa kita sebut dengan dikte. Metode ini memberikan kesempatan kepada para santri untuk menghafal ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Dan program ini menurut saya sangat bagus untuk dilakukan oleh para santri, sehingga para santri bukan hanya melakukan keiatan-kegiatan duniawi, melainkan kegiatan yang dapat menunjang akhiratnya.

3. Sholat Sunnah Dhuha Setiap Hari

Yang selanjutnya adalah program sholat sunnah Dhuha setiap hari. Hal ini juga merupakan program yang sangat bagus untuk diterapkan di Sintesa kepada para santri. Minimal adalah 2 rakaat setiap harinya yang perlu dilakukan oleh para santri di Sintesa.

4. Puasa Senin-Kamis

Puasa senin-kamis merupakan suatu ibadah sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah Shallahu Alaihi Wasalam. Dan ibadah ini ternyata diterapkan juga di pesantren Sintesa. Dan uniknya, program puasa senin-kamis ini ternyata dibuat oleh santri angkatan pertama. Harapan Sintesa sendiri agar program ini dapat menjadi wasilah untuk para santri Sintesa guna menerima serta mengamalkan ilmu yang sudah diperolehnya.

5. Dzikir Pagi-Petang

Yang ini juga merupakan ibadah yang InsyaAllah mendapatkan pahala yang baik dari Allah untuk para santri dan muslim yang menjalankannya. Program ini diadakan setiap hari Rabu dan Jum’at, kenapa tidak setiap hari? Dari sumber yang saya dapatkan dari Sintesa, alasannya karena yang penting agar bisa konsisten dan menjadi amal sholih.

6. Membangun Website

Nah kegiatan ini mungkin juga merupakan kegiatan wajib, dimana para santri memiliki satu website yang diurus sebagai media belajarnya, sekaligus juga agar dapat dijadikan sebagai media bisnis di waktu yang mendatang. Dan pihak Sintesa akan mengajarkan membuat website dari awal.

7. SEO Marketing

Setelah para santri memiliki website, kemudian yang mungkin akan diajarkan oleh para guru di Sintesa adalah SEO Marketing. Di teknik SEO Marketing ini memungkinkan para santri untuk mendapatkan ratusan atau bahkan mungkin ribuan pengunjung setiap harinya.

8. Social Media Marketing

Selanjutnya adalah Social Media Marketing, tentunya bagi anda yang sudah berkecimpung di dunia internet apalagi bisnis online sudah paham akan istilah ini. Di Sintesa juga akan diajarkan social media marketing kepada para santri, alat-alatnya mungkin seperti Facebook dan Twitter. Bahkan dari informasi yang saya dapat, mereka bukan hanya menggunakan social media marketing untuk mencari visitor’s atau berjualan saja, namun juga untuk dakwah.

9. Optimasi Keyword

Nah yang satu ini mungkin masih ada kaitannya dengan SEO marketing, dimana nantinya para santri akan diajarkan bagaimana caranya untuk mengoptimasi keyword. Optimasi keyword ini dilakukan dimulai dengan riset keyword, riset kompetitor, sampai dengan proses rekayasa halaman satu menggunakan optimasi halaman atau onpage, dan juga backlink atau offpage. Hal ini dilakukan agar para santri nantinya dapat bisa memperoleh sense dalam mengolah keyword.

10. Menulis Dengan Baik

Program selanjutnya yang dilakukan di Sintesa adalah menulis dengan baik. Kita tau semuanya bahwa seorang blogger atau seorang internet marketer mungkin perlu memiliki kemampuan menulis yang baik dan benar, bukan “belepotan”, nah maka dari itu di Sintesa dihadirkan program seperti ini agar para santri dapat membuat konten yang mudah dibaca oleh pembaca.

11. Mengasah Skill Backlink

Sebuah situs tentunya mungkin memerlukan yang namanya backlink. Karena ini mungkin penting dimata Sintesa, maka program ini dipilih dan dihadirkan di Sintesa. Backlink yang dicari tentunya merupakan backlink yang berkualitas dan para santri nantinya akan dilatih untuk mengoptimasi keyword menengah atau medium hanya dengan memakai beberapa backlink saja.

Kegiatan Lainnya

Mereview Sintesa pada bagian kegiatan tentunya buka hanya sampai bagiann tadi, terdapat kegiatan-kegiatan lainnya. Dan berikut ini adalah daftar kegiatan para santri Sintesa mulai dari Subuh sampai malam hari.

Review Sintesa

Jadwal kegiatan disamping merupakan jadwal kegiatan yang umum, dan berikut ini adalah beberapa jadwal kegiatan secara mendalamnya.

  1. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, setiap hari Senin dan Kamis akan diadakan puasa sunnah.
  2. Di hari Senin dan Kamis juga nantinya terdapat jadwal kajian rutin yang sumbernya dari video YouTube.
  3. Dzikir pagi dimulai saat selepas sholat Subuh, dan dzikir petang dimulai pada selepas sholat Maghrib.
  4. Ngaji atau membaca surah Al-Kahfi setap malam Jum’at (hari Kamis sesudah Isya’).
  5. Bersih-bersih atau masjid untuk sholat Jum’at sesuai jadwal piket.
  6. Setiap hari Selasa dan Jum’at diadakan futsal selepas sholat Ashar.
  7. Setiap bulannya mengadakan renang
  8. Santri memiliki jadwal piket masak nasi, cuci piring, membersihkan ruang asrama, dan yang lain.
  9. Masak sayur serta lauk-pauk untuk dimakan sehari-hari, sahur, dan berbuka (sudah dikerjakan oleh khadimat).

Ada pula sistem pola hidup sehat di Sintesa, yakni:

  1. Jam 22.00 para santri harus selesai dari pekerjaan dan sudah tidur.
  2. Tak boleh ada yang tidur selepas Subuh.
  3. Minum minimal 2 liter setiap harinya, dan para santri memiliki botol air minum yang sudah siap disamping laptop.

Ada pula tata tertib yang lainnya yang tentunya sangat banyak, namun tentu itu semua guna membuat para santri semakin menjadi pemuda bangsa yang berakhlak bagus. Tata tertib lainnya bisa kamu cek di halaman Tata Tertib Sintesa.

Curhatan Para Santri

Review Sintesa selanjutnya akan sabeberapa santri yang memberikan kontribusinya melalui tulisan untuk memperkenalkan Sintesa kepada kita, mulai dari curhatan mereka, kemudian tutorial mengenai ilmu yang mungkin mereka dapatkan dari Sintesa, dan yang lain sebagainya.

Jadi bisa dibilang bukan hanya saya saja yang sedang melakukan review Sintesa, melainkan beberapa santri berikut juga akan melakukan review Sintesa, mari kita simak.

1. Liburnya Para Santri (Ditulis Oleh Wizam Robbani)

Review Sintesa

Tulisan pertama atau review Sintesa yang pertama dari salah satu santri adalah tentang keseharian para santri yang dilakukan ketika libur melanda. Tulisan atau artikel tersebut ditulis oleh salah satu santri yang bernama Wizam Robbani.

Di artikel tersebut mas Wizam menceritakan pengalamannya tentang keseharian para santri ketika libur. Perlu diketahui bahwa liburnya Sintesa itu dua hari, yakni hari Sabtu dan Minggu. Para santri di situ di beri kesempatan untuk bebas untuk bermain game, nonton YouTube, dan film selama mereka di asrama.

Kebijakan libur tersebut sudah ada semenjak santri angkatan pertama ada, sehingga santri yang lainnya dapat menikmati kebijakan tersebut, termasuk angkatannya mas Wizam.

Di tulisan tersebut terdapat banyak sekali pelajaran yang bisa kita petik, mulai dari pengalaman mas Wizam dan teman-temannya saat mendapatkan wejangan atau mungkin artinya adalah ceramah tentang pernikahan, pengalaman mereka saat canda dan tawa, dan yang lain sebagainya.

Kamu bisa membaca artikelnya di link berikut: http://www.sintesa.net/liburnya-para-santri/

2. Rahasia Para Santri Bisa Maksimal Saat Optimasi (Ditulis Oleh Awfa Sehat)

review sintesa

 

Artikel selanjutnya ditulis oleh salah satu santri yang bernama Awfa Sehat. Artikel ini mungkin memiliki dua cabang kategori, yakni tutorial dan curhatan.

Di dalam artikel tersebut mas Awfa Sehat menyebutkan beberapa resep yang mungkin biasa dilakukannya ketika mengoptimasi website, mulai dari pembahasan seputar SEO Onpage, ada juga SEO Offpage, Backlink Ghaib, dan yang paling bagus adalah Optimasi Doa.

Di artikel tersebut juga mas Awfa Sehat menceritakan pengalamannya saat dia dan teman-temannya diberikan tugas berupa mengoptimasi keyword yang jumlah pencariannya diatas 5.000, dan mereka hanya diberi waktu sekitar satu mingguan untuk mengoptimasi keyword tersebut.

Dan di artikel tersebut dijelaskan pula bahwa di Sintesa terdapat program atau kegiatan berupa menelepon orang tua selama satu minggu sekali, hal itu memungkinkan para orang tua dapat mengetaui kabar anak-anaknya.

Kamu bisa membaca artikel milik Awfa Sehat ini di link berikut: http://www.sintesa.net/rahasia-para-santri-bisa-maksimal-saat-optimasi/

3. Pesan Untuk Angkatan Baru (Ditulis Oleh Adhi Maspamuji)

Artikel yang satu ini ditulis oleh salah satu santri yang bernama Adhi Maspamuji yang berisi tentang berbagai macam pesan kepada para santri yang baru.

Isi dari artikel atau pesan tersebut berisi tentang nasihat berbobot kepada para santri yang tentunya berdasarkan pada dalil-dalil yang ada di Al-Qur’an.

Dan bagi kamu yang akan masuk atau mendaftar di Sintesa, maka mungkin kamu bisa baca artikel buatan mas Adhi tersebut terlebih dulu agar kamu tau gambaran apa saja yang perlu kamu lakukan guna kamu dapat menjalani aktifitas di Sintesa dengan baik.

Kamu bisa membaca artikel atau review Sintesa dari mas Adhi tersebut di tautan berikut ini: http://www.sintesa.net/pesan-untuk-angkatan-baru/

4. Daftar Plugin yang Wajib di Install (Ditulis Oleh Miftahul Yahyadanusa)

Dalam artikel yang ditulis oleh mas Miftahul ini berisi apa-apa saja plugin yang diperlukan oleh para santri di Sintesa. Dan bisa ditebak, mungkin para santri diwajibkan untuk menggunakan CMS WordPress untuk membuat situsnya.

Bertamu?

Sintesa juga menyediakan kesempatan bagi teman-teman yang ingin bertamu di Sintesa. Dari yang saya ketahui, ara tamu di Sintesa diperkenankan untuk sharing pengalamannya dalam bidang apapun yang penting memiliki kandungan yang positif.

Saat menjadi tamu di Sintesa, kamu perlu mengikuti berbagai aturan yang berlaku disana, mulai dari adab-adab, hak-hak, kewajiban dan yang lain sebagainya.

Dan dari yang saya tau, kebanyakan tamu yang berkunjung di Sintesa berniat untuk mempelajari bagaimana sistem belajar dan mengajar di Sintesa, mencari tau apa saja yang dilakukan oleh para santri Sintesa, belajar bareng dengan pendiri Sintesa, yaitu mas Ibrahim Vatih, berkenalan dengan para santri dan juga para pengelola Sintesa. Nah bagian ini kita akan review Sintesa pada bagian “Bertamu”, mari kita simak bersama.

Saya Ingin Menjadi Tamu, Gimana Caranya?

Nah apabila kamu memiliki pengalaman dalam bidang bisnis atau bidang apa saja yang bermuatan positif tentunya, maka kamu dapat sharing kepada para santri Sintesa. Caranya? Gampang.

Seperti yang dilansir pada halaman resmi Sintesa, bahwa untuk menjadi tamu Sintesa diperkenankan terlebih dulu untuk mengirim pesan kepada Sintesa melalui fanpage resminya, yaitu Sintesa Play. Di pesan tersebut isi maksud dan tujuan kamu berkunjung ke Sintesa.

*perlu diketahui bahwa maksimal tamu yang berkunjung adalah 6 orang

Dan kamu tentunya dapat menginap di Sintesa, namun dengan syarat kamu harus memiliki kenalan atau koneksi dengan salah satu teman atau orang yang kenal mas Ibrahim Vatih selaku pendiri Sintesa.

Namun kalau kamu tidak memiliki koneksi tentu tak apa, tapi kamu hanya bisa berkunjung di Sintesa tanpa menginap.

Bagaimana? Tertarik untuk bertamu? ๐Ÿ˜€

Para Tokoh Dibalik Layar

Review Sintesa selanjutnya kita akan membahas tentang para tokoh-tokoh atau istilahnya “back-end” di Sintesa. Dan berikut ini adalah daftar pengelola Sintesa.

review sintesa

Terlihat di daftar tersebut ada nama Moh Marzuqi dan Into, dan dari yang saya tau, mereka berdua merupakan santri angkatan pertama yang mungkin di ambil mas Vatih untuk menjadi guru di Sintesa. (Kamu juga dapat melihat daftar para santri di tautan berikut: http://www.sintesa.net/santri/).

Jadi mungkin kamu dapat menjadi guru senior disini apabila kamu memiliki kemampuan yang mahir di bidang kamu ๐Ÿ˜€

Mari Berdonasi

Review Sintesa selanjutnya akan kita lakukan pada bagian donasi. Saya sendiri sangat suka dengan program seperti ini, dimana pesantren Sintesa InsyaAllah dapat berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Namun semua itu tentunya memerlukan berbagai usaha dan jerih payah.

Dan ternyata bagi teman-teman yang ingin berpatisipasi dalam pembangunan Sintesa dapat menyisihkan rejekinya untuk berdonasi.

Dan mari kita ringankan mereka untuk mungkin biaya pembangunan, sarana nan pra sarana, dan yang lainnya dengan cara berdonasi.

Ada banyak prestasi yang sudah ditorehkan oleh para santri Sintesa, mulai dari hafalan 2 juz, sudah terbiasa untuk membaca Al-Kahfi setiap hari Jum’at, dzikir pagi dan petang, sudah terbiasa sholat dhuha setiap harinya, perkembangan membaca Al-Qur’an yang lebih baik, pageviews website yang lebih dari 1000 per hari, dan dapat membuat konten yang SEO friendly.

Dan tentunya ada berbagai macam orang yang datang ke Sintesa dengna berbagai latar belakang ekonomi, dan mungkin ada yng terhambat karenanya. Maka dari itu, mari kita sisihkan rejeki kita untuk membantu mereka.

Informasi lebih lanjut, kamu dapat menuju halaman berikut: Donasi.

Gimana Caranya Jadi Santri?

Nah bagi kamu yang ingin menjadi salah satu santri si Sintesa, mudah kok. Kamu hanya perlu mengisi formulir, kemudian menunggu, dan selesai.

Namun mengisinya tentu butuh perjuangan.

Berikut merupakan syarat-syarat yang harus kamu penuhi sebelum menjadi pesantren Sintesa.

  1. Kamu merupakan seorang lelaki yang usianya 18 sampai 25 tahun.
  2. Kamu siap belajar di pesantren selama satu tahun
  3. Kamu belum memiliki keluarga (mungkin maksudnya belum memiliki istri)
  4. Kamu tidak sedang kuliah atau sudah selesai kuliah
  5. Kamu memiliki laptop
  6. Kamu mendapatkan izin dari orang tua.

“Tapi nanti disana saya dapat apa saja?” Nah mungkin pertanyaan ini ada di benak kamu. Tenang, selain kamu mendapatkan ilmu agama dan ilmu dunia (yang tentunya ilmu dunia ini dapat kamu manfaatkan untuk mencari pahala), kamu akan mendapatkan fasilitas berikut ini, InsyaAllah.

  1. Internet dan WiFi,
  2. Makan 3 kali sehari (secara berjamaah),
  3. Sepakbola 2 kali dalam satu minggu,
  4. Kasur tidur yang tentunya bersih,
  5. Dapur yang bersih dan juga peralatannya (tentunya lengkap),
  6. Kamar mandi yang bersih,
  7. Ruang belajar yang bersih nan nyaman,
  8. Dan yang lain.

Serta kamu juga akan mendapatkan fasilitas spiritual atau ibadah, diantaranya adalah:

  1. Kamu InsyaAllah akan menghafal minimal 3 ayat Al-Qur’an selama setiap harinya.
  2. Diwajibkan sholat wajib 5 waktu secara berjama’ah di masjid.
  3. Sholat dhuha setiap hari,
  4. Tilawah Al-Qur’an,
  5. Kajian dan juga kultum.

Dan di Sintesa, kamu akan fokus belajar 4 hal, yaitu membangun website, SEO marketing, Facebook Marketing, dan Google AdWords, semua itu akan kamu lakukan di Sintesa, InsyaAllah.

Bagaimana Cara Daftarnya?

Untuk sekarang (Desember 2016) pendaftaran Sintesa masih ditutup, dan akan dibuka lagi di Februari 2017, maka dari itu bagi kamu yang ingin menjadi santri di Sintesa perlu sabar ya.

Nah untuk lokasi Sintesa sendiri dapat kamu temukan di alamat berikut:

Desa Ngadirejo RT04/02
Kec. Kawedanan
Kab. Magetan
Jawa Timur

Nah informasi tentang pendaftaran ini dapat kamu lihat di halaman pendaftaran, silahkan klik link berikut ini: http://www.sintesa.net/pendaftaran/

Penutup

Dar yang bisa kita simpulkan dari review diatas, bahwa memang Indonesia sekarang ini membutuhkan “sesuatu” yang membuat para masyarakat memiliki kepribadian bagus serta memiliki kemampuan yang juga maju.

Dan bisa jadi kemampuan tersebut (seperti internet marketing) dapat digunakan untuk memajukan bangsa, terutama juga memajukan agama.

Sehingga negara ini dapat menjadi negara yang maju dan juga para muslim di Indonesia dapat menyebarkan dakwah secara global menggunakan kemampuannya yakni internet marketing.

Dan Sintesa adalah salah satu solusinya. Dengan adanya Sintesa, InsyaAllah Indonesia bisa lebih maju dari sebelumnya, sehingga tak ada lagi kesenjangan sosial, bahkan kemiskinan pun dapat diberantas.

Bukan hanya itu juga, diharapkan dengan adanya seperti Sintesa ini membuat umat Islam menjadi lebih mudah untuk berdakwah.

Baik, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat, sekian terima kasih.

Artikel terkait :ย Berbagai Bisnis Untuk Anak Sekolahan ini Bisa untuk Uang Tambahan



Loading...

Baca selengkapnya