Bisnis Online

Ribet Kelola Banyak Toko Online? Gunakan Sakoo Saja

Di era seperti sekarang ini di mana perkembangan teknologi begitu pesat, lini kehidupan manusia sedikit demi sedikit mulai mengalami perubahan. Salah satu perubahan yang paling nampak adalah perubahan terkait cara manusia bertahan hidup, dalam hal ini adalah transaksi perdagangan.

Jika sebelumnya masyarakat banyak mengandalkan perdagangan via offline, namun di era saat ini justru sebaliknya. Kebanyakan masyarakat justru memilih untuk berjualan secara online karena pertimbangan yang beragam, salah satunya adalah pangsa pasar yang lebih luas.

Masyarakat Punya Lebih dari Satu Toko Online

Mengingat berjualan secara online sangat mudah dan menjanjikan, kebanyakan masyarakat pun memiliki banyak toko online. Toko online yang dimaksud di sini adalah toko online buatan sendiri atau yang tergabung dengan beberapa marketplace besar tanah air seperti Shopee, Lazada, hingga Tokopedia.

Dengan memiliki banyak toko online, peluang mendapatkan keuntungan secara besar memang terbuka luas, namun di sisi lain, banyaknya toko online juga mendatangkan sisi negatif, di antaranya adalah tidak maksimalnya pelayanan yang diberikan, hingga salah satu toko yang tidak terurus.

Anda yang memiliki banyak toko online pasti sangat memahami masalah yang sudah disebutkan, namun untuk saat ini, Anda sudah tidak perlu khawatir akan masalah tersebut karena saat ini sudah ada Sakoo yang siap membantu Anda untuk mengurusi beberapa toko online yang Anda kelola.

Apa Itu Sakoo?

Sakoo adalah singkatan dari “Satu Toko Online” yang merupakan aplikasi berbasis web yang menyediakan dan mengintegrasikan channel penjualan offline dan online sehingga dapat membantu pemilik bisnis untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam berjualan. Sakoo menyediakan banyak fitur seperti fitur pengelolaan stok, transaksi, data pelanggan, dan juga katalog produk.

Sakoo berada di bawah naungan Telkom Indonesia dengan alamat kantor di Jakdiva, Telkom Landmark Tower Jl. Gatot Subroto Kav. 52, Jakarta Selatan. Melalui Sakoo ini, Anda yang memiliki banyak toko online akan mudah dalam me-manage toko, karena Sakoo terintegrasi dengan beberapa marketplace terkenal di tanah air.

Karena Sakoo dapat mempermudah Anda dalam berbisnis, maka sangat penting sekali kita untuk mengetahui beberapa fitur yang ada di dalamnya. Dengan mengetahui fitur yang ada di dalam Sakoo, maka penggunaan aplikasi berbasis web tersebut juga akan lebih maksimal.

1. Bisa Buat Toko Online Sendiri

Fitur pertama yang sangat jelas yang dimiliki oleh Sakoo adalah aplikasi ini memungkinkan para penggunanya untuk membuat toko online-nya sendiri. Adapun untuk membuat toko online di Sakoo, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Jika sudah melakukan pendaftaran, maka langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi pada toko yang sudah dibuat. Ada beberapa langkah yang harus ditempuh, di antaranya adalah konfigurasi toko yang meliputi pemilihan alamat sub-domain, konfigurasi katalog, dan juga sinkronisasi marketplace.

2. Terintegrasi dengan Marketplace

Terintegrasi dengan marketplace besar tanah air adalah fitur utama dari Sakoo. Dengan adanya integrasi ini, maka proses pembaruan stok dan juga penambahan produk akan sangat mudah dilakukan. Pengintegrasian Sakoo dengan beberapa marketplace sendiri disebut juga dengan omnichannel.

Omnichannel adalah model bisnis lintas channel yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan pengalaman pelanggan dalam melakukan proses belanja dengan menggunakan berbagai channel, baik online maupun offline. Omnichannel dapat mengintegrasikan channel online dan offline sehingga Anda yang memiliki bisnis offline, dan ingin memperluas pasar di pasar online pun dapat dengan mudah mengintegrasikan bisnis.

3. Tambah Produk Cukup di Sakoo

Masalah utama ketika kita memiliki banyak toko adalah tidak leluasanya kita dalam menambahkan produk, karena terkadang produk bisa terluput, bahkan data antara satu toko dengan toko yang lainnya bisa berbeda. Namun dengan adanya Sakoo, masalah yang demikian itu akan bisa teratasi karena proses penambahan produk bisa dilakukan di Sakoo saja.

Di Sakoo sendiri proses penambahan produk bisa dilakukan secara satu per satu dan juga massal menggunakan file excel. Dengan demikian, Anda bisa memilih opsi mana yang menurut Anda paling nyaman untuk digunakan. Jadi, silakan gunakan fitur yang satu ini dengan sebaik mungkin.

4. Tersedia Fitur Promosi

Selain menyediakan integrasi marketplace dan beberapa fitur lain, Sakoo juga menyediakan fitur yang tak kalah penting untuk penggunanya, yakni fitur promosi. Seperti yang sudah diketahui, sebuah bisnis akan sulit berkembang tanpa adanya promosi.

Adapun untuk fitur promosi di Sakoo sendiri terdapat tiga pilihan yang bisa diambil, yaitu broadcast SMS, voucher katalog, dan juga promosi toko. Untuk menggunakan tiga fitur promosi yang sudah disebutkan, Anda bisa mengunjungi channel YouTube dari Sakoo, karena di channel tersebut sudah dibahas secara rinci oleh pihak perusahaan.

5. Terdapat Juga Hak Akses

Jika usaha sudah berjalan dengan sangat baik, dan kita sudah mempekerjakan orang lain sebagai karyawan, maka tidak ada salahnya menggunakan fitur hak akses. Fitur yang satu ini memungkinkan orang lain, dalam hal ini karyawan untuk memiliki akses penuh di bagian tertentu yang kita setujui selaku pemilik.

Masih ada beberapa fitur lain yang ada di Sakoo, di antaranya adalah:

  • Jasa pengiriman.
  • Pengaturan kategori.
  • Pengelolaan data pelanggan.
  • Tema gratis untuk toko online.

Sakoo Sangat Membantu UMKM

Kehadiran Sakoo sudah pasti sangat membantu dunia usaha tanah air, karena selain memudahkan seorang pebisnis dalam hal pembuatan website, Sakoo juga sudah melakukan gerakan digital UMKM yang memang sangat dibutuhkan di era saat ini yang merupakan era teknologi.

Jadi untuk Anda yang saat ini memiliki toko online di Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan juga Belanja, silakan integrasikan akun Anda di Sakoo. Dengan melakukan pengintegrasian di Sakoo, maka Anda sudah tidak perlu capek-capek lagi untuk membuka masing-masing akun di tiap marketplace. Jika ada yang mudah, mengapa tidak kita mengambil yang mudah tersebut?

Terakhir, pihak Sakoo mematok tarif untuk beberapa fiturnya. Meskipun begitu, pihak perusahaan tetap menyediakan versi gratis selama 14 hari untuk para penggunanya. Di Sakoo sendiri sudah disediakan beberapa pilihan layanan seperti micro, business, pro dan juga custom. Jadi, silakan Anda melakukan pendaftaran di Sakoo.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close