Robot Menggantikan Pekerjaan Manusia

Robot Menggantikan Pekerjaan Manusia, 6 Teknologi Ini Kelewat Canggih

Robot Menggantikan Pekerjaan Manusia – Hai sobat klikmania dimanapun kalian berada! Apa kabar kalian pada kesempatan kita kali ini? Semoga sehat-sehat dan selalu semangat dalam menjalani hari. Kali ini penulis akan mencoba untuk membahas mengenai beberapa teknologi yang sangat amat canggih nih, kalian penasaran?

Di zaman yang sudah modern ini, telah berkembang banyak sekali teknologi yang di peruntukan bagi kemudahan hidup manusia dalam kesehariannya. Tak sedikit pekerjaan rumah yang telah di gantikan oleh mesin, contohnya seperti pekerjaan mencuci baju, memanaskan makanan, mencuci piring dan lain sebagainya.

Tetapi jika hanya beberapa pekerjaan simpel tentunya tidak akan mengancam pekerjaan manusia secara keseluruhan bukan? Beberapa alat yang di gunakan untuk mempermudah keseharian hidup kini notabenenya harus di gunakan oleh manusia untuk bisa aktif, alias tidak bekerja untuk dirinya sendiri melainkan harus ada orang yang menggunakannya.

Tetapi pernahkan kalian berfikir jika sebentar pekerjaan untuk mengambil kendali atas alat-alat tersebut akan tergantikan juga oleh sebuah alat atau teknologi?

Perkembangan teknologi kini telah mencapai fase akselerasi yang terbilang cukup mengerikan. Umat manusia sebelumnya tak pernah berfikir atau berandai-andai bahwa masa kini akan hadir di kehidupan mereka.

Beberapa pekerjaan kini terancam di gantikan oleh robot atau kecerdasan buatan yang katanya bisa melakukan pekerjaan lebih baik dari pada manusia. Kini era dimana robot menggantikan pekerjaan manusia telah datang dan semakin dekat menuju arah komersialisasi. Apakah hal ini akan menyebabkan dampak negatif untuk kehidupan?

Baiklah, dari pada berekspektasi panjang lebar, mending kita bahas saja sama-sama. Berikut ini penulis telah berhasil merangkum beberapa teknologi yang kini telah menggantikan pekerjaan manusia.

Meski terbilang masih belum di gunakan untuk tujuan komersialisasi, tetapi sepertinya hal itu hanya tinggal menunggu waktu saja. Silahkan simak beberapa ulasannya di bawah ini.

Loading...

Baca Juga : Robot Pembantu Rumah Tangga Tercanggih yang Bisa Menggantikan Pekerjaan Manusia

6 Teknologi Robot Menggantikan Pekerjaan Manusia

Meski jumlahnya masih terbilang sedikit, nyatanya beberapa teknologi ini memang sangat baik dalam melakukan pekerjaannya. Tak heran jika manusia kini seharusnya merasa terancam.

Apakah kita masih membutuhkan dokter bedah jika pekerjaan pembedahan bisa di lakukan oleh robot? Apakah kita masih membutuhkan jasa konsultan manusia jika robot terbilang lebih responsif dan memiliki informasi yang lebih akurat?

1. Chatbot

Robot Menggantikan Pekerjaan Manusia
Sumber Gambar : jalantikus.com

Teknologi yang satu ini terbilang sangat unik dan canggih nih guys. Pasalnya kalian gak perlu susah-susah mencari seseorang yang memiliki ahli di bidang tertentu untuk bertanya. Dengan Chatbot, kalian bisa mendapat jawaban dari pertanyaan serumit apapun secara akurat.

Saat ini, beberapa perusahaan sedang mengembangkan sebuah teknologi aplikasi Artificial Intelegence yang bernama Chatbot untuk berbagai macam keperluan.

Tujuan utama dari keberadaan Chatbot adalah untuk memberikan pelayanan secara cepat kepada konsumen, umumnya di gunakan untuk mengurangi biaya tenaga kerja bagian pelayanan konsumen.

Chatbot bukanlah teknologi yang terbilang baru. Teknologi A.I itu sendiri sudah di perkenalkan sejak tahun 1960-an. A.I atau Artificial Intelegence itu sendiri merupakan kunci yang menjelaskan kenapa Chatbot mampu menjawab pertanyaan rumit sekalipun tanpa berbuat suatu kesalahan.

Teknologi A.I itu sendiri kini telah di kombinasikan dengan berbagai teknologi yang serupa, sangat berbeda dengan jaman dulu.

Dengan adanya teknologi seperti Machine Learning, Deep Learning, NLP (Natural Languange Processing), yang dikombinasikan dengan teknologi Data Mining, telah membuat A.I memiliki kemampuan untuk berkembang dan belajar dengan sendirinya. A.I kini bisa semakin pintar dengan melakukan analisis terhadap berbagai aspek.

Hebat bukan? Jika sekarang kita hanya bisa menemukan Chatbot yang bisa menjawab pertanyaan manusia dalam bentuk aplikasi, hal ini tak menutup kemungkinan jika teknologi A.I dalam Chatbot juga akan kita jumpai dalam bentuk fisik seperti robot. Robot menggantikan pekerjaan manusia kini bukan hanya mitos saja.

2. Robot Bedah

Robot Menggantikan Pekerjaan Manusia
Sumber Gambar : jalantikus.com

Bukan hanya di dunia keseharian rumah saja guys. Robot dengan kemampuan super kini juga bisa kalian temukan di beberapa fasilitas kesehatan super canggih di berbagai pelosok penjuru dunia.

Seperti pertanyaan di atas, apakah kita masih membutuhkan seorang dokter bedah yang handal jika pekerjaan tersebut kini bisa di lakukan oleh robot, bahkan lebih baik.

Teknologi robot bedah itu sendiri sebenarnya telah berkembang sejak tahun 1980-an, bahkan di Negara-Negara adidaya seperti Amerika, Pembedahan sudah sering di lakukan menggunakan robot bedah dewasa ini.

Menurut beberapa ahli, melakukan kegiatan operasi pembedahan menggunakan robot bedah terbilang memiliki resiko kegagalan yang lebih kecil di bandingkan pembedahan yang di lakukan oleh manusia.

Selain berguna sebagai alat praktis yang bisa di lakukan untuk menyelamatkan nyawa manusia. Penggunaan robot bedah juga memiliki fungsi untuk menghemat anggaran yang sangat efektif dan efisien. Pemerintah bahkan bisa menghemat anggaran sampai jutaan dollar setiap harinya, bukankah itu adalah terobosan yang sangat besar?

Namun, kata robot menggantikan pekerjaan manusia kini tengah membuat kita khawatir. Jika teknologi canggih ini telah tersebar sampai ke seluruh rumah sakit di seluruh penjuru dunia, apakah jasa dokter yang jenius masih di butuhkan?

Ketergantungan menggunakan robot untuk mempermudah pekerjaan bisa saja menjadi bumerang bagi manusia, bukankah begitu?

3. Robot Warehousing

Robot Menggantikan Pekerjaan Manusia
Sumber Gambar : jalantikus.com

Apakah kalian tau jika pekerjaan mengangkat, memindahkan, dan merapihkan barang itu merupakan pekerjaan yang sangat merepotkan?

Tak sedikit perusahaan yang mengeluh karena kekurangan jasa Warehousing di perusahaan mereka. Pekerjaan Warehousing memang terbilang pekerjaan yang di gaji cukup tinggi mengingat resiko kerja yang di milikinya.

Oleh karena itu, beberapa perusahaan memang lebih memilih untuk menggunakan robot di bandingkan menyewa jawa kerja yang terbilang membuang-buang anggaran.

Robot Warehousing biasanya di gunakan untuk beberapa pekerjaan gudang secara otomatis, pekerjaan itu meliputi mengangkat, memindahkan, dan mengatur setiap barang yang ada di gudang dengan cepat dan efisien.

Kini beberapa perusahaan telah menggantikan pekerjaan angkut barang yang biasa di lakukan oleh manusia dengan robot. Salah satunya adalah perusahaan eComerce seperti Amazon.

Kini amazon telah memiliki 80 robot Warehousing untuk kepentingan pendistribusian barang di gudang miliknya. Penggunaan robot memang terbilang lebih praktis dan efektif bahkan tanpa istirahat. Beberapa perusahaan mengaku bahwa robot melakukan pekerjaan lebih baik dari pada manusia.

4. Drone

Robot Menggantikan Pekerjaan Manusia
Sumber Gambar : jalantikus.com

Apa yang terlintas di fikiran kalian ketika mendengar kata Drone guys? Drone yang kini tengah menjadi tren di kalangan anak muda kekinian ternyata memiliki segudang fungsi yang jarang di ketahui oleh orang banyak.

Sangat berbeda dengan Drone yang biasa di gunakan untuk kepentingan mengambil video atau gambar, beberapa perusahaan bahkan petani kini tengah menggunakaan Drone sebagai pekerja pangganti, menggantikan manusia.

Robot menggantikan pekerjaan manusia, Drone kini memiliki fungsi yang sangat kaya untuk membantu setiap pekerjaan manusia di bidang pertanian. Drone juga kini tengah ramai di perbincangkan di Amerika karena juga berfungsi untuk membantu pekerjaan Militer.

Drone juga kini banyak di gunakan oleh berbagai perusahaan sebagai kurir pengantar barang, alat survey lokasi pembangunan dan infrastruktur, pencarian korban bencana alam, dan lain sebagainya.

Bukankah ini sangat mengancam lapangan pekerjaan untuk manusia kedepannya? Mungkin kini penggunaan Drone masih terbatas, namun kedepannya, bisa saja akan ada Drone yang memiliki bentuk fisik seperti manusia yang di persenjatai oleh A.I tingkat tinggi.

5. Robot Untuk Kepentingan Analisis dan Diagnosa

Robot Menggantikan Pekerjaan Manusia
Sumber Gambar : jalantikus.com

Bukan hanya pekerjaan fisik saja yang kini bisa di lakukan oleh robot, pekerjaan yang mengandalkan referensi dan pemikiran juga kedepannya bisa di lakukan oleh robot. Penggunaan teknologi robot untuk kepentingan diagnosa dan analisa juga akan di lakukan beberapa tahun kedepan.

Beberpa perusahaan sangat menginginkan teknologi yang satu ini untuk kepentingan mengeksploitasi dan menganalisis jumlah data yang besar untuk kepentingan berbagai hal seperti iklan, menentukan harga pasar, analisis prilaku konsumen, trading pasar saham, diagnosa gejala penyakit dan lain sebagainya.

Beberapa perusahaan besar percaya bahwa dengan adanya robot yang memiliki fungsi analisis pasti akan sangat menguntungkan dan bisa menghemat anggaran sampai ratusan ribu dolar setiap bulannya. Tak heran jika kini para peneliti nampak begitu fokus dalam mengembangkan teknologi A.I untuk merealisasikan itu semua.

Hal ini tentu saja akan membuat robot menjadi suatu barang yang sangat di buru oleh berbagai macam perusahaan di dunia kedepannya.

Sebaliknya, kini manusia harus bersiap untuk menghadapi persaingan kerja yang lebih sempit dari sebelumnya, era dimana robot menggantikan pekerjaan manusia akan segera datang dan mengantar umat manusia ke jaman yang baru, di mana manusia hidup berdampingan dengan robot.

6. Robot Keamanan

Robot Menggantikan Pekerjaan Manusia
Sumber Gambar : travel.tribunnews.com

Bukan hanya sebatas pekerjaan simpel saja guys. Kedepannya robot juga bukan hanya akan di gunakan sebagai alat untuk mencapai kesuksesan, melainkan juga di gunakan untuk menjaga ketertiban manusia itu sendiri.

Bayangkan saja jika kedepannya teknologi robot keamanan yang satu ini telah mencapai kesempurnaan. Mungkin saja pekerjaan manusia sebagai polisi juga akan terancam.

Tentu saja, jika hal ini terjadi, sebentar tak ada lagi manusia yang akan di pekerjakan di bagian ketertiban dan keamanan karena menggunakan robot terbilang lebih hemat dan lebih baik, memiliki kinerja yang jauh lebih memuaskan ketibang manusia yang masih membutuhkan istirahat dan tak pernah lepas dari kelalaian.

Robot keamanan pertama kali di gunakan di salah satu pusat perbelanjaan di California. Robot keamanan ini memiliki fungsi sederhana yang terbilang cukup efektif seperti memindai suatu aktivitas dan perilaku tidak biasa yang terjadi di daerah itu. Bukankah hal tersebut sudah cukup mengagetkan? Kita tinggal tunggu saja tanggal mainnya.

Baca Juga : Humanoid Robot : Nao, Robot Pintar Berprilaku Manusia

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian artikel yang bisa penulis sampaikan pada kesempatan kali ini. Itulah 6 teknologi robot menggantikan pekerjaan manusia. Beberapa teknologi robot di atas mungkin masih dalam proses pengembangan dan masih membutuhkan manusia untuk mengawasi mereka.

Tetapi apabila jika teknologi Artificial Intelegence mampu berkembang dengan baik, bisa saja keadaan tersebut akan menjadi terbalik. Mungkin sebentar manusia yang akan membutuh pengawasan dari sebuah robot yang cerdas. Semoga beberapa list di atas bisa di jadikan sebagai referensi.

Terima kasih karena telah menyempatkan diri untuk membaca. Jika kalian mendapati artikel ini berguna dan bermanfaat, tolong share artikel ini agar teman/saudara/dll juga bisa merasakan manfaat yang sama seperti yang kalian rasakan. Sampai jumpa lagi pada pertemuan kita yang selanjutnya. []


Loading...

Bagikan

Basirudin Mokoginta

Penulis

Seorang penulis professional yang selalu berupaya untuk menciptakan konten berkualitas tinggi dengan pengaplikasian SEO semaksimal mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *