Robot Pembantu Rumah Tangga

6 Robot Pembantu Rumah Tangga Tercanggih yang Bisa Menggantikan Pekerjaan Manusia

Robot Pembantu Rumah Tangga yang bisa mengantikan pekerjaan Manusia – Ketika Anda masih anak-anak terutama laki-laki pasti sering berkhayal dengan robot kesukaan. Seolah-olah robot itu hidup dan bisa melakukan banyak hal. Nah, untuk di zaman modern seperti ini robot bukan hanya digunakan sebagai mainan tapi juga menjadi asisten manusia.

Ada beberapa robot pembantu rumah tangga yang bisa Anda suruh-suruh untuk melakukan berbagai pekerjaan yang biasa Anda lakukan. Jadi jika Anda lelah, bisa menggunakan robot tersebut dengan memerintahkannya melakukan apa saja.

Baca jugaDampak Buruk Teknologi, Salah Satunya Mengancam Karir Manusia?

Ada beberapa robot pekerja yang dijual, berikut ini pembahasan mengenai robot pembantu rumah tangga paling canggih.

Robot Pembantu Rumah Tangga Zaman Now

Pernah membayangkan Anda akan memiliki robot yang bisa disuruh-suruh untuk melakukan tugas rumah tangga? Jika pernah maka Anda bisa mewujudkannya dengan membeli beberapa robot pembantu rumah tangga yang bisa membantu Anda.

Apa saja ya robot yang bisa dipilih? Daftarnya ada di bawah ini.

1. Robot ApriPoko

Robot Apripoko
via gizmodo.com

Robot pertama yang bisa dijadikan pekerjaan rumah tangga bernama ApriPoko, sebuah robot yang diciptakan oleh perusahaan Toshiba. Robot dengan bentuk yang lucu seperti kura-kura ini punya kemampuan yang baik dalam membantu berbagai pekerjaan rumah tangga Anda.

Ini adalah robot yang dapat bekerja dengan menggunakan perintah suara hasil dari remote control universal infrared yang terdapat di tubuhnya. Robot yang pintar sekaligus lucu ini akan mengerjakan apapun yang Anda perintahkan sekali dengar.

Loading...

Selain itu robot pembantu rumah tangga ini juga dilengkapi dengan kamera untuk mengidentifikasi pemiliknya dan bisa belajar kebiasaan-kebiasaan pemiliknya. Jadi sudah pasti jika disuruh melakukan sesuatu, dia akan mengikuti apa yang sedang Anda lakukan.

Ukuran robot ini tidak terlalu besar jadi terlihat lucu sekali. Berbagai perintah yang bisa dilakukannya antara lain memasak air, menyalakan rice cooker, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Perintah yang bisa dilakukannya memang masih yang sederhana saja tapi kemungkinan besar akan dikembangkan lebih baik lagi sehingga bisa melakukan lebih banyak pekerjaan.

Lucu sekali bukan? Seperti mainan tapi sangat berguna.

2. Robot PR2

Robot Pembantu Rumah Tangga
via willowgarage.com

Jika robot ApriPoko bentuknya bulat, sedangkan robot pembantu rumah tangga ini bentuknya memanjang dan memiliki tangan yang bisa bergerak-gerak mirip tangan manusia. Ukurannya hampir sama dengan manusia sungguhan.

PR2 merupakan sebuah robot yang bisa meringankan pekerjaan rumah tangga pemiliknya. Sehingga bagi yang sibuk seperti harus mengurus anak atau harus bekerja, bisa mengurangi beban pekerjaan rumah tangga dengan menyuruh robot ini.

Robot pembantu rumah tangga ini bisa digunakan untuk melakukan kegiatan spesifik sehingga kinerjanya akan lebih baik dibandingkan melakukan banyak hal sekaligus.

Robot robot ApriPoko merupakan open platform sehingga sistemnya bisa diganti-ganti sesuai dengan level yang dibutuhkan.

Selain bisa digunakan untuk membantu pekerjaan rumah tangga, robot ini juga bisa menemani Anda yang ingin bermain billiard tapi tidak ada teman atau lawan. Untuk pekerjaan rumah tangga yang bisa dilakukannya antara lain menyajikan minuman, melipat pakaian, dan membersihkan meja.

Keunikan dari robot ini adalah dia bisa mencari stop kontak sendiri apabila baterainya mau habis. Jadi tidak perlu khawatir jika Anda lupa mengisi baterainya karena otomatis dia akan mengetahuinya sendiri.

3. Robocleaner RC 3000

Robot Pembantu Rumah Tangga
via kaercher.com

Jika robot pekerja lainnya memiliki bentuk yang futuristik atau mirip dengan makhluk hidup, robot ini memiliki bentuk bulat seperti mesin pembersih debu biasa.

Tugas robot pembantu rumah tangga ini adalah membersihkan rumah dari berbagai debu sehingga akan bersih tanpa disapu. Cocok dimiliki untuk Anda yang punya rumah besar dan malas untuk membersihkannya.

Cara untuk menggunakannya sangat mudah, hanya dengan colokan robot ini ke tempat charger yang sudah satu paket dengan robot ini kemudian nyalakan. Sesudah itu atur waktunya untuk bekerja.

Dalam sekejap robot ini akan melakukan tugasnya dengan baik. robot ini bisa juga mendeteksi kabel dan tangga jadi tidak akan tersandung dengan benda lainnya ketika bekerja. Jadi tidak rentan rusak.

Robot ini memiliki sensor untuk mengetahui adanya kotoran sehingga akan menyesuaikan sendiri berapa besaran daya yang diperlukan untuk membersihkannya. Apakah kotorannya sedikit atau banyak juga akan diketahui oleh robot ini.

4. HERB

Robot Pembantu Rumah Tangga
via post-gazette.com

Robot pembantu rumah tangga ini adalah kependekan dari Home Exploring Robot Butler. Termasuk robot pembersih rumah yang paling canggih karena banyak sekali tugas yang bisa dilakukannya.

Robot ini dibuat oleh seorang pria asal India bernama Siddharta Srinivasa. Di dalam robot ini terdapat sensor yang sangat banyak dan dikendalikan oleh 6 buah komputer.

Kebanyakan tugas yang bisa dilakukannya adalah berbagai hal yang dilakukan di dapur seperti mengambil makanan, mencuci piring sampai membuang sampah.

Selain itu robot ini juga bisa Anda perintahkan untuk mengambil gelas kemudian nanti akan diberikan kepada Anda. Jika tangan Anda sudah dekat dengan gelasnya maka akan dilepaskan.

Robot ini sangat spesial karena karena memiliki kemampuan untuk memanipulasi gerakan manusia sehingga bisa bekerja dengan baik.

Bisa-bisa robot ini akan menggantikan manusia dalam melakukan berbagai hal yang biasa dilakukan di rumah. Tertarik untuk membelinya?

5. Robot Kojiro

Robot Pembantu Rumah Tangga
Via dominfo.ba

Robot pembantu rumah tangga ini memiliki bentuk seperti manusia bahkan memiliki otot. Selain itu robot humanoid ini juga memiliki tulang belakang buatan dan kerangka yang sangat mirip dengan manusia.

Tulang belakang yang dimiliki oleh Kojiro membuat robot ini bisa bergerak dengan sangat fleksibel jadi mengerjakan berbagai pekerjaan rumah tangga menjadi lebih mudah.

Sayangnyaa, ada beberapa pernyataan yang mengatakan bahwa robot ini belum cocok jika disuruh untuk bekerja pada lingkungan sehari-hari karena keamanannya yang masih kurang.

Meski memiliki otot tapi berat dan keras sehingga dapat merusak benda-benda dan melukai manusia jika terkena robot ini. Jadi tugas yang bisa dilakukannya pun terbatas.

Namun nyatanya menurut pembuatnya, robot ini dibuat dengan seaman mungkin karena sebisa mungkin badannya dibuat dengan sangat ringan dan dan menggunakan material yang fleksibel. Untuk membuatnya bergerak, digunakan konsol untuk game controller.

Robot ini benar-benar mirip seperti yang biasa dilihat di film-film. Para ilmuwan yang membuatnya berharap suatu saat nanti Kojiro bisa melakukan pekerjaan yang lebih sulit dan bisa menggerakkan semua tubuhnya.

6. Robot Romeo

Robot Pembantu Rumah Tangga
Via projetromeo.com

Robot ini sudah lebih canggih dibandingkan Kojiro, bentuknya juga menyerupai manusia. Namun robot Romeo ini penampilannya lebih rapi karena tidak terlihat kabel-kabel di dalam tubuhnya.

Robot ini dibuat oleh perusahaan dari Perancis dengan tujuan membantu lansia maupun orang cacat untuk melakukan pekerjaan sehari-hari.

Jadi sudah dapat dipastikan produk ini sangat canggih. Robot ini dibuat semirip mungkin dengan manusia sehingga tidak akan membahayakan. Bahkan dia juga bisa berkomunikasi dengan orang yang ada di sekitarnya.

Berat robot ini adalah sekitar 40 kg, benar-benar mirip dengan berat badan manusia. Kemudian ukurannya juga lumayan besar.

Beberapa tugas yang bisa dilakukan oleh Romeo antara lain mengambil sesuatu yang disimpan pada tempat tinggi dengan cara naik ke kursi, membawa barang-barang Anda, dan membukakan pintu.

Hebatnya lagi, Romeo dapat mendeteksi ekspresi wajah dari orang yang ada di sekitarnya sehingga dapat berkomunikasi dengan mereka.

Romeo dapat mengontrol gerakannya sendiri karena menggunakan teknologi Force control. Dia bisa tahu jumlah kekuatan yang harus dikeluarkan untuk melakukan tugas yang diberikan.

Di tubuhnya terdapat banyak sensor sentuh dan kamera jadi bisa bekerja dengan sangat baik. Jika Anda tidak punya teman juga robot ini bisa menjadi teman Anda karena dia bisa merasakan emosi Anda dan melakukan kontak mata langsung dengan yang berbicara kepadanya.

Baca jugaHumanoid Robot : Nao, Robot Pintar Berperilaku Manusia

Lucu sekali bukan? Namun jika dibeli tentu saja harganya tidak lucu ya!

Itulah dia berbagai robot pembantu rumah tangga yang bisa digunakan untuk meringankan kegiatan Anda sehari-hari. Namun memang ada beberapa robot yang belum terlalu canggih dan butuh pengembangan lebih lanjut.


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *