Internet

Ruangguru Sukses Jadi Aplikasi Terpopuler di Indonesia

Aplikasi yang menyasar sektor pendidikan, yakni Ruangguru baru saja mengumumkan bahwasanya mereka telah meraih lebih dari 1 juta pengguna. Capaian yang diraih Ruangguru memang cukup membanggakan. Pasalnya, Ruangguru berhasil mengalahkan aplikasi-aplikasi populer dari luar negeri.

Ruangguru sendiri adalah aplikasi yang sangat bermanfaat, khususnya bagi para pelajar karena di dalam aplikasi tersebut terdapat banyak sekali mata pelajaran yang bisa diikuti serta diberitahukan bagaimana cara menjawabnya.

Baca juga: 3 Situs Mengajar Online Terbaik untuk Menghasilkan Uang

Ruangguru Populer di Indonesia Karena COVID-19?

Beberapa hari yang lalu, Presiden Joko Widodo sudah mengimbau masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Dan berkat imbauan Presiden itu, Ruangguru juga mendapatkan manfaatnya.

Manfaat yang didapatkan oleh perusahaan pimpinan Belva Devara itu adalah jumlah pengguna aplikasi Ruangguru mengalami peningkatan. Semenjak 16 Maret lalu, lebih dari 1 juta pelajar di Indonesia telah mengikuti pembelajaran daring melalui Sekolah Online Ruangguru Gratis.

“Kami kaget dan juga terharu bahwa pada hari pertama dibukanya Sekolah Online Ruangguru Gratis sudah lebih dari satu juta siswa di Indonesia yang merasakan manfaat dari layanan terbaru kami. Hal tersebut menjadi kehormatan dan tanggung jawab yang amat besar bagi Ruangguru.”

“Sebab jutaan siswa yang keseharian belajarnya tidak berlangsung di sekolah selama darurat kesehatan Virus Corona akan mengandalkan materi belajar kami. Semoga kami bisa terus menghadirkan solusi untuk lebih banyak lagi siswa,” ucap Belva Devara selaku CEO Ruangguru seperti yang dikutip dari Tek ID, (19/3/2020).

Baca juga: Mengenal 4 Startup Pendidikan Terbaik di Indonesia Saat Ini

Sekolah Online Gratis Solusi Bagi Siswa

Aturan belajar di rumah selama 14 hari yang sudah ditetapkan oleh pemerintah memang membuat beberapa orang tua merasa kewalahan untuk mengajari anaknya. Meski dari pihak sekolah telah memberikan tugas, terkadang pembelajaran tidak bisa berjalan efektif.

Melihat fakta yang demikian itu, Ruangguru pun akhirnya meluncurkan program Sekolah Online Gratis. Sekolah Online Gratis sendiri tersedia setiap hari Senin hingga Jum’at. Para siswa bisa mengikuti program ini dari pukul 08:00 WIB sampai pukul 12:00 WIB.

Pihak Ruangguru sendiri sudah menyediakan 15 saluran siaran langsung untuk pembelajaran yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional yang dipandu oleh para Master Teachers Ruangguru. Pelajaran sendiri dimulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA, baik itu jurusan IPA maupun IPS.

Baca juga: Mendekati Kenyataan, Ruangguru Segera Jadi Unicorn Selanjutnya?

Dengan keberhasilannya menggaet lebih dari 1 juta pengguna yang notabene adalah para pelajar, Ruangguru pun berhasil menduduki posisi puncak Google Play Store di Indonesia. Ruangguru berhasil mengalahkan TikTok dan juga WhatsApp.

Bukan hanya menduduki posisi puncak Google Play Store di Indonesia, Ruangguru juga berhasil menduduki posisi puncak Apple App Store sebagaimana yang disampaikan oleh Iman Usman selaku Co-Founder & Chief of Product Ruangguru. Ruangguru juga berhasil menjadi trending pertama di tingkat nasional.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close