Internet

Sah! WhatsApp Luncurkan Fitur Katalog di Indonesia

Meski statusnya sebagai aplikasi perpesanan, tidak sedikit pengguna yang melakukan promosi bisnis di WhatsApp. Biasanya, para pengguna mengandalkan status untuk mempromosikan berbagai macam produk yang dimiliki. Bukan hanya produk saja, terkadang jasa pun juga ditawarkan oleh para pengguna melalui status WhatsApp.

Kebanyakan para pengguna sendiri memakai WhatsApp biasa untuk berjualan. Padahal, aplikasi perpesanan yang saat ini berada di bawah bendera Facebook itu telah menyediakan WhatsApp Business, sebuah platform khusus yang dibuat oleh WhatsApp untuk para pelaku bisnis.

Baca juga: Ini 4 Fitur Terbaru Whatsapp 2019, Salah Satunya Pesan Terhapus Otomatis

WhatsApp Resmi Luncurkan Fitur Katalog

Bagi Anda para pengguna WhatsApp Business, maka Anda patut berbahagia karena aplikasi yang identik dengan warna hijau tersebut telah meluncurkan fitur Katalog di Business. Dengan kehadiran fitur Katalog ini, tentu aktivitas promosi akan berjalan dengan lancar.

Di laman resmi, pihak WhatsApp menjelaskan apa itu fitur Katalog. Jadi, fitur Katalog adalah etalase seluler bagi pebisnis untuk memamerkan dan membagikan produknya ke konsumen. Bagi calon pembeli, fitur ini memudahkan mereka untuk menelusuri etalase.

“Sebelumnya, para pebisnis harus mengirimkan foto produk satu per satu ke konsumen. Sekarang pelanggan dapat melihat katalog lengkap langsung di WhatsApp. Ini membuat pemilik bisnis terlihat lebih profesional dan pelanggan semakin terlibat dalam obrolan tanpa harus mengunjungi situs web,” ungkap pihak WhatsApp di laman resminya.

Baca juga: 6 Kelebihan Menggunakan WhatsApp Web yang Jarang Diketahui Pengguna

Katalog Sudah Hadir di Indonesia

Untuk menikmati fitur terbaru WhatsApp ini, para pengguna Indonesia tidak perlu menunggu penyebarannya karena Indonesia menjadi salah satu negara yang diprioritaskan oleh WhatsApp. Itu artinya, saat ini para pengguna Indonesia sudah bisa mengakses Katalog di WhatsApp Business.

Indonesia sendiri bukan satu-satunya negara yang bisa menikmati Katalog, karena beberapa negara lain pun juga sudah bisa menikmatinya seperti Brasil, Jerman, India, Meksiko, Inggris, dan juga Amerika Serikat.

Baca juga: Sudah Bisa Dipakai, Begini Cara Kunci WhatsApp dengan Sidik Jari

Pihak WhatsApp di laman resmi juga menyebutkan bahwasanya salah satu pebisnis asal Indonesia sudah ada yang menggunakan Katalog. Adalah Agradaya, sebuah perusahaan rempah-rempah yang diberikan akses awal (beta) oleh pihak Facebook untuk menjajal Katalog. Menurut Agradaya, Katalog yang ada di WhatsApp Business benar-benar memudahkan para pelanggan untuk mempelajari produk mereka.

Terakhir, pihak Facebook menyebutkan bahwasanya dengan WhatsApp Business para pebisnis bisa menambahkan beberapa informasi produk yang dimulai dari harga, deskripsi, dan kode produk. Selain itu, Katalog juga diklaim menghemat ruang penyimpanan ponsel, baik itu ruang penyimpanan dari para pebisnis dan juga para pelanggan.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close