Review ProdukTekno

Samsung Galaxy J7 Plus, Dual Kamera Dengan Body Full Metal

Samsung Galaxy J7 Plus. Seakan tidak ada hentinya, Samsung selalu memperbaharui line up mereka di seri J. Setelah sukses dengan memproduksi dan memasarkan Samsung Galaxy J7, Samsung Galaxy J7 Prime, Samsung Galaxy J7 Pro, kali ini Samsung kembali memproduksi model yang masih mirip dengan embel – embel “Plus”.

Saat kita dulu berpikir kalau Samsung Galaxy J7 Pro adalah varian tertinggi dari Samsung Galaxy J7, ternyata itu salah besar. Terbukti Samsung masih belum puas dan kembali mengeluarkan produk terbaru mereka di seri ini. Smartphone terbaru ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan peningkatan yang cukup signifikan.

Perubahan yang paling besar pada smartphone ini adalah penggunaan dual kamera pada bagian belakang. Jika dulu seri sebelumnya mengandalkan kamera selfie, maka sekarang mereka menciptakan produk terbaru dengan mengandalkan kamera belakang, diikuti dengan kamera selfie yang mumpuni.

Dibandingkan dengan Samsung Galaxy J7 Pro, desain smartphone ini tidak banyak berbeda. Bahkan pada bagian depan terlihat sama sekali tidak ada yang berubah. Sedangkan pada bagian belakang perubahan terletak pada lensa dual kamera dan garis antena yang lurus. Pada seri sebelumnya, garis antena ini melengkung mengikuti lekukan body smartphone.

Namun ternyata ada penurunan spesifikasi dari seri sebelumnya, yakni kapasitas baterai. Jika seri sebelumnya menggunakan baterai 3.600mAh, maka smartphone ini hanya menggunakan baterai dengan kapasitas 3.000mAh. Hal ini terntu sangat disayangkan, mengingat spesifikasi smartphone dengan baterai besar belakangan ini semakin diminati.

Desain Samsung Galaxy J7 Plus

Samsung Galaxy J7 Plus
Desaian depan via gadgets.ndtv.com

Melihat desain smartphone terbaru Samsung Galaxy j7 Plus ini, kita akan langsung tahu kalau ini adalah seri J dari Samsung. Sejak meluncurkan seri J pertama kali, Samsung memang tidak pernah mengubah desainnya seara signifikan, sehingga memberikan ciri khas tersendiri buat para penggunanya.

Pada bagian depan smartphone ini, terdapat layar yang membentang lumayan luas 5.5 inchi. Pada bagian kiri dan kanan terdapat bezel yang memang sudah tergolong lumayan tipis, namun belum pantas untuk disebut sebagai smartphone dengan layar bezelless.

Sedangkan pada bagian atas terdapat beberapa sensor yang ditemani dengan lensa kamera depan. Di bagian tengah terdapat speaker telepon dengan grill dan bentuk khas dari Samsung. Selain itu, terdapat pula LED Flash kamera depan untuk hasil foto selfie yang lebih baik dan detail.

Loading...

Pada bagian bawah sebgaimana biasanya produk dari Samsung, terdapat tombol recent apps dan tombol back. Di tengah keduanya terdapat tombol home sekaligus sensor fingerprint untuk keamanan smartphone.

Samsung Galaxy J7 Plus
Desain Belakang via phonearena.com

Beralih ke bagian belakang, terdapat lensa dual kamera dengan ukuran yang lumayan besar, dan menjadi pembeda pada seri terbaru ini. Tepat dibawahnya terdapat LED Flash untuk keperluan pencahyaan pada saat kondisi kondisi low light. Tepat di bawah lampu LED Flash, terdapat tulisan sekaligus logo Samsung, dan pada bagian atas dan bawah terdapat garis antena dengan bentuk lurus kaku.

Pada bagian kanan body smartphone, terdapat tombol power ditemani dengan lubang speaker. Sedangkan pada bagian kiri terdapat tombol volume up down ditemani dengan slot SIM dan Micro SD. Pada bagian bawah, terdapat jack audio 3.5mm dan port pengisian daya.

Layar dan Tampilan Samsung Galaxy J7 Plus

Smartphone terbaru dari Samsung ini menggunakan layar dengan ukuran 5.5 inhci yang memang tergolong besar untuk ukuran smartphone. Layar ini sudah menggunakan resolusi yang tinggi 1080 x 1920 piksel. Layar ini juga sudah menggunakan konsep 2.5D, sehingga pada bagian terluar layar kelihatan bentuknya agak melengkung.

Samsung Galaxy J7 Plus
Layar dan Tampilan via androidcommunity.com

Salah satu kelebihan dari layar ini adalah penggunaan layar dengan teknologi Super Amoled capacitive touchscreen. Layar ini terkenal sangat jernih dan mampu memberikan memanjakan mata. Selain itu, layar ini juga mampu dan mendukung Always On Display, sehingga pengguna tidak perlu harus membukan kunci layar untuk melihat notifikasi yang masuk.

Layar dari smartphone terbaru Samsung ini juga sudah dilengkapi pelindung Corning Gorilla Glass 4, sehingga pengguna tidak perlu lagi khawatir layar smartphone-nya tergores, bahkan oleh benda tajam sekalipun.

Walaupun memang bukan smartphone bezelless seperti flagship dari Samsung yang lebih mahal, namun layar samrtphone ini sudah tidak memiliki banyak bezel lagi. Terbukti dengan perbandingan 73.3% screen to body ratio yang diusungnya.

Beralih ke tampilan antarmuka, Samsung sudah menggunakan UI terbaru mereka, yakni Grace UX. Belakangan ini Samsung memang sudah mulai meninggalkan ToucWiz dan mulai menggunakan UI terbaru, walaupun tidak memiliki banyak perbedaan.

Namun, berkat penggunaan RAM yang lebih hemat pada Grace UX, Samsung pun terus memperbaharui dan memperbaiki tampilan ini. Tampilan terbaru ini kelihatan sangat interaktif dan dinamis walaupun belum lama digunakan oleh Samsung.

Software Dan Hardware Samsung Galaxy J7 Plus

Beralih ke sisi software dan hardware, Samsung membenamkan chipset Octa-Core (8 inti) dengan clockspeed yang tergolong tinggi, yakni 2.39GHz. Dapur pacu ini kemudin dipasangkan dengan RAM 4GB untuk keperluan membuka aplikasi dan multitasking.

Samsung Galaxy J7 Plus
Spesifikasi via flashfly.net

Melihat kapasitas RAM yang digunakan, jelas kalau smartphone terbaru ini jauh lebih unggul dibandingkan dengan varian sebelumnya yang masih menggunakan RAM 3GB. Jadi, pengguna akan sanga dimanjakan dengan urusan membuka aplikasi dan multitasking yang smooth dan lancar.

Untuk urusan grafis, Samsung mempercayakan Mali-T880 MP2 sebagai pengolah grafisnya. GPU ini akan dipercaya akan mampu mengolah grafis dengan baik saat memainkan game 3D dan saat memutar video dengan resolusi tinggi.

Sedangkan untuk penyimpanan data, Samsung sudah menyiapkan penyimpanan internal sebesar 32GB. Penyimpanan ini masih bisa diperbesar dengan menggunakan Micro SD hingga kapasitas 256GB.

Salah satu keunggulan smartphone ini adalah fitur Signal Max dan Ultra Data Saving yang diusungnya. Menurut klaim pihak Samsung, teknologi terbaru mereka ini mampu meningkatkan penyerimaan sinyal dan penghematan data hingga 50%.

Untuk versi Androidnya sendiri, smartphone ini sudah menggunakan versi terbaru, yakni Android 7.1.1 Nougat, yang memiliki banyak kelebihan dibanding versi sebelumnya.

Fitur ini kemudian dipasangkan dengan konektivitas 4G LTE yang belum diketahui category berapa. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir saat harus mendownload atau mengunggah file – file besar untuk berbagi dengan teman – teman.

Baterai Samsung Galaxy J7 Plus

Sektor yang paling disayangkan dari smartphone seri tertinggi J ini adalah kapasitas baterai yang diusungnya. Saat pendahulunya menggunakan baterai berkapasitas 3.600mAh, smartphone ini malah mengalami penuruan dengan menggunakan baterai yang hanya berkapasitas 3.000mAh.

Samsung Galaxy J7 Plus
Samsung Galaxy J7+ via soyacincau.com

Baterai ini juga sudah bertipe non-removable sebagaimana smartphone kebanyakan saat ini. Walaupun memang tidak praktis untuk penggantian baterai sewaktu – waktu, namun itu sudah menjadi salah satu resiko dari penggunaan body full metal.

Mengenai fitur dan teknologi baterai, Samsung memang tergolong pelit. Terbukti dengan samrtphone yang dibanderol hampir RP.5 Jutaan ini, Samsung masih tetap tidak menggunakan fitur fast charging untuk pengisian baterai yang lebih cepat.

Kamera Dan Video Samsung Galaxy J7 Plus

Berbicara mengenai kelebihan smartphone ini yang paling menonjol, maka itu adalah spesifikasi kamera dan video. Kamera yang digunakan pada kamera utama sudah menggunakan dual camera. Samsung menggunakan lensa dengan resolusi 13MP dan 5MP.

Samsung Galaxy J7 Plus
Kamera via samsung.com

Kamera belakang ini dipastikan mampu menangkap foto dengan jelas, bahkan dalam kondisi low light sekalipun. Bukan hanya untuk urusan kamera, smartphone ini juga sangat bisa diandalkan untuk urusan perekaman video.

Kedua kaBerbicara mengenai kelebihan smartphone ini yang paling menonjol, maka itu adalah spesifikasi kamera dan video. Kamera yahng digunakan pada kamera utama sudah menggunakan dual camera. Lensa pertama menggunakan resolusi 13MP dan lensa kedua menggunakan resolusi 5MP.

Kamera bmera belakangnya memiliki fungsi yang berbeda. Kamera berukuran 13MP untuk menangkap detail objek gambar, sedangkan kamera 5MP untuk membuat wide angle foto yang lebih lebar. Hal ini dibuktikan berkat penggunaan aferture f1.7 untuk kamera 13MP dan aferture f1.9 untuk kamera 5MP.

Untuk urusan kamera selfie-nya juga, Samsung sudah menyiapkan kamera super bokeh, dengan resolusi 16MP dengan bukaan aferture f1.9. Dipastikan dengan aferture seperti itu, wide angle kamera ini akan menghasilkan foto yang lebih luas dan lebar.

Hal ini memang sangat wajar, mengingat Samsung menggadang – gadang smartphone ini sebagai smartphone yang layak digunakan untuk nge-vlog. Pengguna juga tidak perlu khawatir kalau harus memotret pada kondisi kurang cahaya dengan menggunakan kamera selfie, karena Samsung sudah menyiapkan LED Flash pada bagian depan.

Selain itu, Samsung sudah menyematkan fitur Live Focus dan Bokeh Effect. Pada saat menggunakan fitur live focus, maka semua fokus kamera akan tertuju pada objek tertentu, sedangkan latar belakang akan diblur. Asyiknya lagi, pengguna bisa memilih tingkat blur sesuai dengan keinginan sebelum memotret objek.

Fitur bokeh effect tidak jauh berbeda dengan live focus. Fitur ini hanya bisa digunakan oleh smartphone dengan dual camera, yang memungkinkan pemotretan objek dengan gambar yang lebih detail dan background yang blur.

Harga dan Kesimpulan

Dengan banderol harga Rp. 4.999 Juta, tentu smartphone ini bukanlah yang termurah di kelasnya. Entah kenapa, Samsung memang seakan ogah memberikan banderol harga yang murah, sementara para vendor dari negeri Tiongkok mampu memberikan spesifikasi lebih namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Saat smartphone dari vendor lain sudah beralih dan berbondong – bondong menggunakan teknologi fast charging, Samsung seakan ogah mengikutinya, bahkan untuk smartphone semahal ini. Bahkan kita mungkin akan susah menemukan smartphone seharga Rp. 4 Jutaan tanpa fast charging dari vendor lain, terlebih smartphone dari negeri Tiongkok.

Absennya teknologi fast charging tentu akan membuat pengguna sedikit kurang nyaman, terlebih mengingat kapasitas baterainya yang lumayan kecil dan harus memaksa pengguna untuk sering – sering mengecas baterai smartphone ini.

Untuk anda menginginkan smartphone dengan kemampuan kamera yang baik dan perekaman video yang mumpuni, maka smartphone ini adalah pilihan yang pas. Terlebih jika anda orang yang hobby nge-vlog, selain fitur perekaman video yang mumpuni, signal max smartphone ini juga memungkinkan anda mengupload video anda dengan cepat ke berbagai sosial media.

Namun jika anda menginginkan smartphone dengan banderol harga yang lebih bersahabat, maka Samsung Galaxy J7 Plus ini bukanlah pilihan yang tepat. Masih banyak smartphone dengan rentang harga yang sama, yang bahkan mungkin memiliki spesifikasi lebih tinggi dari smartphone ini.

Baca Juga :



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis bukan hanya tentang hobby, tetapi juga sebagai media belajar untuk kemudian membagikanya kepada orang lain lewat tulisan - tulisan.

Artikel terkait

One Comment

  1. kalo body nya rusak atau jatuh bisa ganti body nya ngak .takutnya susah ganti bodi hp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *