Samsung Galaxy S3 Mini

Samsung Galaxy S3 Mini Review Harga dan Spesifikasi

Samsung Galaxy S3 Mini masih menjadi salah satu smartphone Samsung terpopuler. Hal ini dibuktikan dengan data penjualan yang cenderung stabil dan trend pencarian konsumen terus meningkat.

Apakah anda salah satu dari mereka yang saat ini sedang mencari dan berencana membeli Galaxy SIII mini baru ?

Jika Ya, tetaplah bersama saya di sini, saya akan memberi ulasan mendalam (comprehensive reviews) tentang galaxy s3 mini lengkap dengan tabel perbandingan harga dan spesifikasinya.

Samsung Galaxy S3 Mini
Foto : Googleimage

Samsung Galaxy S III

Perlu kita ketahui bersama bahwa Samsung Galaxy SIII disediakan dalam 2 varian pilihan. Samsung Galaxy SIII adalah varian high end yang diluncurkan lebih dulu.

Diluncurkan pertama kali di London pada 3/05/2012, dan di Indonesia tepatnya pada bulan Juni 2015, Galaxy SIII dihadirkan oleh Samsung dengan dukungan processor Exynos quad-core 1.4 GHz, OS Android 4.0 ICS dengan baterai berkapasitas 2100 mAh.

Samsung Galaxy S3 Mini

Sementara Galaxy S3 mini menjadi generasi lanjutan yang masuk dalam jajaran smartphone android middle end.

Galaxy S3 mini disajikan oleh Samsung sebagai solusi bagi para penggemar smartphone android untuk tetap memiliki ponsel pintar meskipun memiliki dana
terbatas.

Perbedaan Galaxy S III dengan Galaxy S3 Mini

Meski kedua smartphone android ini datang dari varian yang sama yaitu Galaxy S3. Namun faktanya Samsung membuat keduanya menjadi sebagai kaka beradik yang benar-benar memiliki perbedaan.

Loading...

Perbedaan Galaxy S3 dan Galaxy S3 mini dapat terlihat dari beberapa segi, diantaranya sebagai berikut :

Dari segi sepesifikasi

Sebagai sang kaka, Samsung galaxy 3 disajikan dengan spesifikasi yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan Samsung galaxy s3 mini. Perbedaan mencolok dapat dilihat dari segi desain seperti dimensi dan ukuran tubuh masing-masing smartphone android tersebut.

Kapasitas baterai galaxy SIII dengan S3 juga berbeda. Galaxy SIII didukung dengan baterai berkapasitas lebih besar bila dibandingkan dengan galaxy s3 mini.

Meski keduanya didukung dengan dual kamera, faktanya kualitas kamera Galaxy SIII lebih besar bila dibandingkan dengan galaxy S3 mini.

Begitu pula pada sisi spesifikasi processor, os dan kualitas teknologi jaringan. Galaxy S3 mini mengalami downgrade besar-besaran dan jauh berbeda dengan Galaxy S III.

Dari segi warna

Dari segi pilihan warna, galaxy SIII hanya tersedia dalam 4 warna pilihan, sementara pilihan warna Galaxy S3 mini mendapatkan 4 warna tambahan selain Ceramic White & Pebble Blue.

Dari segi harga

Harga galaxy SIII di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia sedikit lebih tinggi, bila dibandingkan harga jual Galaxy S3 mini.

Sekilas Tabel Samsung Galaxy SIII Vs Galaxy S3 Mini

Detail SpesifikasiSamsung Galaxy S IIISamsung Galaxy S 3 Mini
OSAndroid ICSAndroid Jelly Bean
Warna4 warna (Titanium Grey, Saphire Black, Amber Brown, Garnet Red)6 warna (Ceramic White, Pebble Blue, Titanium Grey, Saphire Black, Amber Brown, Garnet Red
Dimensi136.6 x 70.6 x 8.6 mm121.6 x 63 x 9.9 mm
Bobot133 g111.5 g
CPUQuad CoreDual Core

Peluncuran Samsung Galaxy S3 Mini

Seperti dilansir Liputan6.com, peluncuran Samsung Galaxy S3 mini secara resmi dilakukan di Plaza Indonesia pada 15 Januari 2013.

Vice President Samsung Mobile Samsung Electronic Indonesia, Andreas Rompis mengatakan, “Galaxy S3 Mini ini cocok untuk anak muda yang suka main social media. Tidak hanya bisa chatting, ada fitur Best Shot untuk memilih foto terbaik.”

Saat itu Samsung Galaxy S3 diluncurkan pertamakali di 13 kota di Indonesia dengan paket khusus.

Dalam peluncuran resmi tersebut, Samsung memberikan flip cover gratis, dengan 8 pilihan warna serta paket promosi lainnya kepada seluruh konsumen di Indonesia.

Fitur Inovatif  Galaxy S3 Mini

Galaxy S3 mini didukung oleh 3 fitur baru yang benar-benar menawarkan pengalaman baru bagi seluruh calon pengguna ponsel pintar Samsung ini.

Fitur Pop-up Play, sebuah fitur yang memungkinkan anda melakukan dua hingga tiga pekerjaan sekaligus dengan smartphone Galaxy S3 mini tanpa kendala. Misalnya melakukan aktivitas multitasking seperti melakukan browsing sembari mendengarkan musik.

Fitur S Voice, ini memungkinkan setiap pengguna ponsel pintar galaxy S3 melakukan oprasi ponsel cukup dengan perintah suara saja.

Fitur Direct Call, fitur ini memungkinkan setiap penggunanya menerima panggilan telepon cepat hanya dengan mendekatkan perangkat ketelinga, ketika mereka sedang menulis atau membaca pesan sms.

Galaxy S3 Mini Full Review

Beberapa pembeli pengalaman selalu menggunakan beberapa pertimbangan sebelum akhirnya benar-benar membuat deal. Termasuk juga ketika mereka ingin membeli sebuah handphone pintar android baru.

Ada beberapa hal penting yang wajib dijadikan sebagai pertimbangan saat akan membeli sebuah smartphone. Diantaranya adalah :

  • Kualitas kamera
  • Kualitas dan kinerja CPU atau processor
  • Kualitas desain
  • Kapasitas baterai
  • Ruang penyimpanan
  • Garansi

Di postingan ini saya mengukur Galaxy S3 mini dengan semua pertimbangan tersebut. Tujuannya untuk membantu dan memudahkan anda dalam menentukan keputusan membeli Galaxy S3 mini.

Kualitas dan Hasil Jepretan Kamera Galaxy S3 Mini

Galaxy S3 mini dibekali dengan dual kamera, kamera utama berkualitas 5 MP dengan dukungan LED Flash sementara kamera depan berkualitas VGA. Kamera utama samsung Galaxy S3 sangat direkomendasikan untuk digunakan fotografi luar, karena gambar fotografi luar ruangan yang dihasilkan kamera Galaxy S3 Mini cukup mengesankan.

Berikut foto luar ruangan hasil jepretan kamera samsung Galaxy S3 mini

Foto : Yangcanggihcom via Flickr
Foto : Yangcanggihcom via Flickr

Foto dalam ruangan kondisi cahaya terang hasil jepretan kamera belakang Galaxy S3 mini

Foto : Yangcangghicom via Flickr
Foto : Yangcangghicom via Flickr

Kinerja Preocessor Galaxy S3 Mini

Samsung Galaxy S3 mini menggunakan processor dual core Cortex A9 berkecepatan 1 GHz. Galaxy S3 mini sangat baik ketika digunakan untuk keperluan browsing, memutar musik dan video, bahkan bermain game.

Processor dual core ini juga membuat Galaxy S3 dapat menjalankan beberapa aplikasi populer yang tersedia di Google Play Store tanpa kendala, seperti game Clash of Clans dapat dimainkan dengan baik pada Galaxy S3 mini.

Meski tidak sehandal processor Quad Core yang digunakan oleh sang Kakak Galaxy SIII, tapi Galaxy S3 mini juga tetap mendapat dukungan  chip GPU Mali-400. Dukungan ini membuat Samsung Galaxy S3 mini dapat memberikan hasil maksimal ketika dipacu untuk kinerja yang berkaitan dengan pengolahan grafis.

Berdasarkan hasil uji coba banchmark Antutu, Galaxy S3 Mini cukup menunjukan hasil yang sangat memuaskan bagi penggunanya. Kinerja Samsung Galaxy S3 mini mampu tampil lebih baik dan berada di atas HTC Desire HD dan Samsung Nexus S. Total skor yang didapat adalah diatas 7000 dengan predikat 3 bintang.

Desain Galaxy S3 Mini

Samsung mengusung konsep “desain organik” yaitu sebuah konsep yang benar-benar dapat memberikan kenyamanan bagi seluruh pengguna, selama menggenggam dan menggunakan Galaxy S3 untuk berbagai macam keperluan. Dibandingkan dengan Galaxy SIII ukuran Galaxy S3 Mini jauh lebih kecil dengan bobot yang lebih ringan.

Penutup baterai berbahan plastik yang dirancang dengan desain sedikit melengkung membuat body Galaxy S3 mini benar-benar mampu memberikan tampilan visual yang khas, smooth, berkarakter.

Tombol power berada di sisi samping kanan. Port jack audio berdiameter 3,5 mm berada di bagian atas, sementara port micro usb berada dibagian bawah body Galaxy S3 mini.

Kapasitas dan Daya Tahan Baterai 

Galaxy S3 Mini dilengkapi baterai Li-Ion berkapasitas 1500 mAh yang dapat dilepas (Removable).  Meski paket data diaktifkan sepenuhnya untuk keperluan browsing, social media, chatting dan lainnya, dengan pengaturan pencahyaan 20% terbukti membuat baterai Samsung Galaxy S3 Mini dapat bertahan hampir sehari penuh.

Ruang penyimpanan

Galaxy S3 Mini didukung dengan penyimpanan internal berkapas 8 GB dan dikombinasikan RAM 1GB. Slot microSD, up to 32 GB juga tersedia untuk keperluan daya tampung yang lebih besar.

Apakah ada garansi ?

Ya, Samsung Galaxy S3 mini dijamin dengan garansi resmi SEIN selama 1 tahun.

Dimana Saya Bisa Membeli Galaxy S3 Mini ?

Saya melihat bahwa Samsung Galaxy S3 Mini juga dapat dibeli secara langsung melalui situs resmi Samsung.

Tabel Spesifikasi Galaxy S3 Mini

Detail SpesifikasiSamsung Galaxy S3 Mini
CPU1.0 GHz dual-core Cortex-A9
RAM1 GB RAM
Memory Card SlotmicroSD, up to 32 GB
Kamera5 MP, f/2.6, autofocus, LED flash
BateraiRemovable Li-Ion 1500 mAh battery
OSAndroid OS, v4.1 (Jelly Bean)
Dimensi121.6 x 63 x 9.9 mm
Layar4.8 inches Super AMOLED capacitive touchscreen
Bobot111.5 g
Teknologi JaringanGSM / HSPA

Tabel Perbandingan Harga Galaxy S3 Mini

SmartphoneHarga BaruHarga Second
Samsung Galaxy S3 MiniRp.2.595.000Rp.750.000

Sumber : (tabloidpulsa)

Video Samsung Galaxy SIII Mini

Sumber video : YouTube via Chanel Pulsa TV

Kesimpulan

Samsung Galaxy S3 mini berbeda dengan Samsung Galaxy SIII. Meski demikian kualitas dan performa ponsel pintar android ini cukup mumpuni dikelas middle end. Dukungan spesifikasi terbaik serta fitur canggih, desain stylish, benar-benar membuat semua penggunanya, khususnya kaum remaja benar-benar nyaman dalam melakukan segala aktifitas komunikasi, social media, dan bahkan gaming.

Referensi lain : Handphone Samsung J1 Ace White Review Spesifikasi & Perbandingan


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *