Samsung Galaxy S7

Samsung Galaxy S7 Review “Varian, Spesifikasi & Perbandingan”

Samsung Galaxy S7 Review – Smartphone, bisa jadi menjadi salah satu alat yang paling dibutuhkan oleh para profesional dan pengusaha. Tidak hanya sekedar sebagai lifstyle, kehadiran sebuah smartphone di tangan kedua orang ini, benar-benar menjadi lebih fungsional.

Smartphone, digunakan sebagai penunjang semua keperluan mereka selama menjalani aktifitas yang super sibuk dan super ketat. Lantas smartphone apa yang biasa mereka gunakan ? Jawabannya mungkin Samsung Galaxy S7.

Apakah anda salah satu dari mereka, dan berencana membeli sebuah smartphone baru dalam waktu dekat ? Jika iya, dan anda ternyata memasukan Samsung kedalam daftar salah satu brand favorit anda, maka tetaplah bersama saya di sini.

Postingan ini berisi full review (ulasan lengkap) tentang Samsung Galaxy S7. Anda akan mengetahui informasi tanggal peluncuran, pilihan varian yang tersedia, spesifikasi lengkap, dan perbandingan.

Smartphone yang menjadi kompetitor terdekat Samsung Galaxy S7 juga akan dibahas di sini. Jadi silahkan teruskan membaca.

Foto : Tekno Kompas via Google Image
Foto : Tekno Kompas via Google Image

 

Peluncuran Samsung Galaxy S7 di Indonesia

Setelah sukses melenggang pada perhelatan teknologi terbesar di Barcelona, Spanyol, pada Februari 2016.

Samsung Galaxy S7 akhirnya diluncurkan di Indonesia pada, Selasa, 1/3/2016 di Ritz Carlton Hotel Jakarta.

Pembelian Samsung sudah dibuka secara pre order pada 26 Februari hingga 13 Maret, dan unit perangkatnya baru bisa diperoleh pada 25 Maret 2016.

Loading...

Dalam peluncurannya, President Samsung Electronics Indonesia, JH Kwon, mengatakan, “Hari ini, hadirin sekalian, dengan bangga kami memperkenalkan Next Galaxy yang akan membantu Anda menembus batasan dan mengantarkan Anda di kehidupan selanjutnya,” (Liputan6.com).

Pilihan Varian Samsung Galaxy S7 di Indonesia Beserta Fotonya

Hampir sama dengan seri sebelumnya yang sudah diluncurkan lebih dulu. Samsung Galaxy S7 untuk pasar Indonesia tersedia dalam dua varian pilihan. Diantaranya adalah :

  1. Samsung Galaxy S7
  2. Samsung Galaxy S7 Edge.

Meski keduanya datang dari generasi yang sama yaitu Galaxy S. Tapi, faktanya kedua smartphone flagship Samsung terbaru ini benar-benar berbeda. Berikut ini foto masing-masing produk.

Samsung Galaxy S7 Tampak Depan
Samsung Galaxy S7 Tampak Depan (Foto : Iskandar Liputan6.com)
Samsung Galaxy S7 Tampak Belakang (Foto : Iskandar Liputan6.com)
Samsung Galaxy S7 Tampak Belakang (Foto : Iskandar Liputan6.com)
Semua sisi Samsung Galaxy S7 ( Foto : Iskandar Liputan6.com)
Semua sisi Samsung Galaxy S7 ( Foto : Iskandar Liputan6.com)
Samsung Galaxy S7 Edge Tampak Depan ( Foto : Oky Yusuf/Kompas.com)
Samsung Galaxy S7 Edge Tampak Depan ( Foto : Oky Yusuf/Kompas.com)
Samsung Galaxy S7 Edge Tampak Belakang ( Foto : Oky Yusuf/Kompas.com)
Samsung Galaxy S7 Edge Tampak Belakang ( Foto : Oky Yusuf/Kompas.com)
Sisi Kanan Galaxy S7 Edge( Foto : Oky Yusuf/Kompas.com)
Sisi Kanan Galaxy S7 Edge( Foto : Oky Yusuf/Kompas.com)
Sisi Kiri Galaxy S7 Edge ( Foto : Oky Yusuf/Kompas.com)
Sisi Kiri Galaxy S7 Edge ( Foto : Oky Yusuf/Kompas.com)
Sisi Bagian Atas dan Bawah Galaxy S7 Edge ( Foto : Oky Yusuf/Kompas.com)
Sisi Bagian Atas dan Bawah Galaxy S7 Edge ( Foto : Oky Yusuf/Kompas.com)

Silahkan teruskan membaca, untuk mengetahui perbedaannya secara lebih mendalam.

Samsung Galaxy S7 Spesifikasi Review

Prosesor

Samsung galaxy S7 dilengkapi dengan prosesor Exynos 8890 64 bit dan Qualcomm Snapdragon 820, serta dipadukan RAM 4GB.

Prosesor Exynos 8890 64 bit merupakan prosesor yang memiliki 8 inti core. Selain sudah mendukung jaringan LTE Cat9 dengan kecepatan maksimal 450 Mbps. Prosesor ini sangat baik dalam menjalankan program-program dan game besar yang harus dijalankan secara multi-core. Game Mortal Kombat X dan Modern Kombat 5 terbukti dapat dimainkan pada Samsung Galaxy S7 dengan sempurna tanpa macet.

Exynos 8890 64 bit juga dapat menjalani aplikasi multi thread dengan baik. Menjalankan beberapa mesin virtual ketika encode video, extract file, atau beberapa tugas berat lainnya secara bersamaan, benar-benar tanpa kendala. (jalantikus)

Berdasarkan hasil tes AnTutu Benchmark v6.0.1, secara keseluruhan prosesor Samsung Galaxy S7 mendapatkan skor 130.445. Lihat gambar :

antutu-banchmark-samsung-galaxy-s7
Sementara chipset Qualcomm Snapdragon 820 terbukti lebih baik bila dibandingkan dengan chipset Qualcomm Snapdragon 810. Perlu kita ketahui bersama bahwa, chipset Qualcomm Snapdragon 810 sudah lebih dulu digunakan pada beberapa brand smartphone ternama. Salah satu diantaranya adalah Nexus.

Sementara chipset Snapdragon 820, selain digunakan oleh Samsung Galaxy S7. Chipset 820 juga digunakan oleh LG G5 dan HTC 10.

Berikut hasil tes perbandingan chipset 820 dan 810, yang dilakukan secara terpisah menggunakan beberapa alat Benchmark:

Berdasarkan hasil tes 3DMark

Meskipun Qualcomm tidak memasukan alat ini dalam daftar benchmark terbaik. Namun alat benchmark 3DMark cukup dikagumi dan populer di kalangan gamer.

Smartphone dengan chipset 820 memiliki skor 30 persen lebih tinggi bila dibandingkan dengan smartphone yang menggunakan chipset 810.

Foto via TrustedReviews
Foto via TrustedReviews

3DMark: Snapdragon 820 (2,197), Nexus 6P (1,624), Nexus 5X (1,048)

Berdasarkan hasil Geekbench 3

Geekbench 3 merupakan salah satu alat banchmark general lainnya yang juga dapat bekerja dengan baik untuk menguji smartphone, tablet bahkan PC.

Sama seperti 3DMark, alat ini juga menyajikan referensi berguna dalam menampilkan performa secara teoritis.

Gambar via TrustedReviews
Gambar via TrustedReviews

Geekbench: Snapdragon 820 (5,479), Nexus 6P (4,345), Nexus 5X (1,048)

Berdasarkan hasil OpenGFX

OpenGFX adalah alat benchmarking cross-platform yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja grafis dan kualitas perangkat.

Alat ini menguji kinerja dan daya tahan dalam jangka panjang sebuah GPU. Pengujiannya dilakukan berdasarkan pencatatan berapa banyak FPS (frames-per-second) yang dapat dihandel oleh sebuah GPU, saat menjalankan animasi game dalam waktu 62 detik.

Gambar via TrustedReviews
Gambar via TrustedReviews

GFXBench (Frames): Snapdragon 820 (556.9), Nexus 6P (397.8), Nexus 5X (400.9)

Gambar via TrustedReviews
Gambar via TrustedReviews

GFXBench (FPS): Snapdragon 820 (9.4), Nexus 6P (6.7), Nexus 5X (6.8) 

Sumber tes : [ TrustedReviews]

Berdasarkan hasil tes di atas kita dapat mengetahui bersama bahwa chipset Qualcomm Snapdragon 820 mengungguli chipset Qualcomm Snapdragon 810. Menurut Qualcomm sendiri, chipset 820 terbukti lebih hemat dalam mengkonsumsi daya baterai hingga 30 % bila dibandingkan Qualcomm Snapdragon 810 secara keseluruhan.

RAM 4 GB yang dipadukan pada prosesor juga terbukti sukses membantu dan mendongkrak kinerja prosesor dalam memproses data dengan sangat cepat.

Sistem Operasi

Samsung Galaxy S7 menggunakan Sistem Operasi Android teranyar Marhsmallow 6.0. Dibandingkan versi sebelumnya Lollipop. OS Marshmallow datang dengan sejumlah fitur teranyar diantaranya yang paling populer adalah Android Pay, Sensor Fingerprint, App Permission dan masih banyak lagi.

Marshmallow 6.0 juga membawa perubahan besar yang benar-benar segar dari sisi antarmuka.

App Drawar tampil lebih fungsional dan mudah. Bar untuk menunjukan daftar aplikasi yang sering digunakan diletakan dibagian kanan dan disertai fitur scroll berdasarkan alfabet.

Anda juga dapat menemukan aplikasi dengan mudah dan cepat dengan bantuan kotak Search yang berada di kanan atas.

Marshmallow pada Samsung Galaxy S7 juga tetap mendapatkan fitur Doz yang ada pada Lollipop.

Fitur Doz pada sistem operasi Marshmallow 6.0, dapat melakukan perubahan Samsung Galaxy S7 ke mode standby, jika ponsel terdeteksi oleh sensor motion tidak sedang digunakan. Ini akan membantu untuk menghemat baterai.

Kamera

Ini adalah salah satu bagian yang baru yang belum pernah ditawarkan oleh Samsung sebelumnya. Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge dilengkapi dengan dual kamera berkualitas.

Kamera utama berkualitas 12 MP dilengkapi dengan LED Flash, sementara kamera kedua di bagian depan berkualitas 5 MP.

Kecanggihan kamera ponsel ini terletak pada sisi teknologi teranyar yang ditanamkan pada kamera utama Samsung Galaxy S7. Kamera ini didukung dengan teknologi dual pixel.Yaitu satu teknologi yang hanya ada pada kamera DSLR.

Dan Samsung menjadi produsen pertama yang memasukan teknologi ini ke dalam perangkat smartphone.

Teknologi Dual Pixel pada Galaxy S7 memiliki kemampuan 100 persen phase detection pixel.

Kemampuan phase detection pixel membuat membuat kamera utama dibagian belakang dapat melihat dua objek berbeda dengan fokus yang sama secara cepat.

Bahkan, ketika digunakan untuk pengambilan foto pada ruang yang minim cahaya, kamera tetap mampu menghasilkan gambar berkualitas cerah.

Hal ini dapat dilakukan karena resolusi dan aperatur pada komponen sensor lowlight camera telah ditingkatkan.

Sementara kecanggihan kamera depan dapat dilihat dari sisi fitur canggih yang ditawarkan.

Samsung mengklaim bahwa kamera depan Samsung Galaxy S7, dapat dijadikan sebagai senjata terbaik untuk para penggila selfie.

Dua fitur yang dihadirkan adalah fitur Selfie Flash dan Fitur Beauty Shot.

Fitur Selfie Flash, dapat menjadi solusi bagi para penggiat selfie yang ingin berfoto dalam situasi atau ruang yang minim cahaya.

Dengan fitur ini anda dapat mengatur atau menambahkan kadar cahaya sesuai keinginan anda.

Sementara Fitur Beauty Shot menjadi fitur pendukung yang dapat menyulap foto selfie anda menjadi lebih cantik, jelas dan terang.

Kapasitas Penyimpanan

Samsung Galaxy S7 didukung dengan memori internal berkapasitas 32 GB, yang dapat ditingkatkan dengan dukungan slot microSD hingga diatas 200 GB.

Kualitas Baterai

Samsung Galaxy S7 dibekali dengan baterai nonremoveable berkualitas Li-Po berkapasits 3000 mAh. Dibandingkan dengan Li-Ion, baterai Lithium Polymer (Li-Po) memiliki kapasitas pengisian yang lebih tinggi dengan desain yang lebih tipis.

Baterai Li-Po memiliki daya tahan lebih lama bila dibandingkan dengan baterai Li-Ion. Jika Li-Ion mampu bertahan hingga satu tahun, maka Li-Po mampu bertahan dua kali lipatnya, sebelum akhirnya benar-benar drop.

Baterai Li-Po juga bebas kalibarasi, sehingga pengukuran mAh jauh lebih akurat bila dibandingkan dengan angka mAh pada baterai Li-Ion.

Samsung Galaxy S7 Edge Spesifikasi Review

Ibarat kaka beradik, Samsung Galaxy S7 Edge adalah varian yang menjadi kakak dari Galaxy S7. Meski hampir sekitar 75 % spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge mirip dengan sang adik, tapi Samsung tetap menghadirkan perbedaan yang mencolok pada sang Kakak. Apa saja bedanya ?

Dari Segi Desain dan Dimensi Layar

Samsung Galaxy S7 Edge dilengkapi dengan layar lengkung ke dalam ke arah sisi kiri dan kanan. Dan bingkai logam horizontal juga sangat slim. Dibandingkan dengan sang adik dimensi layar Samsung Galaxy S7 Edge jauh lebih luas. Samsung Galaxy S7 Edge dilengkapi dengan layar seluar 5,5 inci.

Dari Segi Kapasitas Baterai

Daya tahan baterai Samsung Galaxy S7 Edge sangat tinggi. Anda dapat menggunakan ponsel canggih ini sehari penuh tanpa harus mencharger ulang atau menggunakan bantuan power bank.

Bahkan untuk pemakaian ringan, baterai Galaxy S7 Edge mampu bertahan lebih lama.

Baterai pada Galaxy S7 Edge juga sudah didukung dengan fitur Qualcomm Quick Charge 2.0. Yaitu sebuah fitur pengisian cepat dari 0 hingga terisi penuh hanya dalam waktu kurang dari 2 jam.

Dari Segi Ketebalan & Bobot

Samsung Galaxy S7 Edge memiliki dimensi total berukuran 150.9 x 72.6 x 7.7 mm dengan total bobot 157 gram. Samsung Galaxy S7 Edge lebih tipis bila dibandingkan dengan Galaxy S7. Tapi dari segi bobot, sang kakak sedikit lebih gemuk dari pada sang adik.

Tabel Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy S7 & Galaxy S7 Edge

gambar-dan-spesifikasi-samsung-galaxy-s7-dan-s7-edge

Detail SpesifikasiSamsung Galaxy S7Samsung Galaxy S7 Edge
ProsesorQualcomm MSM8996 Snapdragon 820
Exynos 8890 Octa
Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820
Exynos 8890 Octa
KameraDual Kamera 12 MP dan 5 MPDual Kamera 12 MP dan 5 MP
Memori Internal32/64 GB dengan slot microSD up to 200 GB32/64 GB dengan slot microSD up to 200 GB
Dimensi Layar5.1 inci, Super AMOLED Corning Gorilla Glass 45.5 inci, Super AMOLED Corning Gorilla Glass 4
OSAndroid OS, v6.0 (Marshmallow)Android OS, v6.0 (Marshmallow)
RAM4 GB4 GB
BateraiNon-removable Li-Po 3000 mAh batteryNon-removable Li-Po 3600 mAh
Dimensi142.4 x 69.6 x 7.9 mm150.9 x 72.6 x 7.7 mm
Bobot152 g157 g
JaringanGSM / HSPA / LTEGSM / HSPA / LTE

 Kompetitor Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge

Meski menjadi yang terbaru dan tercanggih, dua ponsel ini ternyata tidak bermain sendiri dalam merebutkan pasar kelas high end.

Dari dalam sudah dapat dipastikan versi Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge masih menjadi rival terberat bagi Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Sementara dari luar, iPhone 7 adalah satu-satunya rival terberat Samsung Galaxy S7.

Tabel Perbandingan Spesifikasi Galaxy S6 Edge vs Galaxy S7 Edge

Detail SpesifikasiSamsung Galaxy S6 EdgeSamsung Galaxy S7 Edge
ProsesorExynos 7420 OctaQualcomm MSM8996 Snapdragon 820
Exynos 8890 Octa
KameraDual Kamera 16 MP dan 5 MPDual Kamera 12 MP dan 5 MP
Memori Internal32/64 GB dengan slot microSD up to 200 GB32/64 GB dengan slot microSD up to 200 GB
Dimensi Layar5.1 inci, Super AMOLED Corning Gorilla Glass 45.5 inci, Super AMOLED Corning Gorilla Glass 4
OSAndroid OS, v5.0.2 (Lollipop), upgradable v6.0.1 (Marshmallow)Android OS, v6.0 (Marshmallow)
RAM3 GB4 GB
BateraiNon-removable Li-Po 2600 mAh batteryNon-removable Li-Po 3600 mAh battery
Dimensi142.1 x 70.1 x 7 mm150.9 x 72.6 x 7.7 mm
Bobot152 g157 g
JaringanGSM / HSPA / LTEGSM / HSPA / LTE

Tabel Perbandingan Samsung Galaxy S7 vs Apple iPhone 7

Detail SpesifikasiSamsung Galaxy S7Apple iPhone 7
ProsesorQualcomm MSM8996 Snapdragon 820
Exynos 8890 Octa
A 10 Fusion 64 Bit Quad Core
KameraDual Kamera 12 MP dan 5 MPDual Kamera 12 MP dan 7 MP
Memori Internal32/64 GB dengan slot microSD up to 200 GB32GB, 128GB, 256GB
Dimensi Layar5.1 inci, Super AMOLED Corning Gorilla Glass 44,7 inci LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
OSAndroid OS, v6.0 (Marshmallow)iOS 10.0.1
RAM4 GB2 GB
BateraiNon-removable Li-Po 3000 mAhNon-removable Li-Po1.960 mAh
Dimensi142.4 x 69.6 x 7.9 mm138.3 x 67.1 x 7.1 mm
Bobot152 g138 g
JaringanGSM / HSPA / LTEGSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE

Apakah ada garansi ?

Ya, Samsung Galaxy S7 dilindungi dengan garansi resmi selama 1 tahun.

Berapa harganya dan bagaimana cara membelinya ?

Anda dapat mengetahui informasi harga resmi Samsung Galaxy S7 dengan mengunjungi website resmi Samsung. Dan anda juga dapat melakukan pembelian Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge secara langsung melalui website resmi Samsung.

Tapi jika anda ingin mendapatkan diskon, atau pembelian dengan program cicilan, saya menyarankan anda untuk membeli ponsel pintar Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge melalui beberapa toko online terbesar di Indonesia.

Selain harganya bisa lebih murah, beberapa toko online terbesar dan terpercaya di Indonesia saat ini juga sudah menyediakan layanan fasilitas pengiriman gratis ke seluruh Indonesia.

Penutup

Setelah membaca seluruh postingan tentang Samsung Galaxy S7 Review, sekarang anda sudah mengetahui bagaimana spesifikasi Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge. Anda juga dapat mengetahui ponsel mana yang menjadi kompetitor Samsung Galaxy S7.

Referensi lain : Panduan Pembelian Handphone di Blibli.com

Saya berharap postingan ini bisa menjadi referensi terbaik untuk anda. Sehingga, anda dapat menentukan varian Samsung Galaxy S7 mana yang paling cocok dan paling anda butuhkan untuk digunakan sebagai sarana penunjang semua aktifitas kerja anda. Sukses selalu untuk karir dan bisnis anda.


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *