Samsung Galaxy XCover 4 review

Samsung Galaxy XCover 4, Smartphone yang Tetap Bertahan Meski Dibanting Berulang Kali

Halo, apa kabar anda semua pembaca setia Klik mania? Semoga terus semangat membaca untuk mendapatkan pengetahuan terbaru seputar teknologi. Nah, kali ini saya akan membahas ulasan mengenai smartphone anti banting terbaru Samsung Galaxy XCover 4.

Persaingan di dunia gadget khususnya ponsel pintar memang terus semakin ramai dan menarik untuk dibahas. Hal itu terlihat dari  perusahaan-perusahaan teknologi berlomba-lomba berinovasi demi mencipatkan suatu perangkat terbaru yang belum pernah ada.

Bagian smartphone yang paling memikat saat ini tentunya adalah kamera, karena dengan kualitas kamera yang menjanjikan akan dengan mudah menarik hati para penggemar gadget.

Akan tetapi, hal itu tidak berlaku bagi perusahaan asal Korea Selatan, Samsung karena lebih memilih menciptakan ponsel anti banting terbaik. Karena Samsung ingin tampil beda dibandingkan vendor-vendor ponsel lainnya.

Samsung memang dikenal sebagai raksasa yang memproduksi ponsel-ponsel canggih dan selalu menjadi pilihan terbaik oleh penggemar gadget berbasis android.

Meskipun banyak perusahaan di dunia yang berusaha menyaingi Samsung, akan tetapi tidak menghalanginya berinovasi menciptakan smartphone yang berkelas.

Untuk saat ini saja sudah banyak smartphone yang memiliki sertifikat anti air dan bahkan debu. Lalu, apakah benar ada sebuah smartphone tidak rusak jika dibanting berulang kali?

Smartphone tahan banting?

Mungkin pertanyaannya aneh  karena tidak ada orang yang ingin membeli ponsel hanya untuk dibanting.

Loading...

Tenang saja karena ada sebuah smartphone anti banting yang dirilis oleh Samsung. Tidak hanya menciptakan perangkat yang anti terhadap air dan debu, Samsung juga membuat sebuah smartphone yang anti banting yang berstandar militer AS.

Mereka tidak pernah berpuas diri meskipun sudah banyak mengeluarkan produk yang bersertifikasi IP68 atau anti air dan debu.

Samsung Galaxy XCover 4, Smartphone tahan banting yang sudah terujiSamsung Galaxy XCover 4

Samsung baru saja resmi merilis gadget baru dengan nama Samsung Galaxy XCover 4. Dilansir dari laman tekno.liputan6.com, alasan utama perusahaan asal Korea Selatan ini memproduksi Galaxy XCover 4 karena usulan dari 500 perusahaan dalam bidang seperti retail, perminyakan, logistik, hingga transportasi.

Smartphone ini memang ditujukan khusus untuk para teknisi, pekerja bangunan atau pun pekerjaan yang selalu berhadapan dengan benda-benda berat.

 Jenis layar IPS dan resolusi HD

Layar Galaxy XCover 4 via samsung.com

Galaxy Xcover hadir dengan layar seluas 5 inci yang super sensitif dengan resolusi HD 1.280 × 720 piksel. Karena layarnya yang sensitif membuat smartphone ini bisa dioperasikan meskipun penggunanya menggunakan sarung tangan.

Jenis layar yang digunakannya bukanlah Super Amoled Display seperti ponsel terbaru Samsung kebanyakan. Ternyata panel yang digunakan cuma layar IPS dan belum dilengkapi oleh anti gores.

Menggunakan prosesor standar Samsung

Prosesor yang digunakan oleh ponsel ini yaitu Quad Core 1.4 Ghz Cortex-A53 yang berasal dari chipset Exynos 7570 dengan dukungan sistem operasi Android 7.0 Nougat.

Dengan peformanya yang standar tersebut, sudah cukup sebagai penunjang kinerja multitasking dan juga bermain game pada smartphone ini.

Kemudian, RAM yang digunakan oleh Galaxy XCover 4  adalah sebesar 2 GB yang dipadukan dengan internal sebesar 16 GB dan masih bisa diperluas lagi hingga 256 GB melalui kartu memori.

Kamera

Fitur LED Flash via samsung.com

Sementara itu untuk urusan fotografi, smartphone ini dibekali kamera utama sebesar 13 MP dengan aperture F/1.9 yang sudah dilengkapi autofocus.

Ketersedian LED Flash di smartphone buatan Samsung tersebut sangat membantu penggunanya memotret di kondisi ruangan yang kurang cahaya.

Tidak hanya itu saja, kameranya juga mampu merekam video hingga Full HD [email protected] dan juga tersedia berbagai fitur yang saling melengkapi.

Untuk kamera depannya memiliki resolusi sebesar 5 MP dengan bukaan sebesar F/2.2. Mungkin smartphone ini bukan dikategorikan ponsel selfie karena resolusi yang kecil.

Akan tetapi, dengan resolusi 5 MP dirasa sudah cukup untuk melakukan selfie dan juga video call.

 Memiliki Cover berstandar militer Amerika

Samsung Galaxy XCover 4 back
http://images.samsung.com

Setiap sisinya memakai bumper untuk melindungi smarphone ketika jatuh. Seperti julukan si tahan banting, ponsel besutan Samsung ini begitu sangat tangguh terhadap berbagai medan pekerjaan yang berat dan bahkan menantang seperti dari debu, radiasi matahari, getaran, dan goncangan.

Cover gadget Galaxy XCover 4 anti banting ini sudah dirancang oleh pihak Samsung dengan baik dan sudah berstandar militer.

Cover atau pun casing yang terdapat pada Galaxy XCover 4 sangat sangat nyaman digenggam ketika mengoperasikannya karena Samsung memberinya casing belakang yang bertekstur.

Kapasistas baterai

Kapasitas baterai via samsung.com

Galaxy XCover 4 cuma berbekal baterai berkapasitas 2.800, jika dibandingkan dengan smartphone yang memiliki spesifikasi yang sama dengannya, pastinya smartphone ini ketinggalan dari segi kapasitas baterai.

Dengan baterai yang cuma sebesar itu, mungkin akan sangat terganggu ketika pengguna mengoperasikan smartphone dalam waktu yang agak lama.

Nihilnya fitur fast charging membuat mengisi daya ulang baterainya terasa agak lama.

Spesifikasi lengkap Samsung Galaxy XCover 4

Harga
Jaringan4G LTE Cat 6 300/50 Mbps
SimDual SIM
Dimensi146.2  x 73.3 x 9.7 mm (172 gram)
LED NotifikasiTidak Ada
Layar·         5.0 inches (IPS Capasitive)

·         HD, 720 x 1280 Pixels (~294 ppi Pixel Density)

Sistem OperasiAndroid OS v7.0 (Nougat)
Chipset·         Chipset Samsung Exynos 7570

·          Processor : Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53

·         GPU Mali-T720MP2

Memori·         RAM 2 GB

·         Memory internal 16 GB

·         Memory eksternal up to 256 GB

 

Kamera·         kamera belakang : 13 MP, Aperture f/ 1.9, autofocus, LED flash

·         Kamera depan : 5 MP, Aperture f/2.2

Konektivitas·         WIFI : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, WIFi Direct, dual-band, Hotspot

·         Bloetooth : Bluetooth v4.1

·         USB :  microUSB v2.0, USB On-The-Go

·         Sertifikasi IP68

SensorProximity, Accelerometer, Compass
BateraiLi Ion 2800 mAh

Harga Galaxy XCover 4

Ternyata Samsung Galaxy XCover 4 ini sudah resmi dirilis di Indonesia dan ponsel tersebut dibanderol dengan harga Rp 3,999 jutaan.

Mungkin karena julukannya sebagai ponsel ‘tahan banting’ membuatnya pantas dihargai segitu. Akan tetapi, jika melihat dari spesifikasi lainnya smartphone ini terbilang cukup mahal.

Karena beberapa kelebihannya dengan gelar anti banting dan juga anti air dengan sertifikasi IP68 membuat Samsung menghilangkan beberapa fitur yang dianggap penting.

Adapun fitur yang hilang antara lain sensor fingerprint, panel layar yang tidak Super Amoled, Kapasitas baterai yang kecil, hingga tidak adanya fitur fast charging.

Jadi, jika anda yang memiliki pekerjaan yang rentan dengan benda-benda berat, berdebu, atau pun dekat dengan air sebaiknya anda membeli smartphone ini.

Akan tetapi, bagi kamu yang kegunaan ponsel hanya untuk kebutuhan biasa saja, mungkin smartphone ini tidak begitu direkomendasikan.

Lalu, bagaimana tanggapan anda mengenai Galaxy Xcover 4 ? Bagi anda yang hobinya membanting ponsel, sebaiknya anda membeli smartphone terbaru Samsung ini 😀


Loading...

Bagikan

Taufiq Qurahman

Penulis

Berbagi pengetahuan melalui sebuah tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *