Internet

Samsung Pay Resmi Hadir di Indonesia, Gandeng DANA dan Gopay

Tepat pada hari Kamis kemarin (10/10/2019), Samsung Pay secara resmi hadir di Indonesia. Diperkenalkan pertama kali pada awal 2019 lalu, Samsung bekerja sama dengan dua platform fintech Gopay dan DANA dalam peluncuran layanan ini di Tanah Air.

Dalam acara perilisan tersebut, turut pula disertai dengan penandatanganan kesepakatan antara Samsung Indonesia (SEIN) dengan Gopay dan DANA. Perusahan asal Korea Selatan ini juga menyebutkan bahwa kehadiran Samsung Pay ini dikarenakan penggunaan uang elektronik di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan.

“Kita memasuki era booming pembayaran digital untuk beragam kebutuhan, seperti e-commerce, transportasi, dan lain-lain. Karenanya, kami merilis Samsung Pay berbasis QR Code pertama di Indonesia, yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,”

Demikian pejelasan Bernard Ang, IT & Mobile Business Vice President Samsung Electronics Indonesia pada peluncuran Samsung Pay di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Samsung Pay Resmi Hadir di Indonesia untuk Memudahkan Transaksi Digital

Sumber: tekno.liputan6.com

Masih menurut Bernard, kehadiran Samsung Pay ini diharapkan agar semakin memberi kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan transaksi secara digital. Apalagi, layanan ini juga tidak hanya terbatas bagi pengguna perangkat premium Samsung.

Layanan ini tidak terbatas untuk seri flagship Samsung, tapi juga seluruh model yang sudah mendapatkan pembaruan Android 9 Pie. Dengan kehadiran ini, kami ingin memberikan kesempatan seluruh pengguna merasakan pengalaman yang mudah dalam mengakses dompet digital,” ungkap Bernard.

Meski demikian, menurut Denny Gallant selaku Head of Product Marketing IT & Mobile SEIN, Samsung Pay bukanlah merupakan layanan dompet digital atau bahkan uang elektronik. Platform ini hanyalah aplikasi yang menjadi wadah untuk memudahkan para pengguna dalam mengakses dompet digital mereka.

Saat ini, Samsung Pay masib baru mendukung layanan DANA. Baru pada awal 2020 nanti akan mulai terintegrasi dengan Gopay.

Baca juga: Ingin Kudeta GoPay, Grab Rencanakan Merger OVO dan DANA

Apa Saja Kemudahan yang Ditawarkan Samsung Pay?

Sumber: samsung.com

Samsung Pay menghadirkan pemakaian yang mudah baik ketika perangkat dalam keadaan terbuka maupun ketika dalam kondisi terkunci. Ini karena Samsung Pay dapat diakses langsung dari bawah layar.

Untuk mengaksesnya, pengguna cukup swipe (menggeser) layanan Samsung Pay dari bawah layar, bahkan meski ponsel dalam keadaan terkunci sekalipun. Setelah itu, pengguna bisa memilih layanan dompet digital mana yang ingin mereka gunakan untuk bertransaksi.

Selain itu, pengguna juga dapat mengakses layanan ini melalui aplikasi kamera yang ada di ponselnya. Cara kerjanya adalah, ketika aplikasi kamera terbuka, QR Code yang tersedia akan dipindai dan lalu pengguna akan lengsung diarahkan ke aplikasi Samsung Pay dan layanan dompet digital yang diinginkan.

Dalam acara peluncuran Samsung Pay tersebut, CEO DANA Vincent Iswara juga turut hadir dan menuturkan bahwa dengan adanya integrasi seperti ini, pengguna akan semakin dimudahkan dalam melakukan segala bentuk transaksi secara digital. Selain itu, inklusi keuangan juga akan semakin terdorong.


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close