Review ProdukTekno

Samsung Smart TV UA43 N5500, Asyik Streaming di Layar Besar

Review Samsung Smart TV UA43 N5500 – Pada medium 2019 lalu, Samsung menghadirkan sebuah smart TV terkini yang diberi type seri Samsung Smart TV UA43 N5500. Hadir dalam ukuran layar besar, device ini dibekali dengan aneka fitur dengan desain yang ramping. Untuk harganya, Samsung Smart TV ini dipatok dengan harga Rp4.599.000.

Beberapa waktu yang lalu, seorang teman kebetulan membeli perangkat smart TV ini dan sekaligus mencoba fitur-fitur canggih yang ditawarkannya.

Samsung Smart UA43 N5500 ini hadir dengan ukuran layar 43 inci, sudah support model siaran digital dan sangat mudah untuk terhubung ke perangkat lain.

Untuk lebih jelasnya, berikut review kami setelah mencoba smart TV terbaru dari Samsung ini.

Ulasan Lengkap Samsung Smart TV UA43 N5500

Unboxing

Paket kemasan Samsung Smart TV UA43 N5500 lumayan cukup besar. Sebab televisi ini hadir dengan layar 43 inci. Untuk itu, jika Anda berniat untuk membeli, sebaiknya gunakan kendaraan roda empat atau layanan taksi online.

Jadi tidak direkomendasikan untuk dibawa memakai sepeda motor. Hal ini tentu untuk menghindari resiko yang tidak kita inginkan.

Apa saja yang ada di dalam kemasan Samsung Smart TV UA43 N5500 ini? Seperti halnya televisi keluaran baru, didalamnya juga akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Kecuali unit televisi, di dalam box Samsung Smart TV UA43 N5500 juga tersedia dua buah stand (kaki penyangga), satu buah plat sebagai penopang stand, buku panduan dan garansi, remote control, kabel-kabel serta sebuah adapter antena. Untuk remote control nya dilengkapi dengan dua buah baterai AAA.

Desain

Untuk sisi desain, Samsung sendiri mengemas Smart TV ini dengan bodi yang slim. Menurut spesifikasi yang ada disitus resminya, Samsung Smart TV UA43 N5500 memiliki dimensi berkisar 972.4 x 569.0 x 60.6mm.

Cukup tipis dan televisi ini mempunyai berat yang ringan berkisar 9,5kg, sehingga sangat cocok untuk ditempatkan pada dinding.

Untuk penempatan di dinding ini pastikan Anda memakai bracket yang terbuat dari besi tebal dan standar untuk ukuran televisi 40 inci ke atas.

Jika memakai stand, ukuran Super Smart TV ini menjadi 972.4 x 645.5 x 296.7 mm (penambahan lebar TV karena adanya penyangga).

Namun tidak mengurangi kenyamanannya dan gampang ditempatkan sebab tidak butuh banyak ruang. Stand ini juga cukup kuat untuk menopang televisi secara keseluruhan.

Di samping ramping, Samsung Smart TV UA43 N5500 juga hadir dengan bezel yang cukup tipis. Setidaknya bezel yang dipakai pada televisi ini berada dikisaran 1,3cm, sehingga memberikan tampilan gambar yang lebih luas dan televisi tetap kelihatan kekinian.

Tetapi, Samsung tidak menempatkan tombol apapun pada produk mereka. Jadi untuk mengoperasikan perangkat, Anda cuma dibekali remote control yang akan terhubung ke sensor infra red di bagian bawah.

Itu artinya remote control menjadi perangkat yang paling penting, jangan sampai rusak, terselip apalagi hilang entah kemana.

Seluruh kegiatan menonton dikendalikan oleh remote ini. Mulai dari mengaktifkan atau menonaktifkan Televisi, memilih menu, mengatur setingan TV sampai menulis teks di pencarian Youtube atau memasukkan kata sandi wifi.

Ketersediaan Port

Sementara untuk port, Samsung menyediakan dengan lengkap. Seluruh port ditempatkan di bagian belakang, termasuk 2 buah port USB, salah satu diantaranya termasuk satu port USB untuk perangkat HDD.

Jadi Anda dapat memutar atau memainkan video dari harddisk secara langsung.

Ketika mencoba mencolokkan HDD eksternal berkapasitas 1TB dengan port USB ternyata berjalan lancar dan ditampilkan dengan baik. Cuma, diperlukan beberapa detik agar file yang ada di dalam harddisk bisa terbaca.

Hal ini cukup bermanfaat saat tidak ada koneksi wifi atau dalam keadaan offline. Jadi Anda dapat menonton film-film yang tersimpan di hardisk tanpa ada koneksi internet. Anda juga bisa menggunakan flashdisk jika tidak memiliki hardisk untuk menonton film kesayangan anda.

Kecuali itu disediakan 3 port HDMI, port audio dan video AV, LAN, digital output audio dan antena. Seluruh port ini berada dalam satu kompartemen yang sama.

Sedang di posisi yang agak berjauhan terdapat jack power. Adanya port-port yang cukup lengkap ini sangat penting ketika akan menghubungkannya dengan berbagai perangkat lain.

Layar dan Audio

Samsung Smart TV UA43 N5500 mempunyai ukuan layar 43 inci dengan resolusi FullHD 1,920 x 1,080 pixel. Kwalitas gambar yang ditampilkan cukup baik, apalagi telah menerapkan picture engine Hyper Real dan suport fitur HDR. Warna yang ditampilkan juga cukup kaya dengan kontras yang tinggi.

Untuk tampilan gambar ini dapat diatur sesuai yang diinginkan, setidaknya Samsung menyediakan 4 mode gambar yakni Dynamic, Standar, Natural dan Movie.

Jika masih merasa kurang, Anda dapat sendiri mengatur tingkat kontras, brightness, sampai warna yang diinginkan.

Samsung Smart TV N5500

Termasuk saat menonton tayangan dalam resolusi FullHD, gambar yang dihasilkan cukup tajam dan terlihat jernih. Gambar yang jelas bisa dilihat walau berada dalam sudut miring. Dan bezel yang tipis menjadikan gambar kelihatan jauh lebih lapang.

Cukup nyaman untuk menonton konten video streaming. Tetapi untuk memperoleh tampilan yang optimal ketika streaming, pastikan Anda mempunyai koneksi data yang kencang dan stabil.

Sementara dari sisi suara, kualitas audio yang dikeluarkan juga oke. Ada 3 mode audio yang dapat Anda pilih, standard, optimized dan amplify.

Mode standar sangat sesuai untuk Anda yang mengharapkan audio soft dan balance. Sebab output yang dikeluarkan terdengar flat dan cenderung lebih soft.

Bila Anda inginkan audio yang lebih besar dan lumayan nge-bass, anda dapat memilih mode audio optimized. Sangat pas untuk tayangan musik, game atau menonton film.

Sedang mode amplify lebih cenderung dominan treble dan sesuai untuk tayangan talkshow atau siaran yang tidak memakai musik.

Terlepas dari perbedaan output masing-masing mode, kwalitas audio Samsung Smart TV UA43 N5500 terbilang cukup memuaskan.

Suport Siaran Digital

Sebagai Televisi terkini tentunya Samsung Smart TV UA43 N5500 tentu telah suport siaran digital.

Hal ini cukup penting mengingat pemerintah akan mendorong migrasi sistem penyiaran dari analog ke digital paling lambat di tahun 2020.

Salah satu kelebihan dari Televisi digital adalah bisa meningkatkan penerimaan siaran menjadi kualitas high definition.

Apalagi sekarang beberapa stasiun TV mulai menyediakan siaran digital. Dan untuk settingan siaran digital di televisi produkk terkini Samsung ini terbilang sangat mudah.

Cukup memakai pencarian otomatis dan pilih setingan untuk siaran analog dan digital. Tetapi pastikan Anda juga memasang antena yang telah support siaran digital.

Sebab antena menjadi salah satu faktor baik tidaknya penerimaan siaran digital. Kecuali itu posisi rumah juga berpengaruh pada siaran yang diterima. Seperti di sekitar gedung-gedung tinggi tentu penerimaannya lebih jelek daripada di sekitar lokasi yang lapang.

Fitur-fitur

Kelebihan dari smart TV adalah terintegrasi dengan jaringan Wi-Fi. Sehingga akan lebih mudah Anda untuk terhubung ke dunia maya dan menikmati konten streaming video.

Demikian juga di Samsung UA43 N5500 yang dapat terhubung ke internet melalui wifi.

Bukan itu saja, selain terhubung secara nirkabel Anda juga bisa mengoneksikan TV ke internet melalui port LAN yang tersedia.

Yang pasti Anda tidak perlu menggunakan perangkat tambahan untuk menikmati konten VoD (video on demand) seperti Netflix, Youtube, Vidio.com, dan Prime Video di TV Samsung terbaru ini.

Proses koneksinya juga sangat mudah dan cepat, sama seperti ketika Anda menghubungkan hp ke jaringan wifi. Cukup masuk ke menu dan tinggal masukkan password wifi yang ada.

Fitur yang tak kalah menarik adalah menghubungkan smartphone ke TV Samsung N5500. Untuk pengguna hp Samsung bisa terhubung ke TV UA43 N5500 dengan menggunakan fitur Screen Mirroring. Sedangkan untuk pengguna hp non Samsung bisa melalui fitur Wireless Display.

Caranya juga cukup mudah, cukup aktifkan fitur screen mirroring atau wireless display maka keduanya akan langsung terkoneksi.

Berhubung yang dibutuhkan adalah koneksi wifi, jadi pastikan kedua perangkat Anda menggunakan jaringan wifi yang sama. Ini merupakan fitur yang sangat berguna ketika Anda ingin melihat foto atau video yang ada di hp ke layar yang lebih besar.

Remote Support

Satu hal yang cukup penting dari TV Samsung ini adalah ketersediaan layanan purna jualnya. Yang merupakan layanan terkini Samsung bernama Remote Support.

Menurut keterangan disitus resmi Samsung, layanan terbaru ini memungkinkan pengecekan perangkat Samsung konsumen dari jarak jauh secara real time.

Cuma via aplikasi atau web service, permintaan layanan ini akan terhubung dengan Samsung Contact Center 24 jam setiap hari. Khusus untuk Samsung Smart TV, tersedia Remote Management yang bisa diakses lewat televisi dengan panduan agent Contact Center.

Layanan jarak jauh yang dilayani antara lain pemeriksaan dan update software, pemeriksaan aplikasi, setting dan menu Smart TV konsumen.

Jadi bila Smart TV Samsung Anda mengalami trouble bisa dicek pemeriksaan produk secara langsung, tanpa perlu mengunjungi service center.

Kesimpulan

Secara garis besar, kualitas yang coba ditawarkan oleh Samsung N5500 dapat memenuhi ekspektasi kita akan sebuah perangkat Smart TV.

Memiliki layar besar berukuran 43 inci, dengan desain ramping, resolusi FullHD dan mendukung siaran digital. Apalagi harga yang dibanderol Smart TV Samsung terbaru ini masih cukup terjangkau yaitu Rp4.599.000.

Dengan kualitas dan fitur-fitur yang disematkan pada TV ini rasa-rasanya cukup sebanding dengan harga yang ditawarkan oleh Samsung. Ditambah dengan kemudahan dalam layanan purna jual yang akan berguna selama menggunakan perangkat ini.

Yang pasti Samsung menawarkan kelebihan dari sebuah smart TV yaitu kemudahan dalam menikmati layanan video streaming.

Ditambah layarnya yang cukup lapang layaknya seperti menonton layar lebar dengan kualitas resolusi sudah FUllHD, makin menambah kepuasan menonton.

Demikian review Samsung Smart TV UA43 N5500, semoga bisa menjadi referensi anda dalam memilih sebuah smart TV dengan kualitas yang sebanding dengan harga yang ditawarkan. Semoga bermanfaat.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close