Tekno

Sapi Ini Dipasangi Perangkat Headset VR, Tujuannya?

Sapi Ini Dipasangi Headset VR untuk Tingkatkan Kualitas Susunya

Berita Unik Viral – VR yang merupakan singkatan dari Virtual Reality memang dapat dibilang sebagai salah satu istilah dalam dunia teknologi yang saat ini sedang Booming. VR sendiri merupakan teknologi yang membuat penggunanya dapat merasakan sensasi berinteraksi dengan lingkungan virtual yang disimulasikan oleh komputer.

Biasanya, teknologi VR ini digunakan dalam beberapa game guna memberikan pengalaman game berbeda pada pemainnya. Namun VR juga digunakan dalam dunia militer, dimana VR menjadi sarana latihan para prajurit dalam menghadapi perang (simulasi perang).

Namun siapa sangka, manfaat dari teknologi VR ini ternyata bukan hanya diperuntukan untuk manusia, namun juga hewan. Belum lama ini, terdapat sebuah experiment yang entah dapat dikatakan nyeleneh atau menarik, dimana sapi perah dipasangi perangkat headset VR.

Experiment Pemasangan Perangkat Headset VR Kepada Sapi Perah

Experiment yang cukup fenomenal tersebut terjadi di negara ber-ibu kota Moskow “Rusia”. Bukan tanpa alasan jelas, percobaan perangkat headset VR pada sapi perah sendiri diklaim untuk dapat menstimulasi suasana hati (mood) dari sapi perah.

Para peneliti meyakini bahwa percobaan yang memanfaat perangkat headset VR ini dapat memberikan pengaruh pada kualitas dan kuantitas susu yang dihasilkan oleh sapi perah (sapi perah yang dijadikan subjek experiment).

Experiment yang masuk ke dalam satu berita unik viral ini sendiri dilakukan secara bertahap oleh Kementerian Pertanian Wilayah Kota Moskow. Rusia dengan dukungan para peneliti dari situs Milknews dan juga sejumlah dokter hewan.

Experiment Menggunakan Perangkat Headset VR yang Dimodifikasi

Untuk perangkat headset VR yang digunakan dalam experiment ini pun merupakan perangkat headset VR yang telah dimodifikasi khusus. Modifikasi tersebut tentunya dilatarbelakangi oleh fakta bahwa ukuran kepala sapi yang lebih besar dari ukuran kepala manusia.

Pada pelaksanaan experiment, perangkat headset VR yang terpasang pada sapi perah yang dijadikan subjek akan menampilkan simulasi musim panas dengan rumput yang lebih hijau dan suasana lebih tenang kepada sapi perah yang dijadikan subjek penelitian.

Hasil dari experiment tahap pertama mengungkapkan bahwa sapi perah yang dipasangi perangkat headset VR memiliki tingkat kegelisahan yang rendah dan disertai dengan mood yang meningkat.

Meskipun demikian, belum ada hasil jelas mengenai apakah experiment ini memberikan pengaruh pada kualitas dan kuantitas susu sapi perah yang dijadikan subjek.

Pihak yang terlibat dalam penelitian berencana untuk melakukan pengukuran kualitas dan kuantitas susu pada experiment tahap dua mendatang.

Jika experiment ini terbukti memiliki hasil yang sesuai (berhasil), maka Kementerian Pertanian Wilayah Kota Moskow berniat untuk memperluas experiment ini ke peternakan-peternakan lainnya.

Baca Juga : Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) Dalam Berbagai Bidang

Itulah sekilas berita unik viral yang berhubungan dengan teknologi realitas “Virtual Relaity (VR)”. Bagaimana menurut kamu? Apakah experiment ini akan benar dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas susu sapi perah?.


Loading...
Baca selengkapnya

Saya adalah content writer dan juga social media designer. Business : 082177387464 (WhatsApp) Instagram : @endarjulian

Artikel terkait

One Comment

  1. Ini memang keadaan menyedihkan dan menyedihkan yang telah kita capai. Bahwa kita perlu menaruh VR pada seekor sapi untuk mengeluarkan lebih banyak susu darinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close